Snorkeling Pahawang

Snorkeling Pahawang: Menjelajahi Kehidupan Bawah Laut yang Menakjubkan

Penggemar snorkeling mari merapat, saatnya mencoba spot snorkeling selain Lombok atau Bali! Pahawang adalah salah satu spot snorkeling yang tengah naik daun dan dapat kamu jelajahi sampai puas.

Pulau Pahawang menawarkan pesona terumbu karang dan alam bawah laut yang kaya. Terlebih lagi, wilayah ini belum banyak diketahui orang sehingga kamu dapat menjelajahi perairan Pahawang tanpa terganggu wisatawan lain!

Tertarik untuk mengenali Pulau Pahawang lebih lanjut? Berikut semua informasi yang kamu butuhkan tentang surga snorkeling satu ini—rute menuju pulau, daya tarik yang ditawarkan, hingga berbagai spot yang tak boleh kamu lewatkan!

Sekilas Mengenai Pahawang

Snorkeling Pahawang

Foto: SabilAdventure via tiket.com

Pulau Pahawang terletak di Provinsi Lampung, tepatnya di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pasawaran. 

Pulau ini merupakan bagian dari Teluk Lampung dan menyimpan kekayaan alam yang menakjubkan, dengan hamparan pantai pasir putih, lautan biru, dan hutan mangrove yang merupakan habitat berbagai jenis hewan.

Pulau Pahawang sendiri ternyata dibagi menjadi dua, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Warga lokal menetap di Pulau Pahawang Besar yang memiliki luas lebih dari 700 hektare.

Sementara itu, Pulau Pahawang Kecil memiliki luas sekitar 13 hektare dan merupakan pulau tak berpenghuni yang cocok sebagai tempat bersantai.

Kedua pulau tersebut dihubungkan dengan pasir putih memanjang yang diberi nama Pasir Timbul oleh penduduk sekitar. Pasalnya, pasir tersebut hanya bisa kamu temukan ketika laut surut.

Selain dikenal sebagai lokasi snorkeling, Pulau Pahawang juga menawarkan berbagai aktivitas air seru lainnya, seperti banana boat, sofa boat, dan donut boat.

Pulau Pahawang dengan pulau lain, menjadikannya wilayah yang tepat untuk island-hopping. Jadi, kamu bisa memaksimalkan waktu dengan menjelajahi pesona unik yang dimiliki masing-masing pulau.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Snorkeling dan Diving

Lokasi dan Rute Menuju Pahawang

Lokasi dan Rute Menuju Pahawang

Foto: SabilAdventure via tiket.com

Terletak di dekat Pulau Kelagian, pulau ini berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Umumnya, tersedia jasa tur yang mengatur perjalananmu menuju Pulau Pahawang.

Untuk dapat mencapai Pulau Pahawang, kamu perlu menempuh perjalanan darat sejauh 25 kilometer naik kendaraan pribadi atau sewaan menuju Dermaga Ketapang. Lalu, kamu akan menempuh perjalanan laut sejauh lebih dari 10 kilometer menggunakan perahu.

Kamu juga dapat memilih jenis perahu yang akan dikendarai menuju pulau, seperti perahu kayu dan speedboat. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, dengan rata-rata harga sewa sekitar Rp400.000.

Daya Tarik Snorkeling di Pahawang

Daya Tarik Snorkeling di Pahawang

Foto: SabilAdventure via tiket.com

Pulau Pahawang memiliki habitat bawah laut yang sangat kaya. Berbagai jenis flora dan fauna berwarna-warni menghiasi lautan biru di pulau ini.

Penggemar film animasi mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan badut yang menjadi tokoh utama di film Finding Nemo. Ya, ikan putih-oranye ini ternyata merupakan salah satu jenis fauna yang banyak dapat ditemukan di area pulau!

Kerennya, selain mengunjungi penangkaran ikan badut, kamu juga dapat berenang langsung dengan kawanan ikan badut berbagai ukuran di perairan Pulau Pahawang. Jika beruntung, kamu bahkan dapat berinteraksi dengan penyu, pari bintik biru, belut laut, atau ular laut.

Selain berenang bersama hewan-hewan laut, kamu juga dapat menjelajahi berbagai reruntuhan di bawah laut. Beberapa spot snorkeling menawarkan pengalaman eksplorasi bangkai kapal dan gedung yang menawan.

Jadi, pastikan untuk menjajal semua spot snorkeling dan pesona uniknya masing-masing. Cek bagian selanjutnya untuk rekomendasi spot snorkeling terbaik di Pulau Pahawang!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Spot Snorkeling Terbaik di Jawa Timur

6 Spot Snorkeling di Pahawang

1. Taman Nemo Pahawang

Taman Nemo Pahawang

Foto: David Clode via Unsplash

Spot pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Taman Nemo Pahawang. Seperti namanya, kamu dapat menemukan banyak ikan badut seperti tokoh Nemo di Finding Nemo.

Ikan-ikan badut ini dapat kamu temukan di antara anemon laut cantik yang merupakan rumah bagi spesies ikan badut. Uniknya, spot snorkeling ini merupakan spot snorkeling buatan yang berfungsi untuk budidaya terumbu karang dan sebagai lokasi pelestarian ikan badut.

2. Gosong Bekri

Selain berenang bersama makhluk laut warna-warni, kamu juga dapat menjelajahi bangunan yang menyerupai candi bawah laut, seperti Gosong Bekri.

Bangunan ini telah menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan-ikan hias. Pemandangan unik tersebut juga menjadikannya lokasi swafoto populer bagi para penggemar snorkeling.

Bobocabin Bobobox

3. Gosong Pancong

Gosong Pancong menawarkan pengalaman snorkeling yang lebih menantang. Ada dua jenis kedalaman yang dapat kamu coba, yakni perairan dangkal dan perairan yang lebih dalam.

Layaknya Gosong Bekri, spot Gosong Pancong juga menawarkan panorama bangunan menyerupai candi di bawah laut. Terdapat berbagai jenis ikan yang akan menemanimu berenang mengitari bangunan tersebut.

4. Tanjung Putus

Terletak tidak jauh dari Pulau Pahawang, spot snorkeling ini menawarkan pemandangan aneka terumbu karang unik di sekitar bangkai kapal karam. Namun, kamu hanya dapat mencapai bangkai kapal dengan melakukan free diving karena lokasinya terlalu dalam.

Di spot ini, kamu mungkin akan lebih sering melihat segerombolan ikan atau a school of fish berenang ke sana dan kemari secara bersamaan.

Baca Juga: 7 Pilihan Spot Snorkeling di Bali dengan Pesona Laut yang Mengagumkan

5. Cukuh Bedil

Pastikan untuk menyempatkan waktu untuk mengunjungi Cukuh Bedil, sebuah spot snorkeling indah yang tidak jauh dari Pulau Pahawang. Area snorkeling ini dihiasi terumbu karang berwarna-warni yang merupakan rumah dari berbagai biota laut.

Selain itu, kamu juga dapat menemukan beton bertuliskan “Taman Nemo Cukuh Bedil” di bawah permukaan air, menjadikannya spot foto snorkeling yang ikonis untuk wisatawan.

6. Pulau Legundi

Spot terakhir yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pulau Legundi. Selain dekat, Pulau Legundi juga menawarkan pengalaman snorkeling yang unik karena kamu akan menemukan banyak gua di bawah laut.

Namun, pastikan untuk tidak gegabah dan menjelajahi gua terlalu dalam, karena kita tidak dapat memprediksi seberapa jauh jalur gua tersebut menjalar.

Nikmati Pemandangan Alam Indah di Bobocabin 

Bobocabin Rinjani Foto

Ingin bermalam di tengah alam pegunungan asri dan pepohonan hijau? Bobocabin jawabannya!

Berbekal konsep futuristik teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani tidurmu di tengah asrinya berbagai lokasi wisata alam populer di Indonesia dengan cita rasa modern.

Tentunya, kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Tersedia pula fasilitas campfire, BBQ, dan Wi-Fi untuk menunjang pengalaman menginapmu.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: SabilAdventure via tiket.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles