air panas semurup

Berendam di Gunung? Ini Dia Manfaat Mandi Air Belerang Menyehatkan!

Manfaat mandi air belerang sejak jaman dahulu sudah banyak dikenal oleh para leluhur dan nenk moyang kita. Dikenal memiliki bau yang cukup tajam, belerang ini memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan kulit kita dalam hal kecantikan dan juga kondisi lainnya. Belerang adalah salah satu unsur alami yang merupakan komponen esensial bagi semua kehidupan.

Di berbagai negara terutama di Indonesia, jumlah belerang sangatlah melimpah dan bisa dapat dengan mudah kamu dapatkan di seluruh alam semesta. Umumnya unsur alami seperti belerang ini ditemukan di bebatuan dan merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan tanaman.

Faktanya tubuh kita mengandung belerang yang merupakan mineral penting selain kalsium dan fosfor. Sifat anti mikroba yang terdapat pada belerang ini telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu mengatasi jerawat dan kondisi kulit lainnya. Lalu apa saja kira-kira manfaat belerang?

10 Manfaat Mandi dan Berendam Air Belerang

Berendam air belerang sudah dipercaya sebagai salah satu metode pengobatan tradisional sejak dahulu. Banyak orang percaya bahwa berendam air belerang di tempat pemandian air panas dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Tetapi, sebenarnya apa saja manfaat berendam di air belerang? Benarkah air belerang bermanfaat bagi kulit?

1. Mengobati Gatal dan Infeksi Kulit

Prevention.com

Manfaat belerang yang pertama adalah kemampuannya dalam mengobati rasa gatal pada kulit. Berdasarkan informasi dalam jurnal The Antibacterial Properties Of Sulfur dikemukakan bahwa belerang memiliki sifat sebagai antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Jika melihat penelitian lain, belerang telah dikenal sebagai agen antibakteri yang dapat diberikan secara oral untuk mengatasi berbagai masalah infeksi bakteri.

2. Mengobati Eksim

Punya masalah kulit seperti eksim? Gangguan kulit bernama eksim ini bisa muncul karena masalah kulit yang ditandai dengan kulit kering, rasa gatal dan ruam kemerahan pada kulit. Apa yang menyebabkan munculnya eksim? Umumnya beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya eksim adalah karena asupan makanan-makanan tertentu seperti kacang-kacangan dan produk olahan susu. Jika kamu memiliki kondisi kulit eksim, kamu bisa coba memanfaatkan belerang untuk mengatasinya.

3. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Membantu mengangkat dan mengelupas kulit mati adalah salah satu manfaat belerang untuk kulit. Zat keratolitik pada belerang memiliki sifat yang membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Pengelupasan sel kulit mati dibutuhkan agar membantu regenerasi kulit sehingga kulit akan tampak lebih sehat, lembut dan cerah.

Baca Juga: Tak Hanya Puncak, Ini Dia Destinasi Wisata Alam Bogor yang Wajib Kamu Kunjungi

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Menghilangkan Ketombe

Penggunaan belerang dalam produk khusus ketombe telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS. Manfaat belerang untuk menghilangkan ketombe sering dikombinasikan dengan asam salisilat untuk hasil yang lebih efektif.

Sebuah penelitian kecil dilakukan pada tahun 1987 pada 48 orang dengan ketombe.  Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan belerang mengatasi ketombe secara efektif.

5. Melancarkan Aliran Darah

Lifespan

Manfaat berendam air belerang yang pertama adalah mampu memperlancar sirkulasi darah. Air belerang mengandung berbagai macam mineral, seperti kalsium dan natrium bikarbonat. Ketika tubuh kita berendam di dalam air belerang, maka tubuh kita menyerap mineral tersebut, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen dalam tubuh secara keseluruhan. Kandungan air belerang membantu liver dalam proses detoksifikasi atau pengeluaran racun.

6. Menyembuhkan Masalah Kulit

Berendam di dalam air yang tinggi kandungan belerang dianggap bermanfaat bagi kesehatan dan disebut juga sebagai Balneoterapi. Balneoterapi adalah pengobatan penyakit dengan mandi di air mineral panas.  Kandungan belerang memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antimikroba dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit seperti gatal, kudis, eksim, dan kulit kemerahan.

7. Meredakan Kelelahan

Manfaat air belerang berikutnya adalah kemampuannya dalam meredakan kelelahan dan juga menenangkan pikiran. Adanya tekanan pada air belerang yang bersuhu panas dapat memberikan efek relaksasi pada otot dan persendian. Saat dilakukan secara rutin, berendam dengan air belerang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga menjaga stamina agar tidak cepat kelelahan.

8. Mengobati Jerawat Membandel

Jika kamu perhatikan, banyak obat jerawat topikal yang dijual di pasaran mengandung belerang atau sulfur sebagai salah satu komposisinya. Obat jerawat yang mengandung belerang ini dapat berupa salep atau bahkan sabun mandi untuk mengatasi jerawat di bagian tubuh lain seperti jerawat dada dan jerawat punggung. Cara kerja belerang ini bisa dibilang mirip dengan benzoil peroksida dan asam salisilat, namun belerang tidak berpotensi membuat kulit kasar.

9. Menghilangkan Komedo

Facebook

Manfaat selanjutnya adalah dengan menghilangkan komedo baik itu di kulit wajah komedo kulit tubuh lainnya seperti komedo dada dan komedo punggung layaknya jerawat. Hal ini dikarenakan komedo merupakan bentuk jerawat paling ringan yang terbentuk ketika minyak dan sel kulit mati bergabung dan tersangkut dalam folikel rambut halus di wajah. Mengapa komedo dapat dihilangkan dengan belerang karena belerang yang memiliki zat keratolitik dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati.

10. Meredakan Rosacea

Manfaat mandi air belerang yang terakhir adalah kemampuannya dalam meredakan gangguan kondisi kulit bernama rosacea. Berdasarkan informasi dari Mayo Clinic, rosacea adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan kemerahan dan pembuluh darah terlihat di wajah. Jika dibiarkan begitu saja maka kondisi ini akan menghasilkan benjolan kecil, merah dan berisi nanah. Kamu bisa coba berendam air belerang atay menggunakan belerang yang dioleskan secara topikal untuk mengobati rosacea.

Baca Juga: Simak Destinasi Wisata Ramah Lingkungan di Dunia Berikut Ini, Ada Bali Loh!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles