Sumber: @sebra via stock.adobe.com

Aturan Membersihkan Rumah Agar Tidak Amburadul Saat Ditinggal Berlibur

Setelah pergi berlibur cukup lama, tentunya banyak energi yang terkuras. Ingin rasanya pulang ke rumah yang telah bersih dan rapi, supaya istirahat pun lebih nyaman. Nah, agar rumah tidak amburadul saat kamu tinggal liburan, cobain yuk aturan membersihkan rumah berikut ini!

Buang Sampah

Sumber: via housewifehowtos.com

Salah satu aturan membersihkan rumah nomor wahid adalah membuang sampah. Jika tidak, kepulangan kamu akan disambut dengan aroma tidak sedap serta kehadiran hama-hama menjijikkan.

Seperti yang kamu tahu, sampah terutama yang sudah membusuk akan menarik perhatian tikus, kecoak, lalat, lalat buah, semut, dan serangga lainnya. Jangan sampai, deh.

Selesai membuang sampah, sebaiknya bersihkan tong sampah yang kamu gunakan, apalagi jika masih ada sisa sampah basah yang menempel.


Baca Juga: Resah Karena Banyak Serangga di Rumah? Simak Cara Mengusir Serangga Paling Ampuh Berikut Ini!


Jangan Tinggalkan Piring Kotor

Sumber: @jccards via Unsplash

Sebelum pergi liburan, pastikan kamu tidak meninggalkan peralatan makan kotor di wastafel ataupun di meja.

Malam sebelum keberangkatan atau pagi hari sebelum meninggalkan rumah, luangkan waktu untuk mencuci piring, alat masak, dan peralatan makan kotor lainnya, baik dengan tangan maupun mesin pencuci piring.

Aturan membersihkan rumah satu ini juga bisa mencegah datangnya hama. Sama halnya seperti sampah, sisa-sisa makanan pada peralatan makan akan mengundang serangga dan tikus ke dapur.

Bersihkan Toilet

Sumber: via poloandtweed.com

Aturan membersihkan rumah berikutnya adalah menjaga kebersihan kamar mandi dan toilet. Selain memicu aroma tidak sedap selama kamu pergi, kamar mandi dan toilet yang kotor juga bisa menjadi sarang perkembangbiakan hama, bakteri, dan jamur.

Untuk memastikan kebersihan toilet, kamu bisa coba menggunakan baking soda dan cuka. Cukup taburkan satu cangkir baking soda dan diamkan sekitar 30 menit. Selanjutnya, semprotkan cuka untuk melembapkan area yang ditaburi baking soda.

Setelah itu, sikat toilet dan siram. Penggunaan baking soda ini membantu menghilangkan sisa-sisa noda, kotoran, dan jamur yang masih tertinggal. Bau pun akan hilang dan permukaan lantai menjadi tidak licin.

Lakukan juga hal berikut agar kamar mandi senantiasa bersih selama kamu tinggal pergi:

  • Matikan keran dengan benar agar tidak menetes selama kamu pergi (termasuk keran dapur)
  • Bersihkan shower, wastafel, dan peralatan lainnya
  • Jika memungkinkan, sikat lantai kamar mandi dan keringkan agar bekas air dan sabun tidak meninggalkan noda
  • Kosongkan tempat sampah di kamar mandi
  • Buka pintu kamar mandi agar ada sirkulasi udara dan mengurangi risiko pertumbuhan jamur

Baca Juga: Ingin Rumah Lebih Rapi? Yuk, Coba Teknik Konmari Berikut Ini!


Jangan Lupakan Pakaian Kotor

aturan membersihkan rumah

Sumber: @anniespratt via Unsplash

Packing untuk liburan tidak jarang membuat kamu hectic dan kelimpungan. Meski begitu, jangan sampai kamu lupa membereskan pakaian-pakaian kotor sebelum berangkat liburan.

Aturan membersihkan rumah satu ini bisa membebaskan kamu dari tumpukan pakaian yang harus kamu cuci sepulang liburan. Dengan begitu, kerjaan kamu tidak double karena kamu juga membawa pakaian kotor bekas liburan.

Luangkanlah waktu satu atau dua hari sebelum keberangkatan untuk mencuci pakaian kotor. Selain itu, jangan lupa untuk menyisir setiap sudut rumah untuk memastikan tidak ada pakaian kotor dan lembap yang terlewatkan.

Jika memang tidak punya waktu untuk mencuci, sebaiknya pisahkan pakaian kotor (yang masih kering) ke dalam keranjang cucian. Sementara itu, pakaian atau kain yang basah seperti handuk bekas mandi sebaiknya kamu gantung agar tidak berjamur saat ditinggal pergi.

Cek Isi Kulkas

aturan membersihkan rumah

Sumber: via hgtv.com

Bukan cuma sampah yang perlu kamu bersihkan. Pastikan kamu juga membersihkan dan memeriksa isi kulkas.

Sortir bahan-bahan makanan yang akan membusuk selama kamu berlibur, seperti sayuran dan ikan. Kamu bisa membuang, mengolah, atau memberikan makanan tersebut (jika kondisi masih baik) kepada orang lain agar tidak mubazir.

Jika tidak mencoba aturan membersihkan rumah satu ini, kamu tentu sudah bisa menebak apa yang terjadi saat pulang. Aroma tidak sedap akibat kulkas berjamur yang bikin mual dan selera makan hilang akan menyebar ke seluruh penjuru rumah, apalagi jika listrik di sekitar rumah sedang padam.

Jika liburanmu cukup singkat, kamu tidak perlu mencabut steker. Namun, untuk mempertahankan suhu, sebaiknya matikan pembuat es dan isi kulkas dengan air dalam botol. Selain itu, masukkan juga kantong es ke dalam freezer untuk mempertahankan suhu dan biarkan kontrol suhu pada pengaturan normal.

Sementara itu, jika liburan terbilang lama, kamu perlu mencabut steker serta mematikan pengaturan suhu dan fitur pembuat es. Namun sebelum itu, pastikan kulkas dalam keadaan kering. Caranya adalah dengan mengosongkan isi kulkas, freezer, dan es (jika ada fitur pembuat es) lalu bersihkan kulkas dengan lap dan larutan pembersih.

Untuk menyamarkan bau, kamu bisa meletakkan wadah berisi soda kue di dalam kulkas. Selain itu, sebaiknya biarkan pintu kulkas dan freezer terbuka untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Rapikan Tempat Tidur

aturan membersihkan rumah

Sumber: via nbcnews.com

Sepulang liburan, kamu mungkin ingin langsung istirahat dan rebahan nyaman di atas tempat tidur.  Karena itu, merapikan tempat tidur adalah aturan membersihkan rumah yang tidak boleh kamu lewatkan.

Sebelum berangkat, gantilah seprai dan sarung bantal dengan yang baru. Seprai dan sarung lama bisa kamu cuci untuk menghindari tumpukan kain kotor. Dengan begitu, kamu bisa nyaman beristirahat di kasur bersih dan rapi sepulang liburan.

Jika ada waktu luang, kamu bisa mengangin-anginkan kasur, selimut, dan bantal untuk menghilangkan apek dalam kamar.

Selain itu, masukkan pakaian bersih ke lemari agar tidak terkena debu dan tercampur dengan pakaian kotor. Jika lemari kamu cenderung menguarkan bau apek, sebaiknya biarkan pintu lemari terbuka selama liburan.


Baca Juga: Tas Atau Koper Nggak Muat? Ini Tips Packing yang Mudah dan Ringan


Bersihkan dan Rapikan Rumah

mengepel, salah satu aturan membersihkan rumah

Sumber: @Budimir Jevtic via stock.adobe.com

Kembali ke rumah yang kotor setelah liburan menyenangkan adalah sebuah mimpi buruk. Penat yang telah hilang karena liburan pun kembali datang. Oleh karena itu, jangan lupa membersihkan dan merapikan rumah sebelum pergi.

Aturan membersihkan rumah satu ini meliputi kegiatan:

  • Merapikan barang-barang yang berceceran
  • Menyapu dan mengepel lantai atau bersih-bersih dengan vacuum cleaner agar tidak ada sisa debu dan remah-remah makanan yang mengundang serangga
  • Menyemprotkan semprotan serangga sebagai langkah pencegahan serangga masuk rumah
  • Mengelap permukaan meja, termasuk meja dapur
  • Merapikan barang-barang di seluruh ruangan di rumah
  • Mencabut semua colokan alat elektronik (selain hemat listrik juga menghindarkan rumah dari kebakaran)
  • Menyiram tanaman sebelum pergi (jika tanaman memerlukan perawatan rutin, sebaiknya minta bantuan kepada teman atau tetangga)
  • Membersihkan bak cuci piring dan memastikan tidak ada sisa makanan yang masih menempel, termasuk di saringan sampahnya

Liburan akhir tahun sudah di tiba! Daripada bingung harus ke mana, pintu hotel kapsul Bobobox terbuka lebar untuk memberi kamu pengalaman menginap yang asyik dan menyenangkan.

Masalah kenyamanan, tidak perlu kamu ragukan lagi. Interior podnya cukup luas dengan kasur empuk yang pasti membuat betah.

Tidak hanya itu, Bobobox juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantri, shared bathroom, musala, communal space, hingga vending machine yang siap memenuhi kebutuhan camilan kamu.

Bobobox juga senantiasa menjaga keamanan, kebersihan, dan kenyamanan pelanggan dengan menghadirkan tim kebersihan serta menerapkan protokol kesehatan yang wajib diikuti semua pihak.

Karena itu, jangan ragu menjadikan Bobobox sebagai tempat staycation-mu. Selain harga yang terjangkau, kamu bahkan bisa mendapatkan promo lewat aplikasi Bobobox.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles