275849607_1227936941072668_7849954267142775946_n

7 Desain Taman Kota Cantik di Indonesia, Berasa di Luar Negeri!

Jika pada umumnya desain taman kota terkesan standar dan begitu-begitu saja, maka lain halnya dengan taman-taman kota berikut. Taman-taman ini didesain sedemikian rupa agar menarik untuk dikunjungi, nyaman, bersih, dan enak dipandang.

Taman kota umumnya dibangun sebagai tempat bagi masyarakat untuk melakukan berbagai macam kegiatan luar ruangan: berjalan-jalan, berolahraga, bersantai, membaca buku, piknik, atau bersosialisasi. Lokasinya yang berada di tengah lingkungan perkotaan seolah membawa kesejukan dan kedamaian bagi warga sekitar perkotaan.

Lantas, apa yang membuat taman kota apik? Salah satunya adalah keberadaan elemen hiasan seperti bunga, pohon, tanaman hijau, air mancur, dan kolam. Fasilitas tambahan seperti toilet, musala, loker penyimpanan barang, tempat sampah, dan bangku juga dapat menambah kenyamanan pengunjung saat bersantai di taman kota.

Lalu, desain taman kota mana sajakah yang terkenal di Indonesia? Beberapa dari mereka bahkan disebut-sebut memiliki keindahan bak taman kota di luar negeri, lho!

1. Taman Bungkul, Surabaya

Desain taman kota yang pertama adalah Taman Bungkul, salah satu taman kota kebanggaan warga Surabaya. Taman kota yang satu ini dikenal cantik dan menawan hingga berhasil memenangkan gelar sebagai “The 2013 Asian Townscape Sector Award”. Penghargaan tersebut menobatkan Taman Bungkul sebagai taman terbaik se-Asia yang dipilih oleh PBB. Wah, selamat, ya!

2. Taman Kota Batu, Batu

Desain Taman Kota Cantik di Indonesia

Sumber: Travel Kompas

Jika kamu sedang berada di Kota Batu, Malang, kamu bisa coba mengunjungi Taman Kota Batu yang dikenal cantik, sejuk, dan memiliki beragam fasilitas ini. Kamu bahkan bisa menemukan bianglala di sini, lho!

Taman kota ini juga memiliki ruang informasi berbentuk buah stroberi dan toilet berbentuk apel. Unik sekali, bukan?

3. Taman Juanda, Bandung

Kota yang dikenal sebagai Kota Kembang ini salah satunya dikenal karena taman-taman tematiknya yang unik dan menarik. Salah satu taman yang populer dikunjungi wisatawan adalah Taman Juanda.

Taman kota yang memiliki nama resmi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sekaligus bertindak sebagai kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman. Bagi kamu yang tertarik mengunjungi taman ini, kamu bisa mengunjunginya di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyen, Bandung.


Baca Juga: Mau Healing Murah Meriah? Kunjungi 7 Taman di Bandung Berikut Ini!


4. Taman Bukit Bougenville, Singkawang

Sumber: infopromodiskon.com

Kota Singkawang tak hanya dikenal memiliki pemandangan alamnya yang cantik, tapi juga taman kotanya yang memiliki desain menarik. Cobalah mengunjungi Taman Bukit Bougenville jika kamu sedang berada di sekitar Singkawang. Sesuai dengan namanya, taman kota ini memiliki beragam jenis bunga bugenvil yang apik.

5. Taman Kota Pecangakan, Bali

Liburan ke Bali bukan hanya soal pantai cantiknya saja. Kamu juga bisa menyambangi taman-taman kotanya, seperti Taman Kota Pecangakan yang dikenal sebagai salah satu taman terindah di Indonesia.

Taman Kota Pecangakan ini berlokasi  di Jalan Jenderal Sudirman, Negara, Jembrana, Bali. Salah satu hal yang membuat taman ini unik adalah adanya kolam air mancur serta patung-patung tokoh Mahabarata di sekitar taman.

6. Taman Kota Giri Menang, Lombok

Desain Taman Kota Cantik di Indonesia

Sumber: Get Lost ID

Taman kota selanjutnya adalah Taman Kota Giri Menang, salah satu taman populer di kawasan Lombok. Berlokasi di Kecamatan Gerung, Lombok Barat, taman kota ini menempati lahan seluas 1,5 hektar dan menjadi salah satu landmark kebanggaan Lombok Barat.

Selain mengunjungi taman ini pada pagi, siang, dan sore hari, kamu juga bisa mampir pada malam hari dan melihat paduan lampu warna-warni yang menghiasi taman. Yuk, ajak teman dan keluarga kamu mengunjungi Taman Kota Giri Menang jika kamu sedang berada di Lombok Barat!

7. Taman Alam Lumbini, Berastagi

Desain taman kota cantik di Indonesia yang terakhir adalah Taman Alam Lumbuni, yang berlokasi di Berastagi atau tepatnya di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo. Taman ini sudah sangat terkenal tak hanya di kalanga warga sekitar dan wisatawan lokal saja, namun telah menjadi tempat wisata favorit para wisatawan luar negeri.

Di sekitar Taman Alam Lumbini, kamu bisa menemukan aneka ragam bunga yang tertata rapi. Tak hanya itu saja, tepat di belakang taman ini, terdapat sebuah jembatan bernama jembatan Titi Lumbini. Jika kamu berdiri di sekitar jembatan ini, kamu bisa melihat dengan jelas panorama hijau Taman Alam Lumbini.


Baca Juga: 7 Taman Kota di Indonesia yang Terkenal Asri dan Bisa Kamu Kunjungi!


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan yang wajib diikuti selama pengunjung berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandungAturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Yuk, segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles