harga tiket curug balong endah

Curug Balong Endah: Harga Tiket, Fasilitas dan Review Wisata 2023

Harga tiket tempat wisata menjadi salah satu pertimbangan banyak orang saat berkunjung, salah satunya di Kota Bogor. Salah satu tempat wisata Bogor dengan harga tiket murah dan pemandangan menakjubkan adalah Curug Balong Endah.

Letaknya yang berada di atas perbukitan membuat tempat wisata ini berhawa sejuk, menenangkan, dan dijamin menghilangkan penat dalam sekejap. Kawasannya pun dikelilingi pepohonan rindang yang menjulang. Kamu juga akan menemukan bukit-bukit bebatuan yang melengkapi keindahan air terjun ini.

Lalu hal menarik apa saja yang ada di tempat wisata dengan harga tiket terjangkau ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Rute Menuju Curug Balong Endah

Curug Balong Endah berlokasi di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, tepatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Balong Endah, Bogor

Sumber: Highland Camp

Akses ke lokasi ini cukup sulit karena jalannya yang cenderung terjal. Untuk bisa sampai ke Curug Balong Endah, kamu bisa memulai perjalanan menuju IPD Dramaga. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Ciampea, sampai bertemu persimpangan Cikampak. Setelah itu, belok dan ambil jalan ke arah Gunung Bunder.

Dari lokasi Gunung Bunder, kamu hanya perlu mengikuti jalan utama sampai gerbang taman nasional. Kamu akan melihat petunjuk jalan yang mengarah ke destinasi wisata alam Curug Balong Endah.

Baca juga: Melihat Curug Nangka di Bogor, Tempat Wisata Air Terjun yang Indah

Jam Buka Curug Balong Endah

Curug Balong Endah dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Sebaiknya kamu datang berkunjung ketika bukan musim hujan. Dengan begitu, volume air terjun akan lebih stabil dan airnya cenderung lebih jernih.

Bobocabin Bobobox

Harga Tiket Masuk Curug Balong Endah

Harga Tiket Masuk Air Terjun Balong Endah

Sumber: okezone.com

Curug Balong Endah berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Untuk masuk, kamu harus membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang.

Saat memasuki Curug Balong Endah, maka kamu harus membayar harga tiket sebesar Rp15.000 per orang. Namun dengan tiket ini, kamu bisa mengunjungi dua curug sekaligus: Curug Balong Endah dan Curug Pangeran, karena keduanya berada dalam satu lokasi.

Jika kamu membawa kendaraan, tiket parkirnya adalah Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Meskipun kamu harus membayar tiga kali, namun harga tiket tempat wisata ini masih terhitung terjangkau dan sebanding dengan keindahan alamnya yang menakjubkan.

Fasilitas di Curug Balong Endah

Tempat wisata ini baru dibuka untuk umum tahun 2016, sehingga masih terbilang baru. Fasilitasnya yang tersedia pun belum begitu lengkap. Namun tidak perlu khawatir, ada kamar mandi yang bisa kamu gunakan setelah berenang di kolam Curug Balong Endah. Jumlah kamar mandi yang ada masih terbatas dan belum ada tempat salat untuk dipakai pengunjung.

Kamu pun bisa mengisi perut setelah puas berkeliling di warung-warung sekitar, walau warung makan di sekitar lokasi juga masih terbatas.

Baca juga: Review dan Harga Tiket Curug Cikahuripan, Cipongkor, Green Canyonnya Bandung Barat

Aktivitas yang Dapat di Lakukan di Curug Balong Endah

Ada banyak kegitan yang dapat kamu nikmati di Curug Balong Endah, diantaranya:

1. Menikamati Pancuran Air yang Indah

Wisata Curug Balong Endah yang Memiliki Air Terjun Sebening Kaca

Sumber: @explorebogorofficial via Instagram

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, kamu akan menemukan Leuwi Balong Endah. Air terjun ini cukup deras dan tinggi. Nikmatilah suara deburan air yang jatuh menimpa batu, yang membuat suasana cukup riuh namun menenangkan. Volume air terjunnya cenderung stabil dan bertambah besar jika musim hujan tiba.

Baca Juga: 5 Cafe Paling Instagramable di Bogor

2. Berendam di Kolam Air Nan Jernih

Keindahan Curug Balong Endah

Sumber: @ntie.chan via Instagram

Kamu akan berpapasan dengan sebuah kolam yang cukup besar di sekitar air terjun. Kedalaman Curug Balong Endah beragam mulai dari kedalaman 1 meter hingga sekitar 2 atau 3 meter.

Sumber air alami ini terlihat bening dan menyegarkan, sungguh menggoda untuk dipakai berendam. Kabar baiknya, kamu dan pengunjung lainnya bisa berenang di kolam tersebut.

3. Trekking Mengarungi Sungai

harga tiket curug balong endah

Sumber: PojokBogor

Jika kamu tidak suka berenang, jangan khawatir akan kehabisan gaya. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru di Curug Balong Endah, seperti trekking.

Trekking cocok dilakukan karena ada begitu banyak keindahan alam di sekitar Curug Balong Endah, mulai dari dengan pepohonan tinggi menjulang hingga kolam air nan jernih.

Kamu bisa duduk di tepi kolam sambil bermain air dan berfoto-foto sembari menyusuri jalur air dari curug. Akhirnya, kamu akan bertemu dengan sungai yang teramat jernih. Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang sungai, kolam, dan juga bukit bebatuan yang estetik dan megah.

Baca juga: Curug Jaga Pati: Satu Lagi Wisata Curug di Cisompet, Garut

4. Berpose di Tepi Bukit

Berpose di Tepi Bukit

Sumber: @aamrynt via Instagram

Bukit-bukit tinggi di sekitar Curug Balong Endah adalah spot foto yang autentik. Memang, air terjun ini dikelilingi oleh bukit dan kawasan hutan yang cukup lebat. Pokoknya, mata akan segar dibuatnya.

Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar bukit untuk menikmati keindahan pemandangan Curug Balong Endah dari ketinggian. Selain itu, hiking ke atas bukit atau sekadar berjalan mengitari daerah bukit pun juga merupakan aktivitas yang menyenangkan.

Hemat Biaya dengan Menginap di Bobobox!

Hemat Biaya dengan Menginap di Bobobox!

Saran Bob, jangan berangkat ke lokasi jika cuaca hujan. Selain jalanan yang becek, liburanmu pun tentu akan terganggu.

Kalau kamu sudah siap berlibur, jangan lupa untuk menginap di Bobobox, ya. Penginapan dengan konsep hotel kapsul ini memiliki desain dan fasilitas futuristik, dan dengan harga terjangkau!

Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, unduh aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles