perpustakaan kota bandung

Mengenal 11 Perpustakaan Kota Bandung yang Nyaman

Saat mengerjakan tugas, kamu tentu butuh tempat yang nyaman. Jika kamu tinggal di Bandung, ada banyak perpustakaan Kota Bandung yang bisa jadi pilihan.

Selain memiliki ruang baca yang nyaman, perpustakaan ini tak akan menguras kantongmu. Pasalnya, sebagai bagian dari fasilitas umum, kebanyakan dari perpustakaan Kota Bandung tidak dipungut biaya saat masuk.

11 Perpustakaan Kota Bandung yang Cozy dan Bikin Betah

Lantas, perpustakaan mana saja yang layak dikunjungi? Yuk, simak daftar rekomendasi Bob ini!

1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung

Sumber: kompasiana.com

Setiap kota di Indonesia umumnya memiliki perpustakaan umum yang bisa diakses oleh masyarakat. Sama halnya dengan Kota Bandung.

Warga Bandung bisa datang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung. Perpustakaan Kota Bandung ini terletak di tengah kota sehingga mudah diakses.

Tak hanya itu, fasilitas publik ini punya area yang cukup rimbun karena banyak pepohonan. Ini membuat suasananya terasa nyaman dan menyegarkan.

Untuk menikmati berbagai macam buku bacaan, kamu hanya perlu mendaftar menjadi anggota dengan KTP saja, lho. Jadi, datang saja ke Jalan Seram No. 2, Bandung, pada hari senin – jumat.

Baca juga: Yuk Nongkrong di 7 Rekomendasi Rooftop Cafe Bandung dengan City View yang Keren!

2. Perpustakaan Gasibu Jawa Barat

Perpustakaan Gasibu Jawa Barat

Sumber: yourbandung.com

Sedang mencari perpustakaan yang berlokasi di tengah kota?

Bisa jadi Perpustakaan Gasibu Jawa Barat adalah tempat yang kamu cari. Pasalnya, perpustakaan Kota Bandung ini berlokasi persis di area Lapangan Gasibu.

Dengan lokasi yang dekat dengan Lapangan Gasibu, tak mengherankan jika sejumlah orang yang datang adalah orang-orang yang sudah jalan-jalan, atau sekadar olahraga kecil di fasilitas publik tersebut.

Tempatnya terbilang kecil dengan jumlah buku yang terbatas. Namun, itu tak mengurangi kenyamanan yang bisa kamu dapatkan selama berada di sini.

Sebab, ada banyak kursi untuk membaca serta colokan listrik untuk mengisi daya perangkatmu.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Pitimoss Fun Library

Pitimoss Fun Library

Sumber: kopibandung.com

Selanjutnya, ada Pitimoss Fun Library yang jadi rekomendasi Bob. Perpustakaan Kota Bandung ini menyediakan berbagai macam buku, mulai dari komik, novel, hingga majalah.

Nantinya, kamu tak hanya bisa membacanya di tempat, tetapi juga membawanya pulang dengan sistem sewa.

Untuk biayanya, kamu tak perlu khawatir karena harganya terbilang murah. Kamu juga bisa mendapatkan poin dari setiap kunjungan atau mengajak teman untuk bergabung di perpustakaan ini.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Bandung untuk Selfie Kekinian!

4. Microlibrary Bima

Microlibrary Bima

Sumber: archdaily.com

Microlibrary Bima adalah perpustakaan Kota Bandung yang bisa jadi pilihan berikutnya. 

Fasilitas publik yang bisa diakses gratis ini memiliki kurang lebih 2000 judul buku yang bisa kamu baca saat berkunjung.

Sebagai informasi, perpustakaan ini sendiri dibangun oleh Dompet Duafa.

Tak hanya itu, Microlibrary Bima juga sempat mendapatkan penghargaan International Award Winning Library untuk kategori tempat umum.

5. Perpustakaan Pusat ITB

Perpustakaan Pusat ITB

Sumber: lib.itb.ac.id

Dari namanya, kamu sudah bisa menebak siapa pemilik dari Perpustakaan Pusat ITB.

Ya, meski berada di dalam kawasan kampus, perpustakaan milik salah satu perguruan tinggi ternama ini bisa kamu kunjungi untuk membaca buku.

Namun, untuk bisa masuk, ada beberapa ketentuan yang mesti kamu ikuti. Salah satunya adalah menitipkan KTP atau identitas asli saat masuk.

Perpustakaan Kota Bandung ini mempunyai beragam koleksi buku akademik yang terbilang lengkap, sehingga pas dan nyaman untuk kamu yang sedang menyusun skripsi atau karya ilmiah lain.

6. Pustakalana Children’s Library

Pustakalana Children’s Library

Sumber: pustakalanalibrary.wordpress.com

Ingin membawa anak saat berkunjung ke perpustakaan Kota Bandung? Jika itu yang kamu mau, Bob sangat merekomendasikan Pustakalana Children’s Library sebagai tempat yang kamu tuju.

Perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang cukup lengkap, mulai dari buku bergambar untuk anak hingga orang dewasa. Selain itu, tempat tersebut punya tempat membaca dan belajar yang nyaman.

7. Kineruku

Kineruku

Sumber: whiteboardjournal.com

Rekomendasi perpustakaan Kota Bandung terakhir adalah Kineruku. Tempat satu ini menyediakan banyak referensi seputar buku, musik, dan juga film.

Ini membuat perpustakaannya kerap dijadikan tempat acara untuk komunitas pencinta buku, lokakarya, hingga acara musik.

Selain memiliki banyak koleksi buku, Kineruku menyediakan makanan dan minuman untuk teman membaca buku.

Ditambah dengan suasananya yang jauh dari keramaian, perpustakaan ini wajib dikunjungi bagi kamu yang ingin berkonsentrasi penuh.

8. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat

Sumber: keluyuran.com

Karena Bandung merupakan ibukota Provinsi Jawa Barat, terdapat sebuah perpustakaan daerah yang dikelola oleh pemerintah provinsi tersebut, yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat. Berlokasi di bagian timur Kota Bandung, kamu hanya perlu mengikuti Jalan Nasional Soekarno-Hatta dan masuk ke Jalan Kawaluyaan.

Gedung perpustakaan provinsi ini cukup besar dan memungkinkan kamu untuk menjelajahi berbagai sudut dengan koleksi buku yang lengkap. Area sekitarnya juga cukup hijau dan tenang serta terdapat tambahan taman yang membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan. Koleksi buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat sangat komprehensif, mulai dari buku-buku untuk anak-anak hingga buku dewasa.

9. Perpustakaan Museum Asia Afrika

Perpustakaan Museum Asia Afrika

Sumber: republika.co.id

Jika kamu sedang mengunjungi Museum Asia Afrika, kamu memiliki kesempatan untuk menambah pengetahuan dengan mengunjungi Perpustakaan Museum Asia Afrika. Perpustakaan ini menawarkan beragam buku yang mencakup topik sejarah, sosial, politik, serta budaya dari negara-negara di kawasan Asia Afrika dan lebih jauh. Selain itu, perpustakaan ini juga menyimpan dokumen-dokumen terkait Konferensi Asia-Afrika beserta konferensi pendahulunya.

Selain itu, Perpustakaan Museum Asia Afrika menjalankan berbagai kerja sama, seperti dengan Yayasan Mata Hati Indonesia, Rotary, dan Abiyoso Braille Publishing House. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung museum dalam memberikan layanan kepada penyandang disabilitas, sehingga semua orang dapat mengunjungi perpustakaan ini tanpa hambatan.

10. Tobucil & Klabs

Tobucil & Klabs

Sumber: jawapos.com

Tobucil & Klabs adalah destinasi yang pasti akan diminati oleh para penggemar buku di Bandung. Di sini. kamu dapat memperoleh buku-buku yang mencakup pengetahuan umum dan seni. Keberadaan beragam workshop dan penyelenggaraan kelas seperti kelas menulis dan public speaking merupakan alasan lain mengapa kamu harus mengunjungi Tobucil.

Tempat ini telah beroprasi sejak tahun 2001, dan selain tempat untuk menemukan buku, tempat ini juga berfungsi sebagai pusat pertemuan untuk para pengrajin dan komunitas di Bandung.

11. Bandung Creative Hub

Kalau kamu mencari perpustakaan nyaman di Bandung, kamu bisa mengunjungi Bandung Creative Hub. Bangunan setinggi enam lantai tersebut akan menjadi surga bagi para insan kreatif di Kota Bandung. Gedung warna warni berarsitektur unik ini dirancang untuk menjadi wadah untuk mengembangkan kreativitas, edukasi, dan laboratorium untuk berbagai sektor industri kreatif.

Bandung Creative Hub pertama kali diresmikan pada 28 Desember 2017. Digedung ini terdapat perpustakaan yang dapat menjadi rekomendasi untuk dikunjungi, dengan tempat yang nyaman dan buku-buku yang disediakan juga selalu update. 

Bukan itu saja, Bandung Creative Hub juga kemudian memberikan fasilitas yang bisa digunakan seperti ruang pameran, ruang pemutaran film, studio musik, studio rekaman serta beberapa ruangan workshop yang sudah dilengkapi hal penunjang lainnya seperti sub-sektor animasi, fashion serta fotografi.

3 Objek Wisata Edukasi Lainnya di Bandung

1. Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo

Sumber: travel.kompas.com

Lembang Park and Zoo adalah kebun binatang yang mengusung konsep destinasi eduwisata.

Karena itu, selama liburan di Lembang Park and Zoo, kamu bisa mendapatkan pengetahuan lebih mengenai satwa-satwa yang ada di sini.

Dengan konsep yang diusung, objek wisata edukasi ini pun akan cocok untuk liburan bersama sang buah hati.

Berbicara soal harga tiket masuk, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp40.000 untuk weekday dan Rp50.000 untuk weekend.

Harap dicatat bahwa harga ini belum termasuk tiket bird aviary dan fasilitas lainnya, ya!

2. Jendela Alam

Jendela Alam

Sumber: nativeindonesia.com

Bingung mencari tempat wisata yang edukatif untuk anak? Jendela Alam adalah jawabannya.

Si kecil akan diajak berkeliling mengitari area pertanian dan bertemu beragam hewan menggemaskan. Tak hanya itu, mereka juga bisa ikut memandikan dan memberi makan.

Per orangnya, kamu perlu membayarkan tiket masuk Rp20.000 untuk weekday dan Rp25.000 untuk weekend.

3. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang

Sumber: klook.com

Objek wisata edukasi ini wajib kamu kunjungi oleh keluarga kecilmu. Mulai beroperasi pada tahun 2015, pengunjung Farm House makin meningkat tiap tahunnya.

Lokasinya yang strategis dan konsepnya yang mengusung tema Eropa membuat tempat ini jadi tempat f

avorit untuk berlibur.

Selama berada di sini, kamu bisa menikmati susu khas Lembang dan berfoto di spot foto yang disediakan.

Bagi kamu yang ingin datang ke rekomendasi tempat wisata anak di Bandung ini, harga tiketnya cukup terjangkau, yakni sebesar Rp30.000.

Baca Juga: 10 Tempat Asyik Wisata Bandung Selatan Sekitaran Daerah Ciwidey

Isi Kembali Energimu setelah Mengunjungi Perpustakaan Kota Bandung

Isi Kembali Energimu setelah Mengunjungi Perpustakaan Kota Bandung

Sumber: bobobox.com

Rasa lelah tentu pasti kamu rasakan setelah mencurahkan fokus untuk membaca atau mengerjakan tugas di salah satu perpustakaan kota Bandung.

Jika ingin isi energimu kembali, kamu bisa mencoba menginap di Bobobox terdekat, lho.

Hotel kapsul futuristik ini menawarkan beragam fasilitas menarik yang mampu menunjang keyamananmu dalam beristirahat: kasus empuk nan luas, Wi-Fi super ngebut, moodlamp, dan masih banyak lagi.

Untuk pemesanan, yuk unduh aplikasi Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles