wisata malam Solo

7 Rekomendasi Wisata Malam Solo yang Spesial dan Autentik, Tertarik Mampir??

Solo terkenal sebagai destinasi yang sarat budaya. Tapi tahukah kamu, ada juga tempat wisata malam Solo yang tak kalah menarik untuk dikunjungi?

Wisata di malam hari tentu menawarkan suasana yang berbeda dengan yang buka di siang hari. Lantas, tempat mana saja yang layak untuk dikunjungi?

Berikut daftar tempat wisata malam Solo yang wajib disambangi.

Rekomendasi Wisata Malam Solo

1. Alun-Alun Kidul Surakarta

alun alun kidul surakarta

Sumber: travel.kompas.com

Rekomendasi tempat wisata malam Solo pertama adalah Alun-Alun Kidul Surakarta. Tempat satu ini sebenarnya adalah pelataran atau bisa dibilang halaman belakang Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Meski begitu, tempat ini tetap jadi area yang menyenangkan untuk dikunjungi. Jangan heran jika banyak warga sekitar dan wisatawan yang berkumpul sambil mengabadikan momennya di sini.

Jika tertarik, kamu sebenarnya bisa mengunjungi Alun-Alun Kidul Surakarta kapan pun kamu. Hanya saja, sangat disarankan untuk datang ke tempat wisata ini saat malam hari.

Pasalnya, area tersebut relatif panas pada siang hari. Tak hanya itu, tempat wisata malam Solo ini dilengkapi dengan lampu-lampu yang menawan serta kuliner khas yang hanya buka di malam hari.

2. Pasar Gede

wisata malam Solo Pasar gede

Sumber: Ismail Pohan via TrenAsia

Tempat wisata malam Solo berikutnya adalah Pasar Gede. Berlokasi tak jauh dari Alun-Alun Utara Kota Solo, tempat ini dikenal sebagai pasar paling besar dan bersih di Kota Solo.

Sebelum pandemi, kamu bisa menyaksikan banyak lampion-lampion yang terbesar di sepanjang jalan saat menjelang Imlek. Pemandangan lampion ini yang kerap jadi tempat berfoto wisatawan.

Tak hanya itu, ada juga spot foto favorit wisatawan lainnya. Lokasi tersebut adalah tugu jam, yang digunakan sebagai titik tengah dari Pasar Gede.

Selayaknya pasar pada umumnya, kamu wajib berbelanja oleh-oleh di sini. Tak hanya soal oleh-oleh, terdapat juga jajanan khas Kota Solo yang bisa cicipi dan bawa pulang di Pasar Gede ini.


Baca Juga: 7 Spot Wisata Murah Kota Solo Senang yang Cuma Perlu Bujet Minimal


3. Night Market Ngarsopuro

Night Market Ngarsopuro

Sumber: Fristin Intan Sulistyowati via Kompas.com

Seperti kebanyakan kota besar lainnya, Solo juga kerap mengadakan Car Free Day dan Car Free Night. Nah, untuk acara keduanya, tempat yang digunakan adalah Pasar Malam Ngarsopuro atau Night Market Ngarsopuro.

Hal yang unik dari pelaksanan Car Free Night di Kota Solo adalah adanya pedagang yang menjual beraneka ragam pakaian, makanan, dan tentu saja oleh-oleh khas Solo yang bisa dibawa pulang.

Apabila sedang liburan di Solo, kamu wajib mengunjungi tempat wisata malam Solo ini. Di sini, kamu bisa berbelanja sekaligus menyaksikan pentas yang biasanya diadakan di waktu tertentu.

Saat membawa kendaraan pribadi, kamu bisa parkir beberapa meter sebelum lokasi. Namun, jangan sampai parkir lebih dari jam sebelas malam karena Night Market Ngarsopuro sudah tutup pada jam tersebut.

4. Benteng Vastenburg

wisata malam solo Benteng Vastenburg

Sumber: yogyakarta.kompas.com

Tempat wisata malam Solo berikutnya adalah Benteng Vastenburg. Dulu, Belanda menggunakan benteng megah satu ini sebagai tempat pertahanan para pasukan.

Area benteng ini memiliki luas kurang lebih 40.000 meter persegi. Peresmiannya sendiri jatuh pada tahun 1779 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff.

Sekarang ini, bangunannya telah beralih fungsi menjadi gedung bersejarah sekaligus tempat pertunjukan seni yang biasa diadakan di malam hari.

Benteng ini patut dikunjungi, apalagi jika kamu mengunjunginya di momen libur lebaran. Biasanya, Benteng Vastenburg kerap dijadikan tempat ditampikannya pertunjukan seni wayang orang ataupun sendratari.


Baca Juga: Wisata Solo; 5 Pasar Tradisional yang Wajib Kamu Kunjungi


5. Wedangan Pendopo

wisata alam solo wedangan pendopo

Sumber: gotravelly.com

Wedangan atau mungkin lebih dikenal dengan sebutan angkringan adalah tempat nongkrong malam yang menyediakan aneka makanan tradisional yang murah.

Jika suka kamu makan di wedangan, ada tempat yang wajib kamu kunjungi: Wedangan Pendopo.

Destinasi wisata malam Solo ini menawarkan beragam menu yang jadi favorit para pengunjung. Beberapa di antaranya adalah sayur ndeso, sosis solo, hingga wedang uwuh.

Tak hanya menawarkan makanan enak, Wedangan Pendopo juga meyediakan tempat bernuansa Jawa klasik. Tak heran jika kamu bisa berasa sedang di rumah-rumah khas Jawa pada umumnya.

Saat berkunjung, jangan lupa untuk berfoto. Pasalnya, beberapa spot menawarkan kesan klasik yang kental. Tempat ini sendiri buka setiap hari, mulai dari jam 6 sore hingga 12 malam.

6. Playground Cafe Solo

wisata malam Solo playground cafe

Sumber: topijelajah.com

Tempat wisata malam Solo lainnya adalah Playground Cafe. Meski namanya mengandung kata “playground“, destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Kenanga ini bukanlah tempat main untuk anak-anak.

Tempat tersebut adalah wedangan yang modern dan kekinian. Wajar saja mengingat tempat ini memang menyasar anak-anak muda Solo untuk menghabiskan banyak waktu mereka di sini.

Ini juga yang membuat wedangan dengan konsep kafe ini cocok bagi yang ingin nongkrong malam dan menikmati kudapan khas Solo. Meski begitu, tak semuanya menu tradisional, lo.

Ada juga menu-menu kekinian yang bisa kamu pesan di Playground Cafe. Tak hanya malam, kamu juga bisa mengunjungi tempat ini di siang hari karena sudah mulai buka dari jam 12 siang.

7. Gedung Djoeang ’45 Solo

Gedung Djoeang ’45 Solo

Sumber: Nur Rohmi Aida via Kompas.com

Destinasi wisata malam Solo terakhir adalah Gedung Djoeang ’45 Solo. Tempat satu ini adalah salah satu peninggalan masa penjajahan Belanda yang masih berdiri hingga saat ini.

Meski begitu, jangan bayangkan sebuah tua yang menyeramkan. Malahan, saat pertama kali datang, kamu akan takjub dengan keindahan dan betapa instagramable-nya tempat tersebut.

Gedung Djoeng ’45 Solo sudah disulap menjadi tempat wisata kekinian. Berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo, tak mengherankan jika tempat ini jadi salah satu destinasi favorit di Solo.

Dengan penataan lampu dan kursi yang menarik, banyak pengunjung yang terpikat pada tempat ini. Apalagi, kamu tak perlu membayar tiket masuk alias gratis untuk bisa datang ke sini.


Baca Juga: 3 Hari 3 Malam Wisata di Kota Solo dengan Bujet 1,5 Juta


Menginap dengan Nyaman di Solo? Ya di Bobobox Slamet Riyadi

Liburan ke Solo tapi bingung mencari penginapan yang pas? Langsung saja datang ke Bobobox Slamet Riyadi yang berada di Jalan Slamet Riyadi No.96, Kec. Banjarsari, Surakarta.

Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini menawarkan fasilitas yang wah namun dengan harga yang murah.

Tertarik mencoba? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles