Ini Dia Makanan Khas Lebaran dari Beras Selain Ketupat

Inilah 10 Inspirasi Makanan Khas Lebaran dari Beras Selain Ketupat

Perayaan Idulfitri selalu identik dengan sajian ketupat lengkap dengan opor ayamnya. Ketupat sendiri merupakan salah satu makanan khas lebaran yang kerap disajikan di berbagai daerah di Indonesia.

Selain ketupat, ada banyak makanan khas lebaran lainnya yang terbuat dari beras. Apa sajakah makanan tersebut? Simak informasinya berikut ini!

Makanan Khas Lebaran dari Beras Selain Ketupat

1. Lemper

Lemper makanan khas lebaran dari beras

Sumber: Katakini.com

Makanan khas lebaran dari beras selain ketupat yang pertama adalah lemper. Lemper adalah makanan tradisional yang dibuat dari olahan beras ketan putih.

Cara pembuatan lemper bisa dibilang cukup mirip dengan ketupat. Pertama-tama, kamu perlu memasak beras ketan yang dicampur dengan sedikit santan.

Setelah itu, siapkan daun pisang dan isian berupa abon ataupun daging cincang. Kamu perlu menggulung lemper dengan isiannya menggunakan daun pisang. Terakhir, kukus hingga matang sempurna.Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Lepet

Lepet Adalah

Sumber: Detik Food

Makanan khas lebaran dari beras selanjutnya adalah lepet. Lepet merupakan panganan yang terbuat dari beras ketan dan dicampur dengan kacang dan santan.

Lepet dibungkus menggunakan janur seperti halnya ketupat, tapi dibentuk memanjang alih-alih persegi.

3. Lemang

Lemang makanan khas lebaran dari beras

Sumber: Tribun Batam

Berikutnya ada lemang, yang merupakan makanan khas lebaran Idulfitri lainnya. Lemang dibuat dari campuran beras ketan dan santan, yang kemudian dimasak menggunakan seruas bambu yang masih basah.

Lemang adalah salah satu panganan tradisional khas dari Minangkabau, Sumatera Barat, yang terkenal bahkan ke berbagai negara di dunia, lho!

Baca Juga: 4 Minuman Khas Bangka Belitung yang Legendaris, Nggak Ada di Tempat Lain!

4. Lontong

Lontong

Sumber: Tokopedia

Siapa sih, yang tak tahu panganan dari beras satu ini? Selain ketupat, lontong juga sering kali disajikan saat perayaan Idulfitri.

Berbeda dengan ketupat, lontong terbuat dari beras yang kemudian digulung menggunakan daun pisang. Lontong kemudian direbus dalam waktu yang cukup lama. 

Umumnya, lontong dapat kamu nikmati dengan kuah opor, sama halnya seperti ketupat.

5. Tape Beras Ketan

Tape Beras Ketan

Sumber: Halodoc

Makanan khas lebaran dari beras selain ketupat berikutnya adalah tape beras ketan.

Tape ketan merupakan jenis tape yang terbuat dari ketan putih ataupun ketan hitam. Makanan ini dikenal sebagai salah satu makanan favorit khas Ramadan dan Idulfitri.

Jika makanan yang telah disebutkan tadi umumnya asin dan gurih, lain halnya dengan tape beras ketan. Makanan khas lebaran yang terbuat dari beras satu ini memiliki cita rasa manis dan asam-kecut.

Cara membuat tape beras ketan pun terbilang cukup mudah. Kamu bisa memilih ketan putih ataupun ketan hitam, kemudian mengolahnya dengan cara difermentasi.

Proses fermentasi tape inilah yang kemudian menimbulkan munculnya rasa manis dan kecut pada ketan saat dimakan.

Setelah ketan melalui proses fermentasi, maka ketan kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

6. Burasa

Mangkuk berisi buras - makanan khas lebaran dari beras

Sumber: Masakapaharini

Burasa adalah panganan khas lebaran Idulfitri lainya yang mirip dengan lontong dan ketupat. 

Perbedaannya ada pada bentuknya; burasa memiliki bentuk pipih, tidak terlalu panjang, dan dibungkus dengan daun pisang. 

Burasa umumnya dinikmati bersama dengan bumbu kari, sambal goreng atau tumis, opor ayam atau kuah bersantan. Tertarik mencobanya?

Baca juga: Apa Itu Burasa? Makanan Khas Bugis yang Wajib Ada Saat Lebaran

7. Sekubal

Sekubal

Sumber: Cooking With Michan

Makanan khas lebaran dari beras selain ketupat selanjutnya adalah sekubal, yang memiliki bahan dasar mirip dengan lemang.

Sekubal merupakan panganan khas Lampung yang sering disajikan saat hari-hari besar seperti Ramadan dan Lebaran.

Sekubal umumnya dibuat dari bahan ketan dan santan kemudian dikukus. Perbedaan sekubal dan lemang terdapat pada proses memasaknya.

Jika lemang dimasak dengan menggunakan daun pisan dan bambu, maka sekubal cukup dimasak dengan dibungkus menggunakan daun pisang saja.

8. Jaddah

Jaddah

Sumber: Cookpad

Berbeda dengan lemper, jaddah diracik dengan cara dikukus tanpa memerlukan bungkusan daun pisang.

Keunikan jaddah terletak pada bentuknya yang telah terbentuk dalam cetakan sebelum dikukus, memungkinkan potongan-potongan dadu atau persegi yang siap disantap.

Di dalamnya, parutan kelapa menjadi bumbu khas yang memberikan cita rasa istimewa saat di santap pada hari raya idul fitri.

Baca juga: Mengenal Cita Rasa Kuliner Nusantara Dari Sabang Sampai Merauke

9. Sokko Tumbu

Sokko Tumbu khas Sulsel

Sumber: Lenterabanua

Sokko Tumbu, makanan khas suku Bugis, selalu menjadi primadona pada perayaan Lebaran, acara selamatan, dan momen-momen besar lainnya.

Olahan makanan istimewa ini terbuat dari beras ketan dan santan, diolah dengan cara ditumbuk satu per satu hingga membentuk struktur bulat memanjang.

Menggunakan balutan daun pisang, makanan ini dimasak dalam proses yang memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam. Biasanya, Sokko Tumbu dihidangkan bersama Nora, sajian manis yang terdiri dari gula merah/aren, santan, dan telur, yang menjadikan cita rasa Sokko Tumbu semakin lezat dan lembut.

10. Pali-Pali

Makanan dari Beras Pali Pali

Sumber: Indonesiakaya

Makanan khas lebaran dari beras selain ketupat yang terakhir adalah pali-pal.

Pali-pali merupakan penganan yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan anyaman daun lontar sebelum dikukus. 

Makanan khas Ternate ini umumnya disantap dengan campuran sayur berkuah atau tumis.

Baca Juga: Makanan Khas Idul Fitri di Dunia dari Berbagai Negara! Paling Enak yang Mana Nih?

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. 

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan selama libur lebaran.

Kamu bisa lakukan kegiatan jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles