Wisata malam jakarta utara

10 Rekomendasi Tempat Wisata Malam Jakarta Utara

Bosan dengan wisata malam Jakarta Selatan yang itu-itu saja? Kalau begitu, waktunya mampir ke tempat-tempat seru di bawah ini!

Setiap destinasi ini menawarkan keindahannya masing-masing, mulai dari pantai-pantai indah hingga hiburan nonstop. Beberapa di antaranya bahkan tidak bisa kamu temukan di pusat Kota Jakarta sehingga menghadiahkan pengalaman yang lebih seru dan beda.

Tidak percaya? Yuk, intip rekomendasi tempat wisata malam Jakarta Utara berikut ini!

Sekilas Mengenai Jakarta Utara

Seperti namanya, Jakarta Utara adalah wilayah administratif yang terletak di bagian utara DKI Jakarta. Daerah ini dikenal dengan kekayaan alamnya yang memukau dan daya tarik wisatanya yang tak terelakkan. 

Wilayah ini juga merupakan salah satu pusat perdaganan dan ekonomi terbesar di Jakarta. Kawasan seperti Pantai Indah Kapuk (PIK), Pluit, dan Kelapa Gading merupakan daerah dengan perkembangan komersial yang pesat.

Itulah mengapa Jakarta Utara memiliki banyak pusat perbelanjaan, pusat bisnis, dan perkantoran. 

Tempat Wisata Malam Jakarta Utara

Di antara lautan komersil Jakarta Utara, ada beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi di malam hari. Penasaran apa saja? Ini dia daftarnya!

1. Pantai Indah Kapuk

Pantai Indah Kapuk

Sumber: genpi.co

  • Alamat: Pantai Indah Kapuk, Jakarta (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Pantai Indah Kapuk merupakan area pantai di Jakarta Utara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Area pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak yang tenang sehingga sering dikunjungi banyak orang untuk bersantai.

Kamu bisa menemukan banyak atraksi, seperti mall, restoran, jajanan pinggir jalan, hingga penampilan musik. Selain itu, Pantai Indah Kapuk juga merupakan rumah dari berbagai kluster, townhouse, dan apartemen yang kini sedang booming di Jakarta.

Tak heran kalau areanya kerap ramai pengunjung, ya!

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Ancol Dreamland

Ancol Dreamland

Sumber: ancol.com

  • Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Terletak di pinggir pantai, Ancol Dreamland menawarkan berbagai atraksi menarik bagi pengunjung segala usia.

Beberapa tempat tersebut adalah Dunia Fantasi (Dufan), Seaworld, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, dan masih banyak lagi. Destinasi-destinasi ini terkadang buka sampai malam, terutama jika sedang ada event spesial.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta Selatan yang Paling Populer

3. Pantai Marina

Pantai Marina

Sumber: ancol.com

  • Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Tempat wisata malam Jakarta Utara selanjutnya adalah Pantai Marina. Pantai Marina merupakan salah satu pantai di Indonesia yang memiliki pasir putih bersih.

Pantai satu ini tidak hanya indah saat dikunjungi pada siang hari. Saat malam tiba, area pantainya akan gemerlap dengan lampu-lampu hangat. Kamu juga akan ditemani suara debur ombak santai yang dijamin mampu menghilangkan penat. 

4. Hutan Mangrove PIK

Hutan Mangrove PIK

Sumber: jakartamangrove.id

  • Alamat: 7 Jalan Katamaran Indah 1 Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–21.00 WIB

Keragaman hayati, ekosistem unik, dan pohon-pohon yang menjulang tinggi sepanjang pesisir merupakan daya tarik Hutan Mangrove di PIK.

Hutan ini berperan penting dalam menjaga kestabilan lingkungan, melindungi pantai dari abrasi, dan menjadi tempat hidup berbagai spesies hewan.

Tak usah takut gelap, karena pada malam hari, areanya diterangi lampu warna-warni yang juga menambah keindahan lingkungan sekitarnya.

5. Pantai Aloha PIK 2

Pantai Aloha PIK 2

Sumber: @aloha.pik via Instagram

  • Alamat: Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara (Gmaps)
  • Jam buka: 10.00–22.00 WIB

Tidak usah jauh-jauh ke Hawaii untuk menikmati segarnya minum air kelapa muda di pinggir pantai pasir putih. Di Jakarta Utara juga ada, tepatnya di Pantai Aloha.

Terletak di PIK 2, area ini merupakan sarangnya kuliner lezat, mulai dari makanan laut, jajanan pasar, hingga pasta. Dekorasi pantainya didominasi oleh bambu dan kursi pantai cantik sehingga memperkuat suasana tropis yang khas.

6. Pantjoran PIK

Pantjoran PIK

Sumber: J Surianto via Pexels

  • Alamat: Kamal Muara, Jakarta Utara, Jakarta (Gmaps)
  • Jam buka: 09.00–23.00 WIB (beberapa toko tutup pukul 21.00)

Masih di area Pantai Indah Kapuk, tempat wisata malam Jakarta Utara berikutnya adalah Pantjoran PIK.

Destinasi wisata ini tersohor dengan kuliner malamnya yang melegenda. Tidak hanya itu, konsep areanya unik karena mengusung dekorasi khas negeri Tiongkok yang identik dengan lampion dan warna merah.

Jadi, buat para pemburu foto aesthetic, tempat ini tentu cocok untuk dijadikan background, apalagi jika kamu datang di malam hari!

7. La Riviera PIK

La Riviera PIK

Sumber: salsawisata.com

  • Alamat: Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Tidak jauh dari Pantjoran PIK, terdapat satu lagi wisata malam di Jakarta yang sedang viral, yaitu La Riviera.

Tempat ini merupakan jajaran ruko berkonsep Eropa yang baru rampung kurang lebih tahun lalu. Kini, areanya dibuka sebagai destinasi malam yang menyuguhkan panorama indah dan kuliner lezat.

Di malam hari, La Riviera tampak cantik dengan lampu hias yang membuat atmosfer terasa hangat. Mirip jalanan di kota Eropa, deh!

8. COVE at Batavia Pantai Indah Kapuk

COVE at Batavia Pantai Indah Kapuk

Sumber: mbtech.info

  • Alamat: Jl. Pantai Indah Kapuk No.1, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, 14460 (Gmaps)
  • Jam buka: 09.00–22.00 WIB

Menjelajah Jakarta Utara rasanya tidak lengkap tanpa mengunjungi COVE at Batavia. Destinasi wisata ini sedang viral di kalangan remaja karena menawarkan pemandangan sunset yang indah di sore hari.

Lokasinya bersebelahan dengan laut biru, jadi tak ayal kalau area sekitar COVE at Batavia terasa lebih romantis dan eksotis di malam hari.

Selagi di sini, jangan lupa untuk mencoba hidangan makanan laut khas PIK seperti kerang, udang bakar, dan oyster siram!

Baca juga: 24 Jam Kulineran di Jakarta, dari Kaki Lima Sampai Bintang Lima

9. Museum Bahari Kota Tua

Museum Bahari Kota Tua

Sumber: Leonid Andronov via Kompas

  • Alamat: Jl. Pakin No.2, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440 (Gmaps)
  • Jam buka: 09.00–15.00 WIB (tutup hari Senin)

Museum Bahari terletak di Kota Tua yang dikenal sebagai pusat perdagangan di masa kolonial Belanda. Museum ini menyimpan koleksi-koleksi yang menggambarkan sejarah maritim Indonesia, seperti perahu tradisional, peta lama, arca, dan berbagai artefak penting lainnya. 

Selain itu, bangunan museum ini juga memiliki arsitektur yang menarik. Desain kolonialnya masih terawat dengan baik layaknya gedung asli di tempo dulu. Yuk, datang ke sini pada siang hari dan nikmati pemandangan cantik Kota Tua malam harinya!

10. Kawasan Mangga Dua

Kawasan Mangga Dua

Sumber: tiket.com

  • Alamat: Jl. Mangga Dua Raya, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam (beberapa toko tutup jam 21.00/22.00 WIB)

Kawasan Mangga Dua populer sebagai pusat perbelanjaan yang menawarkan beragam barang dagangan, dari pakaian, sepatu, tas, hingga peralatan elektronik.

Beberapa tempat yang terkenal di sini adalah Pasar Mangga Dua dan Mangga Dua Square. Di sekitarnya, terdapat banyak jajanan kaki lima yang ramai dikerumuni pembeli. 

Kawasan ini buka hingga malam. Malahan, beberapa buka sampai 24 jam, lho!

bobobox

Jalan-jalan malam di Jakarta Utara semakin mantap kalau kamu menginap di Bobobox. Tidak cuma podnya yang nyaman dan futuristik, lokasinya juga tepat di tengah-tengah Kota Tua, sehingga strategis alias mudah untuk ke mana-mana.

Yuk, unduh aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk reservasi!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: Chris Slupski via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles