Wisata malam kaliurang

5 Tempat Wisata Malam Kaliurang dengan View yang Memikat

Menikmati suasana malam Kota Yogyakarta yang tenang dan syahdu tentunya merupakan impian banyak orang yang hobi travel. Dan, tidak salah, Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata dengan bentang alam yang jarang ditemukan di kota lain.

Keelokan Kota Pelajar itu tidak hanya bisa dikunjungi pada siang hari, tapi sampai malam menjelang. Nah, kali ini, Bob akan membahas beberapa destinasi malam di Yogyakarta, khususnya Kaliurang.

Semenarik apa, sih, tempat wisata malam Kaliurang sampai harus dibahas? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Sekilas Mengenai Kaliurang

Sekilas Mengenai Kaliurang

Sumber: Blog Tokopedia

Sebelum membahas tempat wisata malam Kaliurang, yuk kita kenali dulu kota kecil ini!

Kaliurang merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta. Area ini tersohor dengan keindahan alamnya yang dibarengi udara sejuk dan angin sepoi-sepoi.

Ada berbagai daya tarik lainnya yang bisa kamu temukan di sini, seperti kebun stroberi, peternakan, perkebunan pinus, hingga sungai kecil yang mengalir di sepanjang kawasan ini. 

Kaliurang juga menawarkan berbagai kegiatan wisata, seperti off-road, berkuda, hiking, atau bersepeda di sekitar kaki pegunungan.

Bagi para foodie, Kaliurang dinilai sebagai surga duniawi lantaran menyediakan berbagai kuliner khas tanah Jogja, semacam rondho royal, gudeg, dan bakpia.

Selain sebagai kawasan wisata, Kaliurang juga memiliki nilai sejarah yang penting lho, Sahabat Bob. Misalnya, tempat ini pernah menjadi perlindungan para masyarakat saat terjadi letusan Gunung Merapi di tahun 2010.

Sebagai bentuk peringatan dan edukasi akan bencana tersebut, sebuah museum dibangun di kawasan ini. Tiketnya murah, yakni Rp5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp10.000 untuk wisatawan asing.

Rute ke Kaliurang

Kaliurang merupakan daerah yang relatif mudah ditempuh, tapi memang memakan waktu cukup lama karena berada di lereng gunung. Agar kamu tidak nyasar, berikut adalah rute menuju Kaliurang dan petunjuknya:

  1. Dari pusat Yogyakarta, arahkan perjalanan ke utara menuju Kaliurang.
  2. Ikuti Jalan Kaliurang ke arah utara hingga kamu mencapai pertigaan di Jalan Kaliurang KM 14.
  3. Di pertigaan tersebut, belok kanan (timur) ke arah Jalan Kaliurang KM 14,5 hingga kamu sampai di kawasan Kaliurang.

Periksa kondisi lalu lintas dan manfaatkan aplikasi peta agar rute yang kamu tempuh tidak salah dan kamu terhindar dari kemacetan. Perhatikan pula rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk yang mengarah ke Kaliurang saat melakukan perjalanan.

5 Tempat Wisata Malam Kaliurang

1. Taman Lampion

 

Taman Lampion

Sumber: liburanmulu.com

  • Address: Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582 (Gmaps)
  • Jam buka: 10.00–22.00 WIB

Tempat wisata malam di Kaliurang yang pertama adalah Taman Lampion. Destinasi ini berada di dalam Gardu Pandang Kaliurang dan mulai ramai dari tahun 2014.

Seperti namanya, Taman Lampion didominasi oleh keindahan ribuan lampu lampion yang dipasang dari ujung ke ujung. Warna lampion pun bermacam-macam, menerangi lingkungan sekitar dengan kilapan cahaya pelangi.

Suasana romantis semakin terasa ketika Festival of Light (FOL) yang diadakan setiap libur Lebaran sedang berlangsung. Lampion-lampion akan semakin meriah warna dan bentuknya. Kehadiran air mancur menari atau dancing fame fountain juga membuat suasana kian meriah. 

Baca Juga: Panduan Liburan 3 Hari di Jogja, Dijamin Susah Move On!

2. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah

Sumber: jogjakita.co.id

  • Address: Jl. Kaliurang No.Km.9, Gantalan, Minomartani, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55582 (Gmaps)
  • Jam buka: 09.00–21.00 WIB

Sehabis dingin-dingin di Taman Lampion, enaknya pergi mencari kuliner yang hangat. Langsung saja mampir ke Tengkleng Gajah!

Hidangannya yang berbasis daging kambing ini telah melegenda. Karena berada dekat pegunungan, Tengkleng Gajah dikaruniai pemandangan yang indah dan asri.

Walaupun dikerumuni pohon, jangan takut gelap di saat malam, karena restorannya sudah dilengkapi lampu LED yang membuat interior tampak lebih hangat dan nyaman.

Selagi di sini, jangan lupa coba menu favoritnya, yaitu gule kambing, ya!

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. The Waroeng of Raminten Jakal

The Waroeng of Raminten Jakal

Sumber: The Waroeng of Raminten

  • Alamat: Jl. Kaliurang No.Km 15.5, Kledokan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55582 (Gmaps)
  • Jam buka: 10.00–22.00 WIB

Selain Tengkleng Gajah, kamu juga bisa mengunjungi Waroeng of Raminten Jakal. Warung ini terkenal dengan makanan tradisionalnya yang sudah tidak diragukan lagi. Karena setiap menu diracik dengan sempurna, makanannya pun tidak hanya lezat, tapi juga bikin kangen balik lagi.

Menu yang bisa kamu coba antara lain bakmi Jawa, soto tangkar, nasi tumpeng, dan masih banyak lagi. Tidak hanya makanan, Waroeng of Raminten Jakal juga menyediakan es cendol, susu jahe, wedang ronde, dan lain-lain.

4. Warung Kopi Merapi

Warung Kopi Merapi

Sumber: Naufal Hafiz via Google Maps

  • Alamat: Kepuharjo, Cangkringan, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–00.00 WIB

Siap-siap dijamu oleh kopi berkualitas dan menu makanan yang lezat kalau kamu singgah di sini! Walaupun jaraknya sedikit jauh dari pusat Kaliurang, kedai kopi ini wajib dikunjungi karena menawarkan udara pegunungan yang segar.

Kedai ini cocok bagi kamu yang ingin menikmati secangkir kopi sambil bekerja atau bersantai bersama kerabat dekat. Menurut para pengunjung, menu favorit mereka adalah kopi susu dan mi rebus khas Jogja.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Makan di Jalan Kaliurang yang Menggugah Selera

5. Merapi Coffee

Merapi Coffee

Sumber: Merapi Coffee via Google Maps

  • Alamat: Jl. Bebeng, Pangakrejo, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583 (Gmaps)
  • Jam buka: 09.00–19.00 WIB

Warga Umbulharjo pasti sudah tidak asing lagi dengan Merapi Coffee. Pasalnya, tidak hanya kopi mereka saja yang juara, tapi tempatnya juga nyaman banget. Bayangkan saja minum kopi sambil bersantai di bawah kaki Gunung Merapi. Penat dan pusing pasti langsung minggat!

Kafe hits ini juga menyediakan beragam snack serta makanan berat, mulai dari hidangan lokal sampai internasional.

bobobox

Mencari akomodasi untuk liburan di Yogyakarta? Bobobox Malioboro jawabannya!

Terletak di kawasan pusat turis, hotel kapsul ini cocok bagi kamu yang mencari akomodasi nyaman sekaligus strategis. Desain pod yang futuristik dan fasilitas lengkapnya dijamin bikin stay kamu semakin berkesan.

Yuk, pesan podmu via aplikasi agar lebih praktis!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: Fahmi Ahmad via Harian Jogja

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles