wisata malam kebumen

Yuk Kunjungi 10 Pilihan Tempat Wisata Malam Kebumen yang Menarik

Ketika liburan di Kebumen, kamu tentu ingin memanfaatkan momen sebaik-baiknya. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi tempat wisata yang buka di malam hari. Pasalnya, ada tempat-tempat yang justru lebih menarik dikunjungi saat matahari terbenam.

Lantas, tempat wisata malam Kebumen apa saja yang wajib dikunjungi? Daripada bingung, yuk intip rangkuman dari Bob ini!

Sekilas Mengenai Kebumen

Kebumen adalah sebuah kabupaten yang berlokasi di selatan Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya yang ada di selatan Jawa menjadikan daerah ini memiliki banyak destinasi liburan berupa pantai dengan panorama yang eksotis dan mengagumkan. 

10 Tempat Wisata Malam di Kebumen

Ini dia aneka tempat wisata di Kebumen yang seru dikunjungi pada malam hari:

1. Pantai Menganti

Pantai Menganti

Sumber: djkn.kemenkeu.go.id

  • Alamat: Kebumen, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp20.000

Pilihan objek wisata malam Kebumen pertama adalah Pantai Menganti. Pantai ini mempunyai pemandangan yang menawan dan unik sehingga jadi favorit banyak wisatawan, baik itu wisatawan dalam maupun luar Kebumen.

Pantainya Menganti seolah “tertutup”; ia dikelilingi bukit sehingga terkesan seperti pantai privat. Hanya saja, untuk menikmati pantainya secara langsung, kamu harus naik dan turun bukit terlebih dahulu.

Jika tertarik, sangat disarankan untuk mengunjungi Pantai Menganti pada sore hari karena panorama matahari terbenamnya begitu menakjubkan.

Bobocabin Bobobox

2. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron

Sumber: Wihdan Hidayat via Republika

  • Alamat: Kebumen, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp10.000 dan Rp15.000 (untuk berkemah)

Wisata malam di Kebumen bisa kamu lanjutkan dengan mengunjungi Pantai Pecaron. Pantai ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang eksotis dan indah. Tebingnya menjulang tinggi dengan pasir yang berwarna hitam keabuan.

Uniknya lagi, Pantai Pecaron tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Dengan begitu, kamu yang tak suka keramaian pasti bakal senang berlama-lama di sini.

3. Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Sumber: djangkarubumi.com

  • Alamat: Jl. Ahmad Yani, Indrakila, Kebumen, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54311 (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam

Apabila berlibur ke Kebumen, jangan sampai melewatkan kesempatan mengunjungi Taman Kota Jenderal HM Sarbini.

Taman kota ini adalah salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, khususnya anak muda, karena bisa dijadikan tempat nongkrong. Taman ini juga kerap dimanfaatkan untuk jalan-jalan santai keluarga dan tempat berburu kuliner.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata Malam Kuningan yang Seru

4. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung

Sumber: bambangirwantoripto.com

  • Alamat: Argopeni, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473 (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp5.500 (anak-anak) dan Rp12.500 (dewasa)

Wisata malam Kebumen berikutnya jatuh pada Pantai Karang Agung. Berbeda dengan kebanyakan pantai yang pasirnya berbatasan dengan laut, ombak di pantai ini akan langsung bertemu dengan bebatuan di sekitar pantai.

Sebagai informasi, bebatuan di Pantai Karang Agung dilindungi oleh masyarakat sekitar sehingga masih terjaga kelestariannya.

5. Waduk Sempor

wisata malam kebumen

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

  • Alamat: Gombong, Waduk Sempor, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54421 (Gmaps)
  • Jam operasional: Minggu–Rabu, 24 jam
  • HTM: Rp3.000 (di luar wahana air Rp15.000–30.000)

Waduk Sempor juga bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata malam Kebumen. Objek wisata ini sendiri adalah salah satu waduk terbesar yang ada di Jawa Tengah.

Waduk Sempor memiliki daya tarik berupa suasana yang cukup sunyi dan pemandangan sekitar yang berseberangan dengan perbukitan hijau. Perbukitan ini berisi pohon pinus dan pohon-pohon lainnya sehingga menjadikan waduk lebih asri.

6. Pantai Lampon

Sumber: ksmtour.com

  • Alamat: Hutan, Pasir, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473 (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

Bagi yang mencari hidden gem di Kebumen, Pantai Lampon adalah destinasi yang wajib masuk daftar. Pasalnya, pantai ini memang jarang didengar wisatawan sehingga kerap sepi. Meski begitu, Pantai Lampon menawarkan panorama alam yang memukau dan asri.

Karena masih sepi pengunjung, kamu serasa seperti memiliki pantai sendiri saat berkunjung. Sambil bersantai, tak ada salahnya mengabadikan momenmu di spot-spot yang bagus dan cantik yang ada.

7. Bukit Uhud

Bukit Uhud

Sumber: Nadinz Ch via Gmaps

  • Alamat: Desa RT. 04/02 Karangtengah, Karangtengah, Karangbolong, Kec. Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54474 (Gmaps)
  • Jam operasional: Setiap hari, 06.00–19.00
  • HTM: Rp8.000 (di luar parkir)

Bukit Uhud atau dikenal juga dengan sebutan Bukit Hood adalah tempat wisata malam berikutnya. Perbukitan ini menyajikan pemandangan pesisir Pulau Jawa yang memanjakan mata. 

Karena terletak di ketinggian 150 mdpl, kamu bakal betah berlama-lama di sini karena udaranya begitu sejuk. Ada banyak spot gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk melihat pemandangan dan sebagai spot foto.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Malam di Tangerang yang Seru

8. Pantai Logending

Pantai Logending

Sumber: ksmtour.com

  • Alamat: Hutan, Argopeni, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam operasional: 06.00–22.00
  • HTM: Dewasa (Rp6.000 hari kerja dan Rp7.000 weekend) dan anak-anak (Rp3.000 hari kerja dan Rp4.000 weekend)

Pantai Logending adalah tempat wisata malam Kebumen yang unik. Pasalnya, pantai ini merupakan perpaduan antara pantai dan hutan sehingga tampak berbeda dengan pantai-pantai lain di Kebumen.

Berkat keunikan tersebut, banyak pengunjung yang memutuskan untuk berlibur di tempat ini dengan cara berkemah. Soal fasilitas, kamu tak perlu khawatir karena sudah ada toilet, musala, penginapan, hingga tempat oleh-oleh di sini.

9. Bukit Jerit

Bukit Jerit

Sumber: Tiara Ajeng via Gmaps

  • Alamat: Ketanggung, Pasir, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam operasional: –
  • HTM: Rp5.000 (di luar parkir sebesar Rp2.000)

Jika kamu ingin menikmati panorama pantai di Kebumen dari atas perbukitan, Bukit Jerit termasuk wisata malam Kebumen yang wajib dikunjungi.

Dari sini, kamu dapat menikmati pemandangan alam Pantai Karang Bolong. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan sejumlah spot foto untuk mengabadikan momen liburanmu.

10. Pantai Wedi Putih

Pantai Wedi Putih

Sumber: Agus Purwanto via Google Maps

  • Alamat: Hutan, Argopeni, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473 (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

Rekomendasi wisata malam Kebumen terakhir adalah Pantai Wedi Putih. Seperti kebanyakan gugusan pantai yang ada di Kebumen, Pantai Wedi Putih dikelilingi bebatuan karang yang menjulang tinggi.

Selain bebatuan karang, Pantai Wedi Putih juga menyimpan daya tarik berupa air terjun atau curug yang terletak di bibir pantai, lebih tepatnya agak tersembunyi di balik perbukitan.

Butuh Istirahat Setelah Eksplorasi? Yuk, ke Bobocabin!

bobocabin

Untuk mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian mengeksplorasi berbagai tempat wisata, kamu bisa menginap di Bobocabin!

Bobocabin hadir dengan fasilitas lengkap yang bakal menunjang istirahatmu, seperti kabin yang leluasa, pengeras suara untuk mendengarkan musik, jendela yang bisa kamu atur agar transparan atau ke mode privasi, campfire & BBQ, dan banyak lainnya.

Yuk, amankan kabinmu segera dengan reservasi via aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier Abdul Fiqih P.

Foto header: goodnewsfromindonesia.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles