@Pemerintah Kota Denpasar

Wisata Menjaga Ekosistem! Kunjungi Penangkaran Penyu di Bali Berikut!

Penangkaran penyu merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk melestarikan populasi penyu. Penyu menjadi salah satu satwa yang terancam punah karena kerap kali diburu salah satunya untuk digunakan sebagai santapan.

Bali menjadi salah satu kawasan yang memiliki misi pelestarian populasi penyu dan menjaga mereka dari kepunahan akibat perburuan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Ini adalah beberapa penangkaran penyu di Bali yang bisa kamu kunjungi.

1. Penangkaran Penyu di Bali: Pulau Serangan

Penangkaran penyu di Bali yang pertama adalah Pulau Serangan yang memiliki jarak sekitar 13,7 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Pulau Serang ini dikenal memiliki keindahan pantai yang tidak bisa diragukan lagi karena memang sudah banyak wisatawan yang membuktikannya sendiri.

Selain menikmati pasir putih pantai yang menawan dan eksotis, wisatawan juga ditawarkan wisata edukasi di Turtle Conservation and Education Center alias penangkaran penyu. Bagi kamu yang berkunjung ke Pulau Serangan, kamu bisa mengenal lebih dekat kehidupan hewan yang nyaris punah yaitu penyu. Di sana kamu bisa menyaksikan langsung berbagai hal mengenai penyu mulai dari tempat bertelur, pengeraman, penetasan, tukik, juga masa dewasanya.

2. Penangkaran Penyu di Bali: Pantai Perancak (Konservasi Penyu Kumara Asih)

@DENPOST.id

Di urutan kedua ada Pantai Perancak yang juga merupakan salah satu wisata edukasi dengan penangkaran penyu yang patut kamu kunjungi. Banyak orang yang mengunjungi tempat ini salah satunya dengan tujuan wisata konservasi penyu di Bali dan menjadi sarana belajar. Di sini kamu bisa berinteraksi dengan penyu secara langsung, bahkan jika beruntung kamu bisa ikut melepas tukik ke laut.

Baca Juga: Nikmati Akhir Pekanmu di Pulau Dewata dengan Rekomendasi Aktivitas Seru Bali Berikut Ini!

3. Penangkaran Penyu di Bali: Nusa Penida

Nusa Penida merupakan destinasi wisata di Bali yang sangat banyak dikunjungi wisatawan dan terkenal. Orang-orang banyak mengunjungi Nusa Penida Bali untuk menikmati pemandangan laut dan tebingnya yang indah. Selain pemandangan lautnya, kamu bisa melihat banyak penyu lucu di sini di penangkaran. Salah satu pantai yang terkenal memiliki panorama yang sangat keren dengan keindahannya sudah terkenal hingga luar negeri adalah Pantai Kelingking.

4. Penangkaran Penyu di Bali: Pantai Penimbangan

Pantai Penimbangan juga menjadi salah satu destinasi wisata penangkaran enyu di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain mengunjungi penangkaran penyu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru lainnya seperti snorkeling maupun diving. Di tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan terumbu karang yang menawan. Pantai Penimbangan ini berlokasi sangat dekat dengan Kota Singaraja yang sudah terkenal dengan terumbu karang menawannya.

5. Penangkaran Penyu: Pantai Sindhu Sanur

@Kompasiana.com

Penangkaran penyu di Bali selanjutnya bisa kamu temukan di kawasan wisata Pantai Sindhu Sanur. Penangkaran penyu ini dikelola langsung oleh Konservasi Penyu Sindhu Dwarawati yang berlokasi tepat di depan Hotel Inna Sindhu Beach. Di tempat ini kamu bisa melakukan kegiatan yang sama yakni melihat perkembangbiakan penyu dari telur hingga dewasa. Selain itu kamu juga ikut melepaskan penyu kecil atau tukik ke laut.

6. Penangkaran Penyu di Bali: Desa Pemuteran

Ingin diving di Bali sambil mengunjungi penangkaran penyu di Bali? Kamu bisa coba kunjungi Desa Pemuteran. Di sini kamu bisa menikmati pesona bawah lautnya dan dijadikan spot diving terpopuler di Bali. Namun selain itu, juga terdapat penangkaran penyu yang menjadi daya tarik keduanya setelah pesona bawah laut. Penangkaran penyu yang ada di Desa Pemuteran ini dikelola oleh sebuah organisasi yang menggandeng masyarakat lokal sebagai partner pelestariannya.

7. Penangkaran Penyu di Bali: Pantai Yeh Gangga

Pantai Yeh Gangga menjadi salah satu destinasi wisata penangkaran penyu yang bisa kamu kunjungi. Salah satu hal yang membuat Pantai Yeh Gangga sangat terkenal dengan pantai pasir hitamnya. Pantai Yeh Gangga dikenal sebagai  salah satu habitat penyu di Bali sejak masa lampau. Oleh karena itu guna menghindari perburuan penyu yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab, masyarakat Banjar Yeh Gangga membuat penangkaran penyu untuk membantu menyelamatkannya dari kepunahan.

8. Penangkaran Penyu di Bali: Pantai Saba

Penangkaran Penyu di Bali

@detikTravel – Detikcom

Selanjutnya kamu juga bisa kunjungi Pantai Saba yang berlokasi di Kabupaten Gianyar. Kabupaten Gianyar ini dikenal sebagai wisata seninya. Selain wisata seni kamu juga bisa unjungi lokasi penangkaran penyu di Pantai Saba yang dikelola oleh Kelompok Konservasi Saba Asri.

Di Pantai Saba ini telur dan anak penyu akan dirawat hingga usianya cukup untuk kembali ke habitat aslinya, sama seperti penangkaran penyu lainnya. Jika penyu sudah mencapai usianya yang cukup, kegiatan pelepasan tukik akan diselenggarakan di Pantai Saba.

9. Penangkaran Penyu di Bali: Pantai Tegal Besar

Penangkaran penyu yang terakhir adalah Pantai Tegal Besar. Bagi kamu yang ingin mengunjungi destinasi wisata di Bali sekaligus melestarikan fauna. Setiap bulan purnama tiba, Pantai Tegal Besar akan berubah menjadi tempat bertelurnya para penyu langka. Hal ini menjadi hari munculnya purnama menjadi hari terbaik bagi kamu untuk mengunjungi Pantai Tegal Besar.

Baca Juga: Sambut Hari Laut Sedunia dengan Fakta Seputar Laut Berikut!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

promo bobobox

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain pengalaman menginap di Bobobox Gunung Mas, yuk! Menginap di Bobobox bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles