wisata sejarah di Indonesia

10 Destinasi Wisata Sejarah di Indonesia, Dari Candi sampai Istana!

Indonesia adalah negara yang sangat beruntung. Pasalnya, tak hanya kaya akan wisata alam yang eksotis, terdapat banyak tempat wisata sejarah di Indonesia yang jadi saksi bisu momen-momen penting zaman dulu.

Untuk kamu yang sedang mencari tempat liburan, tempat-tempat tersebut layak dipertimbangkan. Hal ini karena kamu tak hanya mendapatkan keseruan dari liburanmu tetapi juga informasi terkait sejarah tanah air.

Lalu, tempat mana saja yang Bob maksud? Dihimpun dari berbagai sumber, simak ulasan lengkap yang Bob rangkum berikut ini, yuk!

Destinasi Wisata Sejarah di Indonesia

1. Benteng Fort Rotterdam

Fort Rotterdam

Sumber: kompas.com

Destinasi wisata sejarah di Indonesia pertama adalah Benteng Fort Rotterdam. Tempat satu ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Gowa yang dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa-9 selain Museum Balla Lampoa.

Benteng yang dulunya memiliki nama Benteng Ujung Pandang atau Benteng Panyyua ini pada zamannya merupakan tempat di mana Pemerintahan Belanda menyimpan rempah-rempah.

Salah satu tempat favorit pengunjung adalah ruang tahanan yang pernah digunakan oleh Pemerintahan Belanda untuk memenjarakan Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro sendiri tertangkap saat melakukan perundingan damai.

2. Istana Maimun

istana maimun

Sumber: cagarbudaya.sumutprov.go.id

Rekomendasi destinasi wisata sejarah di Indonesia berikutnya adalah Istana Maimun. Tempat wisata Medan ini memiliki arsitektur unik yang terlihat menawan dan megah dengan memadukan gaya arsitektur Islam, Timur Tengah, Spanyol, dan India.

Dulunya, Istana Maimun ini menjadi lambang kejayaan Kerajaan Deli. Termasuk ke dalam salah satu tempat ikonik, kamu bisa menemukan banyak spot yang ciamik untuk kamu jadikan sebagai tempat mengabadikan momen.

3. Kota Lama Semarang

wisata sejarah di Indonesia kota lama Semarang

Sumber: kabarbumn.com

Ingin menikmati sepenggal sejarah selama berlibur di Semarang? Kota Lama menjadi jawaban yang tepat untukmu. Kamu akan dimanjakan dengan banyaknya bangunan bergaya arsitektur Eropa peninggalan Belanda.

Tak lengkap rasanya jika tidak berfoto di destinasi wisata sejarah di Indonesia ini. Beberapa spot yang wajib kamu datangi di sini diantaranya Gereja Blendek, Gedung Marba, Spiegel Bistro, Taman Srigunting, dan masih banyak lainnya.

Setelah lelah seharian berkeliling beberapa bangunan di kawasan Kota Lama Semarang, kamu bisa mampir sejenak ke tempat nongkrong Semarang untuk mengisi perutmu dengan kuliner khas Semarang.


Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Malam Solo yang Spesial dan Autentik, Tertarik Mampir?


4. Kota Tua Jakarta

kota tua jakarta

Sumber: grandtjokro.com

Berkunjung ke Kota Tua bisa menjadi alternatif tempat wisata sejarah di Indonesia yang bisa kamu pilih. Di kawasan ini, kamu bisa menikmati kentalnya suasana khas Eropa dengan bangunan-bangunan ada.

Tak heran karena beberapa diantaranya dibangun di zaman kolonial sebagai pusat kota Batavia jaman dulu. Selama berada di kota tua, kamu bisa nongkrong bersama keluargamu.

Jika kamu senang berfoto-foto, banyak spot yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi background. Ada juga beberapa museum yang bisa kamu kunjungi untuk menambah pengetahuan tentang Jakarta zaman dulu.

5. Candi Borobudur

wisata sejarah di Indonesia Candi Borobudur

Sumber: gramedia.com

Kamu tentu sudah tak asing dengan destinasi wisata satu ini. Pasalnya, destinasi wisata sejarah di Indonesia ini disebut-sebut sebagai candhi Budha terbesar yang ada di dunia serta jadi tujuan wajib liburan.

Sebagai salah satu kebanggaan Indonesia, jutaan wisatawan domestik dan mancanegara datang ke tempat wisata ini. Keindahan candinya menjadi daya tarik tersendiri dari Candi Bodobudur ini.

Selain itu, berbagai sejarah terkait agama Budha dan perjalanan hidup Sidharta Gautama bisa ditemukan di berbagai relief di Candi Borobudur. Hal ini menjadi petualanganmu di destinasi wisata ini semakin komplet.

6. Masjid Baiturrahman

wisata sejarah di Indonesia Masjid Baiturrahman

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Berikutnya, ada Masjid Raya Baiturrahman yang berlokasi di Aceh. Bangunan ini menjadi masjid kebanggaan masyarakat Aceh yang berhasil bertahan kokoh meskipun diterjang bencana Tsunami pada tahun 2004 yang lalu.

Tempat wisata sejarah di Indonesia dibangun sejak era Kesultanan Aceh. Setelah sempat hancur karena serangan Belanda, Masjid Baiturrahman sendiri kemudian dibangun kembali pada 1879 hingga 1881.

Masjid Baiturrahman kini berdiri megah dan memiliki arsitektur yang sangat memukau, objek wisata sejarah di Indonesia ini juga telah melalui berbagai peristiwa bersejarah di tanah air.


Baca Juga: Ternyata, Ranca Upas Punya Sejarah dan Mitos yang Misterius! Penasaran?


7. Tirta Gangga

wisata sejarah di Indonesia Tirta Gangga

Sumber: visitbali.id

Selain terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, Bali juga dikenal memiliki salah satu bangunan bersejarah bernama Tirta Gangga. Destinasi wisata ini adalah bekas istana kerajaan Karangasem.

Tempat wisata sejarah di Indonesia ini memiliki sebuah istana air yang menawan. Tak hanya itu, tempat tersebut juga mempunyai kompleks taman dan bangunan seluas satu hektar yang dibangun pada tahun 1946.

Pada tahun 1963, taman Tirta Gangga ini hampir hancur akibat letusan Gunung Agung. Beruntung setelah bencana tersebut usai taman itu dipulihkan dan dibangun kembali sehingga keberadaannya masih bisa dikunjungi.

8. Danau Toba

wisata sejarah di Indonesia Danau Toba

Sumber: Andi Syahputra via Shutterstock

Danau Toba adalah destinasi wisata sejarah di Indonesia lainnya. Sebagai danau terbesar di Asia Tenggara, Danau Toba akan memberikan petualanganmu sebuah momen untuk menenangkan diri.

Berada di Provinsi Sumatra Utara, Danau Toba memiliki sebuah pulau di tengah danau tersebut yakni Pulau Samosir. Pulau tersebut kerap menjadi tujuan wisata untuk mempelajari sejarah.

Danau Toba sendiri berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut menjadikan suasana yang ada di sekitar danaunya terasa begitu sejuk dan cocok untuk bersantai sekaligus petualangan santai.

Sambil menyaksikan langsung eksotisme yang dihadirkan oleh Danau Toba, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner yang ada di sini seperti seafood segar yang akan memberi energi tambahan.

9. Lawang Sewu

wisata sejarah di Indonesia lawang sewu

Sumber: herita

Destinasi wisata sejarah di Indonesia berikutnyadari Bob adalah Lawang Sewu. Dulunya, tempat ini merupakan sebuah kantor perusahaan kereta api. Kini, bangunan tersebut dialihfungsikan sebagai tempat wisata budaya.

Tempat destinasi ini memiliki pintu yang sangat banyak sehingga disebut dengan Lawang Sewu yang artinya pintu seribu. Kamu yang ingin jalan-jalan di Lawang Sewu, kamu bisa pergi ke Jalan Pemuda dan membeli tiketnya.

Selain memang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi traveling yang murah meriah, hal yang membuat banyak orang tertarik datang ke tempat ini adalah banyaknya cerita mistis yang tersimpan dibalik gedung tua ini.


10. Gedung Sate

gedung sate

Sumber: Abah Baratawiria via Shutterstock

Tak lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke kota Bandung tanpa berwisata ke Gedung Sate. Gedung Sate merupakan salah satu ikon wisata Bandung dan termasuk tempat wisata sejarah di Indonesia.

Disebut dengan nama Gedung Sate karena gedung ini memiliki ornamen berbentuk tusuk sate di atasnya. Nah, gedung bersejarah ini adalah peninggalan penjajah Belanda yang dirancang oleh J. Gerber.

Di beberapa tanggal tertentu di setiap tahunnya khususnya di hari jadi kota Bandung, biasa diadakan acara-acara yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Wajar saja jika tempat wisata ini kerap jadi spot liburan favorit.

ge.kai.id


Baca Juga: Yuk, Berwisata Sambil Belajar tentang Sejarah Kota Semarang di 7 Spot Berikut Ini!


Menginap yang Menghilangkan Rasa Bosan? Ya di Bobobox!

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul futuristik ini akan menawarkan pengalaman menginap yang unik dan berbeda dibanding hotel konvesional pada umumnya.

Tak percaya? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk memesan dan merasakan langsung pengalaman menginap yang Bob maksud.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles