cara menghilangkan muka merah setelah berenang

7 Cara Menghilangkan Muka Merah Setelah Berenang

Setelah berenang, tidak jarang kulit wajah jadi kemerahan. Kemerahan ini dapat disebabkan berbagai faktor: reaksi terhadap bahan kimia di kolam renang, perubahan suhu drastis, atau iritasi kulit.

Walau wajah yang berubah kemerahan setelah berenang umumnya hanya sementara, bagi sebagian orang, hal ini dapat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Ada banyak cara untuk menangani hal ini, seperti membilas wajah dengan air bersih dan memoleskan pelembap yang tepat. Namun, sebelum itu, ada baiknya kalau kamu mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu.

Nah, kali ini kita akan membahas hal-hal yang umumnya menyebabkan kemerahan pada wajah setelah berenang, plus cara-cara efektif menghilangkan muka merah setelah berenang ini. Yuk, simak!

Penyebab Muka Merah Setelah Berenang

Penyebab Muka Merah Setelah Berenang

Sumber: live-freely.eltamd.com

Ada beberapa penyebab umum yang mengakibatkan wajah memerah setelah berenang. Berikut adalah dua penyebab yang mungkin terjadi:

1. Reaksi terhadap Air Klorin

Banyak kolam renang menggunakan bahan kimia seperti klorin untuk menjaga kebersihan airnya. Jika kamu sensitif terhadap bahan ini, saat kulitmu terkana kontak langsung dengan air yang mengandung klorin, iritasi pada kulit pun dapat timbul.

Reaksi ini dapat membuat kulit wajah merah, gatal, kering, atau bahkan terasa terbakar. Kulit yang sensitif atau sudah pernah mengalami masalah kulit—seperti dermatitis atau rosacea—dapat lebih rentan terhadap reaksi ini.

2. Pendedahan terhadap Suhu Ekstrem

Kamu mungkin terpapar suhu air yang ekstrem saat berenang, terutama kalau kamu berenang di kolam air dingin atau yang airnya terlalu panas.

Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat memicu vasodilatasi—pelebaran pembuluh darah—di wajah. Ini meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit dan dapat membuat wajah menjadi merah.

Reaksi pelebaran pembuluh darah ini umumnya bersifat sementara. Setelah beberapa saat dan tubuh telah beradaptasi dengan suhu sekitarnya, kondisi ini pun akan mereda dengan sendirinya.

Baca Juga: Hobi Berenang? Kamu Harus Coba Berenang di Kolam Renang Terdalam di Dunia!

7 Cara Menghilangkan Muka Merah Setelah Berenang

7 Cara Menghilangkan Muka Merah Setelah Berenang

Sumber: The Moms Co.

Berikut adalah beberapa cara efektif yang dapat membantu menghilangkan muka merah setelah berenang:

Baca Juga: Bahaya! 10 Masalah Akibat Tidak Memakai Sunscreen

1. Bilas Wajah dengan Air Bersih

Setelah berenang, segera bilas wajahmu dengan air bersih. Hal ini akan membantu menghilangkan sisa-sisa bahan kimia seperti klorin yang mungkin masih menempel di kulit wajah.

Sebagai catatan, pastikan bahwa kamu membilas wajah dengan air bersih dan hangat, bukan air yang terlalu panas atau terlalu dingin.

2. Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

Gunakan tabir surya sebelum berenang untuk berjaga-jaga. Lalu, setelah selesai berenang dan membilas wajah, oleskan tabir surya lagi serta pelembap yang bersifat lembut dan bebas minyak.

Pilih pelembap dan tabir surya yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya atau kamomil. Kedua bahan ini dapat membantu menenangkan dan meredakan kemerahan kulit. 

Selain itu, hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia keras atau parfum, karena kedua zat tersebut dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut pada kulit sensitif.

3. Pakai Kompres Dingin

Cara menghilangkan muka merah setelah berenang berikutnya adalah dengan menggunakan kompres dingin.

Caranya, bungkus beberapa bongkah es batu dalam kain bersih dan tempel-tempelkan ke wajah dengan lembut selama beberapa menit.

Pemakaian kompres dingin seperti ini dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan pada kulit.

4. Hindari Produk yang Berpotensi Menyebabkan Iritasi

Setelah berenang, sebaiknya hindari penggunaan produk perawatan kulit atau kosmetik yang bahan-bahannya berpotensi iritasi.

Sebagai gantinya, gunakan produk bersifat lembut dan hypoallergenic yang dirancang khusus untuk kulit sensitif.

5. Hindari Paparan Faktor Pemicu Lainnya

Kalau sudah tahu bahwa kulitmu cenderung merah setelah berenang, hindari faktor pemicu lain yang dapat memperburuk kondisi tersebut.

Misalnya, hindari berenang di kolam renang yang memiliki konsentrasi klorin tinggi atau suhu air ekstrem.

Selain itu, hindari paparan sinar matahari langsung setelah berenang. Sinar matahari langsung dapat meningkatkan kemerahan pada kulit yang sensitif.

6. Konsultasi dengan Dokter atau Profesional Kesehatan Kulit

Jika kemerahan pada wajah setelah berenang berlanjut atau membuatmu tidak nyaman, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan kulit.

Dengan berkonsultasi ke orang yang tepat, kamu dapat mendapatkan evaluasi lebih lanjut dan saran yang spesifik untuk kondisi kulit.

7. Gunakan Masker Alami

Masker alami dapat membantu meredakan kemerahan dan menghidrasi kulit wajah. Contohnya, kamu dapat menggunakan masker alami dari bahan seperti yoghurt tawar atau mentimun.

Yoghurt mengandung probiotik dan asam laktat yang dapat menenangkan kulit, sementara mentimun memiliki efek pendinginan dan melembapkan. Oleskan masker alami ini di wajah selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Ini Dia 5 Alasan Pentingnya Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Redakan Stress-mu dengan Staycation di Bobobox!

Bobo Nyaman di Bobobox!

Berenang bisa jadi salah satu kegiatan untuk mengusir stres. Oleh sebab itu, meskipun terkadang membuat muka merah, banyak orang tetap melakukannya.

Kalau kamu tidak terlalu suka berenang, ada cara lain yang sama efektisnya untuk mengusir stres: staycation. Agar kamu tidak tambah stres memilih tempat staycation di tengah banyaknya pilihan, menginap saja di Bobobox!

Bobobox menyediakan fasilitas lengkap yang pasti menjamin kenyamananmu selama menginap. Kamu juga tidak perlu khawatir terkena iritasi kulit karena Bobobox selalu menjaga kebersihan pod, kasur, kamar mandi, dan fasilitas lainnya.

Yuk, segera download aplikasi Bobobox dan pesan pod liburanmu!

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles