Oleh-Oleh Khas Bojonegoro

Jangan Lupa Membawa 10 Oleh-Oleh Khas Bojonegoro Ini Pulang

Tak afdal rasanya jika berlibur ke suatu tempat tanpa membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Apalagi, jika kamu sedang berkunjung ke Bojonegoro. Di Bojonegoro, kamu bisa menemukan beragam macam oleh-oleh, mulai dari makanan hingga kerajinan tangan.

Yuk, simak selengkapnya rekomendasi oleh-oleh khas Bojonegoro yang wajib kamu bawa pulang!

Sekilas Mengenai Bojonegoro

Bojonegoro adalah salah satu kabupaten di Kabupaten Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan lima kabupaten. Kelima kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Tuban, Lamongan, Nganjuk, Madun, Ngawi, dan Blora.

Bojonegoro dikenal sebagai penghasil kerajinan, seperti mebel kayu jati. Mebel tersebut terbuat dari kayu jati asli yang usianya sudah cukup tua. Oleh karena itu, selain hasilnya yang berkualitas, ukirannya pun begitu indah.

10 Oleh-Oleh Khas Bojonegoro

1. Ledre

Ledre

Foto: parboaboa.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Bojonegoro pertama dari Bob adalah ledre. Kue kering ini kerap disamakan dengan egg roll karena bentuknya yang serupa. Umumnya, ledre punya tekstur yang renyah, aroma pisang, dan rasa yang manis.

Ledre sendiri terbuat dari bahan-bahan seperti tepung, pisang, dan gula. Proses pembuatannya adalah dengan cara digulung memanjang ke ukuran 20 cm dan diameter 1,5 cm.

Baca Juga: Wajib Tahu! 15 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sidoarjo yang Tahan Lama

2. Ender-Ender

Pilihan oleh-oleh khas Bojonegoro selanjutnya adalah ender-ender. Makanan ringan ini berbentuk bulat pipih serta melebar dan dibuat dari bahan dasar ubi jalar. Ender-ender umumnya tidak menggunakan bahan atau pemanis buatan.

Dulunya, ender-ender hanya tersedia dalam rasa manis saja. Namun, seiring berjalannya waktu, ender-ender kini tersedia dalam berbagai varian yang membuatmu pasti penasaran untuk mencoba setiap aneka rasanya.

3. Balung Kuwuk

Kalau saudara atau temanmu suka ngemil, balung kuwuk adalah buah tangan yang bisa kamu bawa pulang. Balung kuwuk sendiri terbuat dari ketela pohon, yang merupakan salah satu hasil bumi yang banyak dihasilkan di Bojonegoro.

Balung kuwuk punya rasa yang gurih dan tekstur renyah. Kudapan ini juga awet sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. 

4. Unthuk Yuyu

Unthuk Yuyu

Foto: jatim.tribunnews.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Bojonegoro berikutnya jatuh pada unthuk yuyu. Jajanan zaman dulu ini terbuat dari berbagai bahan, seperti tepung ketan, vanili, dan gula telur. 

Umumnya, unthuk yuyu disajikan dalam acara-acara besar di Bojonegoro. Teksturnya tampak keras, tapi siapa sangka saat digigit, unthuk yuyu justru sangat renyah dan punya cita rasa yang gurih. 

5. Keripik Tempe

Bagi yang sedang berada di Bojonegoro, jangan sampai kelewatan membawa pulang keripik tempat sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah.

Keripik tempe khas Bojonegoro punya keunikan tersendiri dibanding keripik tempe di daerah lain, yakni rasanya yang gurih dengan tekstur yang amat renyah. Ketika digigit, kamu akan menemukan cita rasa yang menggoyang lidah.

Bobocabin Bobobox

6. Keripik Jahe

Keripik Jahe

Foto: oleholehprobolinggo.blogspot.com

Selain keripik tempe, ada jenis keripik lain dari Bojonegoro yang cocok untuk dijadikan buah tangan. Keripik ini terbilang unik karena tidak menggunakan singkong atau pisang sebagai bahan dasarnya, melainkan jahe.

Keripik jahe ini punya rasa yang manis dengan sensasi pedas. Saat disantap, kamu akan merasakan sensasi hangat di mulut.

Menariknya lagi, oleh-oleh khas Bojonegoro ini tidak memakai pemanis atau pengawet buatan. Jadi, kamu bisa menjadikannya sebagai camilan sehat.

7. Egg Roll Waluh

Salah satu jajanan sekaligus oleh-oleh khas Bojonegoro yang mesti kamu lirik adalah egg roll waluh. Tampilan egg roll waluh sekilas memang mirip ledre, tapi bahan dasar kedua makanan ini berbeda.

Egg roll waluh berbahan dasar labu kuning, atau dalam bahasa Jawa lebih dikenal dengan sebutan “waluh”. Selain itu, egg roll waluh punya tekstur yang lebih mudah hancur.

8. Batik Jonegoroan

Batik Jonegoroan

Foto: tita-collection-batik-jonegoroan.business.site

Tak hanya makanan, kamu juga bisa membawa oleh-oleh khas Bojonegoro berupa batik. Batik khas Bojonegoro atau dikenal juga dengan sebutan batik jonegoroan memiliki motif khas yang membedakannya dengan batik daerah lain.

Umumnya, batik jonegoroan mempunyai makna tertentu yang diangkat dari cerita zaman dulu, seperti kerajaan Majapahit, panji, atau wali. Salah satu motif incaran wisatawan yang berlibur di Bojonegoro adalah motif wayang thengul.

9. Gerabah Malo

Bojonegoro terkenal sebagai penghasil gerabah. Kamu akan menemukan kerajinan ini salah satunya di Desa Rendeng, tempat kamu bisa membeli gerabah malo sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman dekatmu.

Gerabah malo yang dijual punya bentuk unik dan menarik. Dengan begitu, kamu berkesempatan untuk memilih bentuk yang memang kamu sukai.

10. Kerupuk Klenteng

Kerupuk Klenteng

Foto: blokbojonegoro.com

Rekomendasi terakhir jatuh pada kerupuk klenteng, salah satu makanan ringan yang banyak dicari di Bojonegoro. Kerupuk yang diminati wisatawan ini mempunyai ciri khas, yakni bentuknya yang unik dan berwarna-warni. 

Baca Juga: 24 Oleh-Oleh Khas Medan yang Lezat

Main ke Jawa Timur? Menginap saja di Bobocabin!

Kalau kamu sedang mencari pengalaman menginap di tengah alam hijau Jawa Timur, Bobocabin bisa menjadi alternatif. Saat ini, kamu bisa memilih dua cabang yang ada, yakni Bobocabin Pacet dan Bobocabin Coban Rondo.

Tak hanya dapat istirahat dengan tenang, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan fitur kabinnya yang canggih. Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: masakapahariini.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles