Snorkeling Karimunjawa

Snorkeling Karimunjawa: Menjelajahi Kehidupan Bawah Laut yang Menakjubkan

Tidak kalah indah dari Bali atau Lombok, Karimunjawa rupanya juga punya pemandangan laut yang menakjubkan. Di sini, kamu akan disuguhi pemandangan biota laut yang beragam. Selain itu, Karimunjawa juga ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk snorkeling.

Dalam ulasan ini, Bob akan kupas tuntas snorkeling Karimunjawa, mulai dari daya tariknya hingga spot snorkeling yang populer dan indah. Wajib kamu kunjungi dan rasakan sendiri keindahannya, deh!

Sekilas Mengenai Karimunjawa

Sekilas Mengenai Karimunjawa

Foto: Joris Beugels via Unsplash

Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang terletak di Laut Jawa, sekitar 80 km barat laut dari Kota Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau dengan luas daratan total sekitar 45.62 kilometer persegi. 

Pulau utamanya dikenal sebagai Karimun dengan luas 2.700 hektare, sedangkan pulau terbesar kedua adalah Kemujan dengan luas 1.400 hektare.

Karimunjawa dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pesona bawah laut dan terumbu karangnya. Beberapa pulau bahkan dibentuk oleh terumbu karang dan ditutup dengan lapisan pasir.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Selain itu, Karimunjawa juga rumah bagi hutan bakau dan hampir 400 spesies fauna laut, termasuk 242 jenis ikan hias. Ia kini dikembangkan menjadi pesona wisata taman laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Beberapa objek wisata terpopuler di Karimunjawa antara lain Pulau Menjangan Kecil, Pantai Tanjung Gelam, Alun-Alun Karimunjawa, Pulau Geleang, dan Bukit Cinta Karimunjawa.

Baca Juga: Jangan Terlewatkan! 4 Spot Terbaik untuk Snorkeling di Kuta Lombok

Lokasi dan Rute Menuju Karimunjawa

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh untuk mencapai Karimunjawa:

1. Lewat Jalan Darat

Jika kamu ingin mengunjungi Karimunjawa lewat jalur darat, berikut sejumlah opsi rute yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Dari Area di Jawa: Kamu bisa memesan tiket bus menuju Terminal Terboyo, Semarang. Setelah sampai di Terminal Terboyo, lanjut perjalanan menuju Terminal Jepara naik bus lokal. Selanjutnya, kamu bisa turun di dekat Pelabuhan Kartini.
  • Dari Semarang: Kamu bisa naik bus menuju Jepara dan melanjutkan perjalanan dengan kapal feri.

2. Lewat Laut

Jika kamu ingin mengunjungi Karimunjawa lewat jalur laut, berikut sejumlah opsi rute yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Dari Pelabuhan Kartini, Jepara: Kamu bisa menaiki kapal Express Bahari atau kapal Ferry KMP Siginjai.
  • Dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang: Kamu bisa menaiki kapal KMC Kartini atau KMP Muria.

Saat menyeberang menuju Pulau Karimunjawa, kamu juga bisa memilih beberapa pelabuhan, mulai dari Pelabuhan Kartini Jepara, Tanjung Mas Semarang, dan Pantai Bandengan.

3. Lewat Udara

Kamu juga bisa mencapai Karimunjawa naik pesawat terbang, tapi harus mampir ke Semarang terlebih dahulu. Dari Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang kamu bisa naik pesawat menuju Bandara Dewadaru, Kepulauan Karimunjawa.

Baca juga: 8 Tempat Asyik Destinasi Wisata di Karimunjawa yang Siap Senangkan Liburanmu

Daya Tarik Snorkeling di Karimunjawa

Daya Tarik Snorkeling di Karimunjawa

Foto: Petrus Wong Hendry Gunawan via Gmaps

Karimunjawa terkenal dengan keindahan lautnya. Oleh karena itu, tidak jarang banyak yang datang untuk snorkeling atau sekadar bermain di pantai. 

Salah satu daya tarik snorkeling di Karimunjawa adalah pulaunya kebanyakan sepi dan tidak berpenghuni. Hal ini menjadikan laut di sekitar pulau-pulau kecil ini terjaga keindahannya.

Jika kamu berjiwa petualang, Karimunjawa juga menawarkan atraksi berenang dengan hiu. Kamu bisa menyelam sambil melihat keindahan biota laut ditemani predator yang megah ini.

Selain snorkeling, kamu juga bisa tinggal di vila-vila dekat pantai. Suasana tropis serta pemandangan pantai yang indah ini kerap menjadi incaran para wisatawan saat bertandang ke surga kecil ini.

Baca Juga: Snorkeling Gili Ketapang: Petualangan Snorkeling yang Mengesankan

5 Spot Snorkeling di Karimunjawa

Seperti yang sudah diketahui, Karimunjawa merupakan kepulauan yang terdiri dari banyak pulau kecil. Beberapa pulau ini menjadi spot snorkeling favorit para wisatawan. 

Semua lokasi memiliki keindahan alam lautnya masing-masing, tapi tidak jauh berbeda karena masih di satu wilayah yang berdekatan. Berikut adalah spot snorkeling Karimunjawa yang harus kamu jajaki:

1. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil

Foto: Kristina Dameria via Gmaps

Pulau Menjangan Kecil terletak sekitar 3 kilometer di barat daya Pulau Karimunjawa. Sebagai spot snorkeling yang populer, pulau ini menawarkan keindahan alam bawah laut dengan berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias. Pulau ini bahkan juga memiliki penangkaran hiu!

Untuk mencapai Pulau Menjangan Kecil dari Pulau Karimunjawa, kamu memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit menggunakan perahu.

2. Pulau Cemara Kecil

Pulau Cemara Kecil

Foto: Budi Hidayat via Gmaps

Tempat snorkeling Karimunjawa berikutnya jatuh pada Pulau Cemara Kecil. Pulau ini menawarkan keindahan alam bawah laut dengan berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias. Pulau ini juga memiliki spot Gosong Cemara yang ditujukan khusus untuk snorkeling dan diving

Pulau Cemara Kecil terletak sekitar 10 menit perjalanan naik speedboat dari Pulau Karimunjawa.

3. Pulau Cilik

Pulau Cilik

Foto: ROSSION AERIAL GRAPHIC via Gmaps

Pulau Cilik juga ramai dikunjungi sebagai tempat snorkeling di Karimunjawa. Pulau ini ditumbuhi oleh pohon-pohon cemara yang menjadikan suasananya rindang. 

Selain itu, Pulau Cilik juga dilengkapi dengan dermaga kayu atau jetty sebagai tempat perahu merapat. Karena perairan di bawah dermaga sangat jernih, saat berjalan melintasi dermaga, kamu pun bisa melihat jelas beragam spesies ikan yang hilir mudik.

Pulau Cilik terletak sekitar satu jam perjalanan naik perahu wisata tradisional dari Pulau Karimunjawa.

4. Pulau Tengah

Pulau Tengah

Foto: Prasetyo Aji Nugroho via Gmaps

Rekomendasi spot snorkeling Karimunjawa lainnya ada di Pulau Tengah. Di sini, kamu akan menemukan barisan terumbu karang yang menjulang tinggi seperti tembok. Ketika air laut surut, barisan terumbu karang ini bahkan tampak ke permukaan laut!

Pulau Tengah terletak di sebelah timur laut Pulau Karimunjawa besar. Kamu dapat mencapainya naik kapal motor selama 1–1,5 jam.

5. Karang Torpedo

Karang Torpedo di Karimunjawa adalah spot snorkeling yang unik dan menarik. Namanya berasal dari torpedo bekas bahan peledak peninggalan Perang Dunia ke-II. Kamu bisa melihat bekas torpedo yang diselimuti terumbu karang di sepanjang dasar bawah laut.

Selain itu, variasi ikan di Karang Torpedo juga bermacam-macam sehingga pengalaman snorkelingmu akan semakin berkesan. 

Jarak tempuh dari Pulau Karimunjawa ke Karang Torpedo kurang lebih sama dengan jarak ke Pulau Tengah, yaitu sekitar 1–1,5 jam naik kapal motor.

Nah, itulah serba-serbi informasi tentang snorkeling Karimunjawa dan spot populernya. Semoga ulasan ini bisa jadi referensimu saat akan berlibur ke Karimunjawa, ya!

Baca juga: Ingin Snorkeling di Seminyak? Eits, Belum Tentu Pantainya Cocok, Lho!

Bobopod Dulu, Jalan-Jalan Kemudian!

Bobopod by Bobobox

Setelah asik snorkeling dan liburan di Pulau Karimunjawa, jangan lupa melipir ke Semarang untuk merasakan hiburan di perkotaan. Kami bisa menemukan berbagai macam wisata, mulai dari kuliner, sejarah, rekreasi, hingga wisata alam yang tidak kalah indah.

Urusan hotel, serahkan saja pada Bobopod Kota Lama. Rasakan pengalaman istirahat yang nyaman dengan fasilitas modern di lokasi yang strategis!

Yuk, pesan kamarmu lewat aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: Petrus Wong Hendry Gunawan via Gmaps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles