@lokawisata_baturraden/Instagram

Persiapkan Dirimu Untuk Petualangan Seru di Lokawisata Baturraden dengan Berbagai Info Penting Berikut ini!

Lokawisata Baturraden berlokasi di Dusun I Karangmangu, Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Mengingat lokasinya berada di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 640 mdpl, Lokawisata termasuk wisata pegunungan dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Selain menyuguhkan kesegaran dan keindahan, tempat ini juga menyediakan berbagai wahana dan aktivitas yang bisa membuat liburan di Baturraden semakin mengasyikkan. Apa sajakah itu? Simak dulu berbagai info pentingnya berikut ini!

Aktivitas dan Wahana di Lokawisata Baturraden

@lokawisata_baturraden/Instagram

Penamaan Lokawisata memiliki arti banyak jenis wisata yang ada di dalam kawasan Lokawisata Baturraden. Di antaranya adalah kolam renang, sepeda air, air mancur, pemadian air hangat belerang, teater alam dan masih banyak lagi.

Tiket yang kamu beli biasanya hanya mencakup akses ke wahana kolam renang papan luncur, kolam renang (waterpark), pemandian air hangat belerang, sepeda air, dan Air Mancur Alam Sendang Mulia.

Dengan banyaknya wahana menarik, kamu tidak perlu khawatir kebosanan saat berkunjung ke tempat wisata ini. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berada di dalam kawasan Lokawisata.


Baca Juga: Ingin Menjelajahi Hidden Gem Di Baturraden? Simak Tips Perjalanan Menuju Baturraden Berikut Ini!


Berenang

@lokawisata_baturraden/Instagram

Lokawisata Baturraden menyediakan dua area kolam renang dengan latar belakang pemandangan alam hijau Baturraden. Kolam pertama memiliki area lebih luas dengan fasilitas wahana permainan seperti di waterpark yang bisa dinikmati semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Di sebelah kolam tersebut, terdapat sebuah kolam kecil untuk anak-anak.

Sementara itu, kolam kedua terbilang lebih kecil dan hanya memiliki fasilitas papan luncur, baik pendek maupun panjang. Kamu pun bebas meluncur menuju kolam renang di bawahnya. Jika tidak ingin berenang ataupun bermain air, kamu bisa menunggu di gazebo-gazebo yang tersedia di pinggir kolam.

Bermain Sepeda Air

@lokawisata_baturraden/Instagram

Selain berenang, kamu juga bisa bersenang-senang dengan bermain sepeda air di area danau Lokawisata Baturraden. Sambil mengayuh sepeda, kamu bisa menikmati pemandangan hijau nan alami yang mengelilingi danau tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melihat-lihat dan memberi makan ikan yang ada di sana dengan pakan yang tersedia.


Baca Juga: Gak Cuma Menikmati Keindahan Alam, Jangan Lewatkan Berbagai Aktivitas Seru Saat Mengunjungi Baturraden Berikut Ini!


Menikmati Keindahan Curug Gumawang

@VisitJateng/Twitter

Selain menyaksikan panorama perbukitan hijau, kamu juga bisa menikmati keindahan Curug Gumawang yang ada di dalam kawasan Lokawisata Baturraden. Curug tersebut berlokasi tidak jauh dari loket pintu masuk. Memiliki ketinggian sekitar 20 meter, air dari curug mengalir di sela bebatuan menuju kolam yang ada di bawahnya.

Karena keindahannya tersebut, curug ini pun menjadi lokasi favorit untuk berfoto-foto. Namun, pastikan kamu mematuhi peraturan yang ada saat mengunjungi curug ini. Salah satunya adalah untuk tidak bermain air dan berenang di sekitar curug. Selain dari bawah, kamu juga bisa menikmati keindahannya dengan menaiki jembatan merah yang membentang di atas curug.

Air Mancur Alam Sendang Mulya

@lokawisata_baturraden/Instagram

Tidak jauh dari Curug Gumawang, terdapat Air Mancur Alam Sendang Mulya. Wahana satu ini berupa air mancur yang menyembur tinggi dengan bebatuan layaknya tebing air terjun serta beberapa kolam kecil di sekitarnya. Pada bebatuan tersebut, mengalir sejumlah aliran air yang membuat suasana begitu terasa asri dan menyejukkan.

Kamu bisa menikmatinya dari atas sebab air mancur tersebut menyembur cukup kencang dan tinggi. Jika ingin lebih dekat, kamu hanya perlu turun dengan menapaki tangga yang tersedia. Dari bawah, keindahannya begitu memukau. Kamu bisa melihat langsung air menyembur tinggi dari sebuah kolam kecil serta aliran-aliran air yang turun di sela bebatuan menuju kolam air mancur. Karena keindahannya, Sendang Mulya pun menjadi spot favorit untuk berfoto.

Pemandian Air Hangat dan Terapi Ikan

@lokawisata_baturraden/Instagram

Pemandian air hangat sudah termasuk ke dalam tiket Lokawisata Baturraden yang kamu beli. Namun, jika kamu ingin merasakan sensasi mandi air hangat yang lebih mengasyikkan, kamu bisa berkunjung ke area Pancuran Telu dengan biaya tambahan. Untuk mencapainya, kamu perlu berjalan kaki sekitar 5-10 menit hingga ke ujung area Lokawisata.

Sesuai dengan namanya, Pancuran Telu mengalirkan air panas melalui tiga pancuran. Air tersebut mengandung belerang dan memiliki suhu antara 60-70 derajat Celsius. Selain berendam di kolam terbukanya, kamu juga bisa menikmati pijat sulfur dengan biaya sekitar Rp20.000 hingga Rp30.000

Selain relaksasi dengan air hangat alami, kamu juga bisa mampir ke fasilitas terapi ikan dengan biaya tambahan sebesar Rp5.000. Di tempat ini, kamu bisa merasakan sensasi gigitan ikan yang diyakini bermanfaat terutama untuk mengangkat sel kulit mati.

Teater Alam

@lokawisata_baturraden/Instagram

Lokawisata Baturraden memiliki wahana Teater Alam yang berlokasi di dalam pesawat sungguhan yang berdiri tepat di samping pintu masuk. Pesawat tersebut merupakan pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia. Dengan tiket tambahan sebesar Rp10.000, teater ini menayangkan film pendek berdurasi 10-15 menit tentang alam Indonesia, seperti cerita budaya TMII dan peristiwa gunung berapi dan tsunami Indonesia.

Pertunjukan Calung

@lokawisata_baturraden/Instagram

Lokawisata Baturraden kerap menggelar pertunjukan calung, yaitu alat musik perkusi yang terbuat dari bambu. Pertunjukan biasanya digelar di dekat aliran sungai dari Curug Gumawang. Sambil mendengarkan alunan musik tradisional Indonesia tersebut, kamu bisa menikmati kuliner khas yang tersedia di sana seperti pecel, mendoan, dan satai kelinci.


Baca Juga: Bersantap Nikmat Setelah Bertualang Menelusuri Hidden Gem Baturraden Di 5 Tempat Kuliner Legendaris Berikut Ini!


Berburu Foto

@lokawisata_baturraden/Instagram

Berlibur ke manapun takkan lengkap tanpa mengabadikan momen kamu di tempat tujuan, termasuk di Baturraden. Selain latar foto di jembatan, Curug Gumawang dan Sendang Mulya, Lokawisata Baturraden juga memiliki berbagai spot selfie lain yang tak kalah menarik.

Salah satunya bisa kamu jumpai tak jauh dari pintu masuk, yaitu patung seorang wanita dan pria yang saling berhadapan. Keduanya merupakan sosok ‘Batur’ dan ‘Raden’ yang merepresentasikan asal usul Baturraden. Selanjutnya, ada juga spot berbentuk hati atau love dengan tulisan Baturraden dan air mancur kecil di bawahnya.


Baca Juga: Kenali Asal-Usul Baturraden, Tempat Berbagai Destinasi Wisata Hidden Gem Jawa Tengah!


Tak hanya itu, tempat wisata ini juga menyediakan wahana selfie dari atas ketinggian seperti jembatan kaca, tangan emas raksasa, balon udara, ayunan gantung, dan Pakis Spot Selfie (semacam gardu pandang dengan latar pemandangan hijau) yang terletak di area Taman Botani. Ada juga spot lain berupa patung burung elang, gardu pandang di atas pohon dan gantole di Taman Tirta Ria.

Selain itu, ada juga wahana sepeda gantung yang bisa kamu naiki dengan mengayuh sepeda melewati seutas tali di atas ketinggian. Selain memacu adrenalin, wahana-wahana tersebut cocok banget menjadi latar untuk mengabadikan keindahan alam Baturraden. Spot-spot tersebut bisa kamu nikmati dengan membayar biaya tambahan antara Rp5.000 hingga Rp30.000.

Fasilitas dan Harga Tiket

@lokawisata_baturraden/Instagram

Selain menyediakan berbagai wahana seru, Lokawisata Baturraden juga memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Fasilitas tersebut meliputi area parkir, toilet, kamar bilas, gazebo, musala, pedagang makanan dan minuman, Wi-Fie area, wahana permainan anak gratis, serta fasilitas kursi roda dan jalan khusus bagi penyandang disabilitas dan lansia.

Untuk memasuki kawasan Lokawisata Baturraden, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp 20.000,00 jika datang di hari biasa (weekday) dan Rp25.000,000 untuk akhir pekan. Sebelumnya, tiket berlaku mulai dari anak usia tiga tahun ke atas.

Namun, berdasarkan informasi terbaru, harga tiket tersebut berlaku mulai dari anak usia 12 tahun ke atas. Anak di bawah enam tahun tidak perlu membayar sedangkan anak usia 6-12 tahun dikenai biaya 50%. Peraturan ini berlaku dengan syarat menunjukkan Kartu Identitas Anak saat berkunjung.

Pembelian tiketnya bisa kamu lakukan di bagian loket. Sementara itu, jam operasionalnya dimulai pukul 07.00-15.30 untuk hari biasa dan 07.00-16.00 untuk akhir pekan. Biaya tersebut juga belum termasuk parkir yang dikenai tarif sekitar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Perlu diingat, harga tiket dan jam operasional bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi via nomor 081328111191/082111411172/(0281)681926 atau melalui media sosial Instagram @lokawisata_baturraden.

Lepaskan Penatmu di Bobocabin Baturraden!

Setelah seharian menikmati Lokawisata Baturraden dan sekitarnya, Bobocabin Baturraden menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu. Mengusung konsep futuristik lengkap dengan teknologi  Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu merasakan kesejukan serta tenangnya alam perbukitan Baturraden dalam balutan teknologi canggih.

Kabin-kabin yang tersedia pun telah dilengkapi dengan fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Untuk masalah internet, kamu tidak perlu khawatir. Bobocabin sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlancar semua kegiatan daring kamu. Agar keseruan semain lengkap, Bobocabin juga melengkapi diri dengan fasilitas campire & barbeque. Tertarik mencoba? Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles