wisata alam wonogiri

Jangan Ngaku Pencinta Alam Kalau Belum Tahu 14 Rekomendasi Wisata Alam Wonogiri

Liburan adalah waktu yang tepat untuk menghilangkan stres dari rutinitas sehari-hari. Tentunya, cara terbaik adalah dengan memanjakan mata lewat berbagai pemandangan indah penenang jiwa.

Salah satu destinasi alam populer di Indonesia saat ini adalah Wonogiri. Mulai dari danau, air terjun, hingga pantai bisa kamu temukan di sini. Waktu liburan jadi lebih maksimal dan kamu bisa pulang dengan keadaan segar!

Jangan sampai ketinggalan, terutama bagi kamu para pencinta alam. Simak tujuh rekomendasi wisata alam Wonogiri berikut untuk liburan yang lebih seru!

14 Rekomendasi Wisata Alam di Wonogiri

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di sekitar pusat kota Wonogiri yang paling menarik untuk kamu kunjungi:

1. Waduk Gajah Mungkur

Harga tiket: Rp10.000 – Rp12.500

Lokasi: Godean, Sendang, Wonogiri, Jawa Tengah

Destinasi wisata alam di kota Wonogiri pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Waduk Gajah Mungkur.

Waduk yang berguna sebagai reservoir dan pembangkit listrik ini ternyata merupakan waduk buatan yang merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan Jepang yang pembangunannya selesai pada tahun 1982. Sebanyak 51 desa ditenggelamkan untuk pembuatan waduk ini, sementara para warga diberikan kompensasi dengan transmigrasi ke Pulau Sumatera.

Selain berfungsi sebagai sumber tenaga, waduk ini juga memiliki berbagai fasilitas rekreasi yang bisa kamu nikmati bersama keluarga. Mulai dari memancing, piknik, mengelilingi danau menggunakan perahu, hingga bermain di area kebun binatang atau waterpark.

Baca Juga: Traveler Wajib Tahu! 12 Destinasi Liburan Keluarga Terbaik di Indonesia

2. Goa Putri Kencono

Harga tiket: Rp5.000

Lokasi: Dusun Wonosobo, RT.3/RW.1, Gunungan, Wonodadi, Kec. Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57664

Goa mungkin merupakan destinasi wisata alam yang seram dan gelap bagi beberapa orang, tapi Goa Putri Kencono memiliki suasana tenang yang berbeda dari goa lainnya.

Kabarnya goa ini memiliki hubungan dengan kisah Putri Kencana Wungu, anak dari Raja Brawijaya V. Beliau merupakan pemimpin perempuan terakhir Kerajaan Majapahit yang melarikan diri ketika akan dinikahkan dengan Minak Jinggo.

Goa Putri Kencono memiliki tujuh ruangan yang berbeda dengan pemandangan stalagmit dan stalaktit yang memukau.

Tiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda, jadi pastikan untuk mengunjungi goa ini dan mempelajari sejarah lengkap serta fungsi tiap ruangan secara langsung dari para pemandu!

Baca Juga: Bagaikan di Negeri Dongeng! Keindahan Pantai Goa Cemara

3. Air Terjun Girimanik

Harga tiket: Rp5.000

Lokasi: Ngerapah, Setren, Kec. Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57694

Mengunjungi air terjun adalah cara healing terbaik yang perlu kamu coba. Pemandangan Air Terjun Girimanik megah yang dikelilingi pegunungan serta pepohonan pinus hijau dijamin dapat memanjakan mata.

Terdapat tiga air terjun di area Air Terjun Girimanik yang dapat kamu capai dengan menggunakan motor atau dengan hiking. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kondisi jalan sudah cukup baik untuk dilalui.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Harga tiket: Rp3.000

Lokasi: Grenjeng, Hutan, Girimulyo, Kec. Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57693

Air terjun selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Binangun Watu Jadah. 

Destinasi ini mendapatkan namanya dari deretan batu yang berada di lokasi air terjun. Bentuknya mirip jadah, sejenis makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan putih.

Bagi kamu pencinta olahraga ekstrem, air terjun ini merupakan destinasi yang cocok untukmu. Kamu perlu trekking untuk mencapai area air terjun, sehingga jiwa para penjelajah pasti bisa tersalurkan dengan baik di sini!

5. Pantai Banyutowo

Harga tiket: Rp2.000

Lokasi: Bendungan, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57678

Memang bisa, ada air tawar dan air asin di tempat yang sama? Tentu bisa; Pantai Banytowo adalah bukti nyata dari kondisi unik yang satu ini!

Dari pusat Kota Wonogiri, kamu butuh waktu 4 jam untuk mencapai pantai ini. Kamu dapat melihat sumber air tawar yang kabarnya berasal dari bawah tanah. Uniknya, kamu tidak dapat menemukan garis pantai berpasir di area pantai ini.

6. Pantai Nampu

Harga tiket: Rp5.000

Lokasi: Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri Regency, Jawa Tengah 57678

Jika kamu lebih suka pantai berpasir, maka kamu lebih cocok mengunjungi Pantai Nampu. 

Terletak tidak jauh dari Pantai Banyutowo, kamu dapat menikmati perpaduan pemandangan laut yang indah dan deretan bukit-bukit karst yang cantik.

Kamu bisa melakukan ragam kegiatan seperti piknik, foto-foto, dan berenang. Namun, hati-hati dengan keberadaan ubur-buru yang biasanya terdampar atau mengambang di air, ya.

7. Papan Luncur Gantole

Harga tiket: Rp5.000

Lokasi: Jl. Selopukang, Sendang, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah

Tak hanya menawarkan pemandangan Waduk Gajah Mungkur dan hamparan pepohonan yang indah, Papan Luncur Gantole juga menawarkan aktivitas paralayang untuk menikmati seluruh pemandangan dengan maksimal.

Terdapat dua tingkat ketinggian yang dapat kamu coba, yaitu 200 meter dan 400 meter. Cukup tinggi, kan?

Oleh karena itu, kegiatan ini hanya cocok untuk para wisatawan pemberani yang gemar melakukan olahraga menantang.

Baca Juga: 7 Wisata Alam di Sumatra Utara yang Membangkitkan Jiwa Petualangmu

8. Pantai Sembukan

Harga tiket masuk: Rp5.000

Lokasi: Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah

Masih bicara mengenai pantai di Wonogiri, destinasi wisata selanjutnya adalah Pantai Sembukan. Pantai ini merupakan objek wisata favorit dan banyak dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

Dengan hamparan air laut yang biru dan bersih, pemandangan di wisata Pantai Sembukan memang sangat cantik. Selain berfoto dan main air, warga setempat sering menikmati keindahan pantai ini dengan memancing atau bahkan mengadakan acara adat.

9. Bukit Cumbri

Harga tiket masuk: Gratis

Lokasi: Jl. Kepyar, Kec. Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah

Destinasi wisata di Wonogiri selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah puncak bukit Cumbri. Belakangan ini, Bukit Cumbri terkenal viral di media sosial karena pemandangannya yang indah dan menakjubkan.

Jika kamu tertarik mengunjungi dan mendaki Bukit Cumbri, ada tiga jalur yang bisa dipilih, yakni:

  • Pintu Timur : Dusun Jatisari, Desa Biting, Kecamatan Purwantoro
  • Pintu Tengah : Dusun Sumber, Desa Biting, Kecamatan Purwantoro
  • Pintu Barat : Dusun Kepyar, Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro

10. Bukit Jonambang

Harga tiket masuk: Gratis

Lokasi: Jl. Dawe, Watuagung, Kec. Baturetno, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah

Selain Bukit Cubri, Bukit Jonambang Wonogiri juga bisa djadikan sebagai opsi destinasi liburan. Meskipun tergolong baru, objek wisata Wonogiri satu ini sudah mulai populer dikunjungi.

Bagaimana tidak? Ada banyak spot foto menarik dan instagrammable yang sengaja disiapkan oleh pengelola. Untuk mendaki Bukit Jonambang pun jauh lebih mudah ketimbang Bukit Cumbri karena jalurnya memang sudah disiapkan untuk pengunjung.

11. Puncak Joglo

Harga tiket masuk: Rp5.000

Lokasi: Jl. Sendang Sinatah Dudakawu, Selopukang, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah

Puncak Joglo merupakan salah satu destinasi wisata alam Wonogiri yang paling hits saat ini. Selain menawarkan pemandangan yang menakjubkan, kamu juga bisa menguji nyali dengan paralayang di sini.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan Gunung Gancep yang keren sekaligus mencoba berbagai wahana permainan yang menantang adrenalin.

12. Gua Maria Wonogiri

Harga tiket: Rp5.000

Lokasi: Jl. Ngampohan, Kec. Giriwoyo, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah

Tak hanya menawarkan wisata alam yang cantik, Kota Wonogiri juga menawarkan wisata religi yang dijamin membuat hati tenang.

Umat Kristiani bisa mengunjungi Gua Maria Wonogiri untuk berdoa dan menenangkan jiwa. Destinasi wisata satu ini memang sudah sangat terkenal di kalangan peziarah umat Kristiani.

Bagi kamu yang bukan merupakan umat Kristiani, tenang saja. Kamu masih diperbolehkan mengunjungi Gua Maria ini dan sekedar menikmati suasana alam di sekitarnya. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang sopan, ya!

13. Wisata Spiritual Kahyangan

Harga tiket: Rp 2.500 – Rp 5.000

Lokasi: Desa Dlepih, Kec. Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Destinasi wisata alam berikutnya adalah tempat warga sakral yag tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Objek wisata spiritual Kahyangan memberikan pengalaman yang menarik bagi para wisatawan yang datang berlibur.

Di sini biasanya dilakukan kegiatan bernama “nenepi” dan “tirakat” oleh masyarakat sekitar. Menurut istilah jawa, tirakat mempunyai arti ritual untuk mencapai tujuan tertentu.

14. Pantai Dadapan

Harga tiket: Rp. 5.000

Lokasi: Klampeyan, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Pantai Dadapan menawarkan pesona pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk bermain bersama keluarga saat liburan tiba, menikmati keindahan alamnya serta spot-spot terbaik yang tersedia.

Selain menawarkan pemandangan indah, destinasi pantai ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata seperti area parkir kendaraan yang luas, pusat informasi, mushola, spot foto menarik, gazebo, toilet umum, wahana seru, warung wisata, tempat duduk, camping area, serta akses jalan yang memadai untuk kenyamanan pengunjung.

Ingin Liburan Tanpa Menguras Kantong? Yuk, Menginap di Bobocabin!

sensasi modern di Bobocabin Signature TobaBerencana untuk berwisata sambil menginap dekat dengan alam? Bobocabin adalah jawabannya. Bobocabin Baturraden di Purwokerto menyajikan penginapan yang tidak hanya nyaman, tetapi juga berlokasi dekat dengan alam.

Dengan fasilitas kamar mandi lengkap dan desain kamar yang nyaman, kamu dapat menjelajahi berbagai destinasi wisata dan menikmati hidangan lezat di sekitarnya dengan penuh ketenangan.

Tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: tripadvisor.co.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles