Tempat Wisata Ciwidey

Wisata Malam Ciwidey: Kelezatan Malam di Ciwidey yang Menggoda

Menghabiskan waktu di Ciwidey merupakan pilihan yang tepat bagi Sahabat Bob yang ingin liburan sambil mengapresiasi pesona alam. Dari perkebunan teh sepanjang perjalanan hingga danau luas memesona, Ciwidey punya segalanya!

Salah satu daya tarik utama daerah di ujung Kabupaten Bandung ini adalah Kawah Putih dan Situ Patenggang yang terkenal dengan panoramanya.

Terlebih lagi, suhu udara Ciwidey yang sejuk dan segar menjadikannya tempat ideal untuk healing dan melupakan segala kekhawatiran duniawi untuk sejenak.

Lantas, apakah ada wisata alam Ciwidey yang buka setelah matahari tenggelam? Tentu saja ada! Tempat wisata malam Ciwidey tidak kalah seru dan menenangkan dibandingkan destinasi-destinasi yang tutup pada sore hari, kok.

Kalau tidak percaya, yuk, simak daftarnya berikut ini!

Sekilas Mengenai Ciwidey

Sekilas Mengenai Ciwidey

Foto: Hanandito Adi via Unsplash

Sebelum membahas wisata malam Ciwidey, mari kita pelajari daerahnya dulu. Ciwidey merupakan salah satu kecamatan kecil di Kabupaten Bandung. Jaraknya kurang lebih satu sampai dua jam dari pusat Kota Kembang.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebanyakan orang mengenal Ciwidey sebagai tuan rumah Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Kawah Putih adalah sebuah danau vulkanik yang berisi air pucat kehijauan. Tempat ini selalu dipenuhi kepulan kabut dari pagi sampai sore, menciptakan suasana eksotis nan indah. Tak heran kalau tempatnya acap dijadikan latar belakang foto untuk berbagai acara.

Sementara itu, Situ Patenggang adalah salah satu danau yang memiliki sejarah melegenda. Namanya berasal dari bahasa Sunda “pateang-teangan” yang berarti saling mencari. Ini merupakan referensi dari cerita rakyat tentang seorang pangeran dan putri yang terpisah oleh waktu tapi bersatu kembali berkat takdir.

Legenda tersebut erat kaitannya dengan masyarakat Ciwidey yang memegang teguh kearifan lokal dan seni budaya. Maka, jangan heran kalau kamu sering melihat penampilan tari jaipong, tari topeng, dan musik angklung di setiap acara budaya Ciwidey. 

Dengan keindahan alam dan warisan budaya yang kaya, Ciwidey pantas dijadikan destinasi utama para pelancong yang ingin relaksasi sekaligus menambah wawasan tentang tradisi lokal.

Bobobox Maximum Comfort Banner

7 Tempat Wisata Malam Ciwidey

Setelah mengetahui tentang wilayah Ciwidey, saatnya mencari tahu wisata malam Ciwidey yang bisa kamu jajaki. Berikut tujuh di antaranya:

1. Southland Camp

Southland Camp

Foto: Andara Bus

  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM.12, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Terletak di tengah alam, Southland Camp menawarkan pengalaman berkemah yang autentik dengan fasilitas modern yang memadai.

Area kamping yang luas memberimu kebebasan untuk menjelajahi alam sekitar dan menjalankan berbagai kegiatan luar ruangan, seperti trekking, bersepeda, atau sekadar menikmati pemandangan sekeliling. 

Southland Camp juga menawarkan pengalaman memasak di alam terbuka, di mana kamu dapat menikmati makanan yang dimasak di atas api unggun.

Baca juga: Yuk, Kunjungi 25 Tempat Wisata di Ciwidey untuk Anak Berikut Ini!

2. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali

Foto: Glamping Lakeside Rancabali via Gmaps

  • Alamat: Jalan Raya Ciwidey No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Wisata malam Ciwidey selanjutnya adalah Glamping Lakeside Rancabali. Identik dengan lokasinya yang bersebelahan dengan danau, glamping ini menawarkan pemandangan air yang tenang dan gunung yang menjulang tinggi.

Tenda-tenda mewah di Glamping Lakeside Rancabali dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk tempat tidur nyaman dan kamar mandi pribadi.

Dengan suasana yang tenang dan sejuk, kamu dapat merasakan keistimewaan menginap di tengah alam berbekal segala kemudahan seperti ketika liburan di perkotaan.

3. Bambooberry Resto & Cafe Ciwidey

Bambooberry Resto & Cafe Ciwidey

Foto: Bambooberry Resto & Cafe via Google Maps

  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey-Rancabali KM.6 Alamendah Rancabali Alamendah Kecamatan Rancabali, Alamendah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973 (Gmaps)
  • Jam buka: 09.00–22.00

Niat makan di restoran estetis? Singgah saja ke Bambooberry Resto & Cafe Ciwidey! Dengan dekorasi yang terbuat dari bambu, restoran ini menciptakan suasana yang hangat, nyaman, dan tentu saja Instagramable.

Menu makanan yang ditawarkan di Bambooberry Resto & Cafe juga sangat beragam, mulai dari hidangan lokal khas Ciwidey seperti pisang cokelat keju hingga masakan internasional seperti pasta.

Kamu dapat menikmati santapan lezat ditemani pemandangan alam sekitar, yang akan semakin keren kalau kamu duduk di teras.

4. RM Sangkan Hurip 3 Ciwidey

RM Sangkan Hurip 3 Ciwidey

Foto: Juwita Triana via Google Maps

  • Alamat: Ciwidey, Bandung Regency, West Java 40973 (Gmaps)
  • Jam buka: 07.45–23.30

Restoran RM Sangkan Hurip 3 di Ciwidey merupakan tempat yang cocok bagi para penggemar kuliner khas Sunda.

Menu andalan dari RM Sangkan Hurip 3 meliputi nasi liwet, ayam goreng, ikan bakar, sayur asem, dan aneka masakan lainnya yang memanjakan lidah.

Selain kelezatan hidangannya, RM Sangkan Hurip 3 juga menawarkan suasana yang tenang dan damai. Resto ini memiliki pemandangan indah ke kebun teh yang tentunya menambah kenikmatan saat makan. 

Baca juga: Ingin Coba Glamping? Simak 7 Tips Persiapan Glamping dari Bob Ini!

5. Tepi Sungai Resto Ciwidey

Tepi Sungai Resto Ciwidey

Foto: Tepi Sungai Resto Ciwidey via Google Maps

  • Alamat: Jl. Raya Soreang-Ciwidey Km. 25, Pasirjambu, Cukanggenteng, Kec. Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40972 (Gmaps)
  • Jam buka: 10.00–22.00

Kalau kamu bosan dengan pemandangan kebun teh, Tepi Sungai Resto menyediakan panorama alternatif, yakni sungai panjang di dekat tempatmu bersantap.

Resto ini dibangun dengan dekorasi sederhana tapi memesona. Lampu kuning dan mural tradisionalnya akan menyambutmu dengan nuansa hangat.  

Selain atmosfernya yang mengundang, menu makanan yang disajikan di restoran ini juga menjadi nilai plus. Mulai dari hidangan laut segar, masakan lokal khas Sunda, hingga sajian internasional bisa ditemukan di sini.

Soal harga, tidak usah khawatir. Satu orang hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp30.000–150.000 saja untuk makan sampai puas.

6. Kolam Air Panas Emte Highlands Resorts

Kolam Air Panas Emte Highlands Resorts

Foto: Pipin Pirmansyah via Google Maps

  • Alamat: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Wisata malam Ciwidey yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Kolam Air Panas Emte Highlands Resorts. Kolam air panasnya berada di tengah-tengah gunung dan merupakan produk langsung dari air panas belerang yang mengalir dari Kawah Putih.

Tempat ini buka sampai larut malam, jadi kamu dapat merasakan nikmatnya berendam ditemani bintang-bintang. Setelah sesi berendam, kamu dapat menikmati kuliner lezat di restoran resor yang menyajikan hidangan menggoyang lidah.

Baca Juga: Liburan Tak Terlupakan di Ciwidey, Bandung, Murah Meriah!

7. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu

Foto: ayobandung.com

  • Alamat: Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Pemandian Air Panas Cimanggu menawarkan fasilitas kolam renang air panas dengan panorama alam pegunungan.

Air panas di pemandian ini berasal dari sumber air alami di sekitar daerah pegunungan, sehingga temperaturnya cukup nyaman untuk berendam dan relaksasi. Selain itu, pemandian ini juga menawarkan tempat makan dan fasilitas kuliner.

Tempat wisata malam Ciwidey ini cocok dijadikan destinasi liburan untuk Sahabat Bob yang berniat menghindar sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

glamping di tengah sejuknya udara Ciwidey

Ingin glamping di tengah sejuknya udara Ciwidey? Saatnya cobain Bobocabin Ranca Upas di Ciwidey! Setiap kabin telah dilengkapi teknologi canggih yang akan menunjang pengalaman menginapmu, seperti Smart Window, fasilitas BBQ, onsen, dan banyak lainnya.

Tidak hanya itu, kabinnya berada di tengah-tengah rindangnya pepohonan dan bersandingan dengan danau buatan yang cantik. Amankan kabinmu dengan reservasi via aplikasi sebelum kehabisan!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: sendi gibran via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles