Air Terjun Situmurun

Sejarah Air Terjun Situmurun: Surga yang Aduhai di Tepian Danau Toba

Kalau kamu suka traveling, kamu pasti sudah tidak asing dengan Danau Toba. Ya, ikon Kota Medan yang satu ini memang menawarkan pemandangan yang indah dan menyegarkan untuk mata.

Namun, tahukah kamu bahwa di sana juga berdiri Air Terjun Situmurun yang mengalir langsung ke danau?

View keren dari Air Terjun Situmurun ini menjadi salah satu daya tarik tambahan dari Danau Toba. Tak hanya indah dipandang, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sekitar air terjun, lho.

Penasaran dan ingin mengenal lebih dalam? Simak informasi lengkap seputar sejarah, fakta menarik, ragam kegiatan, dan cara mencapai pesona Air Terjun Situmurun yang eksotis ini!

Sejarah Air Terjun Situmurun

Tak hanya dikenal dengan nama Air Terjun Situmurun, air terjun ini juga memiliki julukan lain.

Disebut juga sebagai Air Terjun Binangalom, penamaan ini berasal dari bahasa Batak, yaitu binaga yang berarti sungai dan lom yang berarti air penyejuk.

Sesuai penamaannya, air terjun ini memang bersifat menyejukkan bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Selain itu, air yang jatuh di air terjun juga memang berasal dari sungai di Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu. Sehingga, penamaan air terjun juga dapat mengindikasikan letak keberadaannya.

Baca Juga: Simak 7 Fakta Danau Toba yang Belum Banyak Diketahui

Daya Tarik Air Terjun Situmurun

Daya Tarik Air Terjun Situmurun

Sumber: sumut.idntimes.com

Daya tarik yang memukau dari Air Terjun Situmurun membuatnya menjadi destinasi pilihan bagi para pelancong. Berikut beberapa daya tariknya.

1. Tempat Bersantai

Suasana alami dan udara yang sejuknya cocok untuk traveler yang ingin beristirahat dari kesibukan. Hal ini dikarenakan area ini jauh dari keramaian dan memberikan kesempatan untuk pemandangan air terjun serta alam di sekitar. Terdapat juga beragam spot duduk yang dapat digunakan pengujung untuk menikmati gemercik air yang menenangkan.

2. Aliran Air yang Bersih

Daya tarik utama dari tempat air terjun ini adalah keindahan air yang jernih dan aliran yang mencapai 70 meter. Air yang turun dari ketinggian tersebut melewati bukit hijau yang mempesona. Pemandangan gunung yang tinggi juga menambah daya tarik, sementara sumber airnya tetap alami dan bening.

Air Terjun memiliki 7 tingkat yang tersebar di berbagai sudut. Tamu yang berkunjung akan terkesan karena aliran air yang bertingkat ini mengalir melalui celah-celah tebing. Pengunjung memiliki kesempatan untuk berenang di bawah air terjun sambil menikmati udara sejuk. Keindahan yang terpancar dari tempat wisata ini selalu memberikan pengalaman yang mengesankan bagi para pelancong.

3. Panorama Alam

Air Terjun Situmurun mempersembahkan keelokan alam yang luar biasa. Keindahan air terjun yang bertingkat ini dikelilingi oleh bukit hijau yang mempesona.

Dalam kondisi cuaca yang cerah, pemandangan tersebut bisa dinikmati secara dekat. Keindahan gunung di belakang bukit juga menambah pesona alam ini.

Daya tarik alami yang dimiliki oleh tempat wisata ini selalu membuat setiap orang merasa betah. Bahkan para pengunjung yang senang berfotografi akan dengan mudah menemukan tempat-tempat menarik untuk mengambil gambar.

Tebing yang ada di area tersebut juga sering menjadi objek foto karena ketinggiannya yang cukup mencolok. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil bermain di sekitar, sehingga kunjungan ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga: Nikmati Sensasi Healing Sekitar Danau di Wisata Kaldera Toba!

Apa Saja Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Situmurun?

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Situmurun

Sumber: atourin.com

Tidak hanya dapat menyegarkan mata, berikut beberapa kegiatan seru yang dapat kamu lakukan di area danau dan air terjun:

1. Naik Kapal

Jika kamu ingin melihat air terjun dari dekat, naik kapal adalah satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan untuk mencapainya. Kamu dapat menyewa salah satu kapal yang terparkir rapi di area Pelabuhan Ajibata.

Semua kapal yang tersedia sudah memiliki sertifikat khusus dan telah memiliki izin beroperasi. Jadi, semua kapal dijamin telah memenuhi standar keamanan.

Rata-rata kapal yang tersedia juga memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari perahu.

Tak hanya untuk mengangkut banyak penumpang, ukuran yang besar ini juga bertujuan untuk memberikan fasilitas tambahan bagi para wisatawan.

Beberapa kapal bahkan dilengkapi dengan fasilitas mewah seperti karaoke atau area barbeku. 

Dengan begitu, selain menikmati panorama indah danau, kamu juga bisa mendapat hiburan dan mencoba sensasi kulineran di atas air.

2. Berenang

Kedalaman Danau Toba memang mencapai 500 meter. Namun, hal ini bukan menjadi penghalang bagi kamu yang ingin mencoba berenang di area danau.

Saat berenang di Danau Toba, kamu diwajibkan memakai pelampung untuk memastikan keselamatan. Penyewaan pelampung umumnya tersedia di setiap kapal yang bisa kamu sewa.

Jika masih ragu, kamu dapat berenang di area sekitar kapal. Namun, jika kamu penasaran dengan kemegahan air terjun dari dekat, kamu dapat berenang langsung ke area air terjun dan menikmati percikan air segarnya.

Jangan sampai terlalu dekat dengan area jatuhnya air karena arus yang kencang dapat membahayakan.

Baca Juga: Berlibur ke Danau Toba? Lakukan Kegiatan Seru Berikut Ini Yuk!

3. Memancing

Kapan lagi bisa membawa oleh-oleh ikan segar dari Danau Toba? Bagi kamu yang hobi memancing, kamu juga diperbolehkan untuk memancing di area danau, lho! 

Akan tetapi, kapal yang tersedia tidak menyediakan penyewaan alat pancing. Sebaiknya, kamu membawa peralatan memancing pribadi atau mencari tempat penyewaan di kota.

4. Mengunjungi Spot Ikonis Lainnya

Danau Toba yang luas tidak hanya menyimpan satu destinasi ikonik. Ada berbagai spot ciamik lainnya yang wajib kamu kunjungi.

Setelah berkunjung ke air terjun, kamu wajib menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat lain seperti Tomak dan Batu Gantung.

Jika kamu menyewa kapal yang menawarkan jasa jelajah danau, kamu dapat menjelajahi semua pesona Danau Toba secara maksimal.

Berdurasi sekitar 45 menit, kamu bisa bebas berfoto atau sekadar menikmati suasana asri danau.

Fasilitas di Kawasan Wisata Air Terjun Situmurun

Walaupun lokasi air terjun ini lumayan jauh dari pusat kota, namun lokasi Air Terjun Situmurun mempunyai fasilitas yang cukup memadai. Terdapat fasilitas toilet yang berfungsi sebagai ruang mandi dan tempat untuk berganti pakaian. Meskipun jumlahnya terbatas, tetapi fasilitas ini terawat dengan baik dan tetap bersih. Akan tetapi, belum ada fasilitas ruang ganti atau loker untuk menyimpan barang karena fasilitas di wisata alam ini masih minim.

Lokasi wisata alam ini agak jauh dari mushola atau tempat ibadah, namun kamu dapat menemukan beberapa gazebo atau kios makan sebagai tempat beribadah. Terdapat bangku yang nyaman di banyak sudut area. Restoran dengan masakan lezat telah ada di sana dengan nuansa tradisional yang masih terjaga.

Tersedia fasilitas parkir yang luas, cocok untuk motor, bus, dan mobil. Ada area untuk berkemah dengan tenda bagi yang ingin berpetualang. Perahu untuk menyeberang ke Air Terjun Situmurun juga telah disediakan dalam jumlah yang mencukupi.

Jam Operasional Wisata Air Terjun Situmurun

Wisata Air Terjun Situmurun ini buka selama 24 jam setiap hari, berbeda dengan Air Terjun Sitimurun yang biasanya memiliki jam operasional terbatas seperti objek wisata modern.

Namun, kunjungan Anda ke air terjun ini tidak bisa dilakukan kapan saja. Anda perlu mengikuti jadwal operasional kapal yang akan membawa Anda ke lokasi tersebut.

Biasanya, jadwal operasional kapal di kawasan wisata Toba berlangsung dari pagi hingga siang, mulai pukul 08.30-14.00 WIB.

Namun, perjalanan sendiri memang bisa menjadi sesuatu yang rumit. Anda harus mempertimbangkan penyewaan kendaraan, tiket masuk ke objek wisata, akomodasi hotel, dan menyusun rencana perjalanan dengan teliti.

Cara ke Air Terjun Situmurun

Cara ke Air Terjun Situmurun

Sumber: Bernard Fernando Manurung via Google Maps

Air terjun Simalungun berada di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Sebelum mencapai air terjun, tentunya kamu harus mencapai area Danau Toba terlebih dahulu.

Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Medan, kamu dapat mencapai danau dengan menyewa mobil rental. Setelah itu, kamu dapat memilih rute berikut:

  • Dari Medan, pergi ke arah Kota Parapat dan langsung ke Danau Toba untuk dapat melihat perbukitan dan pegunungan Sumatra Utara.
  • Menggunakan jalur tol ke arah Danau Toba untuk dapat mencapai tujuan dengan lebih cepat, sekitar 2 jam perjalanan.

Setelah sampai, kamu dapat menyewa kapal untuk bisa mencapai area air terjun. Berikut detail tiket masuk, tarif sewa kapal, serta jam operasional kapal:

Informasi

Detail

Harga Tiket Masuk Gratis
Tarif Sewa Kapal (tergantung kapasitas penumpang) Rp650.000–Rp4.500.000
Jam operasional kapal 08.30–14.00

Berdasarkan informasi tersebut, Bob sarankan untuk mengunjungi Danau Toba bersama rombongan agar tarif sewa kapal tidak terasa begitu memberatkan.

Baca Juga: Selain Danau Toba, Pulau Sumatera Juga Punya 5 Danau Terkenal Lho!

Bobocabin Signature Toba, Solusi Modern Menginap di Alam Bebas

Menginap di Bobocabin Gunung Mas

Menginap di alam antiribet, nikmati asrinya Danau Toba dengan sensasi modern bersama Bobocabin Signature Toba!

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, setiap kabin dijamin dapat memberikan kamu dan keluarga kenyamanan maksimal.

Fasilitas Smart Window dan B-Pad dapat memudahkanmu mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati.

Saat malam tiba, kamu dapat menikmati quality time di bawah langit berbintang dengan fasilitas campfire, BBQ Steamboat, atau berbagai board game seru.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles