wisata anak di solo

21 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Solo yang Paling Hits

Kota Solo terkenal dengan beragam pertunjukan seni budaya dan kulinernya yang lezat. Namun, selain itu, ada banyak tempat wisata anak di Solo yang wajib kamu kunjungi kalau kamu sedang berlibur bersama keluarga.

21 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Solo

Kali ini, Bob akan memberikan 21 rekomendasi tempat wisata Solo yang paling hits dan cocok untuk anak-anak. Yuk, simak langsung!

Baca Juga: Lapar Setelah Naik Kereta? Berikut 8 Rekomendasi Kuliner Dekat Stasiun Solo Balapan

1. Solo Safari

Solo Safari

Sumber: TravelsPromo

Kebun binatang terbesar di Solo ini cocok untuk anak-anak yang menyukai hewan. Kamu bisa melihat hewan dari berbagai negara dunia, dan pastinya, kamu akan menyaksikan atraksi menarik dari hewan-hewan menggemaskan!

2. Parapet Bengawan Solo

2. Parapet Bengawan Solo

Sumber: tstatic.net

Parapet Bengawan Solo adalah destinasi yang cocok untuk anak yang suka bermain air. Nikmati suasana sungai seraya menaiki perahu dan menikmati pemandangan sungai Bengawan Solo.

3. Taman Cerdas Kecamatan Jebres

Taman Cerdas Kecamatan Jebres

Sumber: @lumbungpangansolo via Badan Otorita Borobudur

Bagi kamu yang ingin memadukan hiburan dan pendidikan, Taman Cerdas Kecamatan Jebres adalah pilihan yang tepat. Kamu dan keluarga dapat mengeksplorasi berbagai taman edukasi yang mengasyikkan dan informatif.

4. Taman Hutan Raya Mangkunagoro

4. Taman Hutan Raya Mangkunagoro

Sumber: twimg.com

Bagi para pencinta alam dan petualangan, Taman Hutan Raya adalah tempat yang sempurna. Kamu bisa berjalan-jalan di hutan, melihat berbagai jenis tumbuhan, dan menikmati udara segar alami.

Selain berjalan-jalan menikmati pemandangan pepohonan, kamu juga bisa mencoba bermain outbond yang menantang, menyenangkan, serta ramah anak.

5. Taman Balekambang

Taman Balekambang

Sumber: tempatwisata.pro

Tidak jauh dari pusat kota Surakarta, Jawa Tengah, terdapat Taman Balekambang yang menjadi destinasi wisata ramah anak berikutnya. Di taman ini, anak-anak pasti akan senang bermain di taman yang hijau ini. Ada danau lengkap dengan perahu yang bisa kamu sewa. Selain itu, kamu bisa menjajal berbagai kuliner lezat di sekitarnya.

6. Bukit Sekipan Tawangmangu

6. Bukit Sekipan Tawangmangu

Sumber: joglowisata.com

Ingin melihat pemandangan kota Solo dari ketinggian? Naiklah ke Bukit Sekipan. Kamu bisa melihat Solo dari sudut yang berbeda, dan tentunya mengambil banyak foto indah.

Selain pemandangan yang indah, Bukit Sekipan juga menawarkan berbagai wahana permainan dan miniatur dunia. Cocok untuk wisata anak di Solo!

Harga tiket masuk Bukit Sekipan mulai dari Rp 30.000 – Rp 80.000

Bobobox Maximum Comfort Banner

7. The Lawu Park

7. The Lawu Park

Sumber: travelspromo.com

Bagi para pencinta alam dan petualangan, The Lawu Park adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Solo. Lokasi wisata ini berada di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, tempat wisata ini menawarkan kegiatan outbound, glamping, cottage, dan lainnya.

8. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

Sumber: pasjabar.com

Museum batik ini merupakan bagian dari kompleks Rumah Batik Danar Hadi. Lokasinya sendiri bertempat di bangunan klasik yang dulunya merupakan kediaman Pangeran Wuryaningrat.

Dengan mengunjungi museum batik ini yang memiliki lebih dari 10.000 helai kain batik yang menjadi koleksi museum ini, si kecil bisa mempelajari sejarah batik dan melihat beragam koleksinya yang indah.

9. Museum Radya Pustaka

9. Museum Radya Pustaka

Sumber: Bobobox.com

Masih dalam tema museum, destinasi wisata anak di Solo berikutnya adalah Museum Radya Pustaka. Berlokasi di Jl. Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Museum ini merupakan salah satu museum tertua di Indonesia dengan koleksinya yang penuh makna sejarah Kota Solo.

Museum ini merupakan destinasi wisata di Kota Solo yang ramah anak, Kamu bisa mengajak anak-anak untuk berkunjung sekaligus memberikan edukasi mengenai berbagai peninggalan yang terdapat di Museum ini.

Terdapat 12 ruangan yang menyajikan berbagai objek sejarah berusia puluhan hingga ratusan tahun. Kamu dan keluarga bisa mengeksplorasi koleksi sejarah, seni, dan budaya Surakarta yang kaya.

10. Alun-Alun Kidul Surakarta

Alun-Alun Kidul Surakarta

Sumber: Orami

Alun-Alun Kidul Surakarta merupakan salah satu destinasi wisata anak di Solo yang menarik. Ada banyak atraksi seru seperti kereta kuda, sepeda berlampu, dan banyak penjual makanan lezat.

Bob sarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini pada malam hari. Dengan begitu, kamu dan keluarga bisa menikmati indahnya lampu-lampu hias yang dipasang di berbagai wahana permainan anak.

Baca Juga: 15 Wisata di Solo yang Lagi Hits, Keren dan Unik!

11. Taman Sriwedari

11. Taman Sriwedari

Sumber: Liputan6.com

Jika kamu ingin menghabiskan waktu santai bersama anak-anak, datanglah ke Taman Sriwedari. Ada banyak taman bermain, panggung pertunjukan, dan berbagai atraksi menarik di sini.

12. Museum Keris

12. Museum Keris

Sumber: Indozone Travel

Sebagai salah satu senjata tradisional, keris banyak menjadi ikon budaya berbagai daerah di Jawa. Nah, museum ini memiliki fasilitas seperti ruang pameran, ruang restorasi, dan perpustakaan yang kesemuanya bertemakan keris. Selain itu, terdapat juga ruang bermain anak.

13. Keraton Solo

Keraton Solo

Sumber: Kompas

Wisata di Solo berikutnya adalah Keraton Solo atau dikenal juga sebagai Kasunanan Surakarta adalah salah satu destinasi paling ikonis di Solo. Kamu seolah melangkah kembali ke masa lalu saat berjalan-jalan di dalam kompleks Keraton Surakarta yang indah ini.

Dengan arsitektur yang megah, aula perjamuan yang mengesankan, dan taman yang hijau, Museum Keraton Solo adalah tempat yang sempurna untuk memahami sejarah dan budaya Jawa serta sebagai destinasi wisata keluarga.

14. Pasar Malam Ngarsopuro

Di Pasar Malam Ngarsopuro, kamu dapat mencicipi berbagai hidangan lezat dari penjuru Nusantara sambil menikmati suasana malam yang hidup. Jangan lupa untuk berburu oleh-oleh unik seperti kerajinan tangan dan batik yang ditawarkan pedagang lokal.

15. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan cocok sebagai wisata edukasi batik. Selain melihat para pengrajin berbakat membuat batik tradisional, kamu juga bisa mencoba membuat batikmu sendiri. 

16. Situs Manusia Purba Sangiran

Situs Manusia Purba Sangiran

Sumber: Perpusda Jateng

Si kecil tertarik dengan sejarah manusia dan arkeologi? Kalau begitu, Bob rekomendasikan untuk mengajak mereka ke tempat wisata anak di Solo ini.

Di Situs Manusia Purba Sangiran, kamu akan menemukan fosil manusia purba yang berperan penting dalam studi evolusi manusia. Museum di sini juga memberikan informasi mendalam tentang penelitian dan penemuan yang telah dilakukan di area setempat.

17. Kereta Api Uap Jaladara

17. Kereta Api Uap Jaladara

Sumber: TrenAsia

Menikmati petualangan bersama Jaladara, kereta api uap, bukan hanya menyajikan pengalaman liburan yang menghibur, tetapi juga membuka wawasan pengunjung terhadap kisah di balik kehadiran kereta uap tersebut. Jaladara merupakan satu-satunya kereta uap yang masih beroperasi di Solo, namun saat ini hanya difungsikan sebagai destinasi wisata.

Kereta ini memiliki warisan sejarah yang kaya, melibatkan masa lalu di mana digunakan sebagai sarana transportasi. Ini memberikan peluang bagi generasi muda untuk mendalami lebih lanjut sejarah kereta uap. Dengan tenaga yang dihasilkan dari pembakaran kayu, Jaladara menghasilkan uap yang mendorong pergerakan kereta tersebut.

18. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro dulunya merupakan pabrik gula, yang kemudian disulap menjadi tempat tempat wisata bertema agrowisata.

Kamu bisa menjelajahi kebun dan perkebunan yang subur, belajar tentang berbagai jenis tanaman, dan bahkan memetik buah-buahan segar. Terdapat pula wahana-wahana seperti flying fox, terapi ikan, dan kolam renang.

19. The Heritage Palace Solo

The Heritage Palace Solo

Sumber: Perpusda Jateng

The Heritage Palace Solo identik dengan bangunan bertema Eropa klasik. Tempat memiliki berbagai fasilitas seperti restoran, playground, dan beberapa museum seni. Tempat ini pasti untukmu dan si kecil yang suka berfoto-foto.

20. Kampung Wisata Budaya Baluwarti

Kampung Wisata Budaya Baluwarti adalah destinasi yang tepat untuk mengenal budaya dan seni lokal. Kamu dapat mengunjungi berbagai galeri seni dan menyaksikan pertunjukan seni tradisional yang memukau.

Baca Juga: Mengunjungi 12 Tempat Ngopi di Solo yang Paling Nyaman dan Cocok untuk Berbuka Puasa

21. Keraton Mangkunegaran

21. Keraton Mangkunegaran

Sumber: joglosemarnews.com

Selain Keraton Surakarta, terdapat Keraton Mangkunegaran atau Puro Mangkunegaran Solo yang bisa kamu kunjungi. Keraton ini berlokasi di Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Jawa Tengah.

Saat berkunjung, Kamu akan disertai oleh pemandu yang berpengetahuan luas mengenai segala aspek Puro Mangkunegaran. Kamu dapat menikmati keagungan dan kecantikan istana Mangkunegaran, sekaligus menjelajahi museum yang menampilkan berbagai koleksi bersejarah.

Selain itu, di komplek keraton juga terdapat tempat makan bernama Pracima Tuin yang bisa kamu kunjungi setelah berkeliling Museum.

Nikmati Suasana Menginap Yang Nyaman Bersama Bobopod

Nyaman Bersama Bobobox

Menjelajahi kekayaan Kota Solo tidak akan cukup dalam sehari. Jika kamu sedang mencari penginapan yang nyaman dan terjangkau, Bobopod bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hotel kapsul ini bakal memanjakanmu dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni, seperti kasur empuk, Wi-Fi super cepat, dan pengeras suara Bluetooth. Kalau kamu menginap bersama si kecil, kamu bisa memilih Double Pod yang berkapasitas 2 orang dewasa & 1 anak kecil.

Yuk, pesan podnya di aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier Abdul Fiqih

Foto header: pasjabar.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles