ide liburan bersama anak

Makin Seru, Ini Dia 12 Ide Liburan Bersama Anak yang Aman dan Menyenangkan

Dari Sumatra hingga Papua, ada bermacam destinasi menarik yang bisa memberi anak wawasan baru tentang alam Indonesia yang kaya. Kalau bingung mau ke mana, ide liburan bersama anak ini bisa jadi pertimbangan!

Dari Sumatra hingga Papua, ada bermacam destinasi menarik yang bisa memberi anak wawasan baru tentang alam Indonesia yang kaya.

Kalau bingung mau ke mana, ide liburan bersama anak ini bisa jadi pertimbangan!

Ide Liburan Bersama Anak

Berikut ini ide liburan bersama anak yang seru dan menyenangkan.

1. Wisata Edukasi di Danau Toba

Wisata Edukasi di Danau Toba

Sumber: @diohsb via Unsplash

Salah satu ide liburan bersama anak yang bisa kamu coba ada Danau Toba di Sumatra Utara.

Identik dengan kisahnya yang melegenda, Danau Toba juga menyimpan sejarah panjang yang menarik untuk diikuti.

Liburan ke Toba pun bisa menjadi momen untuk mengajarkan anak tentang Danau Toba dari sisi sejarah dan geografinya.

Berada di ketinggian 904 mdpl, tempat wisata dengan pesona alam luar biasa ini terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Toba purba, mengakibatkan penipisan pada lapisan ozon kala itu.

Dari letusan ini, lahirlah Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Danau ini memiliki predikat sebagai danau terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 1.130 kilometer persegi, panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman sekitar 505 meter.

Baca Juga: 7 Game Seru untuk Weekend Bersama Keluarga, Asyik dan Kompetitif

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Kelayang

Sumber: Indonesia Travel

Termasuk salah satu wisata prioritas Indonesia, ide liburan bersama anak ke Tanjung Kelayang di Bangka Belitung tentu sangat sayang untuk dilewatkan.

Di pantai andalan Belitung ini, kamu bisa mengajak anak menyusuri pesisir pantai berhiaskan banyak batu granit unik, yang salah satunya berbentuk seperti paruh burung.

Kawasan air pesisirnya yang dangkal juga cocok sebagai spot berenang yang aman untuk kamu dan anak.

Selain itu, ada juga Pulau Lengkuas yang terkenal dengan keberadaan mersucuar serta keindahan alam bawah lautnya, yang bisa kamu nikmati lewat kegiatan snorkeling.

Bukan cuma itu, Tanjung Kelayang juga menjadi salah satu lokasi syuting film fenomenal Laskar Pelangi.

Di sini, kamu bisa mengajak anak mengunjungi Museum Laskar Pelangi dan replika SD Muhammadiyah Gantong.

Daya tarik lain dari Tanjung Kelayang adalah acara tahunan Sail Indonesia, tarian selamat datang Tari Sepen, kegiatan konservasi penyu sisik, serta mempelajari kerajinan batu tulis.

3. Kepulauan Seribu

pulau seribu

Sumber: @malikkuy via Instagram

Bagi kamu yang tidak ingin jauh-jauh dari kawasan ibu kota, Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan ide liburan bersama anak lainnya.

Ada banyak kegiatan menarik dan mendidik yang bisa kamu lakukan di sana. Salah satunya adalah mengunjungi penangkaran penyu di Pulau Pramuka, Semak Daun, Kelapa Dua, Harapan, atau Sepa.

Di tempat ini, kamu dan anak bisa menyaksikan proses penetasan, pembesaran, hingga pelepasliaran penyu sisik ke lautan.   

Selain penangkaran penyu, kamu juga bisa mengenalkan manfaat hutan mangrove dengan menyambangi Pulau Pari, Tidung Kecil, Kelapa Dua, hingga Harapan.

Ada juga penangkaran burung murai di Pulau Pari dan wisata sejarah di Pulau Bidadari, Kelor, Onrust dan Cipir.

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Sumber: Borobudurpark

Masih di Pulau Jawa, ada Candi Borobudur yang kemegahannya terkenal hingga ke mancanegara.

Berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare, Candi Borobudur sarat akan nilai sejarah sehingga cocok kamu jadikan alternatif ide liburan bersama anak.

Sambil jalan-jalan dan menikmati kemegahannya, kamu bisa menyampaikan fakta-fakta menarik terkait candi yang dibangun sekitar tahun 780-840 Masehi di masa dinasti Syailendra ini.

Salah satunya adalah susunan batu candi yang terbuat dari jutaan blok batu, yang dibangun menjadi tiga struktur sebagai lambang tingkatan alam semesta berdasarkan filsafat Buddha.

Selain itu, ada juga fakta bahwa Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia, salah satu warisan budaya UNESCO, dan memiliki 2.672 panel relief dan 504 archa Buddha di dindingnya.

Dari 2.672 relief tersebut, 1.460 di antaranya adalah panel relief cerita (naratif), sementara 1.212 sisanya adalah panel relief dekoratif.

Baca Juga: Bepergian dengan Anak? Ini 7 Tempat Wisata Ramah Anak Paling Top Saat Ini

5. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Sumber: Prasetyo Kartiko via Google Maps

Jika kamu ingin mencoba kegiatan berpetualang, kawasan wisata Gunung Bromo bisa menjadi pilihan ide liburan bersama anak berikutnya.

Lokasinya yang berada di ketinggian tentu mengharuskan kamu untuk mendaki ke atas untuk menikmati keindahan alamnya yang memukau.

Agar tidak capai dan kegiatan wisata semakin menyenangkan, jeep tour ke Gunung Bromo adalah pilihan yang tepat.

Wisata jeep ini akan membawa kamu mengunjungi beberapa spot ikonis Bromo, seperti spot sunrise, kawah Bromo, padang savana, dan pasir berbisik.

Bromo terkenal dengan suhunya yang sangat dingin. Agar kegiatan wisata tetap aman dan nyaman, gunakan pakaian hangat seperti hendak berlibur ke daerah musim dingin.

6. Kawasan Mandalika

Kawasan Mandalika

Sumber: Lucien Dettwiler via Google Maps

Kawasan Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk ide liburan bersama anak.

Di kawasan ini, kamu bisa menjumpai beragam wisata menarik, seperti Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Desa Sade, dan Desa Sukarara.

Selain itu, kawasan ini juga menjadi rumah bagi lokasi MotoGP, yakni arena Sirkuit Mandalika yang lokasinya berbatasan langsung dengan pasir putih yang indah.

Kamu bisa mampir dan mengajak anak-anak tak hanya untuk mengagumi keindahannya saja, tetapi juga berolahraga agar tubuh tetap sehat.

Kawasan sirkuit ini memang telah dibuka untuk umum dan bisa kamu gunakan untuk berjalan-jalan santai, jogging, hingga bersepeda.

Bobocabin Bobobox

7. Pulau Komodo

Pulau Komodo

Sumber: @timrael via Unsplash

Beralih ke Nusa Tenggara Timur, kamu bisa mengajak anak mengenal hewan endemik yang kerap muncul di dalam buku pelajaran anak: komodo “The Real Dragon” di Taman Nasional Komodo.

Taman nasional ini terdiri dari Pulau Komodo, Rinca, dan Padar serta beberapa pulau kecil lainnya.

Dari ketiga pulau tersebut, Pulau Komodo adalah pulau utama yang menjadi tempat hidup si kadal besar.

Karena harus melakukan trekking, pastikan kamu dan anak telah menyiapkan fisik terbaik dan gunakanlah sepatu yang nyaman.

Selain komodo, Taman Nasional Komodo juga menjadi rumah bagi satwa menarik lain, seperti kuda liar, banteng liar, rusa, babi hutan, ular, kera kakaktua jambul kuning, lumba-lumba, burung Raja Udang, dugong, anjing hutan, dan penyu sisik.

8. Wakatobi

Wakatobi

Sumber: Benjamin L. Jones via Unsplash

Indonesia terkenal sebagai surganya snorkeling. Salah satu yang terbaik ada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Ide liburan bersama anak ke Wakatobi bisa menjadi pilihan tepat untuk memperkenalkan anak pada keindahan bawah laut indonesia.

Wakatobi sendiri mengacu pada empat pulau besar di Kepulauan Tukangbesi, yaitu Wangi-Wangi, Kalaedupa, Tomia, dan Binongko.

Berlokasi di wilayah Segitiga Karang Dunia, Wakatobi memiliki 750 spesies koral dari total 850 spesies di dunia.

Dengan luas mencapai 1,39 juta hektare, kawasan ini juga dihuni oleh sekitar 942 jenis ikan yang siap unjuk gigi akan warna-warninya saat kamu snorkeling.

Untuk masalah kemanan, kamu tidak perlu khawatir sebab sudah ada petugas yang berjaga mulai dari pukul 06.00-22.00.

9. Pulau Morotai

Pulau Morotai

Sumber: @chasing._.horizons via Instagram

Ingin mencoba ide liburan bersama anak ke Maluku? Pulau Morotai bisa menjadi pilihan.

Selain terkenal dengan keindahan lautnya, Morotai juga menyuguhkan ragam budaya yang sayang untuk kamu lewatkan.

Salah satunya adalah festival tahunan Tikuwela Morotai Festival, festival yang bertujuan untuk memperkenalkan keistimewaan budaya, sejarah, dan bahari Pulau Morotai.

Selama festival, pengunjung akan dimanjakan dengan suguhan tari dana-dana, lalaweda, soya saloi, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga Pulau Kolorai yang masih menjadi bagian dari Kabupaten Morotai.

Selain menyuguhkan wisata bahari yang eksotis, Pulau Kolorai juga akan memperkenalkan kamu pada beragam suku yang hidup di pulau tersebut, seperti Suku Galela, Bajo, dan Ternate.

Baca juga: 8 Pulau Paling Romantis di Dunia, Nggak Cuma Bali dan Maldives. Suguhkan Keindahan yang Memanjakan Mata!

10. Pulau Arborek

Pulau Arborek

Sumber: @sanstitres via Instagram

Wisata Pulau Arborek di Raja Ampat Papua bisa menjadi pilihan lain ide liburan bersama anak untuk mengenal budaya Indonesia Timur.

Salah satu daya tarik desa wisata Arborek ini adalah keindahan bawah lautnya yang bisa kamu eksplorasi dengan diving atau snorkeling.

Selain itu, ada juga Tugu Injil yang menjadi ikon wisata Aborek, kerajinan Topi Manta yang sudah terkenal hingga mancanegara, tarian penyambutan wisatawan, dan pemandangan sunrise dan sunset yang memukau.

Dengan luas hanya tujuh hektare, kamu bisa menjelajahi Pulau Arborek dalam dua jam saja atau bahkan kurang dari itu.

Baca Juga: Naik Pesawat Bersama Anak? Ini 7 Tips Agar Tetap Anteng dan Tidak Rewel

11. Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Sumber: Arif Fauzan via Google Maps

Tidak melulu tentang laut, berlibur bersama anak dan keluarga dapat juga kamu lakukan dengan pergi ke kebun binatang. Bali Safari and Marine Park adalah salah satu destinasi liburan yang bisa kamu pilih.

Terlebih kamu yang mencari destinasi liburan yang mendidik, menyenangkan, dan mendukung konservasi satwa liar sekaligus, Taman Safari Bali adalah pilihan yang sempurna.

Kamu dapat membuat kenangan yang tak terlupakan bersama anak sambil mempelajari bagaimana cara menjaga keanekaragaman hayati Indonesia untuk generasi mendatang.

12. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Bumi Perkemahan Mandalawangi

Sumber: BUPER CIBODAS MANDALAWANGI via Google Maps

Ide seru liburan bersama anak yang terakhir yaitu camping. Camping adalah cara yang sempurna untuk belajar dan berbagi pengalaman bersama keluarga. Anak-anak akan mendapatkan pemahaman tentang alam, kebersihan, dan kerja sama.

Pengalaman camping bisa menjadi pengalaman yang seru dan bermanfaat, terutama untuk anak-anak yang baru pertama kali berkemah.

Ada banyak pilihan tempat berkemah yang aman untuk anak, salah satunya Bumi Perkemahan Mandalawangi. Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan bersama anak di sana, seperti bermain api unggun dan mengunjungi air terjun.

Bumi Perkemahan Mandalawangi berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, tempat yang indah untuk berkemah bersama keluarga dan merasakan segarnya alam yang memukau.

Lepas Penatmu di Bobocabin Signature Toba

bobobox signatur toba

Sumber: @Bobobox via Instagram

Bobocabin hadir menawarkan kenyamanan kabin modern dengan keindahan Danau Toba dalam jangkauan.

Akomodasi yang berlokasi di kawasan The Kaldera Nomadic Space ini telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang memudahkan kamu selama berlibur bersama anak.

Dapatkan penginapan terbaik, kualitas ekslusif, dan harga terjangkau hanya di Bobocabin. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh dulu aplikasinya

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles