Rekomendasi Wisata Malam Kulon Progo

9 Rekomendasi Wisata Malam Kulon Progo yang Menarik dan Wajib Dilihat

Daerah Istimewa Yogyakarta punya banyak tempat wisata yang indah. Salah satu daerah yang wajib kamu kunjungi adalah Kulon Progo, kabupaten yang menyimpan berbagai wisata alam yang indah. 

Jika kamu tidak sempat berkunjung saat pagi dan siang, jangan risau! Kulon Progo juga punya berbagai opsi wisata malam yang seru dan patut dijajal.

Dalam ulasan ini, Bob akan mengajakmu berkeliling Kulon Progo dan sekitarnya untuk mencari tahu wisata malam Kulon Progo yang patut dikunjungi. Simak ulasan ini, yuk!

Sekilas Mengenai Kulon Progo

Sekilas Mengenai Kulon Progo

Foto: Afriyandi Setiawan via Unsplash

Kulon Progo adalah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan ibu kota yang terletak di Kapanewon Wates. Nama Kulon Progo sendiri berasal dari kata “kulon” yang artinya ‘barat’, dan “Progo” yang merupakan nama sungai. Kulon Progo berarti sebelah barat Sungai Progo.

Kulon Progo dikenal dengan berbagai objek wisata menariknya. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam sembari bersantai. Ada banyak restoran dengan pemandangan ciamik di sekitar daerah ini.

Kabupaten ini berbatasan dengan beberapa daerah, yaitu:

  • Timur: Berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul
  • Selatan: Berbatasan dengan Samudra Hindia
  • Barat: Berbatasan dengan Kabupaten Purworejo
  • Utara: Berbatasan dengan Kabupaten Magelang

Baca juga: 8 Pilihan Tempat Wisata Malam Bantul yang Menarik

9 Tempat Wisata Malam Kulon Progo

Penasaran dengan apa saja tempat wisata malam di Kulon Progo? Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu lihat:

1. Wisata Puncak Saka

Wisata Puncak Saka

Foto: azis saeffudin via Gmaps

Alamat: Klajuran, Tanjungharjo, Kec. Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo (Gmaps)

Wisatawan kerap pergi ke Puncak Saka pada malam hari untuk melihat pemandangan lampu-lampu perkotaan yang indah. Tidak jarang, banyak yang memanfaatkan pemandangan ini untuk berfoto.

Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memukau. Pada sisi sebelah timur, kamu bisa melihat hamparan sawah yang hijau dan pemukiman penduduk. Arah barat laut, mata akan disuguhi panorama jajaran Perbukitan Menoreh yang menakjubkan.

Tidak dikenakan biaya untuk masuk ke sini. Namun, pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp1.000 untuk motor dan Rp3.000 untuk mobil.

2. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Foto: Wisata Jogja via Gmaps

Alamat: Desa Glagah, Kecamatan Temon (Gmaps)

Ingin ke pantai pada malam hari? Pantai Glagah akan menyuguhkan pemandangan indah pantai, hamparan pasir hitam, dan suara debur ombak yang menenangkan. Kamu juga bisa menikmati berbagai jenis makanan di warung-warung sekitar pantai.

Perlu dicatat, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp6.000. Jika kamu membawa kendaraan, maka akan dikenakan juga tarif parkir Rp3.000 (motor), Rp10.000 (mobil), atau Rp20.000 (bus)

3. Bukit Wisata Pulepayung

Bukit Wisata Pelepayung

Foto: Bukit Wisata Pulepayung via Gmaps

Alamat: Soropati, Clapar 2, Hargotirto (Gmaps)

Rekomendasi tempat wisata malam di Kulon Progo lainnya adalah Bukit Wisata Pulepayung. Tempat ini menawarkan pengalaman nongkrong di hadapan lanskap perbukitan dan kota.

Bukit Wisata Pulepayung juga menyediakan berbagai macam spot foto Instagramable yang tampak menyatu dengan alam. Selain itu, kamu bisa memesan makanan sebagai teman bercengkerama dengan teman atau keluarga.

Untuk masuk ke tempat ini, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp20.000-an per orang.

4. Tinitah Alam

Tinitah Alam - Wisata Malam Kulon Progo

Foto: Tinitah Alam via Gmaps

Alamat: Jetis, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo (Gmaps)

Minum kopi sembari melihat pemandangan sawah Kulon Progo? Tentu bisa di Kafe Tinitah Alam. Kamu bisa menikmati pemandangan hamparan sawah yang indah dan view matahari terbenam ketika cuaca sedang cerah. Cocok untuk healing!

Tinitah Alam juga menawarkan berbagai makanan lezat dengan harga terjangkau. Beberapa menu andalannya antara lain tongseng ayam bumbu tinitah, nila panggang bumbu ketumbar, dan tempe dadar bakar madu.

5. Waduk Sermo

Waduk Sermo

Foto: Heru Prabowo via Gmaps

Alamat: Sremo Lor, Hargowilis, Kokap (Gmaps)

Jika kamu suka berkemah, Waduk Sermo adalah tempat yang patut kamu kunjungi. Pasalnya, waduk ini menyuguhkan pemandangan danau tenang dengan latar pemandangan rerimbunan hijau dan kota yang indah.

Waduk Sermo juga biasa dimanfaatkan sebagai area perkemahan. Hal ini juga didukung dengan tersedianya fasilitas seperti toilet, air bersih, dan lahan parkir mobil.

Selain itu, ada banyak lebah di daerah sekitar Waduk Sermo. Pada waktu tertentu, kamu bisa memanen madu bersama warga setempat dan langsung menikmati hasilnya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Malam Ungaran

6. Restoran Bukit Cubung

Restoran Tumpeng Ayu

Foto: boo dee via Gmaps

Alamat: Desa Jati Unggul, Kalurahan Jatirejo, Kapanewon Lendah (Gmaps)

Kalau kamu sedang mencari kuliner khas Yogyakarta, Restoran Bukit Cubung wajib dikunjungi. Dengan desain tradisional, restoran ini terbagi menjadi dua area, yaitu bangunan utama (joglo) yang dimanfaatkan sebagai ruang rapat, serta sekitar area joglo untuk meja-kursi pengunjung.

Restoran ini menyediakan berbagai menu khas Yogyakarta, seperti sego ingkung wiwian, tempe benguk, mie lethek, dan legen cubug. Harga menu-menunya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp4.000–150.000-an.

Bobobox Maximum Comfort Banner

7. Restoran Tumpeng Ayu

Resto Bukit Cibung

Foto: @tumpeng.ayu via Instagram

Alamat: Jl. Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Salaman, Kulon Progo (Gmaps)

Rekomendasi wisata malam Kulon Progo lainnya adalah Restoran Tumpeng Ayu. Kamu bisa menikmati berbagai jenis makanan dan minuman yang disajikan sembari menikmati pemandangan indah perbukitan dan gunung-gunung di sekitarnya.

Sebelum masuk, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp100.000 yang sudah termasuk voucer makan senilai Rp50.000. Menu makanan dan minumannya berkisar di harga Rp17.000–58.000-an.

8. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Foto: anom sabrang via Gmaps

Alamat: Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh (Gmaps)

Di Kebun Teh Nglinggo, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan perkebunan teh yang indah. Banyak pengunjung yang memanfaatkan pemandangan ini untuk berfoto-foto.

Saat malam, kamu juga bisa nongkrong sambil menikmati kudapan dan makanan yang dijual di rumah makan sekitar.

Untuk masuk ke area Kebun Teh Nglinggo, kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp3.000 saja.

9. Alun-Alun Wates (Alwa)

Alun-Alun Wates (Alwa)

Foto:  ZINO RAMDAN SAPUTRA JAYA via Gmaps

Alamat: Jalan Bhayangkara, Terbah, Wates (Gmaps)

Rekomendasi wisata malam Kulon Progo berikutnya jatuh pada Alun-Alun Wates atau Alwa. Tempat ini cocok dikunjungi semua kalangan, dari tua hingga muda. Pada malam hari, alun-alun ini akan dipenuhi aneka macam kuliner kaki lima yang lezat.

Alun-alun ini juga memiliki taman yang asri dan bersih sehingga cocok untuk duduk-duduk santai. Terkadang, ada sekawanan burung merpati yang hinggap dan menambah keindahan tersendiri dari alun-alun ini.

Untuk masuk ke area Alun-Alun Wates, kamu tidak dikenai tarif alias gratis. Namun, jika kamu membawa kendaraan, maka akan dikenakan biaya parkir Rp2.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil).

Nah, itulah beberapa tempat wisata malam Kulon Progo yang bisa kamu kunjungi. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: 5 Tempat Wisata Malam Kaliurang dengan View yang Memikat

Pesan Kamar di Bobopod Dulu, Jalan-Jalan Kemudian!

bobobox

Mumpung di Kulon Progo, jangan lupa untuk mampir ke jantung Yogyakarta, yaitu daerah Malioboro. Di sini, kamu akan menemukan banyak wisata malam yang tidak kalah menarik.

Agar wisata malam praktis, kamu tentu perlu memilih akomodasi yang strategis, seperti Bobopod Malioboro. Dengan konsep modern, fasilitas lengkap, serta lokasi di pusat kota, tidurmu akan semakin nyaman setelah seharian beraktivitas.

Yuk, segera amankan podmu via aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: Bukit Wisata Pulepayung via Gmaps

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles