cara bayar tol bali mandara

Cara Bayar Tol Bali Mandara: Informasi Penting untuk Perjalanan Lancar

Tol Bali Mandara adalah salah satu akses utama yang menghubungkan Bali Utara dan Bali Selatan. Jembatan ini memainkan peran kunci dalam kelancaran transportasi di pulau ini. 

Saat melewati Tol Bali Mandara, penting untuk mengetahui tarif dan cara bayarnya. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kerumitan saat melewati tol ini.

Nah, Bob akan membahas secara mendalam tentang cara bayar tol Bali Mandara dan juga tarifnya. Yuk, simak!

Mengenal Tol Bali Mandara

Menurut informasi yang dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, kata “Mandara” sendiri merupakan singkatan dari ‘Maju, Aman, Damai, dan Sejahtera’. Tol ini pun menganut konsep jalan tol yang ramah lingkungan, kokoh, dan indah.

Jalan Tol Bali Mandara memiliki panjang sekitar 12,7 kilometer dan telah beroperasi sejak tahun 2013 di Pulau Bali. Tujuan utama pembangunannya adalah untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di Bali Selatan, yang menghubungkan 3 titik penting di Bali, yaitu Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Selain itu, jalan tol ini juga berfungsi sebagai tambahan dalam jaringan jalan di Pulau Bali, memudahkan akses ke pelabuhan dan destinasi wisata lainnya. 

Hal yang paling unik dari Jalan Tol Bali Mandara adalah bahwa ini adalah satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur khusus untuk sepeda motor.

Penting untuk dicatat bahwa Jalan Tol Bali Mandara adalah salah satu dari 5 jalan tol di seluruh dunia yang dibangun di atas air terpanjang.

Jalan tol ini mengikuti jejak jalan tol di Jiaozhou Bay di China (42 km), Lake Pontchartrain Causeway di Amerika Serikat (38,4 km), Chesapeake Bay di Amerika Serikat (24,01 km), dan Tol Penang di Malaysia (24 km).

Baca Juga: 16 Alat Musik Tradisional Bali yang Unik dan Cara Memainkannya

Tarif Tol Bali Mandara

Bali Mandara menghubungkan Nusa Dua, Ngurah Rai, hingga Benoa, menjadikannya jalur vital untuk mengelilingi Pulau Dewata yang mempesona. 

Sejak 26 Februari 2022, terdapat penyesuaian tarif Tol Bali Mandara berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 75/KPTS/M/2022. 

Perubahan tarif Tol Bali Mandara mempengaruhi berbagai jenis kendaraan. Berikut adalah tarif terbaru yang diberlakukan kepada pelintas tol tersebut berdasarkan golongan kendaraan:

  1. Golongan I: Rp13.000 (termasuk sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus)
  2. Golongan II: Rp19.500 (truk dengan 2 gandar)
  3. Golongan III: Rp19.500 (truk dengan 3 gandar)
  4. Golongan IV: Rp25.500 (truk dengan 4 gandar)
  5. Golongan V: Rp25.500 (truk dengan 5 gandar)
  6. Golongan VI: Rp5.000 (kendaraan bermotor roda 2 )

Tentu saja, pemilihan golongan kendaraan sangat penting untuk menghindari masalah saat membayar tol. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis kendaraan kamu dan golongan mana yang sesuai.

Baca Juga: Wisata Kuliner Bali: 16 Tempat Makan Legendaris yang Wajib Dikunjungi

Cara Bayar Tol Bali Mandara dengan Kartu Elektronik

Tol Bali Mandara sudah tidak menerima pembayaran tunai. Karena itu, cara paling mudah dan umum untuk membayar Tol Bali Mandara adalah dengan kartu elektronik.

Cara pembayarannya sendiri mudah. Pertama, tentu pastikan kartu saldo elektronikmu mencukupi. Lalu, saat mendekati gerbang tol, cari jalur yang sesuai untuk pembayaran dengan kartu elektronik.

Ketika tiba giliranmu untuk membayar, tempelkan kartu e-money pada pemindai di gerbang tol. Saldo akan otomatis terpotong sesuai dengan tarif tol yang berlaku, dan gerbang tol akan terbuka.

Beberapa daftar kartu elektronik yang bisa dipakai untuk pembayaran di Tol Bali Mandara meliputi:

  • e-Money (Mandiri)
  • Tap Cash (BNI)
  • Brizzi (BRI)
  • Flazz (BCA)

Sebagai catatan, salah satu keunggulan utama kartu elektronik adalah kemampuannya untuk diisi ulang hingga batas maksimal sebesar 20 juta rupiah. Selain untuk gerbang tol, kartu elektronik juga dapat digunakan dalam beragam transaksi, seperti:

  1. naik transportasi umum seperti Transjakarta, Transjogja, atau Batiksolo Trans
  2. menggunakan MRT Jakarta
  3. naik KRL Jabodetabek atau commuterline
  4. membayar tempat parkir
  5. berbelanja di beberapa toko retail

Penggunaannya pun sangat sederhana karena tidak memerlukan PIN. Kamu cukup perlu tempelkan kartu pada mesin pembaca, dan pembayaran akan secara otomatis terverifikasi.

Bobocabin Bobobox

Catatan Penting

Pastikan kamu memiliki saldo yang cukup sebelum menggunakan Tol Bali Mandara. Jika saldo habis, kamu harus mengisi ulang kartu tersebut sebelum melanjutkan perjalanan.

Selalu periksa tarif tol terbaru sebelum melakukan perjalanan, karena tarif ini dapat berubah dari waktu ke waktu.

Dengan memahami cara bayar Tol Bali Mandara, kamu dapat menjalani perjalanan kamu di Bali dengan lebih lancar dan tanpa hambatan.

Baca Juga: Ternyata, Ini 14 Kebiasaan Orang Bali yang Selalu Buat Turis Betah

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobocabin Bali

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobocabin Bali

Salah satu cara mengisi waktu luangmu yang berharga adalah dengan berwisata menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu singgahi.

Jika jadwalmu padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation

Nah, Bobocabin Kintamani adalah salah satu akomodasi yang bisa kamu pertimbangkan. Kabin ini menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat di tengah sejuknya alam Bali.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Foto utama oleh: pupr_binamarga via Instagram

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles