wisata kuliner lamongan

Wajib Coba! 10 Tempat Wisata Kuliner di Lamongan

Jika sedang liburan di Lamongan, kamu tak boleh hanya menjelajahi tempat wisatanya saja. Biar makin afdal, tak ada salahnya mencicipi kuliner khas yang hanya ada di daerah ini. 

Biasanya, banyak orang akan mencicipi kuliner Lamongan seperti soto dan pecel lele. Namun, masih ada sejumlah makanan khas yang wajib dicoba. Apa sajakah itu? Yuk, intip sejumlah rekomendasi dari Bob berikut ini!

Sekilas Mengenai Lamongan

Lamongan adalah kabupaten yang berada di sisi barat Kota Surabaya. Luas wilayah daerah ini mencapai 1.812,8 kilometer persegi atau 3,78 persen dari luas wilayah Jawa Timur. 

Lamongan kerap dijuluki sebagai Kota Soto. Pasalnya, soto memang menjadi kuliner paling tersohor di sini.

10 Tempat Wisata Kuliner Lamongan

Untuk kamu yang sedang berburu wisata kuliner Lamongan, ini sepuluh tempat dan menu yang wajib dijajal.

1. Sego Boranan

Sego Boranan

Sumber: Hamzah via Kompas.com

Tak lengkap rasanya liburan di Lamongan tanpa mencicipi sego boranan. Sego boranan adalah seporsi nasi yang dilengkapi bumbu, lauk, dan rempeyek. Bumbunya berupa rempah-rempah yang sudah dihaluskan.

Sementara itu, lauk yang ditawarkan umumnya bervariasi, mulai dari daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, hingga ikan sili.

Saat ini, kamu bisa mencoba kuliner khas Lamongan ini di sejumlah tempat, seperti Plaza Lamongan, kantor Pemkab Lamongan, dan Jalan Basuki Rahmat.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. RM Kaliotik

RM Kaliotik

Source: lamongantourism.com

Rumah Makan Kaliotik atau Warung Kaliotik adalah tempat makan di Lamongan yang wajib kamu coba.

Tempat ini mengusung konsep prasmanan dan menawarkan beragam menu, mulai dari menu rumahan, tradisional, hingga sayuran dengan berbagai minuman segar. Bob merekomendasikan menu khas Lamongan seperti bandeng kelan kuning.

Ketika masuk ke RM Kaliotik, kamu bisa langsung mengantre di area makanan untuk mengambil sendiri menu yang kamu kehendaki. Harga menunya sendiri mulai dari Rp7.000.

3. Pecel Stasiun Babat

Pecel Stasiun Babat

Sumber: lamongantourism.com

Sedang mencari tempat wisata kuliner Lamongan yang berada tak jauh dari Stasiun Babat? Datang saja ke Pecel Stasiun Babat.

Pecel Stasiun Babat terletak di lokasi yang strategis dan buka 24 jam. Jadi, bahkan walau kamu sampai di Stasiun Babat pada malam hari, kamu tetap bisa menyantap seporsi pecel yang lezat di sini.

Tak hanya pecel, ada menu-menu lain yang bisa kamu pesan, seperti aneka ayam dan bebek, rawon, soto, serta masih banyak lainnya.

Bagi yang tertarik, kebanyakan menu yang dijajakan dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, yaitu mulai dari Rp12.000–27.000.

4. Rumah Makan Asih Jaya Putra

Rumah Makan Asih Jaya Putra

Sumber: pepo.id

Selain Warung Kaliotik, kamu bisa mampir ke tempat wisata kuliner Lamongan lainnya, yakni Rumah Makan Asih Jaya Putra.

Kamu bisa menikmati aneka masakan khas Jawa Timur dan Lamongan di sini. Beberapa menu yang jadi favorit pengunjung antara lain sup, rawon, dan olahan ikan.

Daya tarik lain dari rumah makan ini ada pada area duduknya yang cukup luas. Jadi, bagi yang sedang liburan bersama keluarga besar di Lamongan, tempat ini cocok dikunjungi!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Bandung 24 Jam, Cocok Jika Lapar Tengah Malam!

5. Depot Soto Asih Jaya

Depot Soto Asih Jaya

Sumber: Amirul Mikminin via Z Creators

Selanjutnya, kamu wajib mengunjungi soto yang dijual di Depot Soto Asih Jaya. Menu andalan yang ditawarkan tentunya adalah adalah soto.

Soto ini berisikan nasi, suwiran ayam atau babat sapi, dan bihun, kemudian diguyur kuah soto yang kental dan kaya akan rempah-rempah.

Selain soto, ada sejumlah menu lain yang bisa kamu pesan, seperti nasi goreng, rawon, gulai, tahu campur, gado-gado, hingga bakso. Soal harga, kamu tak perlu risau karena menu-menunya relatif terjangkau, mulai dari Rp15.000–30.000.

6. Tahu Campur Andalan Cak Solihin

Tahu Campur Andalan Cak Solihin

Sumber: gotravelly.com

Jika kamu sedang ingin tahu campur, langsung saja arahkan kendaraanmu ke sentra PKL Pasar Tingkat Tumenggungan Lamongan. Di sini, kamu bisa mencicipi seporsi Tahu Campur Andalan Cak Solihin yang termasyhur kelezatannya.

Satu porsinya berisikan tahu campur dengan tambahan bihun, sayuran, kikil, dan rempah lain yang memperkaya citra rasa kuahnya. Tak hanya enak, porsi yang disajikan pun cukup banyak dan dibanderol dengan harga terjangkau.

7. Wingko Babat Loe Lan Ing

Wingko Babat Loe Lan Ing

Sumber: gotravelly.com

Wisata kuliner Lamongan tak melulu harus makanan berat. Adakalanya kamu ingin mencicipi makanan ringan yang jadi ciri khas daerah dekat Gresik ini.

Nah, salah satu kuliner ringan yang recommended adalah Wingko Babat Loe Lan Ing. Wingko khas Lamongan ini terbilang unik karena ukurannya besar-besar. Selain besar, makanan ini punya rasa legit, manis, dan gurih dengan varian rasa cokelat serta nangka.

Bagi yang ingin mencoba, kamu wajib bersiap. Pasalnya, banyak wisatawan yang sama-sama penasaran dengan rasa Wingko Babat Loe Lan Ing sehingga tempatnya sering cepat penuh!

8. Es Dawet Siwalan

Es Dawet Siwalan

Sumber: lifestyle.okezone.com

Ingin mencicipi minuman yang menyegarkan saat Lamongan sedang panas-panasnya? Es dawet siwalan adalah minuman yang wajib kamu coba. Minuman ini terdiri dari sajian tepung beras yang dicampur buah siwalan, santan, dan gula.

Selain menyegarkan, banyak yang belum tahu bahwa minuman ini mengandung sumber nutrisi menyehatkan, seperti karbohidrat, protein, gulkosa, sukrosa, vitamin, C, dan vitamin B1.

Umumnya, kamu bisa menemukan penjual es dawet siwalan dengan mudah di warung-warung sepanjang jalan raya pantura Lamongan.

Baca Juga: 15 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicoba

9. Asem Bandeng Cak Takim

Asem Bandeng Cak Takim

Sumber: automidori via Flickr.com

Tempat wisata kuliner Lamongan lainnya adalah Asem Bandeng Cak Takim. Makanan ini terkenal akan cita rasanya yang pedas, kental, asin, dan asam manis. Rasa-rasa tersebut berpadu dengan ciamik sehingga sangat pas terasa saat masuk mulut.

Bukan cuma itu, Asem Bandeng Cak Takim juga terkenal dengan daging ikannya yang segar dan empuk. Siapa pun yang mencicipinya pasti langsung ketagihan!

10. Bandeng Colo Lamongan

Bandeng Colo Lamongan

Sumber: idntimes.com

Lamongan memang lebih dikenal dengan sajian soto Lamongan, sampai-sampai banyak yang tidak tahu kalau Lamongan juga terkenal sebagai penghasil ikan tawar terbesar di Jawa Timur.

Maka, tidak heran kalau ada banyak sekali masakan khas Lamongan yang berbahan dasar ikan tawar, seperti bandeng colo Lamongan.

Menu satu ini mempunyai cita rasa yang asam, manis, pedas, dan gurih dengan ikan bandeng yang tak berbau amis sama sekali! 

Tempat Menginap Murah dan Nyaman? Ya Bobopod!

Bobopod

Saat berwisata, kamu tentu perlu memilih penginapan yang ideal—yang nyaman, tapi tetap ramah di kantong. Nah, kalau begini, Bobopod jagonya.

Hotel kapsul ini bakal memanjakanmu dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni, seperti kasur empuk, Wi-Fi super cepat, pengeras suara Bluetooth, moodlamp, dan banyak lainnya.

Untuk pemesanan yang mudah dan praktis, jangan lupa unduh aplikasi Bobobox, ya!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: Mufid Majnun via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles