Pantai-Ngedan

Daya Tarik Pantai Ngeden, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

Yogyakarta atau akrab dikenal dengan Jogja kerap menjadi destinasi liburan yang populer. Kota ini identik dengan budaya dan sejarahnya, sehingga ramai dikunjungi wisatawan yang tertarik untuk belajar banyak maupun yang gemar mengagumi arsitektur unik dari masa lampau.

Namun, tahukah kamu bahwa Jogja juga menyimpan kekayaan alam yang tak kalah menarik? Salah satunya adalah Pantai Ngeden, destinasi hidden gem yang menawarkan pemandangan cantik pantai dengan pasir putih dan bebatuan karang megah.

Jadi, buat liburanmu antimainstream dengan memasukkan Pantai Ngeden dalam itinerary! Berikut semua hal yang perlu kamu ketahui tentang Pantai Ngeden, mulai dari lokasi, daya tarik, hingga berbagai fasilitasnya.

Lokasi Pantai Ngeden

Pantai-Ngedan

Foto: wisata.gunungkidulkab.go.id

Pantai Ngeden terletak di Krambil Sawit, Sapto Sari, Bedalo, Krambil Sawit, Kec. Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Berlokasi sekitar 50 km dari pusat kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, pantai ini menawarkan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian. Jadi, kamu tidak perlu khawatir berebut spot foto dengan wisatawan lainnya!

Karena kendaraan umum masih terbatas, kamu hanya dapat mencapai Pantai Ngeden menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan saja. Ada dua rute yang bisa kamu pilih:

1. Mengambil Jalan Wonosari

  • Dari Jalan Wonosari, arahkan ke Piyungan hingga Bukit Bintang.
  • Dari Bukit Bintang, ambil jalan ke Sambipitu hingga Gading. Di sana, kamu akan menemukan pertigaan. Belok kanan menuju Tumpak hingga Pasar Playen. 
  • Lurus menuju Jalan Panggang Wonosari, melewati Balai Desa Krambil Sawit, kemudian ikuti papan petunjuk hingga Pantai Ngeden.

2. Mengambil Arah Bantul

  • Setelah mengambil rute arah Bantul, pastikan untuk mengambil jalan menuju wilayah Imogiri dan masuk ke Jalan Siluk Panggang.
  • Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Jalan Panggang Wonosari, kemudian belok kiri menuju pertigaan Jeti sampai Saptosari.
  • Sesampainya di sana, kamu hanya perlu mengikuti papan petunjuk hingga sampai ke Pantai Ngeden.

Setelah sampai di area parkir, kamu harus meninggalkan kendaraan dan berjalan menuruni sekitar 400 anak tangga untuk mencapai lokasi pantai. Namun, rasa lelahmu tentunya akan terbayarkan dengan pemandangan cantik Pantai Ngeden.

Baca Juga: Daya Tarik Pantai Wediombo, Ini Dia Rute dan HTM-nya

Daya Tarik Pantai Ngeden

Daya Tarik Pantai Ngeden

Foto: ksmtour.com

1. Panorama Memanjakan Mata

Lokasinya yang terbilang tersembunyi membuat keindahan Pantai Ngeden masih terjaga dengan baik. Kamu dapat melihat hamparan pasir putih yang bersih dan laut biru yang jernih. 

Uniknya, kamu juga dapat melihat pemandangan cantik bebatuan dan bukit karang di bagian sisi timur pantai—salah satunya menyerupai bentuk kepala penyu!

Kamu dapat menenangkan pikiran sambil menikmati pemandangan spektakuler yang Pantai Ngeden tawarkan. Dengan gulungan ombak yang tenang dan angin sepoi-sepoi, kamu dijamin bisa melupakan segala keluh kesah yang menggunung.

2. Sunset & Sunrise Cantik Menanti

Pada waktu yang tepat, kamu bahkan dapat melihat pemandangan cantik matahari terbit dan terbenam di Pantai Ngeden! Paduan langit dengan rona jingga dan lautan biru membuatnya tampak seperti lukisan.

Pastikan untuk mengabadikan momen ini di Pantai Ngeden, ya. Rona warna langit kuning keemasan tentunya dapat memberikan sentuhan warna yang cantik di feed Instagram kamu.

3. Piknik Cantik & Mencoba Kuliner Lokal

Nikmati vibe santai di area pantai dengan piknik dadakan! Kamu dapat membawa bekal camilan atau makanan berat untuk dinikmati sembari quality time bersama orang-orang terkasih.

Jika bekal sekiranya memakan banyak tempat di kendaraan, kamu juga dapat mencoba berbagai menu makanan lokal di warung-warung sekitar pantai, lho.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Lokasi Memancing yang Asik

Berkat gelombang ombak yang cukup tenang, kamu mungkin akan mendapati beberapa masyarakat setempat memancing di area ini.

Kabarnya, Pantai Ngeden juga menjadi lokasi memancing yang cukup populer karena kamu dapat menemukan ikan kerapu dengan mudah di sini.

Bagi kamu yang berminat memancing di Pantai Ngeden, pastikan untuk membawa alat pancing pribadi, ya. Pasalnya, saat ini belum ada gerai yang menyediakan jasa penyewaan alat pancing di area pantai.

Baca Juga: Pantai Ngandong: Pesona Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul

5. Spot Berkemah di Bawah Langit Berbintang

Jika kamu ingin memaksimalkan waktumu di pantai cantik ini, kamu juga bisa berkemah di area pantai. Baiknya, kamu menghubungi warga sekitar terlebih dahulu agar dapat berkemah dengan lebih aman.

Biasanya, pada pukul 03.00, kamu dapat melihat langit yang penuh bintang-bintang bersinar terang, sebuah pemandangan yang tentunya jarang kamu temukan di perkotaan. Jadi, pastikan untuk menyempatkan waktu menyaksikan panorama langit ini, ya!

Harga Tiket Pantai Ngeden

Harga Tiket Pantai Ngeden

Foto: Yasa Sidik Permana via travel.detik.com

Untuk dapat beraktivitas di area pantai, kamu hanya perlu membayar harga tiket sebesar Rp5.000 saja per orang.

Bagi kamu yang membawa mobil, kamu juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000. Sementara itu, pengendara motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000.

Jam Buka Pantai Ngeden

Pantai Ngeden beroperasi setiap hari selama 24 jam, sehingga kamu dapat mengunjungi pantai ini kapan saja sesuka hati. Namun, jika kamu ingin melihat pemandangan sunrise maupun sunset di area pantai, pastikan untuk datang sekitar pukul 05.00 atau 17.00 WIB.

Baca Juga: 5 Pantai Snorkeling Gunung Kidul dengan Pemandangan Paling Indah

Fasilitas Pantai Ngeden

Meski terletak cukup jauh dari pusat kota, Pantai Ngeden sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang baik, seperti toilet, area parkir luas, musala, pondok-pondok kecil untuk bersantai, dan warung-warung makan.

Ingin Liburan Tetap Hemat? Yuk, Menginap di Bobopod Malioboro!

bobobox

Berlibur ke Jogja akan lebih seru kalau kamu bisa melakukan beragam kegiatan dan menjelajahi kotanya dengan maksimal. Agar tidak boros selama liburan, kamu bisa menginap di akomodasi terjangkau seperti Bobopod Malioboro!

Dengan sistem kode QR yang canggih, kamu bisa check-in dan check-out lebih cepat. Lokasinya juga strategis dan dekat berbagai lokasi wisata serta kuliner, jadi kamu tidak perlu habis banyak untuk transportasi.

Yuk, pesan pod yang kamu mau via aplikasi dan rasakan pengalaman baru menginap di hotel kapsul!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: wisata.gunungkidulkab.go.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles