Cara ke Bali Naik Kereta dengan Hemat dan Mudah

Cara ke Bali Naik Kereta dengan Hemat dan Mudah

Bali memang sudah jadi tujuan liburan yang sangat populer, baik di kalangan wisatawan domestik maupun internasional.

Secara luas dikenal sebagai salah satu surga pariwisata Indonesia yang mendunia, pulau ini sering kali dipilih sebagai tempat untuk refreshing dan meredakan stress.

Meskipun demikian, biaya liburan ke sana masih terbilang mahal bagi sebagian orang. Pasalnya, moda transportasi tercepat dan paling nyaman untuk mencapai Pulau Dewata saat ini adalah pesawat.

Apalagi, selama musim-musim tertentu, harga tiket pesawat ke Bali bisa lebih tinggi dibanding harga di musim biasa.

Sebenarnya, ada alternatif lain untuk menuju Bali selain menggunakan pesawat, yaitu melalui jalur darat dengan kereta api. Untuk tahu rute dan caranya, yuk simak lebih lanjut!

Apakah ke Bali Bisa Naik Kereta?

Apakah ke Bali Bisa Naik Kereta

Sumber: parapuan.co

Pertanyaan ini kerap kali muncul di kalangan pelancong on budget yang ingin ke Bali. Faktanya, tidak ada jalur kereta api langsung ke pulau ini. Bali hanya dapat diakses melalui transportasi udara atau laut.

Namun, kamu bisa naik kereta api dari berbagai kota di Jawa, seperti Jakarta, Surabaya, atau Yogyakarta, ke stasiun kereta api terdekat yang memiliki layanan ke pelabuhan untuk lanjut naik feri ke Bali.

Pelabuhan utama untuk mencapai Bali adalah Pelabuhan Gilimanuk di ujung barat pulau Jawa, dan Pelabuhan Padangbai di ujung timur pulau Bali.

Baca Juga: Wajib Coba! 8 Makanan Khas Bali yang Halal dan Enak

Cara ke Bali Naik Kereta

Cara ke Bali Naik Kereta

Sumber: detik.com

Kalau kamu belum ada bayangan rute ke Bali naik kereta, Bob akan berikan beberapa rute atau jalur yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Rute Jakarta – Yogyakarta – Banyuwangi – Bali

Berdasarkan aplikasi KAI, kamu dapat memulai perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta dengan kelas ekonomi kereta api. Harga tiketnya dimulai dari Rp215.000.

Untuk kamu yang berminat menggunakan kereta api, kamu bisa memiliki opsi untuk naik kereta api di Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir.

Setelah tiba di stasiun Lempuyangan di Yogyakarta, perjalanan kamu belum berakhir. Selanjutnya, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju stasiun Banyuwangi dengan harga tiket kereta sekitar Rp94.000.

Namun, perjalanan menuju Bali dari Yogyakarta melalui Banyuwangi tidak berakhir di stasiun kereta. Dari stasiun Banyuwangi, kamu harus jalan kaki 10 menit ke Pelabuhan Ketapang. Perjalanan ke Bali dengan menggunakan kapal feri untuk penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali akan memakan waktu kurang lebih 45 menit.

Setelah sampai di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, perjalanan kamu akan berlanjut ke Pulau Bali, tepatnya Pelabuhan Gilimanuk.

Untuk menyeberangi Selat Bali menuju Pelabuhan Gilimanuk, biaya perjalanan ini cukup terjangkau, sekitar Rp9.650, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Totalnya, rute ini memakan waktu kira-kira 20 jam 45 menit. Walau terbilang lama, kamu bisa bersantai di kereta sambil menikmati pemandangan selama perjalanan.

2. Rute Jakarta – Malang – Banyuwangi – Bali

Rute selanjutnya adalah melakukan transit di Malang sebelum mencapai tujuan akhir, yaitu Banyuwangi. Harga tiket kereta api dari Jakarta ke Malang tersedia dengan kisaran harga mulai dari Rp200.000.

Setelah tiba di Malang, kamu akan lanjut ke Banyuwangi. Aplikasi KAI juga mencantumkan bahwa harga tiket terendah dari Malang ke Banyuwangi adalah sekitar Rp62.000.

Seperti rute sebelumnya, setelah sampai di stasiun Banyuwangi, kamu hanya perlu berjalan sekitar 10 menit menuju Pelabuhan Ketapang.

Dari Pelabuhan Ketapang ini, kamu akan menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali dengan biaya sekitar Rp9.650. 

Berbeda dengan rute sebelumnya, waktu yang harus kamu tempuh untuk rute ini adalah sekitar 22 jam 45 menit.

3. Rute Jakarta – Surabaya – Banyuwangi – Bali

Rute alternatif lainnya adalah dari Jakarta ke Bali melalui Surabaya dan Banyuwangi. Harga tiket kereta api dari Jakarta ke Surabaya dimulai dari Rp245.000. Selanjutnya, dari Stasiun Surabaya Gubeng ke Banyuwangi, perjalanan kereta api dapat ditempuh dengan biaya sekitar Rp56.000 dengan kereta api Probowangi.

Setelah tiba di stasiun Banyuwangi, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit menuju Pelabuhan Ketapang.

Dari Pelabuhan Ketapang ini, kamu dapat menyeberang ke Pulau Bali, tepatnya ke Pelabuhan Gilimanuk, dengan biaya perjalanan sekitar Rp9.650.

Kalau kamu memilih rute ini, kamu akan menghabiskan total waktu perjalanan 15 jam 45 menit.

Penting diingat bahwa rute-rute darat ini kurang cocok kalau waktu liburanmu terbatas. Jadi, kalau kamu berniat ke Bali naik kereta, sebaiknya sediakan waktu liburan yang panjang, ya!

Baca Juga: Nikmati Quality Time bersama Orang Tersayang di Spot Piknik Bali Berikut!

Pilihan Transportasi ke Bali Lainnya

Pilihan Transportasi ke Bali Lainnya

Sumber: kompas.com

Kalau kamu kehabisan tiket kereta dan tidak ingin naik pesawat, kamu juga bisa memilih alternatif transportasi lainnya seperti bus, mobil pribadi atau sewaan, dan motor.

1. Bus

Bagi kamu yang berangkat dari Jakarta, ada opsi menggunakan dengan tujuan akhir Ketapang. Tarif bus ini biasanya sekitar Rp410.000.

Kamu bisa naik bus dari Terminal Pulo Gebang dengan layanan bus Pahala Kencana. Perjalanan dari Jakarta ke Ketapang memerlukan waktu sekitar 22 jam 45 menit.

Kalau kamu ingin naik bus langsung dari Terminal Pulogadung ke Terminal Mengwi di Bali, kamu memiliki beberapa pilihan, seperti Bus Lorena, Kramat Djati, atau Tiara Mas. Harga tiket bus ini berkisar mulai dari Rp500.000.

Kalau kamu berangkat dari Yogyakarta dan berencana naik bus ke Bali, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 15–20 jam.

Biasanya, bus dari Yogyakarta berangkat malam hari dan tiba di Bali pada pagi menjelang siang hari. Waktu perjalanannya bervariasi tergantung pada jenis armada bus.

Bobocabin Bobobox

2. Mobil Pribadi atau Sewaan

Selain menggunakan kendaraan umum, kamu juga bisake Bali dengan mobil pribadi atau sewaan. Opsi ini fleksibel dan memberimu kebebasan menjelajahi tujuan-tujuan menarik sepanjang perjalanan.

Waktu perjalanan dan bujetnya pun juga lebih fleksibel tergantung dari rute yang kamu pilih, misalnya melewati tol atau tanpa tol. Namun, sebaiknya jangan pergi sendirian, ya!

3. Motor

Tidak sedikit orang yang berkendara naik motor atau touring bersama teman-temannya sampai ke Bali.

Transportasi berikut ini bisa menjadi alternatif seru ke Bali, terutama kalau kamu suka riding. Namun, tentunya waktu yang dibutuhkan juga akan lebih panjang dan lebih melelahkan.

Kalau kamu tertarik berkendara naik motor ke Bali, pastikan kamu benar-benar menyiapkan kondisi tubuh dan kendaraanmu.

Liburan ke Bali? Coba Glamping di Kintamani

Liburan ke Bali Coba Glamping di Kintamani

Setelah menempuh perjalanan yang jauh ke Bali, kamu pasti memerlukan tempat penginapan yang nyaman untuk beristirahat. Kalau kamu mencari penginapan dengan pemandangan alam indah, Bobocabin Kintamani jawabannya!

Kamu akan menginap dalam kabin ala elevated camping, menikmati beragam fasilitas lengkap, serta menyaksikan panorama Gunung Batur yang menakjubkan. Tertarik?

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

 

Penulis artikel: Emier Abdul Fiqih

Foto header: mysuitcasejourneys.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles