Oleh-Oleh Khas Manado Halal

Wajib Coba! 14 Pilihan Oleh-Oleh Khas Manado Halal

Setelah liburan di suatu kota, kamu tentu ingin membawa pulang oleh-oleh untuk orang terdekat seperti keluarga, teman, dan saudara. Hal ini juga berlaku ketika kamu mengunjungi Manado.

Nah, jika kamu baru pertama kali ke Manado, kira-kira buah tangan apa saja yang wajib kamu beli? Tengok selengkapnya di bawah ini!

Sekilas Mengenai Manado

Kota Manado adalah wilayah yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Manado sendiri merupakan kota terbesar sekaligus ibu kota Provinsi Sulawesi Utara.

Kota ini layak jadi destinasi liburan dengan objek wisatanya yang menjanjikan, seperti Taman Laut Bunaken, Pantai Malalayang, Pulau Siladen, dan Air Terjun Kima Atas.

14 Oleh-Oleh Khas Manado yang Halal

1. Pala Manis

Oleh Oleh Pala

Foto: radarlampung.disway.id

Oleh-oleh khas Manado halal yang pertama adalah pala manis. Perbedaan pala manis ini dan yang ada di daerah lain terletak pada jenis pemanis yang digunakan.

Di daerah lain, manisan pala umumnya menggunakan gula pasir, sedangkan pala manis Manado menggunakan cairan gula. Ini membuat teksturnya mengilap dan lebih bersih.

Jika tertarik, harga pala manis dipatok dengan harga Rp7.000–40.000 per bungkusnya.

Baca Juga: 7 Pulau Wisata yang Underrated, Cocok untuk Liburan Spesial!

2. Klappertaart

Klappertaart

Foto: Anitya Ratna Hapsari via Cookpad

Selanjutnya, ada klappertaart yang bisa kamu berikan untuk orang terkasih sepulangnya dari Manado. Ini adalah kue khas Manado yang tepercik pengaruh Belanda dan terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa.

Oleh-oleh khas Manado yang halal ini umumnya biasa disajikan dalam kondisi dingin. Banyak orang menyukainya berkat rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp15.000–60.000.

3. Panada

Panada

Foto: Gunawan Kartapranata via Wikimedia Commons

Sedang mencari oleh-oleh populer di Manado? Coba saja panada, kue berbentuk seperti pastel dengan isian ikan cakalang yang dibumbui panpis.

Bumbu panpis sendiri adalah ikan cakalang yang dimasak dengan sejumlah bumbu, seperti bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang.

4. Halua Kenari

Halua Kenari

Foto: timurasa.com

Dari namanya, kamu sudah bisa menebak bahan utama dari halua kenari. Yup, oleh-oleh khas Manado yang halal ini terbuat dari kacang kenari. Kacang tersebut dilapisi oleh gula merah yang telah disisir.

Kamu bisa menemukan camilan ini dengan mudah di toko oleh-oleh di Manado. Harganya berkisar di angka Rp10.000–45.000.

5. Dodol Amurang

Dodol Amurang Oleh Oleh Manado yang Halal

Foto: ksmtour.com

Jika berbicara soal dodol, Garut adalah kota yang mungkin ada di benakmu. Namun, nyatanya Manado juga memiliki dodol khas yang dikenal dengan sebutan dodol amurang. 

Dodol amurang terbuat dari gula aren, beras yang dihaluskan, santan dari minyak kelapa yang belum disaring, kacang, dan kayu manis. Kudapan ini dijual dengan harga Rp500–5.000 tergantung pada ukurannya.

6. Pia Amurang

Pia Amurang

Foto: gotravelly.com

Pia amurang adalah oleh-oleh khas Manado halal lainnya yang wajib kamu bawa pulang. Kudapan ini mempunyai kulit yang kering dan padat dengan isian berupa kacang manis. 

Bentuk pia amurang cukup beragam, ada yang bulat pipih dan ada juga yang berbentuk seperti bunga. Umumnya, kue ini dibanderol seharga Rp2.500 per buah.

Baca Juga: Lezat dan Unik, 25 Pilihan Oleh-Oleh Khas Makassar

7. Kue Pinende

Kue Pinende

Foto: tempatwisata14.blogspot.com

Tak afdal rasanya jika liburan ke Manado tanpa membeli kue pinende. Kue tradisional ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur parutan kelapa. Ketika disajikan, kue pinende disiram sirup dan gula merah yang sudah dicairkan agar manis dan gurih saat disantap.

8. Kacang Goyang

Kacang Goyang

Foto: indonesiakaya.com

Bagi yang ingin oleh-oleh khas Manado yang unik, kacang goyang adalah pilihan tepat. Makanan ini merupakan kacang atom berbalut terigu. Bagian luarnya dilumuri gula agar tampak warna-warni. Harga kacang goyang berkisar antara Rp10.000–25.000.

9. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Foto: pariwisataindonesia.id

Oleh-oleh khas Manado yang halal lainnya adalah cakalang fufu. Makanan ini terbuat dari ikan cakalang yang diasapi. Proses pengasapan ini memakan waktu kurang lebih 4 jam. Harga per ikannya cukup bervariasi, mulai dari Rp35.000–65.000.

10. Kue Lampu-Lampu

Kue Lampu-Lampu

Foto: gorontalo.pikiran-rakyat.com

Kue lampu adalah kue khas Manado yang layak jadi buah tangan. Kue ini terbuat dari gula merah, tepung beras, terigu, daun pandan, santan, dan air, lalu dibungkus daun pisang setelah jadi.

Kue lampu cukup mudah ditemukan di banyak tempat dan dibanderol dengan harga relatif terjangkau.

Bobobox Maximum Comfort Banner

11. Sambal Roa

Sambal Roa

Foto: lifestyle.okezone.com

Kalau orang-orang terdekat senang menyantap makanan bersama sambal, kamu bisa membawakan mereka sambal khas Manado, yaitu sambal roa.

Sambal roa terbuat dari ikan roa yang telah diasap. Rasanya amat lezat ketika dinikmati bersama nasi hangat. Umumnya, harga satu botol sambal roa berkisar di harga Rp55.000–65.000.

12. Sambal Cakalang

Sambal Cakalang

Foto: sehatq.com

Olahan sambal lain yang bisa kamu pilih sebagai buah tangan dari Manado adalah sambal cakalang. Sambal ini terbuat dari ikan cakalang asli dengan tingkat pedas yang menggugah selera makan. Sambal ini dijual dalam bentuk kemasan dengan harga Rp30.000–50.000.

13. Kue Bagea Kenari

Kue Bagea Kenari

Foto: santhiserad.com

Jangan sampai ketinggalan membeli kue bagea setelah liburan di Manado. Ciri khas kue ini ada pada tambahan kacang kenari pada adonan kue, menjadikan rasanya lebih gurih.

Kalau kamu ingin membawa pulang kudapan ini, siapkan uang kurang lebih Rp30.000.

14. Batik Khas Manado

Batik Khas Manado

Foto: Ezra Natalyn via BeritaSatu.com

Ingin membawa oleh-oleh selain makanan? Bob sarankan untuk membeli batik Manado. Batik dari kota ini mempunyai variasi corak yang khas dan berbeda dengan batik Yogyakarta, Solo, dan Cirebon.

Beberapa corak batik Manado yang terkenal antara lain adalah lilin, reed, dan zigzag. Harganya beragam tergantung pada motif dan tingkat kesulitannya, tapi siapkan saja bujet mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

Baca Juga: 10 Oleh Oleh Bogor yang Paling Populer, Jadi Favorit Banyak Wisatawan!

Hotel Harga Terjangkau? Bobopod Jawabannya!

Bobopod Hotel Terjangkau

Bingung dalam memilih hotel dengan harga terjangkau? Beralih saja ke Bobopod! Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas menginap yang mumpuni dengan harga inap yang terjangkau. Reservasinya bisa via aplikasi, ya!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: femina.co.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles