wisata malam dieng

7 Pilihan Wisata Malam Dieng yang Seru

Sebagai salah satu destinasi populer, Dieng menawarkan banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Hanya saja, jadwal pekerjaan yang padat kadang kerap membuatmu tidak bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang hanya bisa dikunjungi pada siang hari.

Soal ini, kamu tak perlu risau. Ada sejumlah objek wisata malam Dieng yang buka hingga 24 jam. Jadi, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat ini kapan pun kamu sempat.

Bob sudah merangkum beberapa objek wisata Dieng malam hari yang wajib kamu kunjungi. Daripada berlama-lama, yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Sekilas Mengenai Dieng

Dieng adalah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Wonosobo. Kecamatan ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang mencari tempat wisata dengan keindahan alam ciamik. Pasalnya, Dieng memang terletak di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl. 

Dataran yang tinggi ini membuat Dieng kerap diselimuti awan, terutama pada pagi dan malam hari. Wajar saja jika Dieng mendapat julukan negeri di atas awan.

7 Wisata Malam Dieng

Ini dia rekomendasi wisata malam Dieng yang bisa kamu jajal. Bob rekomendasikan untuk mengajak serta teman-temanmu ke sini agar wisatamu terasa lebih seru.

1. Gardu Pandang Dieng

Gardu Pandang Dieng

Sumber: diengcool.com

  • Alamat: Sidorejo, Tieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354 (Gmaps)
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • HTM: Rp10.000

Banyak orang yang bilang belum afdal rasanya jika liburan ke Dieng tanpa mengunjungi Gardu Pandang Dieng.

Menurut masyarakat setempat, gardu pandang ini adalah destinasi yang tepat untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dan tenggelam. Pasalnya, Gardu Pandang Dieng berada di ketinggian 1.800 mdpl!

Selain sunrise/sunset-watching, kamu juga bisa melihat panorama pegunungan berjajar dan pemandangan perkebunan sayur yang berundak-undak.

Bobocabin Bobobox

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Sumber: bob.kemenparekraf.go.id

  • Alamat: Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam operasional: Setiap hari, 02.00–18.00
  • HTM: Rp15.000 (di luar parkir sebesar Rp5.000)

Tempat wisata malam Dieng berikutnya adalah Bukit Sikunir. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan secara langsung panorama sunrise atau matahari terbit yang luar biasa. 

Bukit Sikunir memang salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise. Untuk bisa mendapatkan pengalaman melihat matahari terbit di Bukit Sikunir, kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih 300 meter agar bisa sampai puncaknya.

Selain kerap dijadikan tempat melihat sunrise, Bukit Sikunir juga cocok untuk dikunjungi pada siang hingga petang hari, termasuk jika kamu ingin berburu sunset di sini.

3. Gunung Prau

Gunung Prau

Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

  • Alamat: Rejosari, Pranten, Kec. Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • HTM: Rp30.000

Untuk wisata Dieng malam hari berikutnya, kamu wajib mengunjungi Gunung Prau saat liburan di Dieng. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 mdpl sehingga kerap menjadi destinasi para pendaki gunung.

Pemandangan yang disajikan Gunung Prau bakal membuatmu terkagum-kagum: lautan awan, panorama matahari terbit, hingga lanskap berbagai gunung yang bisa dilihat jika kamu berhasil mencapai puncak.

Menurut sejumlah pendaki, panorama sunrise di Gunung Prau adalah salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Untuk bisa mendapatkannya, kamu harus mendaki selama 3,5 jam (jika menggunakan jalur Wates) untuk bisa sampai ke puncak.

4. Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng

Sumber: wonosobozone.com

  • Alamat: Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354 (Gmaps)
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • HTM: Rp15.000 (di luar parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000)

Bukit Sidengkeng adalah tempat wisata malam Dieng yang menawarkan panorama indah, spot-spot foto dengan lanskap pegunungan, dan pemandangan telaga warna di bawahnya.

Perlu diketahui bahwa untuk sampai ke puncak Bukit Sidengkeng, kamu nantinya harus melewati Wana Petak 9, salah destinasi wisata populer di Dieng.

Kamu bisa saja mengunjungi Bukit Sidengkeng di malam hari. Namun, Bob lebih menyarankan untuk trekking ke puncak pada pagi hari lewat Wana agar bisa melihat sunrise yang memesona dengan latar belakang lanskap pegunungan.

Baca Juga: 6 Pilihan Tempat Wisata Malam Ambarawa yang Menarik

5. Bukit Skoter

Bukit Skoter

Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

  • Alamat: Jl. Masjid Nurul Huda No.31, Krajan, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456 (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

Kalau kamu sedang mencari tempat wisata malam Dieng yang baru dan hits, Bukit Skoter adalah jawabannya.

Bukit Skoter ini viral karena menawarkan sajian alam yang indah dan pemandangan yang menakjubkan. Tak hanya itu, terdapat sejumlah spot yang disediakan pihak pengelola untuk dimanfaatkan sebagai latar belakang foto.

Untuk menikmati keindahan dari puncak bukit, kamu harus trekking selama kurang lebih 15 menit. Namun, rasa lelahmu akan terbayarkan dengan pemandangan perkampungan Dieng yang mendamaikan jiwa.

Karena Bukit Skoter buka 24 jam, kamu bisa memperpanjang liburanmu di sini dengan berkemah.

6. Desa Wisata Sembungan

Desa Wisata Sembungan

Sumber: Anggara Wikan Prasetya via Kompas.com

  • Alamat: Sembungan, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354 (Gmaps)
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • HTM: Rp15.000 (di luar parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000)

Jika ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda, Bob sarankan untuk mengunjungi Desa Wisata Sembungan.

Desa ini masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Hal yang membuatnya unik adalah lokasi desa yang terletak di ketinggian 2.300 mdpl. Wajar saja jika wisata malam Dieng ini dijuluki desa tertinggi di Pulau Jawa.

Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar desa sambil menikmati udara sejuk khas pegunungan serta pemandangan alam yang memesona. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada di desa ini, seperti Puncak Sikunir dan Air Terjun Sikarim.

7. Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar

Sumber: indonesiakaya.com

  • Alamat: Kalilembu, Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354 (Gmaps)
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • HTM: Gratis

Dijuluki air abadi di Dieng, Tuk Bimo Lukar adalah destinasi wisata malam Dieng yang menyajikan sumber air yang tidak pernah kering dari peradaban masa lalu hingga saat ini. 

Air jernih dan segar yang keluar dari mata air ini biasanya dimanfaatkan para wisatawan untuk dikonsumsi atau mencuci muka.

Mitos yang berkembang adalah air tersebut bisa membuat awet muda. Namun, kebenarannya masih belum bisa dibuktikan. Meski begitu, hal inilah yang menjadi daya tarik Tuk Bimo Lukar.

Menginap dengan Tenang di Bobocabin Dieng!

Serunya Vibe Luxurious Camping Dieng bersama Bobocabin

Selepas mengunjungi destinasi wisata alam di Dieng, kamu pastinya membutuhkan penginapan yang mumpuni dan memiliki pemandangan indah, seperti Bobocabin Dieng yang mulai buka Januari 2024.

Pemandangan alamnya menjadikan Bobocabin tempat yang ideal untuk menginap. Lengkap dengan fasilitas seperti Smart Window, B-Pad, moodlamp, speaker Bluetooth, entertainment seperti board games, campire, dan BBQ, liburanmu pun akan semakin lengkap.

Amankan kabinmu segera di aplikasi Bobobox dan rasakan liburan penuh ketenangan di Dieng!

 

Penulis artikel: Emier Abdul Fiqih P

Foto header: @awan_project via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles