destinasi wisata gua bali

Jarang Diketahui, Ini Dia 5 Wisata Gua Bali yang Unik dan Magis. Wajid Masuk Wishlistmu!

Bobobox.co.id — Liburan ke Pulau Dewata tidak hanya sekadar berburu eksotisme sunrise dan sunset pantainya saja. Kamu pun bisa mengunjungi sejumlah wisata gua Bali yang terbilang underrated.

Kenapa bisa dibilang underrated? Pasalnya, jarang sekali orang yang berburu tempat wisata gua saat liburan ke Bali. Di samping pantai, banyak orang yang tertarik mengunjungi tempat wisata alam lainnya.

Jika kamu senang dengan hal yang berbeda, tak ada salahnya untuk bereksplorasi ke tempat wisata gua Bali. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang jarang didapat dan sulit untuk kamu lupakan. Apabila kamu masih kebingungan dalam memilih gua mana yang ingin kamu kunjungi, tak usah bingung. Bob akan memberikan rekomendasi yang dijamin bakal membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Kira-kira tempat wisata gua Bali mana saja yang Bob akan rekomendasikan? Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkap rekomendasi tempat wisata gua di Bali tersebut pada artikel berikut ini!

Destinasi Wisata Gua Bali yang Unik dan Magis

1. Gua Lawah

Wisata gua Bali pertama adalah Gua Lawah. Berlokasi di Klungkung, Gua Lawah menawarkan keunikan yang tidak dimiliki oleh destinasi wisata gua lainnya yang ada di Pulau Dewata, Bali.

Keunikan tersebut adalah keberadaan kelelawar yang berjumlah ribuan di dalam guanya. Maka dari itu, tak heran jika banyak wisatawan yang penasaran untuk mengunjungi Gua Lawah. Karena itu juga, gua ini diberi nama Gua Lawah. Kata ‘lawah’ sendiri dalam bahasa Bali berarti kelelawar. Jadi, rasanya tidak terlalu aneh jika tempat wisata tersebut menjadi tempat hidup ribuan kelelawar.

Selain jadi tempat ribuan kelelawar tinggal, tempat wisata gua Bali ini berlokasi tepat di bawah pohon besar yang cukup rindang. Ini membuat kesan adem sangat terasa saat melihat tampilan guanya. Selain itu, gua ini juga dilengkapi dengan beberapa ornamen khas Bali yang ditempatkan di depan gua. Adanya ornamen-ornamen tersebut justru memberi kesan mistis yang magis.

gua wisata Bali gua lawah

sumber: kintamani.id

2. Gua Gajah

Wisata gua Bali berikutnya adalah Gua Gajah. Berlokasi di Kabupaten Gianyar, destinasi wisata Bali ini adalah salah satu rekomendasi Bob yang wajib kamu kunjungi saat tengah berlibur di Bali.

Hal yang unik dari gua ini adalah adanya berbagai artefak peninggalan Hindu dan Buddha. Wajar jika banyak orang yang merasakan sensasi bak menjelajahi ruang waktu saat pertama kali datang ke Gua Gajah. Tak hanya sekadar menawarkan pengalaman menjelajahi waktu ke zaman kerajaan Bali saja, Gua Gajah memiliki keuntungan tersendiri karena lokasinya yang hanya berjarak kurang lebih 5 kilometer dari Ubud.

Walhasil, wisata gua Bali ini sangat mudah diakses. Apalagi, jika kamu sedang liburan di Pulau Dewata dengan menggunakan Bobovan, salah satu produk Bobobox Indonesia. Saat nanti mengunjungi tempat wisatanya, jangan lupa untuk mengenakan pakaian sopan dan selembar kain yang disediakan. Tak hanya itu, kamu tidak bisa sembarang masuk karena gua ini terbilang sangat suci.

gua gajah

sumber: indonesiakaya.com


Baca Juga: Tak Kalah Indah Dengan Pantainya, Kunjungi Danau-Danau Di Bali Berikut Ini!


3. Gua Jepang – Klungkung

Berbicara soal gua Jepang, banyak sekali daerah yang memiliki gua Jepang sebagai salah satu destinasi wisata. Selain Bandung, kamu juga bisa menemukan tempat wisata mistis ini di Pulau Dewata Bali.

Termasuk salah satu wisata gua Bali, Gua Jepang ini sendiri berlokasi di Desa Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Gua tersebut adalah salah satu peninggalan zaman penjajah Jepang di Pulau Dewata. Gua ini dulunya adalah bunker yang dibuat tentara Jepang sebagai tempat perlindungan melawan musuh. Karena itu, gua ini mempunyai kurang lebih 16 mulut gua yang dulunya dihuni oleh banyak tentara.

Sebagai tempat peninggalan sejarah, gua Jepang terbilang sangat terawat. Sebelum memasuki guanya, kamu bisa mengabadikan momen dengan melakukan swafoto di depan gua berumur ratusan tahun ini.

gua jepang Klungkung

sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

4. Gua Giri Putri

Wisata gua Bali lainnya adalah Gua Giri Putri. Gua yang satu ini sangat layak untuk kamu kunjungi jika kamu sedang atau berencana mengeksplorasi tempat wisata yang berada di Nusa Penida, Bali.

Terletak di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut, Gua Giri Putri menyuguhkan pengalaman eksplorasi yang berbeda. Apalagi, tempat wisata ini mempunyai panjang kurang lebih 310 meter. Sensasi berbeda ini membuat destinasi liburan gua Bali ini selalu penuh oleh kedatangan pengunjung setiap harinya. Ada beberapa yang ingin beribadah dan ada juga yang ingin sekadar berwisata saja.

Namun, kebanyakan pengunjung adalah wisatawan yang penasaran dengan ritual keagamaan yang dilakukan serta suasana sakral yang menyelimuti gua yang berlokasi di Kabupaten Klungkung ini. Di samping sebagai tempat sembahyang, umat Hindu di Bali percaya bahwa air yang mengalir dari sumber air di gua ini mengandung kekuatan alami yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Inilah yang membuat umat Hindu sering memohon Tirta Pangelukatan dan membawa pulang air dari gua ini. Mereka biasanya membawanya untuk pengobatan kerabat atau keluarga yang sedang sakit.

wisata gua bali gua giri putri

sumber: kintamani.id


Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Campervan Bali Menawan Untuk Liburan


5. Gua Garba

Wisata gua Bali terakhir adalah Gua Garba. Berlokasi di Gianyar dan bisa ditempuh kurang lebih sekitar 4 kilometer dari Gua Gajah, gua ini diperkirakan sudah berdiri sejak abad 12 Masehi, lho!

Tidak hanya sekadar berumur sangat tua, gua ini memiliki keunikan tersendiri. Alasannya, bentuk guanya menyerupai ceruk dan dulunya kerap dijadikan sebagai tempat pertapaan masyarakat. Berkat usianya yang terbilang sangat tua, tampilan luar dan dalam guanya terlihat sangat klasik. Menurut catatan prasasti, pura dan gua ini sendiri sudah berdiri sejak masa pemerintahan Raja Jayapangus.

Saat masuk ke dalam gua, kamu akan melihat peninggalan kuno berupa tapak kaki yang terlihat di tengah-tengah tangga yang mengarah ke gua. Kabarnya kaki tersebut adalah bekas injakan petapa sakti. Injakan petapa sakti tersebut membekas saat ia menghabiskan waktunya di Gua Garba, Gianyar, Bali. Banyak yang menyebut bahwa jejak injakan tersebut adalah bekas dari petapa Kebo Iwa.

wisata gua bali gua garba


Baca Juga: Jalan-Jalan Ke Kintamani? Jangan Lupa Kunjungi Destinasi-Destinasi Wisata Hits Kintamani Berikut Ini Ya!


Menginap Sehabis Menikmati Liburan di Gua Bali? Datang saja ke Bobobox!

Setelah menikmati momen eksplorasi wisata gua Bali yang direkomendasikan oleh Bob, kamu bisa melanjutkan liburanmu ke tempat wisata lainnya yang ada di Bali

Nah, jika lelah, kamu bisa beristirahat dengan nyaman di Bobobox. Hotel kapsul futuristik ini menyediakan fasilitas mumpuni yang siap menjamin kualitas tidur yang kamu butuhkan. Misalkan saja, ada tempat tidur yang nyaman untuk menunjang momen beristirahatmu. Di samping itu, ada juga koneksi WiFi yang bisa diandalkan untuk melakukan video call atau menonton film kesukaan.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa didapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles