Taman Safari Indonesia Pasuruan

Taman Safari Indonesia Pasuruan: Atraksi, Fasilitas & Keseruannya

Tahukah kamu kalau Taman Safari Indonesia tidak hanya berlokasi di Puncak, Bogor saja. Namun, ada juga Taman Safari Indonesia 2 yang terletak di Jawa Timur.

Lebih dikenal dengan nama Taman Safari Prigen atau Taman Safari Indonesia Pasuruan, kebun binatang ini bisa jadi pilihan destinasi wisata ramah anak buat kamu yang mau eksplor ke area timur pulau Jawa.

Memangnya, apa saja yang bisa kamu temukan di sana? Apa perbedaannya dengan Taman Safari Indonesia yang lain?

Ada Apa di Taman Safari Indonesia Pasuruan?

Taman Safari Indonesia Pasuruan menawarkan keseruan tanpa batas untuk kamu dan keluarga. Ada 2.500 koleksi satwa dari sekitar 300 spesies yang berasal dari berbagai belahan dunia. 

Dengan area seluas 350 hektar, kamu akan diajak berpetualang ke berbagai kawasan tempat tinggal satwa yang mirip dengan habitat asli mereka. Selain itu, ada banyak juga wahana permainan seru yang cocok untuk quality time bersama keluarga.

Kamu juga akan dimanjakan dengan suasana alam sekitar yang sejuk dan asri. Tidak mengherankan, mengingat Taman Safari Prigen memang berada di lereng Gunung Arjuno. Berikut ini beberapa aktivitas seru yang bisa kamu nikmati di Taman Safari Indonesia Pasuruan:

Safari Adventure

taman safari indonesia pasuruan

Photo: Tiket.com

Nah, ini dia daya tarik utama setiap kali mengunjungi Taman Safari Prigen. Pengunjung bisa berkeliling kawasan taman safari selama sekitar 45 menit untuk melihat langsung berbagai satwa yang berkeliaran bebas. Kawasan ini pun sudah didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai habitat asli mereka.

Wahana Safari Adventure terbagi menjadi beberapa kawasan, yakni zona Afrika, Amerika-Eropa, Asia, Australiana, dan zona Karnivora. Kamu bisa mengelilingi kawasan ini menggunakan mobil pribadi atau bus taman safari yang tersedia.

Baca Juga: Bepergian dengan Anak? Ini 7 Tempat Wisata Ramah Anak Paling Top Saat Ini

Baby Zoo

taman safari indonesia pasuruan

Photo: Tiket.com

Kalau kamu mau berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang lucu, kamu akan betah main di Baby Zoo. Kawasan ini cocok untuk anak-anak karena mereka bisa puas melihat dari dekat berbagai satwa seperti burung, reptil, hingga satwa akuatik yang didatangkan langsung dari Amerika Selatan. Jangan lupa ambil kenang-kenangan dengan berfoto bersama para satwa, ya!

Australiana

taman safari indonesia pasuruan

Photo: Trip Advisor

Sesuai namanya, zona ini adalah zona khusus satwa yang berasal dari benua Australia. Kamu bisa bertemu dengan hewan-hewan seperti kanguru abu-abu, wombat, red neck wallaby, kanguru merah, burung emu, hingga koala yang lucu – seperti Bob the Koala!

Interactive Living Museum (ILM)

taman safari indonesia pasuruan

Photo: KlikJatim.com

Ini merupakan wahana paling baru di Taman Safari Pasuruan yang menyajikan pertunjukan sirkus seperti The Greatest Show Oci Reborn, Macaw, dan Shiro & Friends and Comedy.

Baca Juga: Liburan Sambil Edukasi Satwa Lewat Berbagai Aktivitas di Taman Safari Bogor

Animal Show

taman safari indonesia pasuruan

Photo: Tribun Jatim

Taman Safari Pasuruan juga memiliki banyak animal show yang jadi ajang unjuk kebolehan para satwa di sana. Pertunjukan dijadwalkan tampil hampir setiap hari dengan jadwal yang berbeda.

Beberapa show yang tersedia di antaranya Elephant Story, Dolphin & Friends, Tiger Tales, Birds in Flight, dan Australiana Sunset Carnival.

Recreation Area (Wahana Permainan)

taman safari indonesia pasuruan

Photo: Traveloka

Bosan melihat binatang? Waktunya kamu mencoba berbagai wahana permainan seru. Uji adrenalinmu dengan naik roller coaster, Safari Swinger, rumah hantu, go kart, ontang-anting, kereta layang, dan masih banyak lagi!

Baca Juga: 5 Binatang Tertua di Dunia yang Lebih Dari Seabad!

Safari Water World

taman safari indonesia pasuruan

Photo: Traveloka

Taman Safari Indonesia Pasuruan juga memiliki wahana water park, lho. Di Safari Water World, kamu bisa bermain air di beberapa kolam berbeda seperti kolam arus, kolam anak, kolam dewasa, dan kolam adrenalin sambil menjelajahi 7 keajaiban dunia. 

Psst, kalau kamu pencinta wahana ekstrem, jangan lupa untuk mencoba seluncur air mereka yang memiliki ketinggian 15 meter yakni Super Bowl Water Slide dan Boomerang Water Slide, ya!

Special Experience

taman safari indonesia pasuruan

Photo: Tiket.com

Terakhir, ada juga wahana paintball yang termasuk dalam kategori Special Experience. Permainan ini cocok untuk menguji skill, strategi, dan kerja sama tim bersama keluarga atau teman-teman.

Kamu juga bisa agak bersantai dan menikmati keindahan pemandangan alam di lereng Gunung Arjuno sambil naik gajah sumatera di wahana Elephant Journey, lho.

Selain berbagai wahana, Taman Safari Prigen juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti masjid, camping ground, toko souvenir, tempat kuliner atau restoran, toilet di berbagai sudut, camping ground, dan juga hotel.

Tips Berlibur ke Taman Safari Pasuruan

taman safari indonesia pasuruan

Photo: Tiket.com

Namanya juga berlibur ke rumah para hewan liar, tentunya kamu perlu mempersiapkan banyak hal agar liburan tetap nyaman dan aman. Lantas, apa saja yang bisa kamu lakukan? Simak tipsnya berikut ini, ya.

Pertama, pastikan diri kamu dan keluarga atau teman-teman sedang dalam keadaan sehat, ya. Taman Safari Pasuruan punya kawasan yang sangat luas dan berada di alam bebas. Tentunya akan membutuhkan stamina yang kuat untuk menjelajahinya dengan maksimal.

Selanjutnya, beli tiket masuk secara online agar mudah. Kamu juga bisa sekaligus mencari referensi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana lewat website resmi mereka. Catat apa saja aktivitas yang ingin kamu lakukan atau jadwal show yang ingin kamu datangi biar tidak ketinggalan.

Kalau kamu membawa kendaraan sendiri, pastikan mobilmu layak jalan, ya. Kondisi mobil harus dalam keadaan prima untuk mengarungi medan jalan yang cukup ekstrem di sana. Ini juga berkaitan dengan keamananmu saat berkeliling area Safari Adventure. Jangan sampai tiba-tiba mogok di tengah kepungan singa, hehehe.

Intinya sih, kamu harus menaati seluruh peraturan yang ada di sana. Termasuk yang dipajang di banner atau papan petunjuk, atau pun instruksi dan imbauan dari para petugas lapangan. Apalagi yang berkaitan dengan cara berinteraksi dengan satwa.

Misalnya, jangan sembarangan memberi makan satwa. Hanya satwa jinak yang boleh diberi makan dengan wortel atau sayuran lain. Tapi jangan sampai turun dari mobil juga, karena bisa jadi membahayakan para satwa itu sendiri atau bahkan pengunjung yang lain.

Kalau lagi ada Zona Karnivora sih, jangan coba-coba membuka jendela atau pintu untuk memberi mereka makanan, ya. Kalau ingin berinteraksi dengan hewan karnivora, kamu bisa mencoba wahana Carnivore Feeding Adventure.

Cukup merogoh kocek ekstra Rp150.000 saja, kamu akan dibawa menaiki truk yang sudah dimodifikasi bagian belakangnya. Di sana, terdapat jeruji besi kuat yang berbentuk seperti kandang berkapasitas 16 orang.

Nah, dari situ kamu bisa bebas memberi makanan pada para satwa karnivora seperti beruang, singa, dan harimau. Tenang saja, ada dua orang penjaga yang selalu mendampingi kamu di sana, kok. Pastikan tetap berhati-hati, ya!

Baca Juga: Bermain Sambil Belajar Tentang Hewan di 5 Rekomendasi Kebun Binatang Indonesia Terbaik Ini!

Harga Tiket dan Jam Buka Taman Safari Pasuruan Terbaru

taman safari indonesia pasuruan

Photo: kelilingnusantara.com

Perlu diketahui, bahwa ada dua jenis tiket masuk Taman Safari Pasuruan, yakni Reguler dan Premium. Selain berbeda harganya, fasilitas yang didapatkan juga berbeda.

Harga tiket reguler Taman Safari Pasuruan adalah Rp135.000 per orang untuk weekday, dan Rp150.000 per orang untuk weekend serta hari libur nasional.

Tiket Reguler mencakup fasilitas Safari Adventure, Baby Zoo, Aquatic Land, Australiana, wahana permainan, dan free 4 animal presentations (tidak termasuk pertunjukan Temple of Terror dan Dolphin Show).

Kalau kamu ingin mendapatkan fasilitas dan akses ke wahana yang lebih banyak lagi, Bob sarankan langsung saja membeli tiket Premium Taman Safari Pasuruan. Harganya adalah Rp185.000 per orang untuk weekday, serta Rp200.000 per orang untuk weekend dan hari libur nasional.

Kamu akan mendapatkan akses ke semua fasilitas yang terdapat di tiket Reguler, dengan tambahan satu kali foto satwa, Museum Circus, Safari Water World (area kolam renang), juga semua animal presentations, termasuk Temple of Terror dan Dolphin Show.

Tiket masuk bisa dibeli secara online melalui website resmi Taman Safari Indonesia II Jatim (ticket.safariprigen.com). Objek wisata ini buka setiap hari pukul 08.30 – 16.00. Kamu bisa datang sejak pagi hari agar puas berpetualang.

Cara Menuju Taman Safari Pasuruan

taman safari indonesia pasuruan

Photo: Dok. Taman Safari Prigen via Agent Wisata Bromo

Untuk menuju ke Taman Safari Prigen, rutenya tidak terlalu membingungkan dan bisa dicapai dengan berbagai moda transportasi.

Lokasi objek wisata ini terletak di antara Surabaya dan Malang. Jadi, titik mulainya bisa dari kedua kota tersebut atau bisa juga dari Pasuruan.

Jika kamu mengendarai kendaraan pribadi dan berangkat dari Pasuruan, jaraknya sekitar 36 km. Kamu bisa mengambil rute melewati Jalan Wonorejo. Setelah sampai di Pandaan, ambil jalur ke arah Prigen.

Sementara jika kamu berangkat dari Malang, bisa melewati Jalan Tol Malang-Surabaya dan keluar di exit Tol Pandaan. Dari sana, sudah ada penunjuk arah ke Taman Safari Pasuruan. Perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 15-20 menit saja.

Untuk rute transportasi umum pun tidaklah membingungkan. Kamu bisa naik bus kota ke arah Terminal Purbaya. Dari sana, ganti bus ke arah Malang, dan turun di Prigen. Tepat di depan pintu gerbang Taman Safari Pasuruan. Di sana tersedia ojek yang bisa mengantarkanmu masuk ke lokasi wisata.

Baca Juga: Perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari, Mana yang Harus Kamu Kunjungi?

Bobocabin Pacet, Mojokerto

Pacet, Mojokerto The Most Underrated Getaway Paradise in Indonesia

Mumpung lagi liburan ke Jawa Timur, coba deh jelajahi berbagai spot wisata di kawasan Gunung Arjuna dan Gunung Welirang yang enggak kalah memesona!

Pacet, Mojokerto adalah salah satu kawasan yang populer buat para wisatawan. Letaknya hanya sekitar 1 jam dari Prigen.

Di sana ada berbagai air terjun megah seperti Air Terjun Grenjengan, Air Terjun Coban Canggu, Pemandian Air Panas Padusan, dan lainnya yang jaraknya dekat banget dengan Bobocabin Pacet, Mojokerto.

Bobocabin Pacet, Mojokerto menawarkan pengalaman glamping yang sangat berbeda. Kabinnya terlihat menyatu dengan alam karena dikelilingi pepohonan rindang. Meski begitu, bagian dalam kabinnya sudah dilengkapi fasilitas modern seperti King Size Bed, Private Bathroom, WiFi, Mood Lamp, Smart Window, Kettle Jug, dan juga B-Pad yang canggih. 

Untuk pengalaman menginap yang menyenangkan, langsung download Bobobox App dan pesan kabinmu sekarang di Bobocabin Pacet, Mojokerto!

 

Writer: Syifa

Header Image: Tiket.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles