oleh oleh makanan khas sunda

9 Oleh-Oleh Makanan Khas Sumba yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Indonesia dikenal dengan keberagaman kuliner dari berbagai daerah, dan salah satunya yang cukup menarik adalah makanan khas Sumba. 

Sumba, sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur, memiliki kekayaan kuliner yang mampu menggugah selera setiap penikmat makanan.

Bagi kamu yang belum pernah mencicipi atau bahkan belum mendengar tentang makanan-makanan ini, berikut adalah sembilan oleh-oleh makanan khas Sumba yang siap memanjakan lidahmu.

Makanan Khas Sumba yang Menggoda Selera

1. Rumpu Rampe

Rumpu rampe merupakan sebuah sajian khas yang terbuat dari beberapa sayuran. Sayuran yang digunakan meliputi bunga pepaya, daun pepaya, daun singkong, dan jantung pisang.

Meskipun menggunakan bermacam-macam sayuran yang mungkin pahit, sajian ini ternyata tidak terasa pahit. 

Pasalnya, sebelum dimasak, sayuran tersebut sudah direndam air garam selama beberapa menit, yang bertujuan untuk menetralkan rasa pahitnya.

Untuk menambah nuansa rasa yang lebih gurih, kamu bisa menambahkan teri asin atau udang rebon saat memasaknya.

2. Ka’pu Pantunnu

Ka’pu pantunnu adalah makanan tradisional dari Sumba. Santapan ini sangat unik baik dari sisi cita rasa, bahan yang digunakan, maupun proses pembuatannya.

Jantung pisang menjadi bahan utama dalam pembuatan makanan ini. Sebelum diolah, isi jantung pisang dipotong-potong kecil terlebih dahulu.

Selain jantung pisang, kelapa parut yang sudah dipanggang juga menjadi salah satu komponen dalam makanan ini. 

Biasanya, masyarakat setempat akan menambahkan daun kemangi agar rasa ka’pu pantunnu menjadi lebih nikmat.

3. Kadapet Watara

Kadapet Watara

Sumber: Trip Sumba

Kadapet watara adalah makanan ringan atau kue kering dari Sumba. Kue ini terbuat dari kombinasi jagung, buah pisang, dan kacang tanah. Ketika dilihat sekilas, bentuk dan teksturnya mungkin mengingatkanmu pada wajik kelapa.

Hal yang membuat kadapet watara berbeda dari kue kering lainnya adalah cara pembungkusannya. Setelah adonan dibentuk, kue ini akan dibungkus daun jagung sebelum dipanggang atau digoreng. 

Meskipun daun jagung biasanya dihubungkan dengan rambut jagung yang bisa menyebabkan gatal, dalam konteks ini, daun jagung tidak menimbulkan efek tersebut dan justru menambah keunikan pada kue.

Baca Juga: Liburan Makin Seru, Ini 5 Tips Liburan ke Sumba yang Perlu Kamu Tahu

4. Kaparak

Kaparak adalah makanan khas yang berasal dari Sumba. Salah satu hal yang membuat kaparak khas adalah penggunaan jagung sebagai bahan dasarnya.

Makanan ini terbuat dari tepung jagung atau jagung yang ditumbuk dan disangrai tanpa menggunakan minyak. 

Kemudian, jagung tersebut dicampur dengan kacang tumbuk, gula pasir, dan kelapa, sehingga terciptalah olahan bubuk yang penuh rasa.

Walau sempat dianggap sebagai makanan tradisional yang hampir punah, kaparak mulai mendapatkan perhatian lagi dan sering dikemas sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan.

Di Sumba sendiri, makanan ini biasa dinikmati bersama secangkir kopi atau teh.

5. Sup Ayam Waingapu

Sup Ayam Waingapu

Sumber: Tribun Travel

Sajian sup ayam khas Sumba ini dikenal akan ukuran ayamnya yang besar dan cita rasa yang kaya. Uniknya, satu ekor ayam utuh biasanya dimasukkan ke dalam satu porsi sup.

Sup ini kaya dengan rasa kaldu yang gurih. Ditambah dengan belimbing wuluh dan irisan tomat, rasa sup pun menjadi lebih segar dengan aksen asam.

Saat kamu mencicipi sup ayam waingapu ini, ada kemungkinan besar kamu akan ketagihan dengan kelezatannya!

Baca Juga: 11 Makanan Khas Sumba yang Menggoda Selera para Pelancong!

6. Jagung Titi

Jagung titi adalah makanan khas Sumba yang berbahan dasar jagung. Jagung titi diproses dengan cara digoreng tanpa menggunakan minyak, atau disangrai.

Meski sederhana, jagung titi ini memiliki rasa yang enak. Jika kamu pernah mencoba popcorn, jagung titi memiliki kesamaan rasa dengan popcorn, tapi dalam versi yang lebih original.

Jika kamu ingin menambahkan variasi rasa, kamu bisa memintanya dengan tambahan bumbu, seperti rasa pedas atau manis. Penjual jagung titi di Sumba akan dengan senang hati menyiapkan bumbu khusus sesuai permintaanmu.

7. Kue Rambut atau Jawada

Jawada, atau juga dikenal dengan nama kue rambut, adalah makanan ringan khas Sumba yang biasanya disantap sebagai camilan atau snack.

Makanan ini memiliki bentuk segitiga dan tekstur yang renyah. Jawada diolah dengan cara digoreng, setelah itu dibalut dengan tambahan irisan gula merah sehingga terasa manis.

Jawada paling pas dinikmati saat kamu sedang bersantai atau menginginkan camilan yang ringan.

8. Kariwang Watar

Kariwang Watar

Sumber: Parboaboa

Kariwang watar adalah salah satu makanan khas Sumba, khususnya daerah Sumba Timur, yang menggabungkan sayuran dan hasil laut dengan rempah-rempah khas.

Menariknya, makanan ini telah ada sejak lama di Sumba dan memiliki tradisi yang kuat dalam hal aspek budayanya.

Makanan ini terdiri dari jagung pulut (disebut watar dalam bahasa Sumba), bawang putih, bawang merah, cabai merah, ikan tembang, dan tomat.

Meski bahan-bahannya tergolong sederhana, kombinasi bahan-bahan tersebut menghasilkan cita rasa yang khas dan lezat.

9. Ro’o Luwa

Ro’o luwa adalah sejenis bubur yang terbuat dari daun ubi atau singkong. Bubur ini populer khususnya di Sumba bagian barat daya.

Bubur ini berwarna hijau dan memiliki tekstur khas yang menggugah selera. Untuk pembuatannya sendiri, ro’o luwa terbuat dari daun ubi atau singkong yang ditumbuk bersama beras hingga halus. 

Kemudian, bahan tersebut direbus dengan kuah santan dan rempah-rempah untuk memberikan rasa yang kaya dan gurih.

Rasa ro’o luwa ini memiliki kemiripan dengan gulai daun singkong, tapi dengan nuansa yang berbeda berkat bahan kuah santannya.

Makanan ini cocok disantap dengan nasi jagung, yang akan membuat kombinasi rasanya kian sempurna.

Baca Juga: Cocok untuk Liburan, Inilah 10 Tempat Wisata Sumba yang Menarik

Jelajahi Keindahan Sumba Sambil Menginap di Bobocabin!

Bobocabin

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin Umarato Sumba akan menemani tidurmu di tengah indahnya alam Sumba.

Kabin-kabinnya sudah dilengkapi dengan fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Karena terletak di tengah-tengah alam, kamu akan disuguhi pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat keluar kabin di pagi hari.

Tersedia juga fasilitas campfire dan barbeque, serta entertainment seperti proyektor film dan board game untuk mendukung pengalaman liburanmu bersama keluarga atau teman.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles