wisata kuliner solo yang lagi hits

Wisata Kuliner Solo yang Lagi Hits: Kulineran Seru di Solo

Tak hanya wisata sejarah dan budaya, Kota Solo juga menjanjikan ragam kuliner lezat yang siap menggoyang lidahmu hingga ketagihan.

Sebagai salah satu surganya kuliner di Indonesia, Solo memang wajib banget menjadi destinasi kulineran seru, baik sendirian maupun bersama teman atau keluarga.

Lantas, apa saja kuliner menarik yang bisa kamu coba saat berlibur ke Solo? Yuk, simak rekomendasi wisata kuliner Solo yang lagi hits berikut ini!

15 Rekomendasi Wisata Kuliner Solo yang Lagi Hits

1. Nasi Liwet Solo

Nasi Liwet Solo

Sumber: Marlina Puspitasari via Google Maps

  • Alamat: Jalan Teuku Umar, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari
  • Jam buka: 16.00–01.00

Hidangan tradisional ini berupa nasi yang dimasak bersama santan lalu disiram dengan kuah sayur labu siam. Rasanya terbilang gurih dan semakin nikmat dengan tambahan ayam suwir, telur rebus, dan sambal di atasnya.

Salah satu tempat nasi liwet yang cukup hits adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Harga per porsi dengan isian ayam suwir adalah Rp16.000.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Sumber: FoodAmica via Google Maps

  • Alamat: Jalan Moh. Yamin No.28, Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan
  • Jam buka: 05.30–16.000

Tak kalah hits dari nasi liwet, Solo juga memiliki kuliner lezat bernama serabi Notosuman. Salah satu terfavorit di Solo adalah Serabi Notosuman Ny. Lidia yang menyediakan dua varian rasa, yaitu orisinal (santan) dan cokelat.

Kedua rasa ini memiliki tekstur super lembut, pinggiran renyah, dan rasa manis yang pas alias tidak kemanisan. Kamu bisa membelinya dalam kemasan dus isi 10 dengan harga Rp28.000 (orisinal), Rp29.000 (campur), atau Rp30.0000 (cokelat).

Baca Juga: Panduan Kulineran Serba Murah di Solo: Semua di Bawah 50 Ribu!

3. Nasi Soto Ayam Gading

Nasi Soto Ayam Gading

Sumber: Iyong Bandono via Google Maps

  • Alamat: Jalan Brigjen Sudiarto No.75, Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon
  • Jam buka: 06.00–15.00

Selanjutnya ada nasi soto ayam gading yang bisa dibeli dengan harga Rp12.000 per porsi. Kuliner Solo satu ini terdiri dari nasi, suwiran daging ayam, mi sohun, kentang, dan kuah bening ayam kampung yang kaya akan rempah.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan aneka lauk lainnya yang tersedia di sana sebagai pelengkap: sate usus, ati ampela, sate telur puyuh, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, bakwan, dan sate uritan.

4. Galabo

Galabo

Sumber: licasya iskandar via Google Maps

  • Alamat: Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon
  • Jam buka: 17.00–02.00

Galabo merupakan salah satu tempat wisata Solo yang lagi hits dan bisa menjadi pilihan untuk bersantap malam.

Mengusung konsep luar ruangan, tempat ini menyediakan aneka pilihan menu tradisional hingga kekinian yang tentunya sangat menggugah selera.

Di sini, kamu bisa memesan gulai kambing, aneka satai, timlo, gudeg ceker, rawon, tengkleng, soto, pecel, selat, bakmi, wedang ronde, es jeruk, wedang uwuh, dan lain-lain. Harganya beragam, tapi siapkan saja mulai dari Rp20.000-an untuk seporsi makanan berat.

5. Harjo Bestik

Harjo Bestik

Sumber: YN Alvana via Google Maps

  • Alamat: Jalan Dr Rajiman, Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan
  • Jam buka: 18.30–00.00

Makanan berikutnya dalam daftar wisata kuliner Solo yang lagi hits kita ini selalu ramai. Kamu harus rela antre hingga satu jam untuk mendapatkan pesananmu.

Tempat ini menyediakan aneka menu bestik, termasuk bestik ayam, brutu, campur, dadar lidah, daging, rempelo ati, lidah, telon, dan telur.

Selain itu, kamu juga bisa membeli bakmi, mihun, nasi goreng, sup, orak-arik, paklay, risoles kuah, fuyung hai, capcay, hingga lidah goreng. Harganya berkisar di Rp17.000–47.000.

6. Sate Kambing Mbok Galak

Sate Kambing Mbok Galak

Sumber: Bustan Madu via Google Maps

  • Alamat: Jalan Ki Mangun Sarkoro No.112, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari
  • Jam buka: 08.00–17.00

Kuliner populer lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Solo adalah sate Kambing Mbok Galak.

Sesuai namanya, tempat ini menawarkan menu sate kambing dengan potongan yang besar dan tekstur ekstra empuk.

Jika porsi makanmu kecil, kamu bisa membeli satu porsi untuk dimakan berdua. Harganya sendiri adalah Rp60.000 per porsi.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kuliner Solo di Pasar Gede yang Terkenal Kelezatannya!

7. Gudeg Cakar Bu Kasno

Gudeg Cakar Bu Kasno

Sumber: Windu Aji Panambang via Google Maps

  • Alamat: Jalan Wolter Monginsidi No.41–43, Kelurahan Setabelan, Kecamatan Banjarsari
  • Jam buka: 02.00–07.00 dan 13.00–22.00

Selanjutnya, ada Gudeg Cakar Bu Kasno yang menyediakan menu nasi gudeg dengan beberapa pilihan lauk, yaitu tahu, telur, ayam, dan cakar.

Harga satu porsi nasi gudeg saja adalah Rp10.000. Sementara itu, lauknya secara berurutan adalah Rp3.000, 5.000, 15.000, dan 20.000 (isi lima).

Gudegnya sendiri memiliki cita rasa manis dan gurih yang bikin nagih. Namun, rasa masinya terbilang pas alias tidak kemanisan, berbeda dengan gudeg kebanyakan.

8. Mom Milk

Mom Milk

Sumber: Astri Puspita via Google Maps

  • Alamat: Jalan Kanthil No.4, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan
  • Jam buka: 11.00–22.00

Mom Milk merupakan tempat wisata kuliner Solo yang cocok didatangi bersama anak-anak karena telah dilengkapi dengan area playground.

Sesuai namanya, tempat ini menyediakan minuman susu aneka rasa. Ada rasa cokelat, hazelnut, karamel, Milo, taro, pisang, mangga, stroberi, alpukat, durian, blackcurrant, dan masih banyak lagi.

Selain menu susu, terdapat juga menu teh, kopi, es krim, steak, sosis, nasi goreng, nasi ayam, nasi sapi, dan makanan ringan. Harganya mulai dari Rp11.000–42.000.

9. Sate Buntel Bu Hj. Bejo

Sate Buntel Bu Hj. Bejo

Sumber: KO GREYMA via Google Maps

  • Alamat: Jalan Sungai Sebakung No.10, Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon
  • Jam buka: 08.00–16.00

Makanan berikutnya yang bisa kamu masukkan dalam daftar wisata kuliner Solo yang lagi hits adalah Sate Buntel Bu Hj. Bejo.

Sate buntel ini terbuat dari daging kambing cincang yang dibalut lemak kambing lalu dibakar. Rasanya? Jangan ditanya, sudah pasti nikmat. Satu porsinya bisa kamu dapatkan dengan harga Rp70.000.

Selain sate buntel, tempat ini juga menjual sate kambing, nasi goreng kambing, gulai, tongseng, tengkleng, sate jeroan, dan garmas.  

10. Timlo Sastro

Timlo Sastro

Sumber: Sri Asih Puzianingsih via Google Maps

  • Alamat: Jalan Abdul Muis No.32A, Kelurahan Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres
  • Jam buka: 06.00–15.00

Timlo merupakan sop bening khas Solo yang berisi daging ayam kampung, ati ampela, telur bebek pindang, dan sosis goreng khas Solo. Sosis tersebut bukanlah sosis daging, melainkan sejenis lumpia atau risoles yang dilipat lalu digoreng.

Jika kamu penasaran dengan wisata kuliner Solo yang lagi hits ini, kamu bisa mencobanya di Timlo Sastro dengan membayar Rp23.000 untuk satu porsi komplet.

11. Cafe Tiga Ceret

Cafe Tiga Ceret

Sumber: Guguh Sujatmiko via Google Maps

  • Alamat: Jalan Ronggowarsito No.97, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari
  • Jam buka: 11.00–00.30

Kafe ini mengusung konsep angkringan khas Jawa yang kekinian. Sesuai konsepnya, tempat ini menyediakan aneka menu angkringan seperti nasi kucing dan sate-satean. Ada sate kerang, udang, cumi, ati ampela, telur puyuh, dan masih banyak lagi. 

Kamu bisa mengambil sendiri makanan yang kamu mau lalu memberikannya pada pelayan kafe untuk dibakar sebelum diantarkan ke meja. Harganya dihitung per satuan, yaitu sekitar Rp8.000.

Baca Juga: Sehabis Liburan, Wajib Rasanya Membeli 15 Oleh-Oleh Khas Solo yang Kekinian

12. Bakso Alex

Bakso Alex

Sumber: Eny Fuji Rahayuningsih via Google Maps

  • Alamat: Jalan Yosodipuro No.12B, Kelurahan Ketelan, Kecamatan Banjarsari,
  • Jam buka: 10.00–21.00

Jika kamu adalah pencinta bakso, maka Bakso Alex wajib banget masuk daftar wisata kuliner Solo yang lagi hits untuk kamu coba.

Tempat satu ini menyediakan bakso dengan rasa yang enak dan kuah super segar. Sebagai pelengkap, kamu akan mendapatkan sawi rebus yang terpisah dari bakso dan acar.

Menunya terdiri dari bakso super komplet, komplit, urat, halus; ayam kampung goreng; siomay; serta mi ayam, mi ayam bakso, dan mi ayam hotplate. Harganya mulai dari Rp12.000 (mi ayam) hingga Rp27.000 (menu super komplit).

13. Selat Solo

Selat Solo

Sumber: Ika Istiana Supriyani via Google Maps

  • Alamat: Jalan Yudhistira No.9, Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan
  • Jam buka: 08.00–17.30

Salah satu tempat populer untuk menikmati selat Solo ada Warung Selat Mbak Lies. Makanan warisan Belanda ini merupakan modifikasi dari steak ala Eropa yang berisi daging sapi, kentang, telur semur, wortel, buncis, dan daun selada. Harga per porsinya hanya Rp25.000. 

Selain selat Solo, kamu juga bisa memesan selat lidah, timlo, selat galantin, sup manten, setup makaroni, sup matahari, dan gado-gado.  

14. Es Krim Tentrem

Es Krim Tentrem

Sumber: Sigit Purnama via Google Maps

  • Alamat: Jalan Slamet Riyadi No.132, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari
  • Jam buka: 11.00–21.00

Es Krim Tentrem merupakan kedai es krim legendaris dan hits yang wajib kamu kunjungi saat berada di Solo.

Tempat satu ini menyediakan aneka varian dan bentuk es krim yang menggugah selera: tutti frutti, rum ‘n coffee, robin rose, rainbow, banana split, banana oreo, red velvet, dan bahkan rasa beras kencur. Harga per porsinya di atas Rp20.000.

15. Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret

Sumber: Indra Ariefianto via Google Maps

  • Alamat: Jalan Dr. Wahidin, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan
  • Jam buka: 11.00–16.00

Siang hari menjadi saat yang tepat untuk membasahi kerongkongan dengan es gempol pleret. Gempol pada minuman ini terbuat dari tepung beras, sedangkan pleretnya dari campuran tepung beras dan gula Jawa.

Kedua bahan tersebut lalu dicampurkan dengan es batu, santan cair, dan gula Jawa hingga menghasilkan minuman bercita rasa manis gurih, tapi tidak kemanisan. Harga per porsinya hanya Rp8.000.

Bobobox, Hotel Strategis di Tengah Kota Budaya

bobobox

Punya rencana liburan ke Solo tapi bingung memilih akomodasinya? Ke Bobobox Slamet Riyadi saja! Beralamat di Jalan Slamet Riyadi No.96, Keprabon, Banjarsari, Surakarta lokasi hotel kapsul ini sangat strategis sehingga kamu dapat menjajaki beragam wisata di tengah kota.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Enrico Nirwan Histanto via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles