kebun teh wonosari

10 Rekomendasi Kebun Teh Bandung Paling Cocok Buat Healing

Bandung dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang punya banyak wisata kebun teh menarik, terutama di kawasan pegunungan seperti Pangalengan, Ciwidey, dan Lembang.

Hal yang membuat kebun teh di Bandung spesial adalah suasananya yang sejuk, akses mudah ditempuh, serta tentunya panorama “karpet hijau” sepanjang mata memandang. 

Selain itu, banyak kebun teh di Bandung yang menawarkan fasilitas rekreasi seperti area piknik, jalur trekking, hingga spot foto yang indah. Beberapa tempat bahkan menyajikan teh segar yang langsung bisa kamu petik dari kebun, menambah kesan alami dan menenangkan saat berkunjung. Jadi, selain pemandangan, pengalaman menikmati teh di sumbernya langsung juga jadi daya tarik tersendiri!

Nah, kalau kamu berniat untuk mengunjungi salah satu kebun teh di Kota Kembang, simak dulu artikel rekomendasi kebun teh Bandung berikut ini!

10 Rekomendasi Kebun Teh Bandung Viral

kebun teh

Photo: Min An via Pexels

1. Kebun Teh Sukawana

  • HTM: Biasanya gratis atau dikenakan biaya parkir kecil
  • Lokasi: Sukawana, Lembang, Bandung Barat

Kebun Teh Sukawana menawarkan suasana yang tenang dan asri, dikelilingi oleh hamparan tanaman teh serta beberapa pepohonan rindang di berbagai spot kebun. 

Saat kamu berjalan di antara tanaman teh, kamu akan disambut dengan udara dingin pegunungan yang dijamin bisa menyegarkan pikiran.

Tidak hanya kebun teh, pemandangan lain yang bisa kamu dapatkan dari destinasi wisata Lembang ini adalah pegunungan Tangkuban Perahu. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen indah di tengah kebun teh ini, karena setiap sudut menawarkan pemandangan yang estetik dan layak diabadikan!

2. Kebun Teh Rancabali

  • HTM: Sekitar Rp10.000 – Rp20.000 per orang
  • Lokasi: Rancabali, Ciwidey, Bandung

Salah satu kebun teh di Bandung yang sering ramai pengunjung adalah Kebun Teh Rancabali. Suasana di sini lebih ramai karena aksesnya yang lebih mudah dicapai dibanding kebun teh lainnya, serta tiketnya yang relatif murah. Tidak heran kalau tempatnya sering dimanfaatkan banyak keluarga untuk piknik.

Pemandangan di Kebun Teh Rancabali nggak kalah menakjubkan, Sahabat Bob! Hamparan tanaman tehnya lebih terawat, sehingga mengeluarkan warna hijau yang lebih pekat dan segar di mata. 

Di sini, kamu bisa merasakan ketenangan yang ditawarkan oleh alam, sembari menikmati secangkir teh segar. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftarkan diri ke tur petik teh setempat dengan harga mulai dari Rp50.000 saja.

Baca juga: Keren! Inilah 7 Tempat Wisata di Pangalengan yang Lagi Viral

3. Kebun Teh Malabar

  • HTM: Sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000 per orang.
  • Lokasi: Jl. Raya Malabar, Pangalengan, Bandung.

Kebun teh populer di Bandung selanjutnya adalah Kebun Teh Malabar. Berbeda dengan Rancabali, kebun ini menawarkan suasana yang lebih sepi, ideal banget untuk relaksasi, apalagi kalau kamu datang di hari-hari kerja, kebun sudah serasa milik sendiri, deh!

Terletak di ketinggian 1550 m di atas permukaan laut, lokasinya berada 45 km di selatan Kota Bandung, dengan suhu udara 16⁰C sampai 12⁰C. Jadi, kalau mau ke sini, pastikan membawa jaket atau memakai pakaian tebal, ya.

4. Kebun Teh Riung Gunung

  • HTM: Sekitar Rp10.000 per orang (belum termasuk parkir kendaraan)
  • Lokasi: Puncak, Bandung

Kebun yang berada di Pangalengan, Bandung, ini memiliki daya tarik tersendiri berkat panorama alamnya yang amat memukau. Di sini, pengunjung dapat menikmati udara segar sambil berjalan-jalan di jalur setapak yang telah disediakan atau menyaksikan keindahan kebun teh yang terawat dari atas.

Keindahan Kebun Teh Riung Gunung makin memesona dengan suasana tenang yang mengelilinginya. Spot-spot untuk duduk santai dan menikmati teh sering banget dipenuhi oleh pengunjung yang ingin melepas penat.

Saat matahari terbenam, pemandangan langit keunguan berpadu dengan kebun teh, menciptakan suasana romantis, sangat cocok buat pasangan yang ingin liburan romantis.

5. Kebun Teh Kertamanah

  • HTM: Sekitar Rp 15.000 per orang.
  • Alamat: Kertamanah, Pangalengan, Bandung.

Kebun Teh Kertamanah dikenal dengan suasana yang nyaman dan pemandangan alam yang indah. Terletak di area yang sejuk, kebun ini memberikan nuansa segar yang juga sangat cocok untuk bersantai.

Banyak kegiatan yang pengunjung bisa lakukan di sini, termasuk piknik di area terbuka, jalan-jalan menelusuri jalur kebun, atau berfoto ria.

Pemandangan di Kebun Teh Kertamanah memikat hati karena menggabungkan kombinasi kebun yang subur dan panorama pegunungan di sekitarnya. Saat berkunjung, kamu juga bisa menikmati kegiatan edukasi seputar teh, yang sering diselenggarakan oleh petani sekitar!

Baca juga: 20 Rekomendasi Glamping di Lembang Bandung

kebun teh

Photo: Roman Odintsov via Pexels

6. Kebun Rancabolang

  • HTM: Sekitar Rp7.500 – Rp25.000 per orang
  • Lokasi: Rancabolang, Pangalengan, Bandung

Masih membahas soal rekomendasi kebun teh Bandung, kali ini kita lanjut ke Kebun Rancabolang. Kebun ini dikenal dengan suasana sejuk dan alami yang menyegarkan. 

Dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata, Kebun Teh Rancabolang juga memiliki jalur trekking yang mengajak kamu menjelajahi keindahan tanaman teh. Pengunjung bisa menikmati suasana tenang sambil menyaksikan aktivitas para petani yang merawat tanaman teh dengan penuh dedikasi.

7. Kebuh Teh Gunung Gambung

  • HTM: Sekitar Rp15.000 per orang
  • Lokasi: Gambung, Bandung

Walaupun tidak sepopuler kebun teh di Bandung lainnya, Kebun Teh Gambung bisa menjadi pilihan tepat bagi para pencinta alam yang ingin merasakan ketenangan, jauh dari keramaian. 

Dengan lahan kebun yang luas, pengunjung bisa menikmati jalan-jalan santai di antara tanaman teh sembari menghirup udara segar. Suasana di sini sangat ideal untuk melakukan yoga atau meditasi, mengingat keindahan dan ketenangan yang ditawarkan.

Pemandangan di Kebun Teh Gambung pun tidak kalah keren. Selama berada di sana, kamu akan ditemani oleh latar belakang pegunungan yang menjulang dan hamparan kebun teh yang berkilauan di bawah sinar matahari.

8.  Wayang Windu Panenjoan

  • HTM: Sekitar Rp20.000 – Rp30.000 per orang
  • Lokasi: Pangalengan, Bandung

Wayang Windu Panenjoan menawarkan pengalaman yang unik dengan kombinasi kebun teh dan view alam yang megah. 

Dari sini, kamu dapat menikmati pemandangan menakjubkan ke arah danau kecil yang tenang, dikelilingi oleh kebun teh yang hijau. Tempat ini sering dikunjungi oleh mereka yang ingin merasakan keindahan alam tanpa gangguan kebisingan kota.

Daya tarik lain dari Wayang Windu adalah fasilitas yang ditawarkan, seperti kafe yang menyajikan teh segar langsung dari kebun. 

Baca juga: 18 Lokasi Wisata Sejarah Bandung yang Keren dan Edukasional

9. Kebun Teh Gunung Patuha

  • HTM: Sekitar Rp15.000 – Rp20.000 per orang
  • Lokasi: Patuha, Ciwidey, Bandung

Berikutnya, ada Kebun Teh Patuha yang merupakan destinasi wisata favorit masyarakat Ciwidey. Bersebelahan dengan Gunung Patuha, kebun ini ideal untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam. 

Kamu dapat menemukan jalur trekking yang cukup menantang, membawa kamu ke titik pandang terbaik, di mana kamu bisa melihat hamparan kebun teh dari ketinggian.

10. Kebun Teh Cagak

  • HTM: Sekitar Rp15.000 per orang
  • Lokasi: Ciater, Subang, dekat Bandung

Siapa sih, yang tidak tahu Kebun Teh Cagak? Tersohor berkat pemandangan alamnya yang asri dan suasana yang sejuk, areanya dikelilingi oleh kebun teh yang terawat dengan baik.

Pengunjung bisa merasakan keindahan serta ketenangan yang ditawarkan tempat ini. Area terbuka yang luas juga menjadi tempat yang sempurna untuk berinteraksi dengan alam atau sekadar bersantai di tengah kebun untuk mengagumi ciptaan Tuhan.

Hal menarik dari kebun ini adalah aksesnya yang mudah banget ditempuh. Pasalnya, kebun berada di sebelah jalan besar yang bisa diakses kendaraan roda dua dan empat.

Kelebihan Kebun Teh Cagak adalah fasilitas yang tersedia. Dari kafe yang menyajikan teh segar hingga area bermain untuk anak-anak, kebun ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga!

Baca juga: Inilah Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable

Bersantai di Kebun Teh Bersama Bobobox

bobocabin sukawana

Photo: Bobobox Internal Asset

Menjelajahi kebun teh di Bandung bukan cuma tentang melihat pemandangan, tetapi juga merasakan ketenangan yang ditawarkan alam. Suara alam yang damai, ditambah dengan kabut pagi yang menyelimuti kebun teh, menciptakan suasana menenangkan yang jarang kamu dapatkan di tempat lain.

Untuk melengkapi pengalaman wisatamu, menginap di Bobocabin Sukawana atau Bobocabin Pangalengan adalah pilihan yang tepat! Kedua akomodasi ini dibangun dengan menggabungkan teknologi canggih dan kenyamanan maksimal.

Kabin-kabinnya dilengkapi fasilitas lengkap, seperti kasur empuk, jendela besar yang langsung menghadap ke kebun teh, kamar mandi pribadi, dan sistem canggih yang bisa mengatur semua kelengkapan kabin hanya dengan satu sentuhan!

Penasaran mencoba? Langsung saja unduh aplikasi Bobobox untuk pesan kabinmu sekarang!

 

Penulis: Samala Mahadi

Photo header: Oktavia Ningrum via Unsplash

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles