Oleh-Oleh Khas Bondowoso

Yuk, Coba 11 Oleh-Oleh Khas Bondowoso Ini!

Bondowoso selama ini dikenal dengan julukan Kota Tape karena daerah ini memang menjadi penghasil tape terbesar dan terbaik di Jawa Timur.

Bukan hanya dalam bentuk mentahan, Bondowoso rupanya menyediakan beragam olahan tape yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bondowoso.

Namun, tentu bukan tape saja yang bisa menjadi pilihan. Bondowoso juga menawarkan aneka oleh-oleh khas lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Termasuk tape, inilah sepuluh oleh-oleh khas Bondowoso yang bisa kamu bawa pulang.

Sekilas Mengenai Bondowoso

Sekilas Mengenai Bondowoso

Foto: @asap_ang via Unsplash

Bondowoso adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Dengan luas mencapai 1.5610,10 km², daerah satu ini berbatasan langsung dengan Jember, Situbondo, Probolinggo, dan Banyuwangi.

Berdasarkan letak geografisnya, Kabupaten Bondowoso termasuk daerah yang cukup sejuk, yaitu bersuhu sekitar 15–25℃.

Bondowoso sendiri memang berada di antara pegunungan, seperti Kendeng Utara, Raung, Ijen, Argopuro, Krincing, dan Alas Sereh. Karena itu, jangan heran kalau Bondowoso menjadi satu-satunya kabupaten di kawasan Tapal Kuda Jawa Timur yang tidak memiliki laut.

Selain sebagai Kota Tape, Bondowoso juga terkenal dengan julukan Kota Megalitikum hingga Republik Kopi. Kawasan satu ini memang memiliki sekitar 1.215 situs megalitikum yang tersebar di seluruh kecamatannya!

Sementara itu, julukan Republik Kopi berkaitan dengan banyaknya perkebunan kopi di kawasan Bondowoso yang lokasinya berada di ketinggian antara 1.110–1.1550 mdpl. Dengan cita rasa kopinya yang khas, Bondowoso pun sudah sejak lama menjadi salah satu penghasil kopi Arabika terbaik di Indonesia.

Di samping itu, Kabupaten Bondowoso juga sangat identik dengan kerajinan kuningan dan memiliki cukup banyak wisata alam yang memukau.

Salah satu wisata alam memukau ini adalah Kawah Ijen yang menyuguhkan pemandangan danau kawah serta fenomena blue fire atau api biru abadi. Uniknya, fenomena ini hanya bisa kamu jumpai di dua tempat dunia, yaitu Ijen dan Gunung Dallol di Ethiopia.

Selain kawah Ijen, destinasi wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi selama berlibur di Bondowoso adalah:

  • Air Terjun Tancak Kembar
  • Bendungan Sampean Baru
  • Kawah Wurung
  • Air Terjun Blawan
  • Labeng Seng
  • Air Terjun Niagara Mini
  • Batu Susun Solor
  • Bukit Jabal Kirmit

Baca Juga: Mengenal Jenis Kopi Terbaik di Indonesia yang Mendunia

10 Oleh-Oleh Khas Bondowoso

Saat berlibur ke Bondowoso, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mencoba lezatnya kuliner Bondowoso sambil mencari oleh-oleh khas daerah tersebut.

Tentunya, ada cukup banyak pilihan oleh-oleh yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut ini adalah sepuluh di antaranya.

1. Tape Manis

Tape Manis Bondowoso

Foto: Myen via Google Maps

Sebagai Kota Tape, Bondowoso sudah pasti menawarkan aneka olahan tape lezat yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu yang menjadi primadona adalah tape manis. Berbeda dengan tape singkong pada umumnya, oleh-oleh khas Bondowoso ini berbentuk lebih kecil, dengan tekstur berair dan lembut, serta rasa manis asam yang lebih legit.

Bondowoso juga memiliki varian tape dari ubi ungu. Selain warna yang cantik, varian ini memiliki tekstur lebih lembut dan pulen dengan rasa asam yang tidak begitu terasa.

2. Prol Tape

Olahan Tape Bondowoso - Prol Tape

Foto: Chuck Shatu W via detik.com

Selanjutnya, ada prol tape. Oleh-oleh khas Bondowoso ini merupakan bolu tape bantat dengan tekstur padat tapi lembut.

Dalam pembuatannya, bahan utama tape singkong akan dicampur dengan terigu, telur, dan bahan lainnya, lalu dipanggang. Karena cara memasaknya serupa dengan pembuatan bolu. banyak orang menyebutnya sebagai bolu tape.

Prol tape hadir dalam beragam varian topping untuk segala usia. Kamu bisa mencoba prol dengan rasa orisinal, keju, cokelat, keju kismis, keju cokelat, kismis, kacang mete, hingga kenari.

2. Pia Tape

Pia Tape

Foto: javatravel.com

Masih dari tape singkong, Bondowoso memiliki penganan lainnya yang tak kalah lezat, yaitu pia tape. Oleh-oleh ini memadukan kulit pia yang renyah dengan isian tape yang manis legit.

Berbeda dengan pia Jogja, pia tape Bondowoso biasanya berukuran sedikit lebih besar dengan taburan keju di atasnya. Oleh-oleh khas Bondowoso ini biasanya dibungkus di dalam kotak kardus.

3. Tape Bakar Gula Merah

Tape Bakar Gula Merah

Foto: Tape Bakar Istimewa Pak Kamil via Google Maps

Olahan tape berikutnya yang wajib banget kamu coba adalah tape bakar gula merah. Oleh-oleh khas Bondowoso ini menggunakan bahan dasar tape manis yang sudah dibuang bagian tengahnya.

Tape kemudian diisi dengan gula merah lalu diolesi mentega dan dibungkus daun pisang. Setelah itu, barulah tape siap dibakar di atas kayu arang hingga mengeluarkan aroma sedap yang menggugah selera.

Olahan tape bakar sebenarnya tersedia dalam beberapa varian, termasuk gula merah, cokelat, hingga selai buah. Namun, isian gula merah adalah yang paling difavoritkan banyak orang.

4. Suwar-Suwir

Suwar-Suwir

Foto: sumbertengahbinakal.blogspot.com

Suwar-suwir adalah olahan tape khas Bondowoso yang juga disebut permen tape.

Kudapan ini terbuat dari tape, tepung ketan, tepung beras, gula, dan santan yang diolah hingga menghasilkan adonan kental. Setelah matang, adonan akan dipotong berbentuk balok seperti dodol lalu dibungkus dengan kertas minyak.

Berbeda dengan dodol, oleh-oleh khas Bondowoso ini memiliki tekstur lebih keras dan padat serta rasa lebih manis. Suwar-suwir juga tersedia dalam aneka varian rasa, seperti cokelat, vanila, stroberi, sirsak, dan lain-lain.

Bobobox Maximum Comfort Banner

5. Tape Krispi

Tape Krispi

Foto: bondowosotourism.com

Varian lain tape khas Bondowoso yang sangat sayang dilewatkan adalah tape krispi. Makanan ini terbuat dari tape yang sudah matang lalu dikeringkan dengan vacuum frying pada suhu tertentu selama beberapa jam. Teksturnya sudah pasti kriuk renyah dengan rasa sedikit asam. 

Sama seperti olahan tape lainnya, tape krispi juga terdiri dari beberapa variasi rasa, seperti orisinal, keju, cokelat, dan pedas.

Baca Juga: Wajib Tahu! 15 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sidoarjo yang Tahan Lama

6. Kopi

Kopi Bondowoso

Foto: Silvita Agmasari via tribunnews.com

Sebagai Republik Kopi, Bondowoso sudah tentu menawarkan produk olahan biji kopi sebagai oleh-oleh untuk para pelancong.

Kopinya sendiri adalah kopi jenis Arabika yang ditanam di kawasan lereng Gunung Ijen dan Raung. Salah satu yang bisa kamu coba adalah kopi Arabica Java Ijen Raung yang memiliki rasa asam dan manis seperti cokelat.

Selain itu, ada juga kopi blangkon, yaitu sajian kopi yang dicampur dengan serai, kunyit, jahe, kayu manis, dan jeruk purut. Sirup vanili juga akan ditambahkan sebagai penambah aroma harum dan manis pada kopi.

Dari perpaduan tersebut, terciptalah kopi dengan rasa pahit, sedikit asam, dan manis serta aroma harum yang akan mengingatkanmu pada wedang Jawa.

7. Kacang Makadamia

Kacang Makadamia

Foto: Savitrioldshop via tokopedia.com

Kacang makadamia merupakan sejenis kacang-kacangan asli benua Australia yang berhasil dibudidayakan di pegunungan Ijen, Bondowoso. Oleh karena itu, makadamia pun menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Bondowoso yang tidak boleh kamu lewatkan.

Kacangnya sendiri memiliki cita rasa gurih dan creamy dengan tekstur renyah dan buttery alias tidak keras. Jika tertarik membeli, jangan lupa siapkan uang agak banyak karena makadamia tergolong mahal, dengan harga dua ratusan ribu per kilogramnya.

8. Surma

Surma Bondowoso

Foto: Carica.id

Surma merupakan makanan khas Bondowoso yang sekilas mirip kebab, tapi dengan cita rasa yang lebih melokal. Makanan ini terbuat dari kulit tepung dengan isian daging cincang, mentimun, tomat, sawi putih, dan saus.

Jika jarak rumahmu tidak begitu jauh dari Bondowoso, surma bisa banget menjadi pilihan oleh-oleh khas Bondowoso untuk dibawa pulang. Namun, karena kurang tahan lama, makanan ini tidak cocok dibawa untuk perjalanan yang terlalu jauh.

9. Sate Blitar

Sate Blitar

Foto: Dewi Boutique via Google Maps

Sate Blitar termasuk makanan populer di Bondowoso. Makanan ini biasanya terdiri dari pilihan daging ayam dan kambing dengan tekstur empuk dan ukuran besar. Sebagai pelengkap, penjual akan menyajikannya bersama dengan saus kacang gurih. 

Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh khas Blitar, sebaiknya minta bumbunya dibungkus terpisah agar sate tidak cepat basi.  

10. Batik Sumbersari

Batik Sumbersari

Foto: SumbersariBatik Premium via Google Maps

Selain makanan, kamu juga bisa membawa kain batik sebagai oleh-oleh khas Bondowoso. Namanya adalah Batik Sumbersari.

Batik ini dibuat dengan teknik mencetak langsung medium dedaunan pada kain. Motif yang digunakan adalah motif daun singkong, kopi, dan bambu.

11. Kerajinan Kuningan

Kerajinan Kuningan

Foto: tempat.org

Sebagai kabupaten yang terkenal dengan kerajinan kuningannya, liburan ke Bondowoso rasanya tidak lengkap tanpa membawa pulang kerajinan tersebut.

Ada banyak pilihan yang bisa kamu beli sebab para pengrajin mengolah bahan bakunya menjadi aneka barang, seperti vas bunga, peralatan rumah tangga, guci, tempat menyirih, relief lukisan, hingga berbagai miniatur hewan.

Baca Juga: 8 Oleh-Oleh Khas Sukoharjo yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Hotel Strategis? Bobopod Jawabannya!

bobobox malang

Setelah puas berwisata dan berburu oleh-oleh, Bobopod bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah, terutama bagi kamu yang ingin menginap di tengah kota. Lokasinya yang strategis akan membuatmu mudah mengakses tempat-tempat wisata hits di sekitarnya.

Hotel kapsul ini bisa kamu jumpai di sejumlah kota di Pulau Jawa, termasuk Bandung, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Malang. Yuk pesan sekarang!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Budi Puspa Wijaya via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles