Tempat Wisata Malam Ambarawa yang Menarik

6 Pilihan Tempat Wisata Malam Ambarawa yang Menarik

Terletak di Jawa Tengah, Ambarawa memiliki banyak tempat yang sarat sejarah perjuangan kemerdekaan. Salah satu ikonnya yang terkenal adalah Monumen Palagan Ambarawa, yang merupakan simbol untuk mengingat sejarah pertempuran Palagan Ambarawa.

Selain wisata sejarah, Ambarawa juga punya banyak wisata malam yang tidak kalah seru. Dalam ulasan ini, Bob akan kasih tahu berbagai wisata malam Ambarawa yang patut kamu kunjungi. Dijamin menarik dan mengasyikkan, deh!

Sekilas Mengenai Ambarawa

Sekilas Mengenai Ambarawa

Foto: Ariv Kurniawan via Unsplash

Ambarawa adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dahulu, Ambarawa pernah menjadi ibu kota Kabupaten Semarang. Pada era kerajaan Mataram (Amangkurat II), kawasan ini dikenal dengan nama Limbarawa.

Ambarawa juga dikenal karena peristiwa bersejarah Palagan Ambarawa. Terdapat beberapa situs sejarah di kecamatan ini, seperti Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api Ambarawa, dan Benteng Willem I yang telah menjadi wisata sejarah terkenal.

Di sebelah tengah Ambarawa, terdapat sebuah rawa yang dikenal dengan sebutan Rawa Pening. Rawa ini menjadi sumber air utama Sungai Tuntang yang bermuara ke Laut Jawa.

Hingga saat ini, Ambarawa terus berusaha untuk berkembang sebagai kota wisata. Kamu dapat menemukan berbagai macam tempat rekreasi, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal

6 Tempat Wisata Malam Ambarawa

Apa saja tempat wisata malam Ambarawa yang menarik? Berikut adalah rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi:

1. Eling Bening

Eling Bening

Foto: dimas debora via Gmaps

  • Alamat: Jalan Sarjono, Kecamatan Bawean, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–18.30/19.00 (tergantung hari)

Rekomendasi tempat wisata malam Ambarawa yang pertama jatuh pada Eling Bening. Untuk mencapainya dari pusat Kota Semarang, kamu perlu menempuh jarak sekitar 36 km atau 60 menit perjalanan naik kendaraan pribadi.

Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari sini, kamu bisa menikmati keindahan panorama dari Gunung Merbabu, Pegunungan Andong, dan Telomoyo. 

Tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang menarik lainnya. Kamu bisa makan di restoran yang menawarkan pemandangan indah, bermain di kolam renang, atau menjajal area outbound yang seru.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Museum Palagan Ambarawa

Monumen Pahlawan Ambarawa

Foto:  Lukas Sudarmin via Gmaps

  • Alamat: Jalan Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–18.00

Perjalanan tentu belum lengkap tanpa mengunjungi Museum Palagan Ambarawa. Kamu bisa belajar tentang sejarah dan kisah pertempuran Palagan Ambarawa di sini. Lokasinya tidak terlalu jauh dari destinasi wisata lain, seperti Kereta Wisata Ambarawa dan Benteng Pendem.

Kamu bisa melihat berbagai peralatan perang yang digunakan dalam pertempuran dulu, seperti bambu runcing, berbagai senjata api, serta pesawat Mustang M1 yang digunakan oleh Belanda. Jangan lupa luangkan waktu untuk mampir ke sini, ya!

3. Rawa Pening

Wisata Rawa Pening di Malam Hari

Foto: Rangga dy via Gmaps

  • Alamat: Waduk Rawapening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–21.00

Rekomendasi wisata malam Ambarawa lainnya adalah Rawa Pening. Tempat ini memiliki keindahan alam yang menarik untuk dijelajahi. Danau ini terbentang luas dengan air jernih dan dikelilingi panorama pegunungan yang asri dan indah.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang ciamik pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, kamu bisa mencoba sejumlah wahana wisata di sekitar rawa, mengunjungi Bukit Cinta, atau berburu kuliner di Rumah Makan Apung.

Baca Juga: Pantai Maron Semarang: Keindahan Pantai di Tengah Kota

4. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa

Foto: Panji Wicaksono via Gmaps

  • Alamat: Jl. Jend. M Sarbini No.3, Tambakrejo (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–19.00 (Senin–Jumat), 08.00–20.00 (Sabtu & Minggu)

Destinasi wisata malam lainnya yang harus kamu kunjungi di Ambarawa adalah Kampoeng Rawa. Tempat wisata ini dikelola oleh dua belas kelompok tani dan nelayan setempat. 

Kamu bisa melihat panorama alam yang indah dan melakukan berbagai aktivitas wisata keluarga yang seru. Salah satu daya tariknya adalah restoran terapung, tempat kamu dapat menyantap berbagai hidangan lezat sambil menikmati pemandangan alam yang memesona. 

5. Gua Maria Kerep

Gua Maria Karep

Foto: Christopher Jefry via Gmaps

  • Alamat: Jl. Gua Maria Kerep, Kerep, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Buat kamu yang beragama Katolik dan ingin berziarah serta berdoa, kamu bisa mengunjungi Gua Maria Kerep. Gua Maria Kerep sendiri terbuka untuk umum dan tidak hanya eksklusif untuk umat Katolik saja. 

Salah satu daya tarik utama gua ini adalah patung Bunda Maria yang menjulang setinggi 42 meter. Selain itu, Gua Maria Kerep juga memiliki perhentian jalan salib untuk ziarah umat katolik. Setelah itu, kamu juga bisa berfoto-foto di taman tema religi.

Karena tempat ini buka 24 jam, kamu pun bebas untuk datang kapan saja untuk menikmati ketenangan di tempat ini. 

6. Pasar Bunga Bandungan

Pasar Bunga Bandungan

Foto: kunang kdev via Gmaps

  • Alamat: Jl. Tirtomoyo No.44, Pendem (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Pasar Bunga Bandungan merupakan pusat tanaman hias dan bunga di Semarang. Lokasinya cukup dekat, kurang lebih 7 kilometer dari Ambarawa. Jika kamu menyukai bunga, tempat ini cocok untukmu.

Pasar Bunga Bandungan buka selama 24 jam. Kegiatan jual beli biasanya sudah terjadi sejak malam hari dan memuncak pada dini hari. Pasalnya, pada waktu-waktu inilah bunga yang datang masih dalam keadaan segar. 

Kalau kamu ingin mampir, usahakan jangan datang terlalu siang karena biasanya bunga sudah tidak segar dan banyak pedagang yang sudah tutup.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata malam Ambarawa yang menarik. Semoga bisa jadi referensi ketika kamu berkunjung ke Ambarawa, ya!

Baca Juga: Jelajahi Wisata Bandungan: 15 Destinasi Wisata yang Menarik

Dapatkan Istirahat Berkualitas dengan Fasilitas Lengkap di Bobopod!

Liburan Makin Asyik dengan Bobobox

Setelah asyik berwisata malam di Ambarawa, kamu juga bisa melipir ke Semarang. Tempat wisata yang terkenal di sini antara lain Klenteng Sam Poo Kong, Simpang Lima, dan Kota Lama.

Namun, eksplorasi Semarang tentu tidak cukup satu hari saja. Oleh karena itu, reservasi segera kamarmu di Bobopod Kota Lama! Fasilitasnya lengkap, dan lokasinya yang strategis akan memudahkanmu bepergian ke berbagai tempat.

Yuk, amankan kamarmu dan rasakan sendiri pengalaman serunya!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: Rangga dy via Gmaps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles