Tempat Wisata Malam Jakarta Pusat

Jelajahi Wisata Malam Jakarta Pusat: Suasana Malam yang Hidup

Ingin berwisata malam hari ke Jakarta Pusat, tapi belum tahu harus pergi ke mana? Tenang, Bob sudah rangkumkan dua belas tempat wisata malam Jakarta Pusat yang sayang jika kamu lewatkan.

Mulai dari wisata kuliner, tempat hiburan, wisata edukasi, hingga wisata religi, semuanya bisa kamu jelajahi di Jakarta Pusat. Yuk, optimalkan waktu liburanmu dengan mengunjungi tempat-tempat wisata malam di Jakarta Pusat berikut ini!

Sekilas Mengenai Jakarta Pusat

Sekilas Mengenai Jakarta Pusat

Foto: Rifki Kurniawan via Unsplash

Jakarta Pusat adalah kota administrasi terkecil di provinsi DKI Jakarta. Dengan luas hanya 52.38 km² saja, kota administrasi Jakarta Pusat terdiri dari 8 kecamatan dan 44 kelurahan. Delapan kecamatan tersebut meliputi:

  • Cempaka Putih
  • Gambir
  • Johar Baru
  • Kemayoran
  • Menteng
  • Sawah Besar
  • Senen
  • Tanah Abang

Jakarta Pusat terletak di tengah-tengah DKI Jakarta sehingga wilayahnya dikelilingi oleh kota administrasi Jakarta lainnya. Di sebelah utara, ia berbatasan dengan Jakarta Utara, di sebelah timur dengan Jakarta Timur, di sebelah selatan dengan Jakarta Selatan, dan di sebelah barat dengan Jakarta Barat.

Kantor Walikota Administrasi Jakarta Pusat sendiri terletak di Kecamatan Tanah Abang.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Makanan di Daerah Jakarta Pusat

12 Tempat Wisata Malam Jakarta Pusat

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata malam Jakarta Pusat yang sayang dilewatkan:

1. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional Jakarta

Foto: rakyatempatlawang.disway.id

Tugu Monas sebagai ikon Kota Jakarta ini memang tak pernah sepi pengunjung, termasuk di malam hari. Wisata sejarah Monas memang tutup pada malam hari, tapi kamu tetap dapat berwisata di kawasan komplek Monas.

Misalnya, pada malam hari, kamu bisa sekadar duduk-duduk santai menikmati suasana malam Kota Jakarta atau berolahraga di sekitar kawasan Monas.

Selain itu, kamu juga bisa berwisata kuliner di sekitar Monas sambil menikmati pemandangan Monas yang penuh kerlap-kerlip cahaya lampu malam hari.

2. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng

Foto: Andreas Lukas Altobeli via Kompas

Taman Lapangan Banteng juga bisa menjadi pilihan wisata malam Jakarta Pusat untukmu. Kamu bisa berfoto-foto, berolahraga, dan menyaksikan pertunjukan air mancur. Pertunjukan air mancur diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 18.30–19.30 WIB.

Tetapi untuk kamu yang hanya ingin duduk-duduk bersantai taman ini, kamu bebas mengunjunginya di jam berapapun, karena Taman Lapangan Banteng ini dibuka 24 Jam!

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Jalan Sabang

Jalan Sabang

Foto: Jun Aggabao via Tripadvisor

Jalan Sabang adalah salah satu surga wisata kuliner di Jakarta. Ada banyak sekali kuliner yang ditawarkan di sini, mulai dari jajanan kaki lima hingga kafe dan restoran yang menjamur.

Terdapat pula sejumlah kuliner legendaris yang sudah dicintai warga Jakarta sejak puluhan tahun lalu, seperti Sate Pak Heri Asli, Natrabu Minang, Bakmi Roxy, dan masih banyak lainnya.

4. Jalan Pecenongan

Jalan Pecenongan

Foto: ratzdaily.wordpress.com

Pusat wisata kuliner malam lainnya di Jakarta Pusat adalah kawasan Jalan Pecenongan. Kamu bisa menjajal seabrek kuliner populer, seperti Martabak Pecenongan, Bubur Kwang Tung, Lumpia Jakarta, dan Pondok Laguna. Tak heran, pusat kuliner ini tak pernah sepi pengunjung.

5. Pasar Baru

Pasar Baru

Foto: Liandro N. I. Siringoringo via Manual

Masih pusat Kuliner, yang satu ini tak jauh dari Kota Tua. Jadi, kalau kamu berencana untuk wisata ke kawasan Kota Tua, jangan lupa mampir ke Pasar Baru untuk menjelajahi kuliner malamnya, ya!

Kamu juga bisa menjumpai sejumlah kuliner legendaris di tempat ini, seperti Bakmi Aboen, Bakmi Gang Kelinci, Cakue Ko Atek, dan masih banyak lainnya.

6. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki

Foto: asumsi.co

Wisata Malam Jakarta Pusat ini adalah tempat wisata edukatif yang merupakan pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta. Pada malam hari, kamu bisa menonton pertunjukan seni. Kamu bisa mengecek informasi jadwal acara Taman Ismail Marzuki sebelum berkunjung.

7. Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya

Foto: indonesiakaya.com

Masih tempat wisata edukatif, Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang publik yang memadukan konsep edukasi dan digital. Tujuannya sendiri adalah untuk memperkenalkan dan mengapresiasi seni serta budaya Indonesia, khususnya kepada generasi muda.

Galeri Indonesia Kaya dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 150 orang yang menyuguhkan tontonan budaya, mulai dari seni teater, musik, pemutaran film, diskusi budaya, seminar, dan lokakarya gratis.

8. Skye Bar & Restaurant

Skye Bar & Restaurant

Foto: Skye Bar & Restaurant via Tripadvisor

Bosan kulineran street food di Jakarta? Yuk, coba datang ke restoran yang satu ini. Skye Bar adalah restoran berkonsep rooftop yang terletak di atap gedung Menara BCA Thamrin. 

Makan malam di restoran ini memberikan pengalaman romantis dengan pemandangan megah ibu kota yang dihiasi oleh kerlap-kerlip lampu cantik. Suara gemerincing gelas dan canda tawa dipadukan dengan atmosfer istimewa dari cahaya bangunan dan jalan-jalan yang ramai, menciptakan momen makan malam yang tak terlupakan.

Baca Juga: 20 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Paling Populer Saat Ini

9. Sarinah

Sarinah Jakarta Pusat

Foto: Sarinah

Sarinah adalah mal modern tertua di Indonesia. Belum lama ini, Sarinah direvitalisasi dan kini sudah dibuka kembali untuk umum. Kamu bisa belanja di department store-nya lalu nongkrong di kafe atau rooftop gedung.

10. Grand Indonesia

Grand Indonesia Jakarta Pusat

Foto: easybook.com

Grand Indonesia adalah salah satu mal terbesar dan paling bergengsi di Indonesia. Kalau kamu suka belanja, kamu akan puas menjelajahi tempat ini. Kamu bisa menemui berbagai brand ternama di dalamnya.

Selain berbelanja, kamu juga bisa makan, nonton film, atau pergi ke tempat hiburan seperti karaoke hingga spa. Semuanya bisa kamu lakukan di mal ini!

11. Terowongan Kendal

Terowongan Kendal

Foto: Jakarta Smart City

Terowongan Kendal adalah terowongan yang menghubungkan Stasiun KRL Sudirman dengan Stasiun MRT Dukuh Atas. Terowongan ini adalah spot foto Instagrammable karena dihiasi dengan mural-mural dan lampu warna-warni yang estetis.

12. Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

Istiqlal dan Gereja Katedral

Foto: @jakartanightview via Instagram

Tak hanya punya tempat kuliner, hiburan, dan belanja saja, wisata malam Jakarta Pusat juga tidak menutup kemungkinan wisata religi. Kamu bisa mengunjungi dua tempat wisata religi yang ikonis, yaitu Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Kedua rumah ibadah ini dihubungkan dengan Terowongan Silaturahmi yang merupakan simbol toleransi umat beragama. Selain beribadah, kamu juga bisa menikmati suasana yang tenang dan syahdu ditemani lampu-lampu cantik di sekitar kawasan kedua tempat ibadah.

Baca Juga: Nikmati Akhir Pekanmu Bersama Orang-Orang Tersayang Dengan Piknik Di Spot-Spot Piknik Sekitar Jakarta Berikut Ini!

Tempat Menginap yang Oke di Jakarta Pusat

bobobox

Hotel kapsul Bobopod adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan yang nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan terjangkau. Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Agar pod tetap bersih, kamu bisa menyantap makanan di area komunal. Jangan khawatir, karena ada microwave yang bisa kamu pakai untuk menghangatkan makanan yang telah kamu beli.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya dulu, ya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: youdeservebetter.id 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles