Rekomendasi Wisata Malam Kuningan yang Seru

6 Rekomendasi Wisata Malam Kuningan yang Seru

Jawa Barat memang memiliki banyak tempat wisata yang potensial. Wajar saja jika provinsi ini selalu diburu meski bukan musim libur. Nah, salah satu daerah populer di Jawa Barat adalah Kuningan berkat destinas-destinasinya yang asri, baik untuk dikunjungi siang atau malam hari.

Kalau kamu mencari alternatif liburan di Kuningan, terutama yang bisa dikunjungi pada malam hari, berikut rekomendasi wisata malam Kuningan terfavorit versi Bob. 

Sekilas Mengenai Kuningan

Sekilas Mengenai Kuningan

Foto: Raiyan Zakaria via Unsplash

Kabupaten Kuningan terletak di ujung timur batas wilayah Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan dua kabupaten dari Provinsi Jawa Tengah, yakni Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cilacap.

Pada 1 September setiap tahunnya, Kabupaten Kuningan akan merayakan hari jadinya. Sebagai salah satu daerah tertua di Indonesia khususnya Jawa Barat, Kuningan mempunyai banyak cerita rakyat terkait sejarah terbentuknya.

Dilansir dari situs resmi Kabupaten Kuningan, Kuningan pada masa lampau adalah suatu pemukiman yang memiliki kekuatan politik penuh, seperti halnya sebuah negara.

Dalam cerita Parahyangan, Kerajaan Kuningan pertama kali berdiri setelah Seuweukarma dinobatkan sebagai raja. Di masa mendatang, ia diberi gelar Rahiyang Tangkuku atau Sang Kuku yang bersemayam di Arile atau Saunggalah.

Bobocabin Bobobox

6 Tempat Wisata Malam Kuningan

Tempat-tempat wisata malam Kuningan ini banyak yang berlokasi dekat dengan alam. Cocok untuk healing bareng keluarga!

1. Waduk Darma

Waduk Darma

Foto: Nahlan Maulana via Gmaps

Alamat: Waduk Darma, Kec. Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Gmaps)

Waduk Darma adalah tempat wisata malam Kuningan pertama yang wajib kamu datangi. Waduk ini buka 24 jam sehingga kamu boleh berkunjung kapan saja. Selain itu, keuntungan lain dari tempat ini adalah harga tiketnya yang murah, yakni Rp10.000 saja per orang.

Lokasi Waduk Darma berada dekat dengan daerah perbukitan. Udara di areanya begitu sejuk sehingga dijamin bakal membuatmu ingin berlama-lama.

Untuk fasiltasnya, Waduk Darma juga sudah dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang wisata, seperti toilet, warung, dan tempat parkir.

Baca juga: 12 Rekomendasi Wisata Kuliner di Depok yang Menggoda Selera

2. Sukageuri View

Sukageuri View

Foto: Sukageuri View via Gmaps

Alamat: Jl. Cisantana, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552 (Gmaps)

Sukageuri View adalah tempat wisata Kuningan malam yang sempat viral di medial sosial beberapa waktu lalu. Karena popularitasnya yang meroket, tempat wisata ini pun tak pernah sepi pengunjung.

Kamu akan disuguhi pemandangan alam pada malam hari yang memanjakan mata. Di samping itu, kamu juga bisa memburu berbagai foto yang menarik dan kekinian karena tempat ini memiliki banyak spot foto bagus.

Harga tiket masuknya sendiri sangat ramah di kantong, yaitu Rp15.000 saja per orang. Fasilitas yang bisa kamu jumpai di sini meliputi tempat bermain anak, kolam renang, area perkemahan, musala, toilet, dan warung-warung makan.

3. Bumi Perkemahan Ipukan

Bumi Perkemahan Ipukan

Foto: Buper Ipukan via Gmaps

Alamat: Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552 (Gmaps)

Tempat wisata malam Kuningan lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Bumi Perkemahan Ipukan. Tempat ini menawarkan suasana yang sejuk dan asri sehingga bisa menghilangkan penat.

Tiket masuk tempat wisata ini hanya Rp20.000 saja per orang, sedangkan camping akan dikenakan tarif mulai dari Rp300.000–500.000 tergantung pada tenda, layanan, dan jumlah orangnya.

Untuk fasilitas wisata, Bumi Perkemahan Ipukan juga sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang, seperti musala, toilet, gazebo, kantin, saluran air di beberapa titik pos, dan colokan listrik.

4. Alun-Alun Kuningan

Alun-Alun Kuningan

Foto: MUHAMAD SYAHRI ROMDHON via Kompas.com

Alamat: Gg. Alun-Alun, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45511 (Gmaps)

Alun-Alun Kota Kuningan terletak di pusat kota. Wajar saja jika wisata malam Kuningan ini menjadi tujuan populer bagi warga lokal dan turis.

Lapangan umum ini menawarkan berbagai kegiatan dan hiburan yang bisa dinikmati semua umur. Pada malam hari, alun-alun akan dihiasi lampu warna-warni yang membuatnya tampak makin indah.

Ada banyak pedagang yang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman khas Indonesia di sekitar alun-alun. Kamu bisa mencicipi berbagai santapan seperti sate, bakso, tahu gejrot, kebab, teh poci, es kelapa muda, sate-satean, dan banyak lainnya.

Selain jajanan di tempat, kamu juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh, seperti keripik tempe, keripik pisang, dan kue tradisional.

Di samping makanan, ada juga berbagai pilihan hiburan yang tersedia. Kamu bisa menonton pertunjukan jalanan seperti tarian tradisional dan pertunjukan musik, atau menikmati permainan dan wahana kereta api.

Baca juga: Wisata Kuliner Jakarta Pusat Malam Hari: Menikmati Kelezatan Malam

5. Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai

Foto: Ghozy Samudra via Unsplash

Alamat: Babakanmulya, Kec. Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554 (Gmaps)

Taman Nasional Gunung Ciremai adalah salah satu wisata malam Kuningan yang kerap menjadi tujuan utama pendakian bagi para pencinta alam.

Gunung Ciremai sendiri adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Wajar saja jika kunjungan pendakian di gunung ini bisa mencapai 15.000 orang setiap tahunnya!

Tempat ini menawarkan panorama alam yang mengagumkan, hutan alam yang asri, serta air terjun yang indah. Tidak hanya itu, terdapat wisata-wisata budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi di dalamnya, seperti Situ Sangiang, Gunung Pucuk, Sumur Tujuh, Sumur Cikayah, dan Situ Ayu Lintang.

Bagi yang tertarik untuk melakukan pendakian, kamu perlu membayar total kira-kira Rp80.000. Harga tersebut sudah termasuk simaksi, jasa wisata, dan cek kesehatan.

6. Talaga Surian Camp Park

Talaga Surian Camp Park

Foto: Reni Sujinah via Google Maps

Alamat: Puncak, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552 (Gmaps)

Terakhir adalah Talaga Surian Camp Park. Tempat wisata malam Kuningan ini cocok untuk kamu yang hobi berkemah, apalagi jaraknya sendiri tak jauh dari pusat kota, yakni hanya 5 kilometer saja.

Kamu akan mendapatkan pengalaman berkemah di bawah rindangnya hamparan hutan pinus. Selain berkemah ala backpacker, kamu juga bisa menjajal fasilitas glamping yang disediakan pihak pengelola. Jadi, kamu cukup membawa diri dan perlengkapan pribadi saja.

Baca juga: 4 Rekomendasi Wisata Malam Pujon yang Menarik dan Wajib Dilihat

Ingin Glamping Nyaman di Tengah Alam? Bobocabin Jawabannya!

Menginap di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Berlibur di tempat wisata malam tentu harus disertai dengan penginapan yang sama tenteramnya, seperti Bobocabin.

Dengan konsep elevated camping, Bobocabin akan memanjakanmu dengan beragam fasilitas penunjang, seperti Smart Window, Wi-Fi, pengeras suara Bluetooth, dan lampu LED yang bisa diatur sesuka hati.

Saat ini, ada banyak cabang Bobocabin di Jawa Barat yang bisa kamu pilih: Ranca Upas, Pangalengan, Cikole, The Tavia Puncak, Gunung Mas, dan Madasari. Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: Pixabay via pexels.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles