cara memasak salmon agar tidak amis

Bagaimana Cara Memasak Salmon Agar Tidak Amis?

Salmon mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Rasanya yang lezat dan dagingnya yang mudah didapat pun menjadikan salmon favorit segala usia.

Namun, kamu tentu perlu memasak ikan berminyak ini dengan benar agar bau amisnya tidak terasa. Yuk, ketahui lebih lanjut cara memasak salmon agar tidak amis berikut, beserta manfaat kesehatannya! 

5 Cara Memasak Ikan Salmon Agar Tidak Bau Amis

5 Cara Memasak Ikan Salmon Agar Gizinya Terjaga

Sumber: CA Creative via Unsplash

Bau amis pada salmon umumnya tidak sekuat ikan-ikan lainnya. Namun, sebagian orang mungkin tetap terganggu walau dagingnya masih segar dan bau amisnya tidak terlalu menyengat.

Untuk menghilangkan bau tersebut, beberapa cara memasak ikan salmon agar tidak amis berikut ini bisa kamu coba.

Baca Juga: 7 Cara Memasak Ikan Salmon Agar Gizinya Tetap Terjaga

1. Susu

Salah satu cara termudah menghilangkan bau amis salmon adalah dengan merendamnya dalam susu.

Setelah kurang lebih setengah jam, kamu tinggal mengeluarkan dan mengeringkan salmon dengan handuk kertas.

2. Cuka Putih

Agar bau amis ikan salmon hilang, kamu bisa mencampurkan cuka putih dalam air rendamannya.

Setelah kurang lebih lima menit, keluarkan salmon dari rendaman, bilas, lalu keringkan dengan handuk kertas. Ikan salmon pun siap kamu dimarinasi menjadi hidangan lezat.

Cara lain memasak salmon agar tidak amis adalah dengan membasuh salmon dengan cuka secukupnya. Setelah itu, bilas ikan dengan air sampai bersih.

3. Tepung

Siapa sangka jika tepung juga bisa dipakai untuk memasak salmon agar tidak amis? Caranya, taburkan tepung di atas ikan dan biarkan selama satu jam. Setelah itu, kamu bisa mencucinya dengan air.

4. Buah Apel

Cara lain untuk menghilangkan bau amis salmon adalah dengan menggunakan apel. Iris apel tipis-tipis lalu campurkan dengan minyak atau saus yang akan dipakai untuk marinasi.

Setelah itu, masukkan salmon ke dalam wadah dan tuangkan saus atau minyak marinasi tadi. Diamkan beberapa saat agar apel bekerja menghilangkan bau amis salmon. Setelah itu, salmon pun siap dimasak sesuai selera.

5. Jahe

Jahe sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau amis ikan, termasuk salmon.

Penggunaannya sendiri cukup mudah; geprek jahe hingga aromanya keluar, lalu gosokkan pada ikan dan biarkan sekitar tiga puluh menit sebelum dimasak.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan jahe tadi ke dalam saus marinasi untuk merendam salmon. Diamkan beberapa saat sampai kamu merasa baunya tidak amis lagi.

6. Air Perasan Jeruk

Air perasan jeruk nipis atau lemon bisa berguna untuk menghilangkan bau amis salmon. 

Caranya cukup sederhana. Pertama-tama, kamu perlu memeras air jeruknya. Kemudian, baluri salmon dengan perasan jeruk secara merata.

Selanjutnya, bilas salmon agar rasa asam jeruk tidak memengaruhi rasa asli salmon. Namun jika tidak masalah, kamu bisa langsung mengeringkannya dengan handuk kertas.

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Ikan Salmon

Sumber: CA Creative via Unsplash

Salmon merupakan ikan dengan daging lembut kemerahan yang kaya nutrisi, termasuk asam lemak omega-3, protein, vitamin B12, potasium, zat besi, vitamin D, fosfor, dan selenium.

Karena kandungan gizinya melimpah, tidak heran kalau salmon memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan:

1. Baik untuk Jantung

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3 sehingga kamu perlu mendapatkannya lewat konsumsi salmon.

Asam lemak omega-3 sendiri terdiri dari beberapa jenis, seperti DHA dan EPA. DHA dan EPA ini telah lama dikaitkan dengan kemampuannya menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi arteri.

Salmon juga mengandung antioksidan asataxanthin yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Kandungan lain yang juga baik untuk kesehatan jantung adalah potasium. Mineral ini akan membantu mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko stroke.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Serbagai studi menunjukkan bahwa mengonsumsi salmon secara rutin dapat mengurangi penyusutan otak dan meningkatkan memori.

Bekerja sama dengan astaxanthin, omega-3 juga dapat membantu melindungi otak dan sistem saraf. Selain itu, studi lainnya menunjukkan adanya manfaat omega-3 untuk kondisi-kondisi seperti depresi, demensia, Alzheimer, dan multiple sclerosis.

Baca Juga: Kaya Omega 3, Inilah 11 Jenis Seafood Sehat yang Wajib Dikonsumsi

3. Antiinflamasi

Banyak ahli berpendapat bahwa inflamasi adalah akar banyak penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Nah, manfaat lain salmon adalah kemampuannya meredam efek inflamasi. Manfaat ini berkaitan erat dengan kandungan vitamin B yang ada di dalam salmon, termasuk:

  • vitamin B12
  • niasin
  • vitamin B6
  • riboplavin
  • asam patontenat
  • tiamin
  • asam folat

Vitamin-vitamin tersebut juga dapat membantu mengubah makanan menjadi energi, serta berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan DNA.

4. Melindungi Tulang

Protein dalam salmon juga memiliki peran yang tak kalah penting. Senyawa ini dapat membantu penyembuhan setelah cedera, menjaga kesehatan tulang, dan mencegah kehilangan massa otot selama penurunan berat badan saat menua.

Selain itu, fosfor yang terkandung dalam salmon membantu menjaga kekuatan tulang. Vitamin D dalam salmon juga berperan penting dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium.

Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa konsumsi salmon berkaitan erat dengan penurunan risiko osteoporosis.

5. Menjaga Elastisitas Kulit

Kandungan astaxanthin dalam salmon juga berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

6. Menjaga Fungsi Tiroid

Salmon mengandung selenium, mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit. Menurut beragam studi, selenium dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, metabolisme, dan fungsi kelenjar tiroid.

Selain itu, selenium juga membantu menurunkan antibodi tiroid pada orang-orang dengan penyakit autoimun tiroid.

7. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi salmon secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Pasalnya, kandungan protein yang tinggi dalam salmon akan membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan dan membantu perut kenyang lebih lama.

Selain itu, laju metabolisme juga akan meningkat selama sementara setelah memakan salmon.

Baca Juga: 10 Makanan Instan untuk Traveling Selain Mie

Bobo Nyaman di Bobobox!

Bobo Nyaman di Bobobox!

Nggak cuma menjaga kesehatan tubuh lewat makanan sehat, kesehatan jiwa dan pikiran juga butuh perhatian. Yuk, segarkan pikiranmu dan recharge energi dengan staycation di Bobobox!

Mengusung gaya futuristik nan minimalis, Bobobox menawarkan pod luas dengan kasur empuk yang membuat rebahan tidak terelakkan. Nggak hanya itu, hotel kapsul satu ini juga menyediakan fasilitas moodlamp agar kualitas tidurmu tetap terjaga.

Harganya juga terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo di aplikasi Bobobox!

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles