Inilah 11 Cara Membersihkan Koper agar Tidak Cepat Rusak dan Berjamur

Inilah 11 Cara Membersihkan Koper agar Tidak Cepat Rusak dan Berjamur

Koper adalah salah satu benda yang penting dipersiapkan saat akan bepergian dalam durasi yang lama.

Namun sayangnya, banyak orang menyepelekan perawatan koper sehingga akhirnya ketahanan koper berkurang dan tak bisa digunakan di saat diperlukan.

Membersihkan koper atau suitcase kamu adalah hal penting untuk menjaga keawetan dan kebersihannya. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

Cara Membersihkan Koper Agar tidak Cepat Rusak dan Berjamur

1. Kosongkan Isi Koper

Pastikan tidak ada barang di dalam koper sebelum membersihkannya. Cek setiap kantong dan sudut untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

2. Bersihkan Bagian Luar

Untuk koper dengan bahan keras seperti plastik atau metal, kamu bisa menggunakan lap basah dan sedikit sabun. Gosok perlahan sampai kotoran hilang, kemudian lap dengan kain kering.

Untuk koper dengan bahan kain, gunakan spons basah dan sabun. Gosok perlahan dan bersihkan sabun dengan spons atau kain basah lainnya. 

Hindari menggunakan terlalu banyak air, karena ini bisa merusak bahan.Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Bersihkan Bagian Dalam

Gunakan vakum untuk menghilangkan debu dan kotoran kecil lainnya.

Jika ada noda, gunakan sedikit sabun dan air pada kain atau spons, kemudian gosok area yang bernoda tersebut. Jangan lupa keringkan setelahnya.

4. Perhatikan Bagian Spesifik

Perhatikan Bagian Spesifik

Sumber: Sociolla

Jika ada noda yang susah hilang, kamu bisa menggunakan pembersih khusus yang sesuai dengan bahan koper.

Selalu uji coba di area kecil terlebih dahulu untuk memastikan pembersih tersebut tidak merusak bahan koper.

Jika ada bau tidak sedap, kamu bisa menggunakan baking soda. Taburkan baking soda di dalam koper, tutup, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, vakum baking soda tersebut.

Baca Juga: Sebelum Pergi Liburan, Jangan Lupa Terapkan 8 Tips Memilih Koper Ini!

5. Perawatan Roda dan Gagang

Perawatan Roda dan Gagang

Sumber: WomanBlitz

Roda dan gagang koper adalah bagian yang sering mengalami tekanan dan gesekan. Pastikan untuk memeriksanya secara rutin dan membersihkannya.

Kamu bisa menggunakan sikat gigi lama atau sikat dengan bulu halus untuk membersihkan debu dan kotoran di celah-celah roda dan gagang.

Jika roda atau gagang koper kamu mengalami masalah, pertimbangkan untuk memperbaikinya atau diganti secepatnya. 

Menggunakan koper dengan roda atau gagang yang rusak bisa semakin merusak koper tersebut.

6. Pemeliharaan Ritsleting (Zipper)

Ritsleting adalah bagian penting dari koper yang seringkali dilupakan. Padahal, debu dan kotoran dapat mengakibatkan ritsleting tersendat atau rusak.

Kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan debu dan kotoran di ritsleting. Jika ritsleting tersendat, kamu bisa menggunakan sedikit lilin atau vaselin untuk melicinkannya.

7. Besihkan Noda Spesifik

Besihkan Noda Spesifik

Sumber: Berita 99.co

Untuk noda tinta, kamu bisa mencoba menggunakan alkohol. Tuangkan sedikit alkohol ke kapas atau kain bersih, kemudian gosok dengan lembut pada noda tinta tersebut.

Jika ada noda minyak atau lemak, kamu bisa menggunakan dish soap atau sabun cuci piring. Sabun ini dirancang untuk melarutkan minyak dan lemak.

8. Keringkan Koper

Setelah proses pembersihan, terutama yang melibatkan air, biarkan koper terbuka sampai benar-benar kering sebelum kamu menutup dan menyimpannya. Ini penting untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bau.

9. Pakai Pelindung Koper

Pertimbangkan untuk menggunakan kover koper atau sarung pelindung koper. Ini akan membantu melindungi koper dari goresan dan noda saat dalam perjalanan.

Beberapa koper memiliki lapisan pelindung yang bisa terkelupas atau rusak. Jadi, pastikan kamu memperlakukan koper dengan lembut dan tidak menggunakan pembersih berbahan keras.

10. Pembersihan Rutin

Meskipun kamu tidak sering menggunakan koper, sebaiknya bersihkan koper secara rutin. Debu dan kotoran bisa menumpuk seiring waktu, bahkan jika koper disimpan di tempat yang tampaknya bersih.

11. Penyimpanan yang Baik

Selain membersihkan koper secara berkala, cara menyimpan koper juga berpengaruh pada keawetan koper. Jika memungkinkan, simpan koper dalam posisi berdiri untuk mengurangi risiko deformasi.

Lalu, cobalah untuk tidak meletakkan koper kamu di lantai atau permukaan yang kotor saat bepergian. Ini bisa mencegah noda dan kotoran yang tidak perlu.

Simpan koper kamu di tempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa merusak warna dan bahan koper.

Selain itu, jaga koper kamu agar tetap bersih dengan selalu mengosongkan dan membersihkannya setelah setiap perjalanan. Jangan lupa untuk menyimpan di tempat yang kering.

Terakhir, pastikan kamu menyimpan koper di area yang bebas hama. Koper bisa menjadi tempat yang menarik bagi hama seperti tikus atau serangga.

Baca Juga: Benda yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke dalam Koper Traveling

Koper Sudah Bersih, Saatnya Liburan dan Menginap di Bobobox!

Koper Sudah Bersih, Saatnya Liburan dan Menginap di Bobobox!

Ketika kegiatanmu menumpuk atau stres menyerang, penting untuk mencoba melepaskan diri dari kepenatan sejenak. 

Beberapa metode relaksasi yang dapat kamu lakukan adalah melakukan hobi, perawatan tubuh, atau mengunjungi destinasi baru yang belum pernah kamu jelajahi sebelumnya. 

Jika kesibukanmu tidak memperbolehkan untuk pergi berlibur, mencoba staycation sebagai cara mengubah suasana juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Nah, sebaiknya kamu memilih akomodasi yang sudah terkenal dan memiliki reputasi yang baik. Bobobox adalah salah satu pilihan akomodasi yang nyaman yang dapat kamu pertimbangkan.

Bobobox ada di berbagai kota di Indonesia dan siap menjadi tempat yang sempurna untuk liburan, santai, dan istirahat. 

Dengan lokasi yang strategis dan dekat dengan sejumlah atraksi turis, pengalaman menginap di Bobobox pasti meninggalkan kesan yang indah!

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles