Wisata malam pujon

7 Rekomendasi Wisata Malam Pujon yang Menarik dan Wajib Dilihat

Sahabat Bob, kalau sedang berlibur ke Malang, jangan lupa mampir ke kecamatan Pujon, ya! 

Walaupun dikenal sebagai salah satu wilayah mungil di Kota Apel, Pujon ternyata menyimpan banyak hidden gem, lho. Saking banyaknya, daerah ini sering viral di berbagai media masa, baik itu tempat wisata atau kulinernya. 

Di Pujon, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang memesona dan udara segar dari pegunungan setempat. Kombinasi pemandangan yang menakjubkan, udara segar, dan destinasi wisata menarik inilah yang membuat Pujon wajib masuk ke daftar liburanmu.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tempat wisata malam Pujon yang tidak kalah seru dari atraksi turis siang hari. Apa saja kira-kira? Simak di bawah ini!

Sekilas Mengenai Pujon

Sekilas Mengenai Pujon

Sumber: Nuril Ahsan via Unsplash

Pujon adalah salah satu kecamatan di Kota Malang, Jawa Timur. Letaknya berada di sebelah utara, berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kota Batu di sisi timurnya. Sisi selatannya bertetangga dengan Kabupaten Blitar, dan baratnya bersebelahan dengan Kecamatan Ngantang.

Karena lokasi geografisnya strategis, Pujon kerap disinggahi banyak turis lokal dan mancanegara yang berlibur ke kabupaten atau kecamatan tetangga, terutama Batu.

Untuk mencapai Pujon, para pelancong biasanya menggunakan bus jurusan Malang – Jombang – Tuban/Bojonegoro dan Malang – Kediri – Ponorogo.

Daya tarik kecamatan Pujon terletak pada pemandangannya yang hijau dan asri. Rindangnya pepohonan di daerah ini memproduksi udara segar dan melindungi lingkungan sekitar dari polusi udara berlebihan.

Warga sekitar memanfaatkan wilayah yang dingin dan subur ini untuk bercocok tanam serta beternak. Bahkan, Pujon memiliki peternakan sapi yang berdiri sejak tahun 1962, salah satu peternakan terbesar di Indonesia yang mengirim hasil produksinya ke perusahaan Nestle di Pasuruan. Keren, kan?

Tidak berhenti di situ, bersama dengan Kecamatan Poncokusumo, Jabung, dan Dau, Pujon ditetapkan sebagai salah satu wilayah tempat bunga-bunga hias tumbuh, terutama bunga seruni yang dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan pasar akan tanaman hias.

Singkatnya, Kecamatan Pujon masih memiliki alam asri dan kerap dijadikan destinasi liburan yang menjanjikan rileksasi. Beberapa tempat wisata yang menarik di Pujon adalah air terjun Coban Rondo, area rekreasi Dewi Sri, dan Best West.

Baca Juga: 12 Pilihan Oleh-Oleh Khas Batu Malang yang Wajib Dibawa Pulang

7 Tempat Wisata Malam Kawasan Pujon 

1. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang

Sumber: Wisata Oke

  • Alamat: Jl. Brigjend Abd Manan Wijaya No.186, Maron, Pandesari, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65391 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Ibaratnya healing di tengah awan, itulah kesan yang dirasakan ketika mengunjungi Bukit Paralayang.

Menurut keterangan pengelola Bukit Paralayang, tempat ini berdiri 300 meter di atas permukaan laut. Kamu dapat menikmati pemandangan alam yang ciamik, termasuk lembah hijau, hamparan sawah, bahkan pantai di kejauhan.

Kesempatan untuk melihat matahari terbit dan terbenam pun menjadi pengalaman yang menarik di sini. Berkat ketinggian dan panorama indahnya, bukit ini kerap dijadikan sebagai spot paralayang, cocok bagi para penggemar olahraga ekstrem. 

Di malam hari, lanskap Bukit Paralayang tidak kalah indah. Setelah matahari tenggelam, area di sekitar bukit berubah menjadi redup hingga akhirnya gelap, dan hanya diterangi pemandangan lampu-lampu Kota Malang.

Gemerlap malam hari ini membuat tempat wisata malam Pujong itu populer di kalangan remaja, terutama bagi para Instagramer.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Malang yang Seperti di Luar Negeri

2. Daun Coklat (Dancok)

Daun Coklat (Dancok)

Sumber: Daka Tour

  • Alamat: Kawasan Wisata Coban Rondo, Jl. Coban Rondo, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65391 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–21.00 WIB

Tempat wisata malam Pujon selanjutnya adalah Daun Coklat, atau yang akrab disebut Dancok. Kafe ini merupakan tempat makan, minum, dan nongkrong yang populer di Malang, Jawa Timur.

Desain Dancok terbuat dari kayu dan lokasinya yang berada di daerah pegunungan Pujon, sehingga ideal untuk bersantai sambil menikmati hidangan serta minuman khas kafe.

Sebagai rekomendasi, menu yang wajib dicoba adalah kopi susu khas Dancok dan susu jahe. Bayangkan saja menikmati segelas susu jahe di tengah-tengah pegunungan. Bikin badan otomatis terasa hangat!

Dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang elok, kafe ini menjadi destinasi viral bagi pengunjung yang ingin menikmati waktu bersantai di Pujon. Tidak usah khawatir akan jam tutup karena Dancok buka sampai malam.

Bobocabin Bobobox

3. Copi Mbah Coffee Shop and Roastery

Copi Mbah Coffee Shop and Roastery

Sumber: Fachrur Rozi via Google Maps

  • Alamat: Gesingan, Pujon Lor, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391 (Gmaps)
  • Jam buka: 13.00–23.00 WIB

Copi Mbah Coffee Shop and Roastery merupakan toko kopi dan tempat bersantai yang terletak di daerah pegunungan Pujon, Malang.

Tempat ini terkenal karena menawarkan berbagai jenis kopi berkualitas tinggi, baik lokal maupun impor, serta memiliki fasilitas roastery di tempatnya.

Kopi yang disajikan dipanggang secara langsung, jadi pengunjung bisa menikmati aroma dan cita rasa kopi segar saat masuk kedai. Jenis kopi yang dihidangkan adalah espresso, americano, cappuccino, latte, dan berbagai varian kopi lainnya.

Untuk makanan ringan, pengunjung bisa menemukan pilihan kue-kue tradisional, roti, dan pastri yang cocok dicemil sebagai teman minum kopi. 

Baca Juga: Destinasi Wisata: Florawisata di Malang

4. Cafe Sawah Pujon Kidul

Cafe Sawah Pujon Kidul

Sumber: Dolan Yok

  • Alamat: Kawasan Cafe Sawah, Desa Wisata, Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65391 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–20.00

Sahabat Bob, jangan lupa untuk singgah di Cafe Sawah ketika kamu sedang berlibur di Pujon!

Dikenal sebagai salah satu kafe paling sejuk di Pujon, Cafe Sawah terletak di tengah-tengah pemandangan sawah yang indah. Pengunjung yang datang akan dipersilakan masuk ke pendapa tradisional agar bisa meresapi indahnya panorama Pujon sembari menikmati camilan.

Menu makanan di Cafe Sawah umumnya terdiri dari hidangan khas Indonesia, seperti nasi goreng, mie goreng, sate, dan berbagai hidangan ringan tradisional lainnya.

Selain itu, kafe ini juga menawarkan jajaran minuman segar. Menu favorit banyak pengunjung adalah es buah, kopi gula aren, dan jus buah ala Cafe Sawah.

Baik siang maupun malam, suasana cafe ini sangat cocok untuk bersantai dan menikmati waktu luang sambil ditemani suara alam. Selesai liburan, badan dan pikiran dijamin terasa rileks, deh!

5. Batu Night spectacular (BNS)

Batu Night spectacular (BNS)

Sumber: tiket.com

  • Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam buka: 15.00 – 23.00

Tidak jauh dari kawasan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terdapat tempat wisata di Kota Batu, Malang yang bisa Kamu kunjungi, yaitu Batu Night spectacular.

Taman hiburan Batu Night Spectacular menyuguhkan beragam wahana menarik dan menguji adrenalin yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala kelompok usia. Sambil mencoba berbagai wahana, pengunjung dapat menikmati pemandangan dan suasana malam di Malang.

Wahana ekstrem yang menantang adrenalin juga tersedia di sini, termasuk Drop & Twist, Mega Disco, dan Matter Horn.

Selain itu, di lokasi ini terdapat beragam wahana menarik seperti Trick Art Gallery, Maze of Horror, Lampion Garden, Magic Castle, Kursi Terbang, Disco Bumper Cars, Sepeda Udara, Trampoline, VR Ride, Arena Ketangkasan, dan Gokart.

Harga tiket masuk BNS adalah Rp 35.000/orang.

6. Museum Angkut

Museum Angkut

Sumber: tiket.com

  • Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam buka: 11.00-20.00

Museum Angkut menjadi destinasi wisata di Malang yang populer bagi para pengunjung yang berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur. Salah satu daya tarik utama dari museum ini adalah keberagaman koleksi, mulai dari mobil hingga kendaraan lainnya.

Jika kamu berkunjung ke tempat wisata ini, kamu akan menemukan helikopter dinas milik Presiden Soekarno, yaitu Bell 47J Siwalet, beserta beragam koleksi mobil mewah yang pernah dimiliki oleh presiden pertama Indonesia tersebut.

Dengan luas lahan mencapai empat hektar, museum ini juga menyimpan berbagai koleksi mobil klasik yang menarik untuk dinikmati serta dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Baca Juga: 11 Tempat Angker di Malang yang Bikin Merinding, Berani Berkunjung?

7. Alun-Alun Kota Wisata Batu

Alun-Alun Kota Wisata Batu

Sumber: kompas.com

  • Alamat: Alun – Alun Kota Wisata Batu, Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 jam

Tidak kalah dari Malang night paradise, terdapat alun-alun kota wisata Batu yang tidak jauh dari kecamatan Pujon yang bisa Kamu kunjungi.

Tempat wisata Malam ini sangat ideal untuk dinikmati bersama teman, pasangan, atau keluarga. Berbagai kegiatan menarik dapat ditemukan di sini, seperti naik wahana bianglala yang memungkinkan kamu menikmati keindahan Malang di malam hari dari ketinggian.

Selain itu, di area ini juga terdapat fasilitas bermain anak, air mancur, dan berbagai spot foto menarik di alun-alun Batu.

Liburan Aman dan Nyaman di Bobocabin Coban Rondo Malang

Bobocabin Coban Rondo

Sedang cari akomodasi oke yang dekat ke Pujon? Jangan lewatkan kesempatan untuk menginap di Bobocabin Coban Rondo!

Dengan lokasi di tengah alam, fasilitas modern, dan suasana yang menyejukkan, Bobocabin siap menyambut kamu dengan hangat serta menyediakan akomodasi nyaman sampai liburan selesai.

Yuk, pesan kabinmu via aplikasi dan buat momen liburanmu di Malang lebih berkesan!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: Senda Hardika Prasasti via Times Indonesia

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles