tabanan, biaya liburan ke bali

Mau Healing ke Bali? Intip Perkiraan Biaya Liburan ke Bali yang Perlu Kamu Siapkan!

Merasa lelah dengan rutinitas serta hiruk-pikuk perkotaan dan berencana untuk liburan ke Bali? Pulau yang satu ini memang terasa bagai surga bagi siapa pun yang ingin melepas penat! Terdapat banyak kegiatan seru yang menanti, mulai dari bermain air di berbagai pantai cantik, memanjakan tubuh di spa, hingga berwisata kuliner sampai perut kenyang.

Untuk dapat memanfaatkan waktu liburan secara maksimal, tentunya kamu perlu menyiapkan biaya yang dibutuhkan. Dengan merencanakan budget liburan dengan baik, kamu dapat menjajal seluruh kegiatan yang ingin kamu coba tanpa takut kantong jebol. Liburan pun jadi stress-free!

Baca lebih lanjut untuk mengetahui informasi perkiraan biaya liburan ke Bali yang perlu kamu siapkan selengkapnya.

Baca Juga: Cara ke Bali Naik Kereta dengan Hemat dan Mudah

Perkiraan Biaya Liburan ke Bali

1. Biaya Transportasi untuk Mencapai Bali

ketinggalan pesawat

Photo: alexey starki via Unsplash

Untuk mencapai Bali, kamu dapat memilih moda transportasi pesawat maupun sleeper bus. Berikut rincian biaya dari masing-masing pilihan transportasi:

  • Pesawat adalah metode transportasi yang cenderung lebih singkat dan merupakan satu-satunya metode perjalanan dari pulau yang berlokasi jauh dari Pulau Bali. Namun, penggunaan pesawat umumnya memakan biaya yang lebih besar dengan proyeksi tiket ekonomi sebagai berikut:
      • Makassar-Bali: Rp1.100.000 – Rp2.000.000
      • Jakarta-Bali: Rp1.000.000 – Rp1.500.000
      • Surabaya-Bali: Rp770.000 – Rp1.000.000
  • Sleeper Bus adalah metode transportasi yang cenderung lebih murah dan cocok bagi kamu yang suka konsep liburan road trip. Tak perlu khawatir merasa pegal di waktu perjalanan yang panjang, jenis transportasi yang satu ini umumnya memberikan fasilitas bantal dan kursi panjang sehingga kamu bisa rebahan selama perjalanan. 

Tak hanya itu, setiap bus juga dilengkapi dengan AC untuk menunjang kenyamanan dan USB Port untuk memastikan semua baterai gadget tetap terisi penuh! Harga tiket sleeper bus biasanya dibanderol pada harga:

  • Jogja-Bali: Rp380.000 – Rp600.000
  • Jakarta-Bali: Rp370.000 – Rp550.000
  • Surabaya-Bali: Rp230.000 – Rp300.000

2. Biaya Transportasi Selama di Bali

motor, biaya liburan ke bali

Photo: Unsplash

Untuk bepergian selama di Bali, kamu dapat memilih berbagai jenis transportasi. Bagi kamu yang ingin bepergian dengan nyaman tanpa harus menyetir, maka taksi konvensional maupun taksi online dapat menjadi pilihan yang tepat. Tergantung jarak perjalanan dan kondisi lalu lintas, biaya yang perlu kamu keluarkan pun akan berbeda-beda – umumnya setiap perjalanan memiliki rentang dari Rp50.000 – Rp200.000.

Bagi kamu yang senang menjelajahi kota tanpa tujuan yang pasti, menyewa motor ataupun mobil mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu. Kamu dapat menyewa kendaraan selama 24 jam di Bali dengan harga mulai dari Rp200.000 untuk mobil dan Rp75.000 untuk motor. Tentunya harga sewa juga disesuaikan dengan jenis kendaraan dan belum mencakup biaya bensin.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan bus Trans Metro Dewata! Dengan tarif Rp4.000 saja kamu sudah bisa menjelajahi Pulau Bali. Namun, rute yang tersedia cenderung lebih terbatas, sehingga metode perjalanan ini lebih cocok digunakan untuk mencapai landmark terkenal Bali saja.

3. Biaya Akomodasi

Bobocabin Ubud

Photo: Bobobox Internal Asset

Untuk dapat memaksimalkan waktu di Bali, kamu tentunya perlu bermalam! Memilih akomodasi dengan harga yang bersahabat dan nyaman menjadi kunci istirahat berkualitas, sehingga tubuh kamu akan tetap kuat beraktivitas di hari berikutnya.

Manfaatkan waktu di Bali untuk menikmati panorama pulau yang memanjakan mata, pilihlah akomodasi yang menawarkan pemandangan asri dan fasilitas menginap yang nyaman. Bobocabin adalah solusi tepat glamping modern yang memadukan teknologi dengan alam!

Kamu dapat memilih untuk menginap di Bobocabin Ubud yang menawarkan pemandangan sawah dan pepohonan rimbun yang hijau atau Bobocabin Kintamani yang menawarkan panorama danau berkilau dan pegunungan yang sejuk. Pastinya, istirahat menjadi semakin nyaman dengan fasilitas smart window dan bluetooth speaker yang tersedia di setiap kabin.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas hammock, BBQ, kembang api, dan berbagai permainan kartu agar pengalaman menginap jadi lebih menyenangkan. Tentunya dengan harga terjangkau, mulai dari harga Rp 680.000 saja per malam.

Yuk, segera Download Aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk informasi reservasi selengkapnya.

Baca Juga: Ingin Nikmati Makan Malam Romantis di Bobocabin Ubud?

4. Biaya Makan

makanan khas bali yang halal

Photo: baleudang via Instagram

Tergantung dari jenis restoran yang kamu kunjungi, harga makanan pun akan sangat bervariasi. Jika kamu berencana untuk melihat sisi authentic dari Bali, maka mengunjungi pasar, warung, atau restoran lokal dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan berwisata kuliner pada destinasi-destinasi tersebut, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp50.000 – Rp200.000 per orang.

Sementara itu, jika kamu berniat untuk melepas penat melalui party dengan iringan live music atau mengunjungi restoran fine dining untuk dinner romantis bersama pasangan maka harga makan dapat memakan biaya mulai dari Rp200.000 – Rp1.000.000 per orang.

5. Biaya Tiket Destinasi Wisata Populer

destinasi liburan keluarga di indonesia

Photo: balibirdpark.com

Bali memiliki banyak pantai dan pura sebagai pusat ibadah dengan cerita dan daya tariknya masing-masing. Untuk dapat mengunjungi lokasi-lokasi tersebut, kamu perlu membayarkan biaya tiket mulai dari Rp10.000 – Rp100.000 tergantung pada popularitas dan fasilitas yang tersedia.

Untuk aktivitas air yang meliputi penyewaan perahu atau peralatan khusus seperti snorkeling, harga umumnya dibanderol mulai dari Rp200.000. Atau, jika kamu ingin mencoba ragam aktivitas lainnya seperti mengunjungi Taman Safari Bali, kamu dapat membeli tiket mulai dari Rp135.000 untuk anak-anak dan Rp175.000 untuk orang dewasa.

6. Biaya Belanja Oleh-Oleh (Opsional)

oleh oleh makanan khas bali Pie Susu Bali

Photo: unileverfoodsolutions.co.id

Liburan rasanya belum lengkap apabila belum membeli oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Dengan membeli oleh-oleh, kamu dapat merasa seolah berbagi kebahagiaan dari waktu di Bali kepada orang lain.

Untuk oleh-oleh berbentuk makanan, kamu dapat memberikan Pie Susu dengan harga mulai dari Rp20.000 per kotak, Kacang Rahayu dengan harga mulai dari Rp100.000 per bungkus, atau Pia Legong dengan harga mulai dari Rp120.000 per kotak.

Bagi kamu yang ingin memberikan oleh-oleh yang lebih kekinian, Heavenly Chocolate adalah merupakan oleh-oleh berupa coklat lembut dalam berbagai rasa. Oleh-oleh yang satu ini dapat kamu beli dengan harga mulai dari Rp110.000.

Selain itu, kamu juga dapat memberikan berbagai souvenir dari Ubud Art Market, mulai dari tas, pahatan, dan lukisan dengan harga mulai dari Rp50.000 saja!

Baca Juga: 20 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bali untuk Pacar Tersayang

7. Biaya Tambahan & Dana Darurat

mata uang rupiah

Photo: Christian Dubovan via Unsplash

Nah setelah mengetahui perkiraan biaya yang kemungkinan akan kamu keluarkan di Bali, kini saatnya menyisihkan sebagian biaya untuk menjadi dana darurat. Kamu dapat menyiapkan sekitar 10% dari total biaya liburan untuk dana darurat, hal ini dapat menjadi biaya cadangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan – seperti sakit, kecelakaan, dan lainnya.

Jadi, Berapa Sih Biaya yang Perlu Kita Siapkan untuk Liburan ke Bali?

Sebenarnya, biaya liburan tentunya sangat berpengaruh dari gaya hidup masing-masing orang. Namun, jika melihat proyeksi dari titik biaya paling murah – menggunakan sleeper bus dan menyewa motor – maka kamu membutuhkan setidaknya Rp3.000.000 – Rp5.000.000 per orang untuk dapat benar-benar mencoba seluruh kegiatan seru di Bali!

Tentunya proyeksi ini masih bersifat kasar, kamu tetap perlu merencanakan liburan secara lebih detail untuk bisa mendapatkan angka yang lebih tepat! Dengan demikian, perjalanan bisa berjalan lancar tanpa menghadapi banyak kendala.

 

Penulis artikel: Sheila

Photo header: Dika Pebriyanta via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles