Wisata Malam Jakarta Barat

Wisata Malam Jakarta Barat: Menjelajahi Kelezatan Malam di Barat Jakarta

Jakarta Barat merupakan salah satu wilayah di Jakarta yang memiliki beragam destinasi wisata malam. Mulai dari pusat perbelanjaan, tempat kuliner, hingga tempat hiburan, semuanya bisa ditemukan di sini.

Bagi yang mencari tempat wisata malam yang menawarkan beragam keseruan, Jakarta Barat adalah pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa tempat wisata malam Jakarta Barat versi Bob yang bisa kamu kunjungi!

Sekilas Mengenai Jakarta Barat

Sekilas Mengenai Jakarta Barat

Foto: Helen G via Unsplash

Jakarta Barat adalah kota administrasi yang berada di bagian barat Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Pusat pemerintahan kota ini berada di Kecamatan Kembangan.

Jakarta Barat sebenarnya berdiri pada tahun 1966, tapi kota ini baru resmi dibentuk berdasarkan PP No. 25 Tahun 1978. Sebagai kota adminstrasi, Jakarta Barat bukanlah daerah otonom sehingga tidak punya DPRD sendiri.

Secara administratif, Jakarta Barat terbagi menjadi 8 kecamatan dan 56 kelurahan. Jumlah penduduk kota Jakarta Barat pada tahun 2018 mencapai 2.486.074 jiwa. Sementara itu, pada pertengahan tahun 2023, penduduk Jakarta Barat berjumlah 2.615.945 jiwa.

10 Tempat Wisata Malam Jakarta Barat

Wisata malam Jakarta Barat ada bermacam-maca. Berikut sepuluh yang bisa kamu jajal:

1. Kota Tua

Kota Tua

Foto: nationalgeographic.grid.id

Alamat: Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Pinangsia, Taman Sari, West Jakarta City, Jakarta 11110 (Gmaps)

Kebanyakan orang lebih senang mengunjungi Kota Tua pada siang hari. Padahal, tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri saat malam tiba.

Ketika siang berganti malam, tempat yang dikenal sebagai Old Batavia ini juga membuka sejumlah museum seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Keramik.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan momen liburan di destinasi wisata malam Jakarta ini dengan bersepeda, mencicipi kuliner, dan mengunjungi Taman Fatahillah.

Baca Juga: 7 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Kota Tua Jakarta

2. Taman Cattleya

Taman Cattleya

Foto: jakarta-tourism.go.id

Alamat: Jl. Letjen S. Parman, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480 (Gmaps)

Tempat wisata malam Jakarta barat berikutnya adalah destinasi favorit anak muda untuk nongkrong, yaitu Taman Cattleya. Taman ini menawarkan kesan cantik dan nyaman untuk bercengkerama berkat banyaknya kursi, pemandangan hijau, serta deretan bohlam.

Bukan cuma itu, di sekitar Taman Cattleya, kamu juga bisa menemukan aneka tempat makan untuk bersantap. Untuk fasilitasnya sendiri, Taman Cattleya terbilang cukup lengkap, mulai dari lahan parkir, toilet, dan lainnya.

3. Sky Rink

Sky Rink

Foto: Xena Olivia via Kompas.com

Alamat: Mall, Taman Anggrek, RT.12/RW.1, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470 (Gmaps)

Bermain seluncur es atau ice skating adalah salah satu opsi kegiatan yang bisa dilakukan di kala luang, khususnya di malam hari. Salah satu arena bermain ice skating yang layak dikunjungi adalah di Sky Rink Mal Taman Anggrek, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Tempat wisata malam Jakarta Barat ini menawarkan keseruan untuk belajar seluncur es, terutama bagi pemula. Satu sesi selama dua jam dibanderol sebesar Rp125.000. Kamu juga perlu membeli tiket loker untuk menaruh barang-barang seharga Rp15.000.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Tribeca Park

Tribeca Park

Foto: centralparkjakarta.com

Alamat: Letjen S. Parman No.28, RT.12/RW.6, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470 (Gmaps)

Rekomendasi tempat wisata malam di Jakarta Barat selanjutnya adalah Tribeca Park. Tribeca Park menggabungkan konsep perbelanjaan dengan taman yang cantik.

Kamu akan menjumpai aneka tanaman hijau dan ikan-ikan koi yang warna-warni. Oleh karena itu, Tribeca Park cocok dikunjungi waktu malam karena sorotan lampunya di berbagai sisi akan tampak begitu menawan.

5. Pecinan Glodok

Pecinan Glodok

Foto: realitarakyat.com

Alamat: Jl. Pancoran, RT.2/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120 (Gmaps)

Tak lengkap rasanya menikmati wisata malam Jakarta Barat tanpa mengunjungi Pecinan Glodok. China town di Jakarta ini menyuguhkan banyak kuliner yang dijamin bakal menggugah selera.

Selain menawarkan beragam kuliner menarik, tempat wisata ini mempunyai keunggulan lain, yakni berada dekat dengan kawasan Kota Tua. Jadi, kamu bisa membawa makanan yang dibeli di sini untuk dinikmati di tengah indahnya Kota Tua saat malam.

Baca Juga: Wisata Malam Jakarta Barat: Menjelajahi Kelezatan Malam di Barat Jakarta

6. RPTRA Kalijodo

RPTRA Kalijodo

Foto: Firsta Nadia via Suara.com

Alamat: Jl. Pangeran Tubagus Angke No.19, RT.4/RW.5, Angke, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11330 (Gmaps)

Sedang mencari spot foto wisata malam Jakarta Barat yang ramah di kantong? RPTRA Kalijodo adalah tempat yang tak boleh kamu lewatkan. Tempat ini menawarkan banyak spot untuk mengabadikan momen bersama orang terkasih.

Selain itu, taman ini juga memiliki berbagai permainan untuk anak-anak yang menarik, bahkan menguji adrenalin. Terdapat pula sejumlah fasilitas lain seperti perpustakaan, area bermain skateboard, dan lapangan yang cukup luas.

7. Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari

Foto: Traveloka

Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.106, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470 (Gmaps)

Jakarta Aquarium & Safari adalah tempat wisata malam di Jakarta yang layak dikunjungi. Tempat ini menawarkan beragam satwa ditambah sejumlah acara tematik yang bisa dinikmati, seperti acara tematik ular, kecoa madagaskar, bintang laut, hiu, dan berang-berang.

Di hari kerja, harga tiket masuknya mulai dari Rp142.500 untuk dewasa dan Rp109.250 untuk anak-anak. Sementara di akhir pekan, harga tiketnya mulai dari Rp166.250 untuk dewasa dan Rp142.500 untuk anak.

Baca Juga: 27 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Seru dan Menarik

8. Magic Art 3D Museum Kota Tua

Magic Art 3D Museum Kota Tua

Foto: Magic Art 3D Museum

Alamat: VR76+JVC, Jl. Kali Besar Tim., RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110 (Gmaps)

Banyak orang menginginkan tempat wisata malam Jakarta Barat yang estetis. Jika kamu salah satunya, langsung saja arahkan kakimu ke Magic Art 3D Museum.

Museum ini menampilkan sejumlah karya seni mural yang menciptakan ilusi 3D karya seniman Indonesia maupun Korea.

Uniknya lagi, museum ini terbagi menjadi berbagai zona yang memiliki tema berbeda-beda, mulai dari zona lukisan, satwa, laut, rutinitas, dinosaurus, horor, hingga petualangan.

9. Cafe Batavia

Cafe Batavia

Foto: jakarta-tourism.go.id

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.14, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110 (Gmaps)

Butuh tempat untuk bersantai setelah lelah menjelajahi Jakarta Barat? Cafe Batavia jawabannya. Tempat nongkrong ini menawarkan berbagai menu khas Nusantara hingga western yang bakal menghilangkan rasa lapar dan dahagamu.

Di samping itu, suasana kafe ini begitu nyaman sehingga bakal membuatmu betah untuk sekadar bercengkerama hingga beristirahat.

10. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Foto: Panduan Wisata

Alamat: Jl. Nelayan Tim. No.8, RT.8/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11230 (Gmaps)

Jembatan Kota Intan adalah tempat wisata malam Jakarta Barat yang menyuguhkan spot foto kekinian. Tak mengherankan jika banyak kawula muda datang ke tempat ini.

Jembatan ini sendiri adalah jembatan tua yang sudah ada sejak abad ke-17. Itulah sebabnya mengapa jembatan tersebut berwarna merah kecokelatan dengan arsitektur khas era zaman dulu, yang membuatnya tampak mencolok dibandingkan bangunan sekitar.

Mencari Tempat Menginap Terjangkau di Jakarta Barat? Yuk, Coba Bobobox!

Tempat Menginap Terjangkau di Jakarta Barat

Lelah setelah seharian menjajaki beragam tempat wisata malam di Jakarta Barat? Saatnya recharge energi di Bobobox Kota Tua

Hotel futuristik ini bakal memanjakanmu dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni, seperti kasur empuk, Wi-Fi super cepat, dan pengeras suara Bluetooth. Harga inapnya pun ramah di kantong, jadi kamu bisa istirahat supernyaman tanpa takut dompet bolong.

Yuk, pesan podnya di aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: realitarakyat.com

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles