wisata malam jakarta timur

10 Pilihan Tempat Wisata Malam Jakarta Timur yang Menarik

Indonesia memiliki banyak wilayah yang menawarkan pengalaman berwisata di malam hari, termasuk di kawasan Jakarta Timur. Mulai dari taman hingga pura, berikut ini adalah 10 tempat wisata malam Jakarta Timur yang bisa masuk daftar tujuan wisatamu.

Sekilas Mengenai Jakarta Timur

Sekilas Mengenai Jakarta Timur

Sumber: timur.jakarta.go.id

Jakarta Timur merupakan salah satu dari lima kota administratif dan satu kabupaten administrasi yang ada di Daerah Khusus Istimewa Jakarta. Berlokasi di bagian timur DKI, Jaktim terdiri dari 10 kecamatan dan 65 kelurahan.

10 kecamatan tersebut meliputi:

  • Cakung
  • Cipayung
  • Ciracas
  • Duren Sawit
  • Jatinegara
  • Kramat Jati
  • Makasar
  • Matraman
  • Pasar Rebo
  • Pulo Gadung

Jakarta Timur memiliki luas wilayah mencapai 182,7 km² yang berbatasan dengan beberapa daerah lain. Sebut saja Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok.

Dulunya, Kantor Walikota Jakarta Timur berada di wilayah Jatinegara hingga akhir tahun 1990-an. Lalu, sejak tahun 2000-an, kantornya pindah ke wilayah Penggilingan di Kecamatan Cakung.

Baca Juga: Nggak Hanya Gedung Saja, Ini 7 Wisata Jakarta Nuansa Alam Yang Patut Dicoba

10 Tempat Wisata Malam Jakarta Timur

Saat kamu mulai jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan di siang bolong, wisata malam Jakarta Timur berikut ini bisa menjadi pelarian singkatmu.

1. AEON MALL Jakarta Garden City

AEON MALL Jakarta Garden City

Sumber: J-Sky Ferris Wheel AEON MALL JGC via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Jakarta Garden City Boulevard No.1, Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung
  • Jam buka: 10.00–22.00
  • HTM: Gratis

Salah satu tempat wisata malam Jakarta Timur yang bisa kamu kunjungi adalah AEON Mall Jakarta Garden City. Daya tarik utama dari mal ini adalah J-Sky Ferris wheel alias bianglala raksasa yang ada di lantai teratas.

Bianglala tersebut menyuguhkan keindahan Jakarta Timur dari atas pada malam hari. Siapkan saja uang sebesar Rp55.000 untuk sekali naik jika datang di hari biasa, atau Rp66.000 saat akhir pekan. Perlu diingat bahwa wahana hanya beroperasi sampai pukul 21.00.

Sebagai alternatif, Aeon juga memiliki bioskop, banyak restoran dengan sajian lezat, dan Wonder Garden area bawah mal. Wonder Garden sendiri adalah area terbuka hijau yang dilengkapi dengan tatanan lampu menarik serta pantulan-pantulan proyeksi lampu yang indah.

2. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur

Sumber: David Bengurion Tarihoran via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Pakuan No.5, Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung
  • Jam buka: 08.00–17.00 (hari biasa) dan 09.00–17.00 (akhir pekan)
  • HTM: Rp10.000 per orang

Buperta Cibubur adalah pilihan wisata malam Jakarta Timur yang cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman. Tempat ini berupa area hijau berumput dengan pepohonan pinus di sekelilingnya dan juga sebuah danau yang indah.

Sesuai namanya, Buperta Cibubur kerap menjadi lokasi favorit untuk berkemah. Kamu bisa membawa tenda sendiri sehingga kamu hanya perlu menambah biaya sewa lahan per malam sebesar Rp20.000.

Sebagai informasi, kamu hanya boleh membawa maksimal dua tenda saja. Jika tidak ingin repot, pihak Buperta telah menyediakan jasa sewa tenda mulai dari Rp50.000–300.000.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Pura Aditya Jaya

Pura Aditya Jaya

Sumber: I wayan Budhi Gunadi via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Daksinapati Raya No.10, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung
  • Jam buka: 24 jam (Selasa–Sabtu), 08.00–23.00 (Minggu), dan 08.00–20.00 (Senin)
  • HTM: Gratis

Pura Aditya Jaya ini merupakan pura dengan arsitektur khas Bali yang akan membuat kamu merasakan suasana khas Bali. Udaranya saja bahkan beraroma seperti di Pulau Dewata.

Selain sebagai tempat ibadah, Pura Aditya Jaya juga bisa menjadi pilihan untuk melepas penat kala malam tiba. Tempat ini memang lebih sepi pada sore dan malam hari sehingga cocok kalau kamu ingin menghindari keramaian.

Di sisi luar pura, kamu akan menjumpai warung makan yang menyajikan makanan nonhalal khas Bali. Selain itu, ada juga warung-warung yang menjual aneka perlengkapan upacara umat Hindu serta buku-buku terkait ajaran Hindu.

4.  Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sumber: tamanmini.com

  • Lokasi: Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung
  • Jam buka: 06.00–20.00
  • HTM: Rp25.000

TMII bisa menjadi pilihan berikutnya bagi kamu yang ingin menjajal wisata malam Jakarta Timur. Taman bermain ini hanya beroperasi sampai jam 17.00, tapi kamu bebas berkeliling area taman hingga pukul 20.00.

Hal ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang suka menjelajah tanpa harus menjajal wahana yang ada. Kamu pun bebas mengagumi keindahan bangunan-bangunan yang ada, seperti keong emas, anjungan daerah, museum, wahana rekreasi, hingga tempat ibadah.

Selain itu, TMII juga mempertontonkan keindahan Dancing Fountain Tirta Cerita setiap hari mulai pukul 18.30–19.00. Pertunjukan ini berlangsung di Plaza Promenade (depan anjungan D. I. Yogyakarta).

5. Old Shanghai Sedayu City

Old Shanghai Sedayu City

Sumber: FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI via kompas.com

  • Lokasi: Jalan Sedayu City Boulevard, Sedayu City Kelapa Gading, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung
  • Jam buka: 10.00–22.00 (hari biasa) dan 07.00–23.00 (akhir pekan dan hari libur nasional)
  • HTM: Gratis

Selanjutnya, ada Old Shanghai yang bisa menjadi pilihan wisata kuliner malam saat berada di Jakarta Timur.

Konsep tempat ini hampir sama dengan Pantjoran PIK. Kamu akan dimanjakan dengan aneka kuliner, wisata belanja, game center, dan arsitektur unik khas Kota Shanghai.

Untuk kulinernya sendiri, kamu bisa menjumpai makanan Chinese, western, dan lokal serta hidangan legendaris dan kekinian. Namun, berbeda dengan Pantjoran PIK yang didominasi makanan nonhalal, Old Shanghai lebih banyak menyajikan makanan halal.

Baca Juga: 7 Spot Sate Taichan Terlezat di Jakarta yang Wajib Kamu Coba!

6. Kupinami

Kupinami

Sumber: olret.viva.co.id

  • Lokasi: Jalan Bina Marga No.44, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung
  • Jam buka: 07.00–22.00 dan 11–01.00 (hari Jumat)
  • HTM: Gratis

Kupinami bisa menjadi alternatif lainnya untuk wisata malam Jakarta Timur bersama teman. Dengan area yang luas dan dekorasi yang Instagrammable abis, tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin berburu foto.

Sajian makanan di Kupinami dijamin akan menggoyang lidah. Salah satu yang menjadi favorit adalah menu mi Aceh yang tersedia dalam empat varian, yaitu Wagyu, orisinal, ayam jamur, dan udang. Kamu juga bisa memilih opsi kuah, tumis, atau goreng.

Selain itu, Kupinami juga dilengkapi dengan area playground sehingga kamu pun bebas mengajak buah hati untuk makan di sini.  

7. 7th Sky Lounge

7th Sky Lounge

Sumber: wartaevent.com

  • Lokasi: Jalan MT Haryono Kav. 10A, Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara
  • Jam buka: 06.00–23.00
  • HTM: Gratis

7th Sky Lounge merupakan venue di Teraskita Hotel yang bisa digunakan untuk acara gathering, intimate wedding, ulang tahun, pertunangan, hingga arisan. Kamu juga bisa datang ke sini untuk romantic dinner atau sekadar kongko bersama teman.

7th Sky Lounge tentunya menawarkan pengalaman menarik dan berbeda. Karena lokasinya berada di lantai tujuh hotel, kamu pun bisa menikmati pemandangan kerlap-kerlip Jakarta Timur pada malam hari dari ketinggian.

8. Pasar Malam BKT Duren Sawit

Pasar Malam BKT Duren Sawit

Sumber: Rizka N via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Sawah Barat Dalam I No.33, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit
  • Jam buka: 17.00–23.45
  • HTM: Gratis

Pasar Malam BKT Duren Sawit bisa menjadi pilihan wisata malam murah meriah bersama teman atau keluarga. Kamu akan menjumpai banyak penjual makanan, minuman, dan pakaian murah.

Selain itu, ada juga area permainan yang bisa kamu coba, mulai dari bianglala, korsel, hingga kora-kora. Tiketnya cukup Rp10.000–15.000 per orang dan bisa langsung dibeli di area.

9. Kuliner Batavia

Kuliner Batavia

Sumber: Irfan Firdaus Amar via Google Maps

  • Lokasi: Blok Nangka No.18, Jalan Raya Pulo Gebang, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung,
  • Jam buka: 12.30–22.30
  • HTM: Gratis

Buat kamu yang suka kulineran, Kuliner Batavia wajib banget masuk daftar wisata malam Jakarta Timur. Sesuai namanya, tempat ini menawarkan aneka makanan dan minuman khas Betawi, seperti soto Betawi, kerak telor, bir pletok, dan es selendang mayang.

Selain makanan Betawi, kamu juga bisa mencicipi sajian lezat lainnya. Sebut saja soto Surabaya, makanan ala-ala Korea, steak murah, seafood, nasi goreng, serabi, kopi, es teler, dan masih banyak lagi.

10. Taman BKT

Taman BKT

Sumber: Ragam Info via Google Maps

  • Lokasi: Jalan. Kolonel Sugiono No.107, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Taman BKT (Banjir Kanal Timur) dulunya merupakan area yang tidak terurus, tapi kemudian diubah menjadi taman yang sejuk dan indah.

Pengunjung biasanya datang pada pagi hari untuk joging atau sekadar jalan-jalan. Namun, ada juga pengunjung yang lebih memilih datang pada malam hari untuk berpiknik santai di taman.

Saat malam minggu tiba, Taman BKT biasanya akan ramai pengunjung sekaligus penjaja makanan dan minuman. Jika ingin berhemat, kamu bisa membawa bekal dari rumah untuk disantap selagi bersantai di taman.

Baca Juga: Ternyata, 10 Wisata Malam Jakarta yang Wajib Masuk Wishlist!

Tempat Menginap Praktis di Jakarta

bobobox

Tak hanya menawarkan beragam wisata untuk melepas penat, Jakarta juga memiliki segudang opsi penginapan. Kalau kamu mencari yang praktis dan terjangkau, Bobobox jawabannya.  

Setelah puas berwisata, hotel kapsul ini bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah. Tinggal pilih saja lokasi yang kamu mau, mulai dari Bobobox Kebayoran, Pancoran, Tanah Abang, Juanda, Kota Tua, hingga ITC Kuningan.

Yuk, unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: tamanmini.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles