Perbedaan Hotel dan Resort

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Perbedaan Hotel dan Resort

Mungkin kamu sedang merencanakan liburan bersama keluarga atau pasangan, tapi masih bingung dalam memilih jenis penginapan. Kalau kamu masih sulit membedakan antara hotel dan resort, ini adalah panduan untukmu. 

Simak apa saja perbedaan hotel dan resort berikut ini, dan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu saat liburan nanti!

Apa Itu Hotel?

mengenal apa itu hotel dan bedanya dengan resort

Sumber: Grand Hyatt Jakarta

Hotel adalah bangungan dengan sejumlah kamar yang disewakan sebagai tempat menginap dan tempat makan bagi orang yang sedang dalam perjalanan atau wisatawan. 

Meski para tamu hotel biasanya tidak menginap dalam durasi yang panjang, tapi fasilitas yang disediakan hotel cukup lengkap.

Fasilitas yang biasanya disediakan hotel meliputi restoran, sarana olahraga seperti gym dan kolam renang, bar, dan layanan cuci pakaian.

Tujuan utama hotel adalah memberikan tempat menginap yang nyaman dan layanan yang memenuhi kebutuhan tamu selama masa menginap.

Kemudian, hotel dibagi dalam lima tingkatan kelas, yakni hotel bintang 1, hotel bintang 2, hotel bintang 3, hotel bintang 4, dan hotel bintang 5. Klasifikasi ini didasarkan pada ukuran dan penilaian tertentu seperti jumlah kamar, fasilitas, dan mutu pelayanan.

Lokasi hotel biasanya strategis, dekat tempat tujuan wisata, pusat perbelanjaan, atau bandara dan fasilitas transportasi lainnya. Lokasi yang strategis akan memudahkan wisatawan mengunjungi tempat-tempat wisata.

Bobocabin Bobobox

Apa Itu Resort?

Contoh Resort Mulia Resort Bali

Sumber: Mulia Resort Bali

Pada dasarnya, resort juga merupakan hotel, yaitu tempat yang memberikan layanan penginapan. Namun, selain menyediakan akomodasi, tujuan utama resort adalah menyediakan tempat relaksasi dan rekreasi untuk para tamu, atau yang sekarang sering disebut healing.

Maka dari itu, layanan yang ditawarkan resort biasanya lebih banyak dari hotel. Selain kamar yang nyaman, resort juga menawarkan fasilitas seperti spa, golf, dan tenis. Bahkan, ada resort yang dilengkapi kegiatan outbond seperti flying fox, arung jeram, dan lain-lain. 

Tak jarang juga resort membuka kelas-kelas yang dapat tamu ikuti, seperti kelas tari tradisional, kelas memasak, kelas melukis, dan yang lainnya. Resort yang berlokasi di pantai juga biasanya menawarkan kegiatan olahraga air.

Dibanding hanya dijadikan tempat untuk menginap, biasanya resort menjadi tempat tujuan liburan bagi para wisatawan.

Baca Juga: Butuh Tempat Nongkrong di Daerah Puncak? Intip 5 Resor Terbaik Ini

Perbedaan Hotel dan Resort

Berikut ini perbedaan antara hotel dan resort.

1. Fasilitas

Hotel dan resort sama-sama memiliki layanan standar seperti kamar tidur dan tempat makan. Namun, umumnya tamu yang dilayani hotel adalah tamu yang sedang dalam perjalanan bisnis atau sedang dalam liburan singkat.

Maka dari itu, fasilitas tambahan hotel biasanya meliputi area olahraga, kolam renang, bar, dan layanan cuci pakaian.

Sumber Hotel Mulia Jakarta

Sumber: Hotel Mulia Jakarta

Berbeda dengan hotel, karena resort berfokus untuk menyediakan tempat relaksasi dan rekreasi bagi para tamunya, fasilitas yang ditawarkan resort lebih banyak dan beragam.

Sarana yang ditawarkan resort meliputi spa, golf, tenis, dan taman bermain anak. Resort yang berada di area pegunungan biasanya juga menawarkan aktivitas outbond seperti flying fox dan arung jeram. 

Sementara itu, resort di area pantai biasanya menawarkan aktivitas olahraga air seperti surfing, snorkeling, diving, dan masih banyak lagi. Bahkan tak jarang resort di area pantai juga menawarkan penyewaan yacht.

Ayodya Resort Bali

Sumber: Ayodya Resort Bali

Kalau kamu berencana pergi bulan madu bersama pasangan, resort juga bisa menyiapkan intimate dinner di tepi pantai. Kamu bisa makan malam romantis sambil menikmati pemandangan sunset yang indah.

2. Lokasi

Kemudian, perbedaan hotel dan resort juga terlihat dari lokasinya. Karena tujuan hotel adalah menyediakan layanan akomodasi untuk tamu yang sedang melakukan perjalanan bisnis atau sedang liburan singkat, lokasi hotel biasanya berada di tengah kota. 

Fairmont Jakarta

Sumber Fairmont Jakarta

Lokasi hotel biasanya strategis, entah itu dekat dengan tujuan wisata, pusat kuliner, bandara, stasiun, pusat perbelanjaan, dan sejenisnya.

The Kayon Resort via Tripadvisor

Sumber: The Kayon Resort via Tripadvisor

Sementara itu, lokasi resort biasanya jauh dari keramaian kota, yaitu di tempat-tempat yang tenang dan indah seperti pegunungan, pantai, hutan, atau tepi danau.

Karena perbedaan lokasi inilah, tamu yang menginap juga akan dimudahkan untuk memenuhi kebutuhannya yang berbeda-beda.

Baca juga: Apa Perbedaan Hotel dan Motel? Simak di Sini

3. Durasi Menginap

Hotel fokus menyediakan akomodasi untuk tempat singgah sementara bagi para tamunya, sehingga durasi menginap tamu hotel biasanya lebih singkat, yaitu rata-rata 1–3 malam.

Sementara itu, resort kerap menjadi tempat tujuan wisata untuk berlibur menikmati serangkaian aktivitas rekreasi. Fasilitas resort yang lengkap juga membuat tamu nyaman menginap lebih lama.

Rangkuman Perbedaan Resort dan Hotel

Aspek Hotel  Resort 
Definisi  Tempat yang menyediakan penginapan dan makanan Tempat yang menyediakan relaksasi dan rekreasi, lebih dari sekadar akomodasi dan kebutuhan dasar
Tujuan  Menyediakan akomodasi Menyediakan relaksasi dan rekreasi untuk para tamu
Fasilitas  Kolam renang, restoran, bar, gym, binatu Spa, golf, tenis, outbond, water sport, yacht, kelas memasak, kelas melukis, kelas tari tradisional, dan masih banyak lainnya
Lokasi  Di pusat kota, dekat destinasi populer Di pegunungan, hutan, pantai, danau, jauh dari pusat keramaian 
Durasi menginap Biasanya lebih singkat Biasanya lebih lama

Mana yang Lebih Baik, Hotel vs Resort?

Lantas, dari perbedaan hotel dan resort di atas, pilihan manakah yang lebih baik? Sederhana saja: Pilihlah tempat menginap yang sesuai dengan tujuan utama perjalananmu. 

Jika kamu hanya singgah sebentar baik untuk urusan bisnis maupun liburan singkat, pilihlah untuk menginap di hotel. Karena lokasinya strategis, kamu dapat bepergian dengan lebih mudah. 

Sementara itu, jika tujuan utama perjalananmu adalah berlibur untuk menikmati ketenangan dan alam indah, kamu bisa memilih resort. Apalagi kalau waktu liburanmu panjang, kamu akan puas mengikuti segala rangkaian kegiatan menarik yang ditawarkan resort.

Semoga tak bingung lagi memilih untuk menginap di hotel atau resort untuk perjalananmu selanjutnya, ya!

Baca Juga : Budget Mepet? Ini 7 Tips dari Bob untuk Menghemat Biaya Penginapan!

Yuk, Healing Dikelilingi Alam Hijau!

Yuk, Healing dengan Menginap di Tengah Alam Hijau!

Ingin istirahat tanpa gangguan dikelilingi alam hijau yang menenangkan? Nikmati sensasi menginap modern dikelilingi alam hijau di Bobocabin!

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Tentunya, kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu jadi bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati demi privasi dan kenyamanan maksimal.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dan mengabadikan momen campfire dan BBQ dengan internet kencang?

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles