Photo by Azka Rayhansyah via Unsplash

24 Jam Kulineran di Jakarta, dari Kaki Lima Sampai Bintang Lima

Di tengah hiruk-pikuknya sebagai kota metropolitan yang padat, kuliner Jakarta juga punya pesonanya sendiri, lho.

Mulai dari warung kaki lima yang kaya bumbu, tempat sederhana milik keluarga, sampai restoran bintang lima yang mewah, Jakarta punya semua.

Buat kamu yang sedang berkunjung ke daerah istimewa ini tapi cuma punya waktu seharian penuh aja buat jalan-jalan, itinerary kulineran satu ini wajib kamu baca. Bob bakal kasih rekomendasi tempat kuliner Jakarta yang wajib kamu coba setidaknya sekali seumur hidup!

07.00 – 09.00 – Sarapan Hangat-hangat di Bubur Cikini H.R. Suleman

Photo: Kompas Travel

Enggak ada hal yang lebih sempurna untuk memulai hari dibandingkan dengan sarapan bubur legendaris yang hangat dan lezat. Nah, Bubur Cikini H. R. Suleman atau Burcik adalah spot yang enggak boleh kamu lewatkan!

Burcik ini adalah salah satu spot kuliner legendaris Jakarta karena sudah berdiri sejak 1960-an. Mereka menawarkan sajian bubur yang lezat bergaya Chinese namun halal.

Kamu bisa menikmati seporsi bubur gurih dan wangi dengan ayam kampung, kaldu ayam, emping, dan tongcai. Jangan lupa menambahkan kuning telur ayam kampung yang membuat bubur terasa makin creamy!

Seporsinya bisa kamu nikmati mulai dari Rp30.000. Kamu juga bisa menambahkan aneka sate-satean untuk menambah cita rasa.

Bubur Cikini buka setiap hari pukul 06.00 – 23.00. Kedai ini terletak di Jalan Cisadane no. 121, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, tepat di sebelah KFC Menteng.

09.30 – 11.30 – Pagi yang Manis dengan Ngemil di Pancong Rawa Belong

Photo: Liputan 6

Setelah sarapan masih agak lapar, tapi belum selapar itu? Coba ngemil di Pancong Rawa Belong, deh. Spot ini terkenal sebagai salah satu tempat kuliner murah di Jakarta. Enggak perlu takut kantong bolong!

Warung Pancong Rawa Belong, seperti namanya, tentu saja punya menu jagoan kue pancong. Tapi bukan pancong biasa, lho, karena pemiliknya menyajikan berbagai kreasi kue pancong yang mungkin jarang kamu temukan di tempat lain.

Salah satu menu favorit di sana adalah pancong setengah matang dengan topping keju, cokelat, atau cokelat keju. Kenikmatan itu bisa kamu dapatkan dengan harga Rp6.000 – Rp9.000 aja!

Selain pancong, mereka juga menawarkan menu roti bakar, pisang bakar, mi instan beragam topping, serta minuman hangat dan dingin. Harganya terjangkau, masih di bawah Rp20.000.

Oh ya, tempat ini juga buka 24 jam. Jadi buat kamu yang sering lapar tengah malam bisa coba juga mampir ke sini. Warung ini selalu ramai dari pagi, siang, sampai malam.

Warung Pancong Rawa Belong terletak di Jalan Sulaiman No. 10, Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat. Enggak jauh dari Pasar Bunga Rawa Belong.

Baca Juga: Lezat dan Unik! 10 Cemilan Khas Betawi yang Wajib Dicoba Saat Berlibur di Jakarta

12.00 – 14.00 – Makan Siang Kaya Rasa di Iga Panggang Panglima

Photo: Just Monz via Travel Advisor

Bukan tanpa alasan Iga Panggang Panglima jadi salah satu ikon kuliner perdagingan di Jakarta Selatan. Bintang utamanya adalah iga bakar dengan tiga macam jenis saus yakni saus original, blackpepper, dan lemon hot.

Enggak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan makan siang dengan daging iga super besar berbalut bumbu manis, gurih, harum yang lumer di mulut.

Harganya pun bersahabat, sekitar Rp99.000 untuk satu porsi berisi 3 potongan daging iga seberat 500 gram dan pendamping berupa kentang serta jagung.

Psst, pastikan untuk datang lebih awal karena tempat ini antre banget saat jam makan siang. Tempat ini terletak di Jalan Gandaria Tengah II, No. 30, Gandaria, Jakarta Selatan dan buka setiap hari pukul 11.00 – 21.00 WIB.

Setelah selesai makan siang, jangan lupa check-in dulu di penginapan. Bobobox Kebayoran Baru yang terletak strategis di pusat kawasan kulineran kali ini adalah pilihan tepat buat recharge tenagamu!

15.30 – 18.00 – Segarnya EM Gelato jadi Obat Teriknya Jakarta

Photo: Instagram @em.gelato

Obat yang paling tepat untuk survive melewati sore yang begitu pengap di Jakarta adalah es krim segar. Setuju sama Bob? Nah, ada spot es krim baru yang lagi hype nih, di kawasan Blok M, yakni EM Gelato.

Spot kuliner Jakarta yang lagi hits ini terletak di Jalan Sultan Hasanudin Dalam no. 3, Blok M, Kebayoran Baru. Letaknya dekat banget sama Stasiun MRT Blok M.

Menu gelato yang mereka tawarkan pun cukup otentik dengan pilihan rasa yang cukup modern. Mulai dari yang classic french vanilla, chocolate hazelnut, sampai yang unik macam popcorn, roti bakar, PB & J, dan masih banyak lagi.

Mereka menawarkan rasa-rasa yang berbeda juga setiap harinya. Kamu bisa pilih ukuran small seharga Rp38.000 atau reguler Rp53.000 dengan pilihan kemasan menggunakan waffle cone atau pun paper cup.

Kedai gelato viral ini memang kecil, tapi unik dan aesthetic. Jangan lupa foto-foto di tempat nongkrong di Jakarta ini, ya!

Kamu juga bisa kok, makan gelatonya di Taman Literasi Martha Tiahahu, tempat hangout Jakarta populer yang terletak tepat di seberangnya sambil ngadem.

Oh ya, karena Blok M juga adalah kawasan kuliner yang terkenal banget, kamu bisa sekalian menjelajahi berbagai opsi ngemil sore di sana. Enggak jauh dari EM Gelato, ada Haka Dimsum yang menawarkan berbagai pilihan dimsum nikmat dengan harga terjangkau.

Mau ngopi? Ada Filosofi Kopi atau Toko Kopi Tuku yang nikmat. Kamu juga bisa mencicipi makanan khas izakaya Jepang di Kashiwa yang menggoda.

Baca Juga: 6 Spot Kuliner Legendaris di Blok M Yang Dijamin Menggoyang Lidah

19.30 – 22.30 – Dinner Mewah ala Jepang di Tatemukai Signature

Photo: Instagram @tatemukai.signature

Setelah dari tadi mengitari spot kuliner Jakarta berupa kaki lima atau restoran sederhana, kamu bisa menutup hari dengan makan malam di restoran fine-dining di Jakarta. Tatemukai Signature adalah pilihan tepat buat kamu pecinta makanan Jepang seperti sushi dan sashimi.

Restoran yang terletak di Jalan Gunawarman, Senopati. Kebayoran Baru ini menawarkan fine dining berkonsep omakase Jepang yang berkelas. Jadi pastikan kamu dress up untuk dinner di sini, ya.

Buat yang belum tahu, omakase dalam bahasa Jepang artinya “percayakan pada chef”. Jadi kamu bakal menyantap makanan yang khusus dikurasi oleh chef di sana. Mulai dari appetizer, main course, sampai dessert!

Di Tatemukai Signature, beragam menu yang disajkan  enggak cuma otentik tapi juga unik. Kamu akan mendapatkan bahan-bahan segar seperti ikan dan daging yang diolah khusus sehingga menciptakan pengalaman makan yang tak terlupakan.

Omakase di Tatemukai Signature dibanderol mulai dari Rp2.956.250 untuk set paling murah, yakni Omakase Silver. Sementara Omakase Gold dibanderol Rp3.429.250 dan termahal ada Omakase Diamond seharga Rp4.138.750 per orang. Jangan lupa reservasi dulu ya sebelum datang, agar mendapat tempat duduk terbaik.

23.00 – 24.00 – Redakan Lapar Tengah Malam dengan Roti Bakar Eddy

Photo: Instagram @rotibakareddyid

Siapa yang suka tiba-tiba lapar di tengah malam? Kalau kamu salah satunya, jajan di Roti Bakar Eddy pasti bakal bikin kamu bahagia.

Roti Bakar Eddy terkenal sebagai salah satu tempat hangout di Jakarta karena tempatnya yang sederhana, dan menunya yang cocok buat nongkrong bareng teman-teman. Mereka juga buka sampai jam 2 pagi!

Jangan bayangkan memakan roti bakar biasa di sana, karena menu roti bakar mereka dibuat dengan sedikit berbeda. Roti yang mereka gunakan diproduksi sendiri dan dibakar di atas arang.

Kamu bisa menikmati rasa klasik seperti keju dan cokelat, atau bisa juga coba yang lebih modern macam Nutella untuk pilihan rasa manis dan varian beef untuk menu asin.

Kuliner legendaris Jakarta satu ini juga menawarkan aneka makanan berat seperti nasi uduk, sate, bubur ayam, nasi goreng, dan lainnya. Harganya bersahabat banget, di kisaran Rp12.000 – Rp30.000 aja!

Roti Bakar Eddy adalah salah satu kedai roti bakar terbesar di Indonesia. Ada sekitar 9 cabang dari kuliner murah di Jakarta ini yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu menginap di Bobobox Kebayoran Baru, Roti Bakar Eddy Blok M atau Roti Bakar Eddy Haji Nawi bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Mari Menatap Masa Lalu Jakarta di 4 Kampung Betawi Ini

Kulineran Ke Mana aja, Nginep di Bobobox Jakarta Area Pilihannya!

Jakarta sebenarnya bukan kota yang bisa kamu jelajahi secara maksimal dalam sehari saja. Nah, biar lebih seru mengeksplorasi kuliner Jakarta, kamu bisa memilih menginap di akomodasi yang nyaman, terjangkau, dan tentunya punya akses leluasa ke berbagai tempat.

Kamu bisa memilih salah satu dari enam lokasi Bobobox di Jakarta sebagai tempat beristirahat. Lokasinya tersebar di berbagai titik kota Jakarta, sehingga kamu bisa mencapai tempat-tempat kuliner Jakarta yang Bob rekomendasikan di atas dengan mudah, termasuk kamu yang naik kendaraan umum.

Menginap di Bobobox Jakarta yang berkonsep hotel kapsul juga nyaman banget, lho. Kamu akan mendapatkan pods yang terjaga privasinya, dengan kasur empuk dan fitur pengaturan cahaya yang bisa kamu atur sendiri agar tidur makin lelap.

Jadikan petualangan kuliner di Jakarta lebih istimewa, dan unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk tidur yang nyaman setelah bersantap lezat!

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bob’s Budget Check

  • Bubur Cikini H.R. Suleman mulai dari Rp30.000
  • Pancong Rawa Belong mulai dari Rp6.000
  • Iga Panggang Panglima mulai dari Rp99.000
  • EM Gelato mulai dari Rp38.000
  • Tatemukai Signature mulai dari Rp2.956.250
  • Roti Bakar Eddy mulai dari Rp12.000

 

Cover picture by Azka Rayhansyah via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles