Perbedaan Bali Zoo dan Bali Safar

Perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari, Mana yang Harus Kamu Kunjungi?

Sama-sama berlokasi di Kabupaten Gianyar, Bali Zoo dan Bali Safari kerap membuat bingung pengunjung. Tidak sedikit wisatawan yang mempertanyakan perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari saat mereka berlibur di Pulau Dewata.

Nyatanya, kedua tempat tersebut memang memiliki perbedaan dan daya tarik tersendiri. Apa saja sih, perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari ini? Yuk, simak bareng Bob!

Mengenal Bali Zoo dan Bali Safari

Bali Zoo adalah kebun binatang yang memiliki berbagai jenis satwa termasuk mamalia, burung, dan reptil. Pengunjung dapat mengamati hewan-hewan tersebut, berfoto dengan mereka, atau bahkan berinteraksi lebih dekat dalam beberapa program interaksi yang ditawarkan oleh kebun binatang. Selain itu, Bali Zoo juga menyediakan pertunjukan burung dan acara lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Sedangkan Bali Safari Park, atau yang lebih dikenal sebagai Bali Safari, adalah taman safari yang terletak di Gianyar, Bali. Taman ini menawarkan pengalaman melihat satwa liar dari seluruh dunia dalam habitat yang mirip dengan aslinya. Pengunjung dapat menjelajahi taman ini dengan berbagai cara, seperti menggunakan bus safari, berjalan kaki, atau bahkan naik gajah.

Bobocabin Bobobox

Apa Bedanya Bali Safari dan Bali Zoo?

Berikut ini beberapa perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari, yaitu:

1. Lokasi Bali Zoo dan Bali Safari

Bali Zoo dan Bali Safari Park adalah kebun binatang yang sama-sama bisa kamu jumpai di kawasan Gianyar. Namun, lokasinya tentu berbeda.

Bali Zoo berlokasi di Jalan Raya Singapadu, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Sementara itu, Bali Safari Park berada di Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, KM 19, Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.

Perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari tentu bukan sampai situ saja. Masih banyak perbedaan lainnya segi koleksi satwa hingga wahana. Baca terus ya untuk mengetahui perbedaannya!

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Dia 5 Wisata Gua Bali Yang Unik Dan Magis. Wajid Masuk Wishlistmu!

2. Koleksi Satwa

sepasang singa di bali zoo

Sumber: @balizoo via Instagram

Perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari salah satunya bisa kamu lihat dari koleksi satwa kedua kebun binatang tersebut. Jika dibandingkan, koleksi satwa Bali Zoo lebih sedikit dari koleksi di Bali Safari.

Berdiri di atas lahan seluas 12 hektar, Bali Zoo menjadi rumah bagi lebih dari 450 satwa dari 70 spesies asli Indonesia dan luar negeri, termasuk reptil, mamalia dan burung. Beberapa di antaranya adalah singa, buaya, berang-berang, harimau, owa, orang utan, gajah, rusa, beruang madu, penyu, landak, kakaktua, merak, dan jalak bali. Kebanyakan hewan-hewan di Bali Zoo berada di dalam kandang seperti kebun binatang pada umumnya.

Sementara itu, Bali Safari yang berdiri di lahan seluas kurang lebih 40 hektar menampung lebih dari 1.000 ekor hewan dari sekitar 120 spesies satwa endemik Indonesia, India, hingga Afrika. Beberapa di antaranya bahkan termasuk hewan langka dan dilindungi, seperti komodo, orang utan, jalak bali, dan gajah sumatera.

Selain itu, ada juga hewan-hewan lain yang umum kamu jumpai di kebun binatang. Sebut saja harimau, badak, singa, merak, kuda nil, jerapah, burung unta, burung merak, zebra, rusa, meerkat, dan masih banyak lagi.

Tidak seperti kebanyakan kebun binatang yang memamerkan satwanya di dalam kandang, Bali Safari justru membiarkan mereka berkeliaran bebas layaknya di alam liar.

3. Cara Pengunjung Bertemu dengan Satwa

perbedaan bali zoo dan bali safari. anak kecil mengamati sepasang singa betina dari balik dinding kaca

Sumber: bali-zoo.com

Bagaimana Pengunjung Berinteraksi dengan Satwa di Bali Zoo?

Hal lain yang menunjukkan perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari adalah cara pengunjung bertemu para satwa. Di Bali Zoo, kamu bisa menyusuri area kebun binatang dengan berjalan kaki lalu mendekat ke kandang untuk melihat satwa dari dekat. Meski terkurung, satwa-satwa Bali Zoo tinggal di dalam kandang yang sudah dibuat seperti habitat aslinya.

Selain menyaksikan hewan dengan pembatas kandang, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa satwa tertentu Bali Zoo. Kebun binatang satu ini menawarkan keseruan memberi makan rusa, gajah, dan kelinci di area Petting Zoo.

Ada pula kegiatan animal encounter, tempat kamu bisa berinteraksi dan berswafoto dengan sejumlah hewan seperti satwa jinak, serta berinteraksi dengan gajah, orang utan, singa, macan putih, hingga burung pelikan.

Selain itu, ada juga animal show, seperti atraksi seru burung terbang, dan juga kegiatan menunggangi kuda poni untuk anak-anak.

Bali Zoo menawarkan paket-paket menarik supaya kamu bisa berinteraksi lebih dekat dengan satwa, yaitu Breakfast with Orang Utan, Elephant Mud Fun, dan Elephant Expedition.

Baca Juga: Ternyata, Ini 7 Kebiasaan Orang Bali Yang Bikin Bali Jadi Surga Dunia!

mengarungi bali safari dengan trem di tengah satwa yang dilepas bebas

Sumber: balisafarimarinepark.com

Bagaimana Pengunjung Berinteraksi dengan Satwa di Bali Safari?

Bali Safari Park menawarkan aktivitas yang lebih menantang, seolah-olah kamu tengah bersafari di alam liar. Dengan membiarkan para satwa berkeliaran di lingkungan yang menyerupai habitat aslinya, pengalaman bertemu hewan di Bali Safari jadi lebih memacu adrenalin, sebab kamu akan terasa lebih dekat tanpa penghalang apapun.

Bali Safari menyediakan kendaraan khusus berupa trem. Dengan begitu, pengunjung bisa merasakan pengalaman berada di alam liar sambil melihat aneka satwa, termasuk yang sudah terancam punah. Dalam kegiatan ini, kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan sejumlah hewan, misalnya dengan memberi makan jerafah hingga bermain dengan para meerkat.

Ada juga kegiatan memberi makan ikan piranha di Fresh Water Aquarium, dan menyaksikan animal show yang mempertunjukkan atraksi gajah, kucing-kucing besar, dan hewan-hewan lainnya.

Selain sekadar bersafari, Bali Safari Park juga menawarkan beragam paket dengan kegiatan yang lebih beragam. Paket tersebut meliputi Jungle Hopper, Elephant Back Safari, Night Safari, Breakfast with The Lions, 4×4 Safari, dan Bali Agung Show.

4. Wisata Edukasi

sepasang pengunjung bermain lumpur dengan seekor gajah

Sumber: bali-zoo.com

Bali Zoo dan Bali Safari menawarkan wisata edukasi melalui paket yang mereka tawarkan. Contohnya adalah Elephant Mud Fun di Bali Zoo. Elephant Mud Fun mengajak pengunjung mempelajari perilaku dan kehidupan gajah sumatera. Di bawah panduan pawang gajah, kamu akan diajak berkotor-kotoran dan bermain lumpur bersama hewan berbelalai tersebut.

Kegiatan ini menunjukkan bahwa berkubang dalam lumpur merupakan kebiasaan seekor gajah untuk menghindari paparan berlebih sinar matahari pada kulit, terutama di musim kemarau. Karena tidak memiliki kelenjar keringat, gajah mengandalkan lumpur untuk membuat tubuh tetap sejuk dan melindungi diri dari terik matahari. Meskipun tampak kuat, gajah juga bisa terkena sunburn.

Sementara itu, Bali Safari memiliki paket Elephant Back Safari, yaitu kegiatan menunggangi gajah dengan didampingi pawang. Kegiatan satu ini akan membawa kamu mempelajari perilaku, keterampilan, kecerdasan, serta habitat alami hewan besar tersebut.

Baca Juga: 7 Sunrise Spot Terbaik Di Bali Yang Bisa Kamu Kunjungi Dengan Bobovan

5. Wahana Air Menyenangkan

wahana air di bali zoo

Sumber: bali-zoo.com

Untuk melengkapi keseruan berlibur di Bali Zoo dan Bali Safari, kedua kebun binatang ini menyediakan wahana air ramah anak. Lalu, apa perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari dari segi wahananya ini?

Bali Zoo memiliki zona Bali Jungle Splash Waterplay yang seru layaknya waterboom lengkap dengan seluncuran dan air mancur, tapi dengan skala lebih kecil. Wahana yang buka mulai pukul 10.00-17.00 ini biasanya sudah termasuk ke dalam tiket masuk, sehingga tidak ada biaya tambahan untuk memasukinya. Namun, kamu mungkin harus menyiapkan uang tambahan untuk menyewa fasilitas di dalamnya, seperti cabana (gazebo), loker, dan handuk.

wahana air dengan perosotan di bali safari

Sumber: balisafarimarinepark.com

Sementara itu, Bali Safari Park memiliki wahana FunZone yang menyediakan kolam super luas dengan beragam kedalaman sehingga bisa digunakan orang dewasa maupun anak-anak. Wahana ini juga menawarkan fasilitas seperti berbagai jenis perosotan yang membuat suasana lebih seru dan mengasyikkan.

Wahana ini biasanya belum termasuk di dalam biaya tiket masuk, jadi kamu perlu menyiapkan uang tambahan untuk menikmati FunZone serta menyewa handuk dan loker. Namun, FunZone biasanya sudah include di dalam tiket paket-paket Bali Safari.

6. Bersantap Bersama Satwa Liar

seorang laki-laki sedang menyantap makan siang di samping dinding kaca, ada seekor singa di baliknya

Sumber: balisafarimarinepark.com

Perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari berikutnya adalah dari pengalaman bersantap makanan di dengan ditemani satwa liar. Jika berkunjung ke Bali Zoo, kamu bisa membeli paket Breakfast with Orang Utan yang hanya bisa kamu dapatkan di kebun binatang tersebut. Ada juga Gayo Restaurant di jantung Bali Zoo, yang menyuguhkan pemandangan terbuka elephant train sekaligus kebun penuh beragam burung tropis.

Sementara itu, Bali Safari menawarkan paket Breakfast with the Lions di Tsavo Lion, restoran bernuansa Afrika yang bersisian dengan tempat pameran singa. Tentunya ada pembatas antara restoran dan tempat singa tersebut, agar kamu bebas mengamati mereka di habitatnya sambil menikmati sajian kuliner yang mewah dan lezat.

7. Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Bali Zoo:

  • Wisatawan Domestik: Harga tiket mulai dari Rp75.000 hingga Rp125.000.
  • Wisatawan Asing: Harga tiket mulai dari Rp355.500.

Harga Tiket Masuk Bali Safari:

  • Wisatawan Domestik: Harga tiket mulai dari Rp175.000 hingga Rp680.000.
  • Wisatawan Asing: Harga tiket mulai dari Rp650.000 hingga Rp2.100.000.

Dapat dilihat bahwa harga tiket untuk Bali Safari Marine Park cenderung lebih tinggi daripada harga tiket untuk Bali Zoo, terutama untuk wisatawan asing. Namun, harga tiket bisa berbeda-beda tergantung pada paket dan program yang dipilih.

8. Jam Buka

Kedua tempat tersebut memiliki jam buka yang sama, yaitu dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WITA. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengunjung untuk mengunjungi tempat tersebut sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

Namun, perlu dicatat bahwa informasi harga tiket dan jam buka dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi disarankan untuk memeriksa website resmi atau menghubungi langsung Bali Zoo dan Bali Safari untuk mendapatkan informasi yang paling akurat sebelum mengunjungi tempat tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Bulan yang Bagus untuk Liburan ke Bali

Nikmati Keindahan Kintamani Bersama Bobocabin!

Nikmati Keindahan Kintamani Bersama Bobocabin!

Lengkapi wisata kamu selama di Bali dengan berkunjung ke kawasan Ubud. Untuk pilihan akomodasinya, serahkan saja pada Bobocabin! Hadir dengan teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu menikmati keindahan alam Bali dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window, B-Pad, Bluetooth speaker, dan moodlamp. Tak hanya itu, Bobocabin juga menyediakan fasilitas penunjang lain berupa Wi-Fi, campfire & barbeque, hingga entertainment (board games dan proyektor film) agar keseruanmu di tengah alam semakin mengasyikkan.

Tertarik menikmati keindahan dan keseruannya? Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles