Sumber: Alfiano Sutianto via Unsplash

5 Wisata Alam Bangka Belitung, Rekreasi Bahari yang Nggak Tanggung-Tanggung!

Wisata alam Bangka Belitung adalah salah satu alasan banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang nggak bosan kembali ke Bangka Belitung.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini terdiri dari 2 pulau utama: Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Kedua pulau ini berada di bagian timur Pulau Sumatra.

Saking banyaknya pulau di Kepulauan Bangka Belitung, ada ratusan pulau yang saat ini bahkan belum memiliki nama.

Dari banyaknya pulau yang ada di Kepulauan Bangka belitung, hanya ada sekitar 50 pulau yang berpenghuni dari 470 pulau yang sudah memiliki nama nama.

Bagi kamu yang ingin merasakan langsung keindahan pulau ini, jangan ragu untuk mengagendakan liburan ke Bangka Belitung. Yuk, kunjungi wisata alam Bangka Belitung berikut ini!

1. Wisata Alam Bangka Belitung: Pantai Penyusuk

Sumber: Paket Tour Belitung

  • Harga tiket masuk: Mulai dari Rp10.000-an/orang
  • Lokasi: Jalan Penyusuk, Belinyu, Bukit Ketok, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33253 (buka di Google Maps)
  • Jam buka: 07.00-18.00 WIB

Pantai Penyusuk adalah salah satu wisata alam Bangka di bagian utara. Lokasinya ada di daerah Belinyu, sekitar 90 km dari kota Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung.

Sebelum menginjak Pantai Penyusuk, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut biru, pohon kelapa, dan ilalang yang tumbuh liar.

Air di pantai ini pun dikenal sangat jernih dan menyegarkan, yang membuat banyak wisatawan nggak sabar untuk segera berenang di dalamnya.


Baca Juga: Liburan ke Tanah Laskar Pelangi, Jangan Lewatkan 7 Rekomendasi Tempat Wisata Belitung Ini!


2. Pantai Tanjung Kelayang

  • Harga tiket masuk: mulai dari Rp8.000-an/orang
  • Lokasi: Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Belitung, Bangka Belitung (buka di Google Maps)
  • Jam buka: 24 jam

Selanjutnya ada Pantai Tanjung Kelayang, yang memiliki bentuk unik mirip kepala burung garuda. Nama Pantai Tanjung Kelayang berasal dari banyaknya burung kelayang di sini.

Tahukah kamu, Pantai Tanjung Kelayang ini adalah salah satu tempat syuting film Laskar Pelangi? Berkat keindahannya, nggak heran kalau pantai ini dipilih menjadi lokasi pembuatan film.

Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 27 km dari Tanjung Pandan jika ingin mencapai lokasi Batu Garuda di sekitar Pantai Tanjung Kelayang.

Bagi kamu yang ingin menjajal pengalaman mengitari pulau di sekitar pantai, kamu juga bisa coba menyewa perahu nelayan, lho.

3. Wisata Alam Bangka Belitung: Pantai Lengkuas

Wisata Alam Bangka Belitung

Sumber: Swiss-Belhotel

  • Harga tiket masuk: Gratis
  • Lokasi: Sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung (buka di Google Maps)
  • Jam buka: 24 jam

Selanjutnya ada Pantau Lengkuas yang terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Lengkuas ini adalah satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung, yang bisa kamu tempuh dengan cara menyewa perahu nelayan.

Kamu perlu menyisihkan waktu perjalanan sekitar 20 menit dari Tanjung Kelayang, dan sekitar 30-45 menit dari Tanjung Bunga atau Tanjung Tinggi untuk bisa mencapai Pantai Lengkuas.

Di sekitar Pantai Lengkuas, kamu bisa menjumpai mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1882.

Meski merupakan bangunan tua yang berumur lebih dari 150 tahun, mercusuar ini masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu daya tarik yang kuat bagi wisatawan.

Mercusuar Pulau Lengkuas ini faktanya masih berfungsi dengan baik, dan dimanfaatkan sebagai penuntun lalu lintas kapal di sekitar Pulau Belitung.

Selama berada di Pantai Lengkuas, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling atau sekedar bersantai di pesisirnya.

4. Wisata Alam Bangka Belitung: Pantai Romodong

Wisata Alam Bangka Belitung

Sumber: Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

  • Harga tiket masuk: Mulai dari Rp10.000-an/orang
  • Lokasi: Bukit Ketok, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung (buka di Google Maps)
  • Jam buka: 24 jam

Jika kamu sedang berada di sekitar Kota Belinyu, kamu bisa coba mengunjungi Pantai Romodong. Pantai yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai Bangka Belitung lainnya.

Selama berada di Pantai Romodong, kamu bisa menemukan pemandangan dua batu granit setinggi 10 meter yang mengapit jalan masuk menuju Pantai Romodong.

Kehadiran dua batu granit yang besa dan kokoh ini seperti menjadi gapura yang menyambut para pengunjung saat memasuki area Pantai Romodong.

Selain itu, Pantai Romodong pun memiliki sebuah batu raksasa yang disebut Batu Kodok (karena bentuknya yang mirip kodok) dan pohon kelapa bercabang dua.

5. Pantai Parai Tenggiri

  • Harga tiket masuk: Mulai dari Rp25.000-an/orang
  • Lokasi: Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung (buka di Google Maps)
  • Jam buka: 24 jam

Pantai terakhir yang bisa kamu kunjungi selama berada di Bangka Belitung adalah Pantai Parai Tenggiri.

Pantai Parai Tenggiri ini dikenal akan gugusan batu karang besar dan pasir putihnya. Dua hal inilah yang membuat banyak wisatawan betah berlama-lama menghabiskan waktu.

Wisata alam Bangka Belitung satu ini ibarat surga tersembunyi di Desa Sinar Biru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka Belitung.

Tempat wisata ini memiliki kontur tanah yang landai dengan ombak relatif kecil, sehingga cocok untuk kamu kunjungi bersama anak-anak.

Selama bersantai di Pantai Parai Tenggiri, kamu juga bisa menemukan penyewaan perahu pancing, banana boat, dan juga penyewaan alat selam.

Dijamin nggak akan bingung melakukan aktivitas apa selama kamu berada di sini!


Baca Juga: Nggak Hanya Gedung Saja, Ini 7 Wisata Jakarta Nuansa Alam yang Patut Dicoba


Yuk Cobain Pengalaman Menginap di Bobocabin!

Setelah puas bermain dan berwisata, Bobocabin adalah tempat yang tepat untuk beristirahat.

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin siap mengajakmu menikmati asrinya alam perbukitan dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah punya fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad.

Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal.

Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat kamu keluar kabin di pagi hari.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Abadikan momen seru campfire dan barbeque dengan fasilitas Bobobox untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.

Untuk keperluan kesehatan, Bobocabin juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh tetap sehat dan fit.

Menginap di Bobocabin adalah jalan keluar dari hiruk pikuk keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasinya di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles