Ide Ice Breaking

15 Ide Ice Breaking Online yang Bisa Cairkan Suasana

Era digital telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk bagaimana kita berinteraksi dan bekerja sama dalam suatu tim atau kelompok. 

Di tengah kondisi saat ini, pertemuan atau acara sering kali diadakan secara online. Nah, biasanya, sebelum memulai agenda, kamu mungkin pernah diajak ice breaking.

Ice breaking ini bisa berupa menjawab pertanyaan, game kecil-kecilan, dan lain sebagainya. Setelah ice breaking, suasana biasanya akan lebih mencair.

Tapi, apa ice breaking sebenarnya dan apa saja ide ice breaking online yang bisa kamu lakukan?

Apa itu Ice Breaking?

Ice breaking, sering juga disebut dengan permainan pengenalan, adalah aktivitas untuk membantu individu baru dalam suatu kelompok mengenal dan merasa lebih nyaman satu sama lain. 

Teknik ini umumnya digunakan pada awal pertemuan atau acara untuk memecah suasana formal atau tegang, menghangatkan suasana, serta membuka jalur komunikasi. 

Tujuan ice breaking sendiri adalah untuk memicu partisipasi, kerja sama, dan interaksi antaranggota kelompok.

Manfaat Ice Breaking Online

Ice breaking online memiliki manfaat yang sama dengan ice breaking tradisional, dengan tambahan beberapa manfaat lainnya. 

Pertama, kamu dapat melibatkan lebih banyak orang dari berbagai lokasi tanpa keterbatasan geografis. 

Kedua, ice breaking online kerap lebih efisien dan hemat waktu, karena tidak perlu dilakukan secara fisik. 

Ketiga, ice breaking online dapat memberi kesempatan kepada orang-orang yang biasanya lebih pendiam atau pemalu di pertemuan fisik. Harapannya, mereka dapat berpartisipasi dan menunjukkan kepribadian dengan lebih percaya diri.

Baca Juga: Kenali 5 Perbedaan Game RPG dan MMORPG, Genre Game Terkenal di Dunia!

15 Ide Ice Breaking Online yang Bisa Cairkan Suasana

Di bawah ini adalah contoh-contooh ide ice breaking online yang bisa kamu pakai bersama anggota tim di lingkungan kerja. Namun, jangan khawatir, kamu juga bisa memakainya untuk pertemuan online dengan siapa saja.

1. Ajukan Pertanyaan Singkat

Ajukan pertanyaan singkat kepada setiap orang yang hadir, seperti, “Apa hobimu?” atau “Film apa yang terakhir kamu tonton?”

Dengan menanyai ini satu per satu, setiap orang dapat saling mengenal satu sama lain dan mempelajari hal-hal unik setiap individu.

Ide ice breaking online ini dapat mengurangi rasa canggung; pertanyaan singkat ini pun dapat memicu berbagai diskusi menyenangkan lainnya.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Ungkapkan dalam Tiga Kata

Permainan “mengungkapkan sesuatu dalam tiga kata” dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk memulai suasana yang santai dan menghibur.

Selain mencairkan suasana, ide ini juga dapat memberikan ruang kreativitas dalam merumuskan konsep dalam batasan kata yang ketat.

Untuk melibatkan semua rekan kerja dengan baik, pastikan untuk memilih topik-topik yang sederhana, umum, atau terkait dengan konteks kelompok. Selain itu, atur waktu dengan bijak sehingga setiap peserta memiliki cukup waktu untuk berpikir cepat dan mengungkapkan sesuatu dalam tiga kata.

Beberapa contoh topik yang mungkin bisa dicoba yaitu

  • Hobi favoritmu.
  • Liburan impian.
  • Makanan favorit.
  • Mimpi terbesarmu.
  • Karakter film favorit.

3. Teka-Teki atau Tebakan

Ide ice breaking online kedua melibatkan sedikit tantangan dan pemikiran kreatif. Kamu bisa menyiapkan beberapa teka-teki atau tebakan dan meminta anggota tim menjawabnya. 

Hal ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memulai pertemuan dan memicu tawa.

4. Tur Virtual

Di era kerja dari rumah, metode ini bisa menjadi cara yang menarik untuk saling mengenal. Kamu bisa meminta setiap anggota tim untuk memperlihatkan sedikit ruang kerja mereka melalui video call.

Hal ini bisa memberikan gambaran lingkungan kerja masing-masing orang, serta memicu diskusi ringan.

5. Tampilan Desktop

Cara ini mirip virtual tour, tapi lebih fokus pada desktop komputer.

Minta setiap anggota membagikan tangkapan layar desktop mereka. Mereka juga dapat menjelaskan mengapa ikon-ikon dan aplikasi desktop-nya disusun seperti itu.

Kamu juga meminta mereka menceritakan kisah di balik gambar latar belakang yang digunakan. Ini bisa memberikan wawasan menarik tentang metode kerja dan preferensi masing-masing anggota.

6. Foto Masa Kecil

Ide ice breaking online berikutnya adalah meminta setiap anggota tim membagikan foto masa kecil. Mereka lalu dapat menjelaskan momen yang sedang terjadi dalam foto tersebut, atau kenapa memilih foto tersebut. 

Kegiatan ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk membagikan kenangan masa lalu, dan mengetahui sepintas latar belakang satu sama lain.

6. Berbagi Playlist

Ide Icebreaking Meeting Online Berbagi Playlist

Sumber: Business Insider

Kalau yang satu ini, minta setiap anggota tim untuk berbagi satu atau dua lagu dari playlist favorit mereka. Mereka juga bisa menjelaskan kenapa mereka suka lagu tersebut, atau apa artinya bagi mereka.

Dengan cara ini, kamu tidak hanya menambah variasi dalam ice breaking, tapi juga mengetahui gambaran tentang selera dan minat lagu setiap anggota.

7. Game Online

Ada banyak game online sederhana yang dapat dimainkan bersama dalam waktu singkat. Kamu bisa memilih game trivia, pictionary, atau game lain yang membutuhkan kerja sama tim.

Permainan ini bisa jadi cara yang baik untuk memecah suasana dan mendorong kerja sama tim.

8. Show and Tell

Metode ini berasal dari praktik umum di sekolah-sekolah, yaitu saat siswa diminta membawa sebuah benda dan menceritakan sesuatu yang berkaitan benda tersebut

Nah, kalau di ice breaking online, kamu bisa meminta setiap anggota memilih benda di sekitar mereka, memperlihatkannya di video, dan menceritakan kenapa benda tersebut penting atau menarik bagi mereka.

9. Cerita Lucu

Minta setiap anggota tim berbagi cerita lucu, anekdot, atau pengalaman menarik yang pernah mereka alami.

Berbagai cerita lucu ini bisa memicu tawa dan menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan.

10. Buku Favorit

Setiap anggota tim dapat menceritakan buku favorit mereka, mengapa mereka menyukainya, dan mengapa mereka merekomendasikannya. 

Dengan cara ini, setiap orang bisa mempelajari minat dan preferensi masing-masing anggota tim, serta mendapatkan rekomendasi buku baru.

11. Mengenalkan Hewan Peliharaan

Mengenalkan Hewan Peliharaan

Sumber: Zoetis Petcare

Jika ada anggota tim yang punya hewan peliharaan, mereka dapat memperkenalkan hewan tersebut kepada anggota lainnya. 

Anggota tim dapat membicarakan jenis hewan peliharaan mereka, berapa lama mereka memiliki peliharaan tersebut, dan mengapa peliharaan tersebut spesial bagi mereka.

12. Virtual Background Challenge

Sudah banyak platform video konferensi yang menawarkan fitur latar belakang virtual. Nah, kamu bisa meminta anggota tim untuk berkreasi dengan latar belakang mereka.

Mereka bisa memilih gambar yang menarik, lucu, atau mewakili diri mereka. Setelah semua orang menunjukkan latar belakang mereka, kamu bisa melakukan voting untuk memilih mana yang paling kreatif.

13. Two Truths and a Lie

Dalam permainan ini, setiap anggota tim harus merumuskan tiga pernyataan tentang diri mereka. Menariknnya, dua pernyataan ini adalah kebenaran, dan satunya lagi kebohongan. 

Tugas anggota tim lainnya adalah menebak mana yang merupakan kebohongan. Ini bisa menjadi cara yang menarik dan menantang mengenal satu sama lain.

14. Bucket List Share

Bucket List Share

Sumber: Hip2Save

Untuk ide ice breaking online ini, setiap anggota diminta menyebutkan satu hal di bucket list mereka, yaitu daftar hal-hal yang ingin mereka capai atau lakukan dalam hidup. 

Metode ini bisa menjadi cara inspiratif dan memotivasi, baik itu untuk mengenal satu sama lin ataupun untuk menemukan minat bersama.

15. Meme Fun

Setiap anggota tim bisa berbagi meme favorit mereka dan menjelaskan kenapa mereka menyukainya. 

Meme fun ini adalah ide ice breaking online yang bisa memicu tawa dan membuatmu mengetahui selera humor setiap anggota tim.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Game RPG Offline yang Seru

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

Salah satu cara mengisi waktu luangmu yang berharga adalah dengan berwisata menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu singgahi.

Jika jadwalmu padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation

Bobobox adalah salah satu hotel yang bisa kamu pertimbangkan. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, Bobobox menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat.

Lokasinya yang strategis pun akan memudahkanmu pergi ke berbagai lokasi wisata dan kuliner terdekat.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles