10 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Bus

Pusing Setelah Perjalanan Jauh: Penyebab dan Cara Mencegahnya

Bukan tidak mungkin kamu mengalami pusing setelah perjalanan jauh. Hal ini tentunya dapat mengganggu perjalanan dan mengurangi rasa senang saat berlibur.

Kondisi ini memang bukan hal yang berbahaya, tapi kamu perlu menanganinya dengan segera agar perjalanan liburan pun tidak kacau balau.

Yuk, kenali dulu beberapa penyebab pusing perjalanan jauh! Setelah itu, coba terapkan tip untuk mencegah dan menguranginya.

5 Penyebab Pusing Setelah Perjalanan Jauh

Berikut ini penyebab pusing setelah perjalanan jauh.

1. Motion Sickness

Motion Sickness

Sumber: freepik via freepik

Motion sickness atau yang juga dikenal dengan mabuk perjalanan adalah salah satu penyebab pusing saat perjalanan jauh.

Gerakan yang berulang atau tidak stabil selama perjalanan–seperti saat di pesawat, kapal, atau mobil–dapat menyebabkan sistem tubuh tidak seimbang. Hal inilah yang berujung mengakibatkan pusing.

2. Dehidrasi

Kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan dapat memengaruhi keseimbangan elektrolit tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gejala berupa pusing, lelah, dan sakit kepala.

3. Perubahan Tekanan Udara

Saat naik pesawat atau melewati perbedaan ketinggian yang signifikan, perubahan tekanan udara dapat mempengaruhi keseimbangan cairan di telinga bagian dalam.

Perubahan tekanan udara inilah yang dapat menyebabkan pusing.

4. Kelelahan dan Kurang Tidur

Perjalanan jauh yang melelahkan, perbedaan zona waktu yang berujung jet lag, atau kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental yang memicu rasa pusing.

5. Stres dan Kecemasan

Perjalanan jauh sering kali disertai dengan stres dan kecemasan, baik tentang perjalanan itu sendiri atau faktor-faktor lain seperti kekhawatiran akan tujuan perjalanan.

Kondisi ini dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh dan menyebabkan pusing.

Baca juga: Mengenal Jet Lag: Fenomena Perubahan Tubuh setelah Naik Pesawat

9 Cara Mencegah Pusing Perjalanan Jauh

Cara Mencegah Pusing Perjalanan Jauh

Sumber: Pixabay

Bagi kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan, berikut ini cara mencegahnya yang dapat kamu coba.

1. Konsumsi Makanan Ringan

Pusing selama perjalanan jauh dapat mengakibatkan rasa mual bahkan muntah.

Maka dari itu, sebaiknya hindari makan makanan berat dan ganti dengan konsumsi makanan ringan. Dengan begitu, perut akan tetap terisi tanpa memicu pusing dan mual lebih lanjut. 

Kamu bisa coba mengonsumsi makanan ringan atau camilan seperti wafer, roti, sereal, dan buah-buahan seperti apel atau pisang.

Konsumsi makanan ringan ini bisa menghilangkan pusing secara perlahan dan mencegahmu merasa kelaparan.

Hindari konsumsi makanan berat yang susah dicerna seperti makanan berminyak, asam, atau pedas. Jenis makanan ini justru dapat memperparah mabuk perjalanan dan membuatmu merasa mual.

2. Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi bisa menjadi andalan untuk menenangkan diri dan meredakan pusing. Kalau kamu naik mobil pribadi, kamu bisa mengombinasikan aromaterapi seperti essential oil dengan diffuser.

Beberapa aroma essential oil seperti jahe dan pepermin paling berguna untuk membantu meredakan pusing dan mual.

Selain menggunakan diffuser, kamu bisa meneteskan essential oil di pergelangan tangan atau mengendusnya langsung dari botol untuk mendapatkan manfaatnya.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Hidrasi Tubuh

Ketika kamu mulai merasa pusing dalam perjalanan jauh, hal ini bisa jadi adalah pertanda bahwa kamu sedang dehidrasi.

Karena itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air sebelum, saat, dan sesudah bepergian. Hal ini adalah salah satu cara ampuh menghindari pusing, baik itu saat kamu masih dalam perjalanan atau sudah sampai tujuan.

4. Minum Teh Hangat

Minum Teh Hangat

Sumber: jcomp via freepik

Selain air putih, cara menghilangkan pusing setelah perjalanan jauh adalah dengan minum teh hangat.

Beberapa jenis teh yang ampuh untuk menghilangkan pusing adalah teh kamomil, teh lemon madu, teh jahe, dan teh pepermin.

Jenis-jenis teh ini dapat membantu melemaskan otot dan mengurangi asam dalam perut, yang berefek pada berkurangnya pusing serta mual.

5. Mendengarkan Lagu

Saat perjalanan jauh, sebaiknya kamu tidak membaca buku atau menggunakan gadget secara terus menerus. Hal ini dapat memicu pusing dan memperburuk rasa mual.

Walau begitu, kamu tetap bisa mencari distraksi lain dengan mendengarkan lagu untuk membantu meredakan rasa pusing.

Kamu bisa mendengarkan lagu apa pun. Namun, suara white noise dan lagu tanpa lirik terbukti lebih ampuh untuk mengurangi rasa gelisah dan pusing yang kamu rasakan.

6. Istirahat Cukup

Istirahat Cukup

Sumber: Racool_studio via freepik

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup. Kondisi tubuh yang prima dapat mencegah rasa pusing dan mual saat perjalanan jauh. 

Jika kamu tetap merasa pusing saat perjalanan jauh, cara ampuh untuk mengobatinya adalah dengan mengganti waktu istirahatmu.

Pasalnya, tidur malam atau sekadar tidur singkat selama 2–3 jam setelah perjalanan jauh bisa membantumu menghilangkan pusing akibat mabuk perjalanan.

Jika rasa pusing masih membuatmu sulit tidur, kamu bisa beristirahat dengan posisi duduk atau berbaring tanpa melakukan aktivitas berat.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Dia Kumpulan Simbol Pada Obat-Obatan Serta Maknanya!

7. Duduk di Kursi Bagian Depan

Salah satu tips agar tidak pusing dalam perjalanan adalah memilih kursi bagian depan.

Kursi bagian depan biasanya memberikan sensasi yang lebih stabil dan kurang terpengaruh oleh gerakan yang mungkin terjadi di bagian belakang kendaraan.

Selain itu, cobalah untuk menghirup udara segar, misalnya dengan membuka sedikit jendela untuk mencegah mabuk kendaraan.

8. Hindari Membaca

Aktivitas yang melibatkan fokus pada objek yang bergerak dapat meningkatkan risiko pusing. Jika merasa pusing, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan berhenti membaca atau menggunakan gadget selama perjalanan.

9. Konsumsi Obat Anti Mabuk

Jika cara-cara di atas belum membuahkan hasil, kamu bisa coba meredakan rasa pusing dengan meminum obat mabuk perjalanan.

Umumnya, obat mabuk perjalanan dapat membuatmu mengantuk. Tidur pun akan lebih mudah, dan kamu akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Namun, ingat bahwa konsumsi obat ini harus mematuhi dosis masing-masing. Jangan sampai kamu mengonsumsi secara berlebihan, ya!

Baca juga: Tips Kesehatan Mengatasi Mabuk Perjalanan ala Bob

Istirahat Nyaman dengan Harga Terjangkau di Bobobox

bobobox

Sumber: bobobox.com

Hotel Kapsul Bobobox adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan terjangkau.

Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan.

Agar pod tetap bersih, kamu bisa menyantap makanan di area komunal. Tersedia microwave juga lho, jadi kamu bisa menghangatkan makanan yang kamu beli terlebih dahulu.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasinya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles